ACCESSTRADE Indonesia

Terbukti !! Cara Membuat Affiliate Marketing TikTok Anda Raup Untung Jutaan Rupiah

Admin
affiliate marketing Jan 06, 2023

Baca Juga: Masih Bingung Apa yang Dimaksud Dengan Program Afiliasi? Ini Penjelasannya

Daftar Isi

Bagaimana Cara Daftar Affiliate Marketing di TikTok?

Tiktok, sebuah platform media sosial yang popularitasnya selalu meningkat kini melebarkan sayapnya menjadi platform online shopping. Sebagai pengguna, anda bukan hanya bisa membeli produk, tetapi juga mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mempromosikan produk lewat program TikTok Affiliate. Artikel kali ini akan membantu anda mengetahui cara membuat affiliate marketing Tiktok meraup untung hingga jutaan rupiah.

1. Kunjungi laman resmi TikTok Shop

Untuk mendaftarkan diri anda menjadi affiliator pada program TikTok affiliate caranya cukup mudah, anda bisa mengunjungi laman resmi Tiktok Shop atau klik di sini. Pada halaman tersebut anda diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi seperti email, nomor telepon, dan membuat password, atau anda juga bisa langsung mendaftar menggunakan akun Tiktok anda.

2. Simak dan setujui syarat dan ketentuan dari TikTok Shop

Setelah mendaftar, anda akan ditunjukan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh TikTok Shop, simak dan setujui karena hal tersebut berkaitan dengan akun anda. Setelah memahami, anda bisa klik “Authorize” untuk menyetujui.

3. Lengkapi formulir yang diminta

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan, anda akan diminta untuk melengkapi akun TikTok Shop anda seperti email, nomor telepon, hingga kartu identitas (KTP/paspor). Setelah mengisi seluruh kebutuhan informasi yang diminta, anda bisa klik “Submit” untuk melanjutkan. 

4. Tunggu email verifikasi dari TikTok

 

Setelah melengkapi dan menyimpan informasi akun anda, anda hanya perlu menunggu email verifikasi yang dikirimkan oleh TikTok sebagai bukti registrasi.

5. Pilih produk afiliasi anda

 

Setelah menerima bukti registrasi dari TikTok, selanjutnya anda dapat mulai memilih produk yang akan dijadikan sebagai produk afiliasi dengan cara memilih menu “Pengaturan dan Privasi”, setelah itu pilih menu “TikTok Shop”, dan anda siap untuk memilih produk afiliasi yang tersedia.

6. Mulai lakukan promosi dengan membuat konten di TikTok

 

Setelah memilih produk afiliasi anda, anda bisa memilih menggunakan link dari TikTok Shop untuk mulai mempromosikan produk. Untuk mempromosikan produk, anda bisa membuat konten di TikTok dengan membaca tren dan algoritma agar konten anda FYP dan dilihat oleh banyak audiens.

Cara Membuat Affiliate Marketing Tiktok Anda Raup Untung Jutaan Rupiah

Setelah mengetahui cara membuat affiliate marketing TikTok, tentu yang perlu selanjutnya anda pelajari adalah strategi atau cara membuat affiliate marketing TikTok anda meraup untung yang besar hingga jutaan rupiah. Berikut adalah strategi yang dapat anda gunakan sebagai konten kreator sekaligus affiliator TikTok.

  • Bangun branding yang tepat untuk akun anda

Sebagai konten kreator sekaligus affiliator TikTok, tentu anda perlu membuat personal branding yang tepat untuk ditampilkan pada akun anda. Bahkan saat membuat akun TikTok Shop anda sudah diminta untuk memilih kategori, maka sesuaikan dan bangunlah branding yang kuat agar orang mudah mengingat dengan apa yang anda promosikan dan bagaimana anda mempromosikan produk tersebut. Sebagai contoh, jika anda membangun branding sebagai akun fashion, maka saat mempromosikan produk anda harus berpenampilan menarik, dan tentu produk yang anda promosikan adalah produk fashion.

  • Jangan berjualan, tetapi ceritakan produk anda

Melalui TikTok yang merupakan platform media sosial berformat audio visual anda diberikan kesempatan untuk tampil, bahkan kini TikTok dilengkapi durasi maksimal hingga 3 menit. Oleh karena itu, maksimalkan durasi yang diberikan untuk mempromosikan produk dengan cara bercerita seolah anda sudah benar memahami apa yang anda promosikan. Jadi, pastikan anda tidak berjualan, tetapi menceritakan produk serta pengalaman anda terhadap produk tersebut, sebab anda konten kreator bukan seorang sales.

  • Buat konten emosional untuk menarik perhatian

 

Saat membuat konten dengan cara bercerita, hal penting yang harus anda perhatikan adalah emosi yang anda curahkan pada konten tersebut. Pastikan anda menyampaikan emosi agar anda terlihat ekspresif dan menarik perhatian audiens. Ada banyak cara menyampaikan emosi anda. Misal, jika anda mempromosikan produk dengan cara menampilkan permasalahan, maka anda bisa meluapkan emosi sedih atau kesal, lalu kemudian produk anda hadir menjadi solusi.

  • Jalin interaksi dengan audiens

Sebagai konten kreator yang memiliki audiens, tentu anda harus menjalin hubungan yang baik dengan audiens anda. Namun, anda pasti memiliki keterbatasan untuk menjalin hubungan satu per satu. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang telah diberikan oleh TikTok, seperti TikTok Live, sematkan komentar, hingga balas komentar dengan video. Manfaatkan fitur-fitur tersebut agar interaksi anda tidak sebatas berbalas komentar. 

  • Buat konten plan dan konsisten

Saat memulai menjadi konten kreator sekaligus affiliator, pasti anda menemukan fase jenuh dan malas untuk membuat konten, tetapi hal tersebut tidak boleh dibiarkan. Oleh karena itu, anda perlu konsisten agar target meraup untung jutaan dapat tercapai. Selain itu, mulai lah memanage konten anda dengan cara membuat konten plan. Konten plan merupakan sebuah perencaan terhadap konten yang akan anda buat, pastikan konten tersebut sesuai dengan tren yang sedang berkembang di TikTok. 

Perencanaan konten akan sangat membantu anda melakukan pengembangan terhadap konten yang dibuat serta mencegah anda membuat konten yang sama karena anda mempunyai daftar konten yang sudah dibuat. Selain itu, konten plan juga akan membantu anda membuat jadwal mengunggah yang dapat disesuaikan dengan kebiasaan audiens menggunakan TikTok.

  • Sesuaikan produk dengan konten yang anda buat

Ketika anda sudah mulai aktif dan nyaman membuat konten, tetap ada hal yang harus diperhatikan, yakni kesesuaian konten dengan produk yang anda promosikan. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, jangan sampai branding anda hancur hanya karena salah mempromosikan produk. Sebagai contoh, produk afiliasi anda adalah hoodie maka konteh yang adalah konten rekomendasi atau review terhadap hoodie yang menampilkan diri anda sedang menggunakan hoodie tersebut.

  • Pilih produk terlaris, sebagai langkah awal

Sebagai pemula tentu anda tidak memiliki reputasi yang baik untuk mempromosikan sebuah produk. Oleh karena itu, anda bisa mulai dengan memilih produk yang sudah laris, untuk setidaknya meskipun anda belum memiliki banyak audiens, produk tersebut sudah memiliki pasarnya tersendiri sehingga audiens yang melihat dapat percaya dan membeli produk tersebut. 

Sebagai contoh, anda bisa memilih suatu produk dari brand yang sudah terkenal dan memiliki banyak konsumen. Jadi, ketika audiens melihat konten promosi anda, mereka tidak akan terlalu memperhatikan anda sebagai konten kreator pemula, tetapi pada produk yang anda promosikan.

Apa Itu Konten FYP TikTok?

Jika anda telah lama menggunakan TikTok, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan istilah FYP atau For You Page. FYP merupakan sebuah timeline di TikTok  yang disesuaikan dengan tren dan preferensi pengguna. Sebagai affiliator TikTok tentu anda harus memahami FYP untuk memudahkan kegiatan promosi anda sebab FYP akan membantu konten anda muncul pada halaman banyak orang atau dalam arti lain semakin banyak calon konsumen yang melihat produk afiliasi anda.

Terdapat beberapa cara yang perlu anda terapkan agar konten anda FYP di antaranya adalah mengikuti tren yang sedang berkembang dan pemilihan sound yang sedang banyak digunakan. Anda dapat menyesuaikan hal tersebut dengan produk afiliasi anda, jangan sampai mengikuti tren tapi konten anda menjadi tidak sesuai dengan produk yang anda promosikan.

Fitur FYP ini telah terbukti menjadi cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan. Jadi, pastikan konten yang anda buat masuk ke FYP audiens.

Manfaat FYP TikTok

Seperti yang sudah disampaikan bahwa FYP merupakan cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung hingga jutaan. Hal tersebut dapat terjadi karena FYP membantu konten yang anda buat dapat dilihat oleh audiens yang lebih banyak lagi, bahkan ke pengguna yang belum mengikuti akun anda. Semakin banyak views yang didapat akibat FYP akan semakin memungkinkan orang bertransaksi melalui produk afiliasi anda. 

Meski FYP dapat membantu konten anda tersebar luas, hal ini harus disertai dengan pengembangan dan konsistensi anda dalam membuat konten. Jangan hanya mengejar FYP, tetapi branding akun anda menurun. Lakukan terus pengembangan, terutama dalam segi produksi hingga cara anda menyampaikan informasi mengenai produk sehingga audiens akan semakin percaya dengan apa yang anda promosikan.

Kesimpulan

Artikel di atas telah menjelaskan bagaimana anda dapat mendaftarkan diri dalam program TikTok affiliate beserta cara membuat affiliate marketing TikTok anda meraup untung hingga jutaan rupiah. Jadi, segera daftarkan diri anda sebagai affiliator dan mulai perjalan anda sebagai konten kreator untuk mempromosikan produk afiliasi anda. Jangan lupa untuk terus melakukan pengembangan dan konsisten terhadap konten yang anda buat, serta pastikan video anda FYP, dan nikmati komisi anda hingga jutaan rupiah.

Baca Juga: Menjalankan Sistem Bisnis Affiliasi Marketing Dalam Perusahaan Sebagai Sumber Traffic Tanpa Iklan Berbayar

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023