ACCESSTRADE Indonesia

10 Google Tools yang Semua Marketers Wajib Menggunakannya

Admin
digital marketing Jan 08, 2021

Baca Juga: Pahami Artinya Afiliasi Pemasaran, Sistem Saling Menguntungkan Berdasarkan Tindakan

Saat ini ada banyak sekali tools-tools yang diciptakan untuk mempermudah dan membantu para marketer dan pebisnis dalam menjalankan roda bisnis mereka, mulai dari pemasaran, pengenalan layanan sampai dengan membangun interaksi dengan pelanggan atau konsumen. Hanya saja, sebagian besar dari tools-tools tersebut tersedia dengan status berbayar. Oleh karenanya akan sedikit membebani bagi mereka yang baru saja memulai bisnis atau skala usahanya masih kecil.

Namun bukan berarti tidak ada tools-tools hebat untuk para marketer dan pebisnis yang tersedia secara gratis. Google merupakan salah satu perusahaan besar yang memiliki banyak sekali produk berupa tools untuk bisnis yang dapat digunakan secara gratis, walaupun beberapa di antaranya berbayar. 

Nah, berikut ini adalah tools-tools untuk bisnis dan marketing buatan Google yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Google AdWords: Keyword Planner

Apakah Anda sedang mencari alat yang membantu menemukan dan menargetkan kata kunci terbaik untuk bisnis yang sedang Anda jalankan? Meskipun ada banyak pilihan, Google AdWords: Keyword Planner tetap menjadi salah satu tools terbaik untuk melakukan research mengenai kata kunci.

Ada banyak hal yang disukai dari tools gratisan satu ini, termasuk cara pengoperasiannya sangat mudah. Hanya saja, bagi pemula, diperlukan percobaan secara terus menerus agar dapat memahami cara kerja dari Google AdWords: Keyword Planner tersebut.

Semakin banyak percobaan dan penelusuran yang Anda jalankan, semakin Anda memahami cara kerja tools tersebut. Selain itu, beberapa penelusuran memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang kata kunci mana yang paling sesuai dengan situs yang Anda miliki.

Google Analytics

Sasaran apa yang telah Anda tetapkan untuk strategi pemasaran konten Anda? Jika tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan ini, sekaranglah waktunya untuk mundur dan menilai kembali segala hal yang telah dilakukan. 

Untuk melakukan penilaian kembali tersebut, maka Google Analytics adalah tools yang tepat digunakan. Hal itu dikarenakan dengan memakai tools ini, maka Anda akan mendapatkan gambaran singkat tentang kinerja yang telah dilakukan selama periode waktu tertentu.

Google Search Console

Mirip dengan Google Analytics, Google Search Console dapat digunakan untuk menyisir data yang bertumpuk dalam singkat. Ada beragam fitur yang dimiliki Google Search Console, seperti Search Traffic, Search Analytic sampai dengan alat untuk membuat ranking atas keyword-keyword yang digunakan dari daftar pencarian Google.

Google Trends

Google Trends merupakan tools yang sangat tepat untuk digunakan dalam mencari dan membuat konten khusus yang sedang populer dalam satu waktu atau secara real-time. Dengan menggunakan tools ini, maka Anda dapat memperoleh ratusan kata kunci yang terkait dengan bisnis dan industri Anda.

Google Spreadsheet

Seorang pebisnis ataupun marketer tentunya membutuhkan sistem untuk merekam dan melacak data. Selain itu, ada kalanya Anda ingin membagikan data-data tersebut dengan anggota tim lainnya. Oleh karenanya, tools yang tepat untuk digunakan adalah Google Sheet. Kenapa? Karena Google Sheet adalah salah satu cara paling sederhana dan efisien untuk merekam data, melacak perubahan, sekaligus berkolaborasi dengan orang lain.

Google Alerts

Google Alerts adalah tools besutan Google yang memudahkan Anda untuk memantau web sampai dengan mengetahui informasi terkini. Ketika Anda mengaktifkan dan mulai menggunakan Google Alerts, maka Google akan mengirimi Anda email sekali sehari atau sekali seminggu, sesuai dengan pengaturan yang Anda lakukan. 

Gmail

Gmail merupakan email resmi yang dimiliki Google. Dengan menggunakannya, maka Anda tidak hanya dapat saling berkirim email dengan orang atau anggota tim lainnya, tetapi juga dapat memakai sebagai ‘kunci’ untuk menggunakan berbagai tools besutan Google lainnya

Sebagai saran, meskipun Anda memiliki atau menggunakan layanan penyedia email dari perusahaan selain Google, akan tetapi untuk komunikasi sehari-hari dengan rekan kerja dan klien, Anda masih dapat menggunakan akun Gmail untuk menjalankan banyak aspek strategi pemasaran dan bisnis.

Google My Business (GMB)

Google My Business (GMB) memang tidak terlalu banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan berskala besar, akan tetapi bagi Anda yang memiliki usaha berskala kecil, maka tools ini dapat Anda gunakan untuk listingan bisnis gratis di Google.

Manfaat menggunakan GMB meliputi peluang untuk menampilkan bisnis Anda kepada pelanggan secara mudah dan cepat, memberikan informasi terkait dengan perusahaan atau layanan yang Anda tawarkan sampai dengan sebagai media show off kepada pelanggan

Google Docs

Seperti halnya Google Sheets, Google Docs adalah tools yang tepat untuk digunakan merancang, menulis dan membuat data apapun, kemudian membagikannya ke pelanggan, rekam kerja atau orang lain yang telah dipilih dengan mudah dan cepat.

Google Calendar

Dengan menggunakan Google Calendar, maka Anda dapat mengatur jadwal yang berkaitan dengan segala bisnis atau waktu pemasaran yang dilakukan. Tools satu ini merupakan media untuk mengorganisasikan segala penjadwalan secara sistematis dan komplet.

Dengan memanfaatkan ke-10 tools gratisan dari Google tersebut, maka Anda dapat menjalankan strategi pemasaran sampai dengan segala hal yang terkait dengan bisnis yang dijalankan secara mudah dan efisien.

Baca Juga: Apa Itu Shopee Affiliate Marketing, Ini Penjelasan Singkatnya, Bisa Langsung Paham !

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023