Tips Belajar Influencer Marketing yang Cocok Untuk Pemula

Admin
how to Feb 10, 2023
1689124379_tips-belajar-influencer-marketing-yang-cocok-untuk-pemula-1.jpg
Daftar Isi

10 Tips belajar influencer Marketing

Influencer marketing adalah salah satu strategi pemasaran terbaru dan banyak digunakan oleh pemasar untuk meningkatkan lalu lintas penjualan. Influencer adalah orang-orang yang memiliki jumlah follower atau pengikut yang sangat besar yang memiliki pengaruh signifikan terhadap cara berpikir masyarakat. Influencer disini bisa artis, selebriti, dll.

Pemasaran yang dilakukan diunggah di media sosial seperti Instagram, YouTube dan lainnya. Pemasaran influencer tersebar luas karena orang-orang mempercayai ulasan dan saran dari para influencer ini ketika menggunakan suatu produk. Berikut tips belajar influencer marketing yang cocok untuk para pemula.

  • Bagikan Ilmu dan Pengalaman

Untuk menjadi influencer yang baik, Anda harus memastikan bahwa setiap konten yang Anda buat selalu memiliki informasi dan pengalaman yang bermanfaat. Anda perlu membuat konten dengan cerita yang menarik lebih baik berdasarkan pengalaman Anda dan juga berbagi ilmu yang dipelajari.

Ini adalah poin penting yang perlu diingat ketika Anda menjadi seorang selebriti. Seorang influencer tidak hanya mengunggah foto dan video. Namun, dibalik setiap konten juga terdapat informasi dan pengalaman yang bermanfaat. 

  • Temukan Hal yang Kamu Minati

Cara kedua menjadi influencer yang cepat meraih kesuksesan adalah dengan mencari hal-hal yang Anda minati. Sesuatu yang Anda kuasai dan ketahui dengan baik.

Setelah Anda menemukannya dan yakin akan hal itu, Anda bisa mencoba membuat konten dan memperhatikannya terlebih dahulu. Jangan tergoda untuk membuat konten viral. Sekalipun ada banyak pesan viral yang beredar setiap hari, Anda tidak dapat mengandalkannya. Jika demikian, konten Anda tidak akan dianggap pasaran dan berkualitas rendah

  • Tata Feed Media Sosial

Mengatur feed media sosial adalah salah satu kiat terpenting dalam influencer marketing. Dengan mengatur feed semenarik mungkin, dapat membuat Instagram terlihat menarik bagi pengikut. Anda dapat mulai menata feed Anda dengan menggunakan foto dengan visual estetik untuk mencocokkan setiap gambar dan konten. Selanjutnya, tata teks dan grafik yang ada pada feed itu sendiri. 

Anda bisa mendapatkan input yang bagus dengan beberapa alat pengeditan seperti Vsco, Lightroom, atau aplikasi lainnya. Selalu pikirkan setiap pengeditan agar feed rapi dan enak dipandang. Jika Anda menjadi influencer, jangan salah, profil Anda akan mendapatkan banyak traffic. Feed media sosial yang tepat penting untuk membuat pengikut melihat profil Anda untuk waktu yang lama. 

  • Selalu Coba Tren Baru

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi media sosial, tren baru media sosial selalu hadir dengan cepat. Salah satu media sosial yang paling sering digunakan dalam influencer marketing adalah instagram.

Bagi pemula yang ingin menjadi top influencer di Instagram, Anda dapat mulai mengikuti setiap tren baru yang muncul. Karena setiap tren ini pasti akan viral dan menjadi perhatian oleh publik.

Mengikuti tren ini dapat bermanfaat untuk keterlibatan akun Instagram Anda. Engagement yang tinggi mempengaruhi nilai dan komisi yang bisa Anda dapatkan. Meski terlihat sepele, hal ini sangat penting dan tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja influencer marketing. 

  • Perluas Jaringan

Meski menjadi influencer adalah pekerjaan freelance, Anda bisa bekerja sendiri tanpa berkolaborasi dengan orang lain. Tapi jaringan tetap penting. Anda perlu membangun jaringan dan membuat koneksi dengan influencer lain. Tujuannya adalah kerjasama.

Cara menjadi influencer Instagram dengan followers yang terus meningkat cepat bisa dengan sering berkolaborasi dan bertukar followers. Ini akan membantu Anda mendapatkan pengikut dengan cepat dengan sangat efektif. 

  • Konsisten Membuat Konten

Menjadi influencer berarti Anda harus membuat dan mengunggah konten secara rutin. Anda juga harus menetapkan jadwal rutin untuk mengunggah konten. Dengan begitu, followers tidak menunggu konten media sosial Anda.

Disiplin dan konsistensi adalah hal yang pemula harus lakukan untuk cepat sukses serta mendapatkan followers, yang merupakan bagian dari tindakan dan pencapaian seorang influencer itu sendiri. 

  • Berinteraksi dengan pengikut 

Ini adalah hal penting yang sering diabaikan atau bahkan dilupakan, yaitu interaksi dan komunikasi dengan para followers.

Cara menjadi influencer Instagram yang baik adalah dengan membangun koneksi yang kuat dengan followers dan fans Anda. Karena itu, berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengikut Anda menjadi penting dan Anda dapat melakukannya secara teratur.

Karena akan banyak pertanyaan dari followers yang tertarik dan penasaran dengan kehidupan Anda. Sebagai seorang influencer, adalah tugas Anda untuk menanggapi rasa ingin tahu pengikut Anda.

  • Perhatikan kualitas foto dan video

Cara belajar influencer marketing selanjutnya adalah memperhatikan kualitas setiap foto dan video yang Anda ambil dengan konten Anda. Jika foto dan video Anda berkualitas buruk, umpan Instagram Anda akan rusak.

Selain itu, followers mengeluh dan merasa tidak nyaman dengan foto dan video yang Anda bagikan. Hal ini bisa Anda atasi karena sebagai influencer, Anda bisa menggunakan kamera yang berkualitas.

Jika ingin mudah, Anda juga bisa menggunakan smartphone dengan kamera berkualitas tinggi. Saat ini sudah banyak smartphone dengan kamera berkualitas tinggi yang banyak digunakan oleh para influencer.

  • Menjunjung tinggi etika dan sopan santun

Influencer adalah sosok yang mempengaruhi banyak orang. Influencer sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti seseorang yang mempengaruhi.

Mempengaruhi apa yang dimaksudkan jelas memiliki efek positif. Karena itu, pengikut Anda mendapatkan setiap bagian dari konten Anda yang berpengaruh. Anda harus mengamati etiket dan sopan santun dan berperilaku sendiri.

  • Utamakan kejujuran

Untuk menjadi influencer yang dipercaya dan disukai banyak orang, Anda harus membuat konten yang jujur ??dan tidak bertentangan dengan standar di Indonesia. Menjaga nilai kejujuran adalah kunci sukses menjadi influencer Instagram. Selain berpegang pada etika dan adat istiadat, kejujuran juga penting.

Karena apa yang Anda sampaikan dalam hal konten selalu mengikuti pengikut dan audiens. Ini sangat berisiko jika ada konten Anda yang tidak menghargai nilai kejujuran. 

Apa keuntungan menjadi influencer?

Salah satu keunggulan dari influencer ini sendiri adalah dapat membangun kepercayaan terhadap produk, mudah menentukan arah sasaran, efektif, memiliki konten yang segar dan tidak membosankan. 

Selain itu, komisi yang bisa didapatkan juga cukup menggiurkan. Besarannya dapat ditentukan dari berapa banyak jumlah pengikut, engagement rate, hingga penawaran yang bisa diberikan terhadap suatu brand tersebut. Maka dari itu, belajar strategi influencer marketing sangat penting bagi Anda jika ingin mendapatkan komisi yang terbilang tinggi.

Influencer marketing menjadikan produk Anda menjadi sorotan

Jika Anda menerapkan strategi influencer dalam bisnis Anda, influencer berarti mereka dapat membantu Anda menempatkan produk Anda di pusat perhatian banyak pengikut, contohnya adalah influencer Instagram. Dan ketika influencer memakai produk Anda, followers tersebut akan melihat apa yang dikenakan oleh influencer tersebut dan sebagian besar followers akan tertarik dan membeli produk perusahaan Anda.

Influencer marketing dapat membangun kepercayaan

Dengan menggunakan jasa influencer, Anda dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan perusahaan Anda. Manfaat lain dari influencer profesional adalah mereka biasanya membantu Anda menentukan topik konten yang sesuai dengan merek Anda.

Influencer dapat menggunakan teknik soft selling pada setiap konten yang mereka sajikan, dan influencer memiliki strategi untuk menyajikan materi promosi kepada audiens yang otentik, mudah dipahami, jelas, dan mudah diterima. Strategi mempengaruhi ini sebenarnya merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Bagaimana cara influencer menghasilkan uang

Influencer dapat meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan audiens Anda terhadap merek Anda. Jangkau audiens target secara efektif. Dengan memilih influencer yang tepat, Anda dapat menjangkau audiens target yang tepat secara efektif.

Audiens dari influencer yang tertarik dengan brand Anda bisa menjadi audiens baru. Influencer fokus pada membangun audiens dan mempromosikan merek individu. Mereka biasanya memposting sponsor atau dukungan merek karena mereka memiliki banyak pengikut di media sosial. 

Posting Media Sosial Bersponsor

Influencer memiliki peluang menghasilkan uang dengan setiap postingan media sosial, terutama jika mereka membuat konten berkualitas. Karena itu, konten bersponsor adalah salah satu cara terbaik bagi influencer untuk menghasilkan uang. 

Dalam posting yang disponsori media sosial, merek tersebut membayar influencer untuk menampilkan produk dan layanan di media sosial mereka. Konten bersponsor ini dapat muncul di cerita Instagram, postingan Facebook, atau video YouTube. 

Menjadi brand ambassador 

Banyak influencer menghasilkan uang dengan menjadi brand ambassador. Daripada mempromosikan merek dengan satu postingan bersponsor, influencer secara teratur mendiskusikan produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan untuk menciptakan kesadaran merek secara keseluruhan. Misalnya, suatu merek dapat membayar influencer media sosial untuk memposting tentang merek tersebut secara teratur selama 6-12 bulan. 

Kesimpulan

Ini adalah 10 strategi influencer marketing yang perlu Anda gunakan dalam bisnis Anda. Influencer marketing sangat penting bagi Anda yang ingin memperluas jaringan bisnis. Anda dapat menggunakan salah satu metode di atas dalam bisnis.

Banyak orang yang mengikuti tip di atas menemukan kerja keras yang bermanfaat. Hasilnya tentu sangat baik dan bisnis selalu berjalan lancar dan berkembang. Dalam bisnis Anda harus terus belajar teknik influencer marketing serta memperhatikan kedisiplinan, kejujuran dan juga strategi pemasaran.  Tertarik untuk mulai menjalankan berbagai campaign affiliate marketing di Indonesia? Cek Website Bisnis Online Affiliate Marketing di Indonesia.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!