Skema Komisi Campaign Shopee dan Contoh Cara Menghitungnya

Skema Komisi Campaign Shopee dan Contoh Cara Menghitungnya

Admin
affiliate marketing Sep 15, 2025
SHARE ON
1686312456_begini-cara-menghitung-komisi-dengan-atribusi-terbaru-di-program-shopee-affiliate.jpg

Sebagai kreator berpengalaman, memahami sistem komisi Shopee Affiliate sangat penting untuk memaksimalkan pendapatan. Shopee Affiliate Program membedakan skema komisi berdasarkan platform promosi yang digunakan kreator, serta jumlah followers yang publisher miliki. Berikut penjelasan detailnya:

Berapa persen komisi Shopee Affiliate jika menjalankan di platform ACCESSTRADE?

Menjalankan Shopee Affiliate melalui ACCESSTRADE memberikan keuntungan tambahan. Melalui platform ACCESSTRADE, kreator bisa mendapatkan 3 jenis komisi dalam 1 konversi (disebut Triple Commission), yaitu:

 

1. Komisi Dasar (Shopee Base Commission)

Perhitungan komisi dasar shopee affiliate di ACCESSTRADE berdasarkan kategori kreator atau jenis campaign yang bisa kamu jalankan. Per tanggal 15 September 2025, Shopee mempermudah publisher untuk mendapatkan tambahan Xtra Komisi dari indirect konversi (yang sebelumnya tambahan komisi hanya untuk direct konversi). Namun, kebijakan ini turut serta mempengaruhi komisi dasar yang bisa didapatkan oleh publisher hanya 30%. Berikut penjelasan detailnya:

A. Shopee Non-KOL

Publisher non-influencer, misalnya blogger, pemilik situs web, SEO marketer. Tidak berbasis follower media sosial.

  • Komisi Direct: 3.5% (Jika link affiliate diarahkan ke toko yang memberikan tambahan Xtra Komisi, maka komisinya menjadi 1,1%)
  • Komisi Indirect: 1.5% (Jika link affiliate diarahkan ke toko yang memberikan tambahan Xtra Komisi, maka komisinya menjadi 0,4%)
  • Max cap Direct Rp 11,500
  • Max cap Indirect Rp 11,500

B. Shopee Tier 1

Kreator media sosial (KOL/KOC) dengan jangkauan terbatas atau baru mulai, biasanya follower di bawah 2.000.

  • Komisi Direct: 5% (Jika link affiliate diarahkan ke toko yang memberikan tambahan Xtra Komisi, maka komisinya menjadi 0,53%)
  • Komisi Indirect: 1% (Jika link affiliate diarahkan ke toko yang memberikan tambahan Xtra Komisi, maka komisinya menjadi 0,27%)
  • Max cap Direct Rp 35,000
  • Max cap Indirect Rp 35,000

C. Shopee Tier 2

Kreator media sosial dengan follower lebih dari 2.000 (nano/micro influencer ke atas). Tier 2 dianggap memiliki audiens lebih besar sehingga bisa mendatangkan konversi lebih banyak.

  • Komisi Direct: 10% (Jika link affiliate diarahkan ke toko yang memberikan tambahan Xtra Komisi, maka komisinya menjadi 0,95%)
  • Komisi Indirect: 2% (Jika link affiliate diarahkan ke toko yang memberikan tambahan Xtra Komisi, maka komisinya menjadi 0,55%)
  • Max cap Direct Rp 35,000
  • Max cap Indirect Rp 35,000

2. Komisi Xtra

Komisi tambahan dari seller/merchant di Shopee. Banyak penjual di Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+ dan Star Seller yang menawarkan komisi ekstra untuk affiliate (besarnya bervariasi tergantung toko, bisa hingga 59.5%). Komisi xtra shopee tidak memiliki batas maksimum per transaksi, sehingga sangat menguntungkan jika mempromosikan produk dari toko yang menawarkan ekstra ini. Untuk dapat melihat daftar seller mana saja yang menyediakan komisi Xtra, kamu dapat melihatnya di dashboard publisher ACCESSTRADE > Special Campaign > Shopee Xtra Commission.

Tambahan Ekstra Komisi Lebih Mudah Didapatkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, per-tanggal 15 September 2025 publisher dapat lebih mudah untuk mendapatkan tambahan komisi Xtra dengan kelonggaran yang saat ini indirect konversi termasuk dalam skema perhitungan. Berikut beberapa contoh perhitungan komisi saat kamu generate link affiliate dengan tujuan seller atau toko yang menyediakan komisi Xtra serta kondisi user menuju konversi atau pembelian:

A. Contoh generate link toko "Xtra Komisi" dengan Konversi Direct

B. Contoh generate link toko "Xtra Komisi" dengan Konversi Indirect

C. Contoh generate link toko Non Xtra Komisi dengan Konversi Direct

D. Contoh generate link toko Non Xtra Komisi dengan Konversi Indirect

 

3. Komisi Brand

Komisi brand adalah salah satu bentuk kerjasama antara ACCESSTRADE dan Advertiser secara langsung dalam menjalankan campaign affiliate marketing. Komisi berkisar antara 3%-10% tergantung pada masing-masing brand dalam memberikan seberapa besar persentase komisi yang akan diberikan. Untuk mengetahui daftar brand atau advertiser mana saja yang menyediakan komisi brand, kamu dapat melihat di dashboard publisher ACCESSTRADE > Campaign Directory > Campaign List > ketik “CPS Shopee” pada kolom pencarian campaign.

Contoh komisi (Direct Conversion) Shopee Affiliate

Misalkan terjadi pembelian produk face wash Kahf seharga Rp40.050, berikut rincian komisinya:

Jenis Campaign Komisi Dasar

Komisi Xtra (8.4%)

Komisi Brand (3%) Total Komisi
Shopee Non-KOL 3.5% × 40.050 = Rp1.402 Rp3.364 Rp1.202 Rp5.967

Shopee Tier 1

5% × 40.050 = Rp2.003

Rp3.364 Rp1.202 Rp6.568
Shopee Tier 2 10% × 40.050 = Rp4.005 Rp3.364 Rp1.202 Rp8.571

Contoh komisi (Indirect Conversion) Shopee Affiliate

Pada Indirect Conversion, kreator hanya memperoleh Komisi Dasar:

Jenis Campaign Komisi Dasar Total Komisi
Shopee Non-KOL 1.5% x 40.050 Rp601
Shopee Tier 1 1% x 40.050 Rp401
Shopee Tier 2 2% x 40.050 Rp801

Pembayaran Shopee Affiliate setiap tanggal berapa?

Komisi Shopee dan berbagai campaign affiliate program lainnya jika kamu menjalankannya melalui ACCESSTRADE, makan pembayaran akan dilakukan pada setiap tanggal 20 hingga akhir tiap bulan. Komisi baru akan dibayarkan jika sudah memiliki komisi minimal 100 ribu. Namun khusus untuk campaign shopee membutuhkan waktu validasi selama 65 hari (jika belum selesai proses validasi konversi yang kamu hasilkan masih menjadi komisi kotor shopee affiliate

Apa itu komisi kotor di Shopee Affiliate?

Sering kali kreator melihat ada nilai “komisi” yang tercatat namun belum masuk saldo siap cair. Penting dipahami perbedaan antara komisi kotor dan komisi bersih di Shopee Affiliate:

  • Komisi kotor adalah total komisi yang belum tervalidasi. Komisi ini muncul ketika ada order melalui link kamu, namun order tersebut belum selesai (misalnya masih dalam proses pengiriman atau masa garansi pengembalian). Komisi kotor bisa dilihat sebagai “perkiraan” pendapatan, namun belum bisa dicairkan.
  • Komisi bersih adalah komisi yang sudah tervalidasi dan siap untuk dicairkan. Setelah status pesanan berubah selesai dan melewati periode retur, komisi terkait akan ditandai “Siap Dicairkan” di Laporan Komisi. Inilah komisi yang masuk perhitungan pembayaran mingguan.

Dengan kata lain, komisi kotor menjadi komisi bersih setelah pesanan selesai dan terkonfirmasi oleh Shopee. Jadi, misalkan jika kamu memiliki konversi pada tanggal 1 januari maka komisi akan diberikan setelah proses validasi, yang artinya baru menjadi komisi setelah menjadi approve komisi (bulan maret).

Pastikan memantau dashboard secara rutin. Bila suatu pesanan dibatalkan pembeli atau tidak memenuhi syarat (misal melanggar ketentuan program), maka komisi kotor tersebut tidak akan tervalidasi sehingga tidak dibayarkan (akan hilang dari laporan). Pastikan tidak ada pelanggaran dan pembelian benar-benar tuntas agar semua komisi kotor kamu berubah jadi komisi bersih yang dicairkan.

Sebagai kreator, memahami aturan main di atas memberi kamu peluang lebih untuk mengoptimalkan pendapatan. Program Shopee Affiliate melalui ACCESSTRADE sangat menarik karena kamu dapat memperoleh multi-komisi (Shopee + XTRA + Brand) dalam satu transaksi yang sama. Tentu saja, kunci suksesnya tetap pada trik agar shopee affiliate banyak pembeli.

.
Prima Hidayat
Affiliate Specialist
Aktif melakukan A/B testing dan study case untuk menemukan strategi efektif dalam menghasilkan konversi yang tinggi dan stabil dari campaign affiliate marketing.
Artikel Terkait