ACCESSTRADE Indonesia

Begini Cara Daftar Afiliasi Tokopedia yang Paling Praktis

Admin
how to Sep 23, 2022

Baca Juga: Langkah Memulai Affiliate Marketing Terbaik Untuk Pemula, Kamu Harus Tahu!

Selain sebagai tempat berbelanja online, Tokopedia juga bisa jadi sumber cuan melalui program afiliasinya. Cara daftar afiliasi Tokopedia ini pun juga mudah untuk dilakukan.

Seperti yang sudah diketahui, kalau Tokopedia adalah salah satu e-commerce, yang memungkinkan setiap orang dan pemilik usaha di Indonesia membuka serta mengurus toko online dengan praktis. Selain itu, Tokopedia juga berikan pengalaman jual beli online dengan nyaman dan pastinya aman.

Penggunaan Tokopedia pun juga mudah dimengerti dan bebas biaya. Ada banyak berbagai macam kebutuhan yang tersedia di e-commerce yang satu ini, seperti peralatan kantor dan rumah tangga, kosmetik, fashion, barang elektronik, peralatan olahraga, perlengkapan bayi, dan kebutuhan harian lainnya.

Bukan cuma itu, Tokopedia juga menyediakan berbagai produk digital, yang membuat keperluan rumah tangga jadi super praktis, ada TokoCash, Air PDAM, pulsa, BPJS, Telkom, tiket kereta api, angsuran kredit, voucher game, donasi, dan lainnya.

Dengan banyaknya produk dan layanan yang ditawarkan, hal ini bisa menjadi peluang untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan, tanpa harus mengeluarkan modal. Anda bisa bergabung ke dalam program afiliasi Tokopedia. Pengguna hanya perlu membagikan link dipunya ke berbagai media sosial serta dengan syarat yang mudah dari program afiliasi Tokopedia.

Apalagi untuk para kreator, program afiliasi Tokopedia ini adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Komisi yang didapatkan pun juga cukup untuk tambahan uang jajan atau ingin mendapatkan penghasilan sampingan.

Penasaran seperti apa afiliasi Tokopedia dan cara daftarnya? Berikut ini penjelasannya.

Daftar Isi

Pembagian Komisi di Afiliasi Tokopedia

cara daftar afiliasi tokopedia terbaik

Afiliasi Tokopedia ini adalah salah satu program yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk milik penjual di Tokopedia. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu membagikan link yang di generate melalui Tokopedia. 

Lalu, membagikannya ke berbagai media sosial milik pribadi dan komisi baru bisa didapatkan setelah orang lain membeli produk yang dipromosikan. Komisi ini bisa didapatkan dengan maksimal 10%. Berikut ini pembagian komisi dari berbagai kategori produk di afiliasi Tokopedia.

  • 1% untuk kategori handphone, tablet, otomotif, dan elektronik.
  • 3% dalam kategori hobi dan olahraga.
  • 5% dalam kategori Ibu & Bayi serta dalam kategori kesehatan.
  • 8% kategori fashion, kecantikan, dan rumah tangga.
  • 10% kategori makanan dan minuman.
  • 2% dalam kategori lainnya, tidak termasuk ke dalam kategori di atas yang telah disebutkan.

Nilai komisi maksimal yang bisa didapatkan dapat mencapai Rp 50.000 untuk di setiap kategori per penjualan yang telah berhasil. Hal ini pun bisa berubah sewaktu-waktu oleh pihak Tokopedia, baik itu berupa persentase kategori maupun nominal komisi.

Kalau produk yang dipromosikan sedang kosong, maka sistem Tokopedia akan mengirim notifikasi melalui platform Tokopedia dan Kamu juga bisa langsung update link dengan produk yang sejenis dari toko yang berbeda. Inilah salah satu keunggulan dari program afiliasi Tokopedia.

Sebelum mempraktikkan cara daftar afiliasi Tokopedia, Anda harus memenuhi beberapa syarat daftar dan aturan dalam program afiliasi di Tokopedia, di antaranya mempunyai akun Tokopedia yang aktif, link yang berasal dari seller power merchant, power merchant pro, dan official store, lalu tanpa minimal pengikut di media sosial, maksimal 5 kali transaksi komisi per hari, dan komisi masih dinyatakan valid saat di klik oleh pembeli dalam kurun waktu 14 hari.

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Daftar Shopee Affiliate dan Dapatkan Komisi Besar Hingga 10%

 

Cara Daftar Afiliasi Tokopedia, Ikuti Langkahnya!

cara daftar afiliasi tokopedia terbaik indonesia

  1. Bukalah aplikasi Tokopedia, lalu klik “Semua Kategori”.
  2. Pilih menu “Tokopedia Affiliate” untuk membuka halaman afiliasi Tokopedia.
  3. Kemudian, klik “Daftar Sekarang”.
  4. Kamu akan berpindah ke halaman pengisian data untuk keperluan daftar afiliasi. Isilah data dengan benar dan jika ingin menambahkan sosial media yang lainnya, lalu pilih tombol “tambah sosial media”.
  5. Selanjutnya, Anda bisa membagikan link produk di berbagai sosial media, seperti Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, Website, serta situs publik lainnya. Dan klik tombol selanjutnya.
  6. Kamu akan menjumpai halaman syarat dan ketentuan.
  7. Kamu bisa membacanya terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku dalam program afiliasi di Tokopedia. Jika sepakat, bisa langsung mencentang sebagai tanda kalau sudah menyetujui syarat dan ketentuan tersebut dan klik daftar.
  8. Dan cara daftar afiliasi Tokopedia ini pun selesai.

Setelah mengikuti cara daftar afiliasi Tokopedia ini, nanti Kamu akan diarahkan ke dalam dashboard profil afiliasi Tokopedia. Di dalam dashboard tersebut, bisa melihat berbagai data, seperti waktu transaksi, konversi, klik, pendapatan, sampai barang yang telah terjual.

Selain itu, program afiliasi Tokopedia ini juga memungkinkan afiliator. Untuk mempromosikan berbagai produk yang pernah dibeli, wishlist, atau hanya sekedar dilihat saja. Hal inilah yang membuat pengguna, akan lebih mudah dalam memilih produk yang sudah pernah dibeli sebelumnya.

Hal ini juga yang membuat mengapa program afiliasi Tokopedia ini bisa lebih dipercaya dalam mempermudah ketika melakukan promosi produk.

Perhitungan Komisi Afiliasi Tokopedia

Untuk aturan komisi, maksimal hanya 5 kali transaksi dari 5 pengguna yang berbeda. Kalau seandainya Anda mendapatkan 6 transaksi, maka 1 transaksi ini akan hangus dan tidak dihitung sebagai komisi. 

Selanjutnya, pihak Tokopedia akan mengirim notifikasi kalau terdapat transaksi yang berasal dari link afiliasi yang telah dibagikan. Kamu pun akan menerima komisi dalam jangka waktu 2x24 jam.

Hal penting yang perlu diingat, hasil komisi yang telah diterima tidak akan bisa ditarik, jika belum melakukan verifikasi data diri. Verifikasi ini bisa dilakukan dengan cara memilih “pengaturan”, lalu “keamanan akun”, dan klik “verifikasi diri”.

Kamu pun akan diminta untuk melakukan scan KTP, juga verifikasi wajah. Proses verifikasi akan berlangsung selama 1x24 jam. Itulah tadi berbagai cara daftar afiliasi Tokopedia, yang bisa dilakukan dengan mudah. 

Selain itu, pengguna pun juga bisa mendapatkan komisi kunjungan. Komisi ini adalah sejumlah nominal tertentu yang bisa didapatkan dan telah ditentukan oleh pihak Tokopedia dalam periode tertentu. Dalam layanan afiliasi Tokopedia dan akan dibayar atas setiap kunjungan terverifikasi.

Satu komisi kunjungan terverifikasi adalah Rp50. Komisi ini akan diberikan setelah proses verifikasi oleh Tokopedia maksimal 2x24 jam. Pihak Tokopedia pun memberikan batasan komisi kunjungan maksimal sebesar Rp 25.000 per hari bagi mitra afiliasi. Tetapi, Tokopedia bisa mengubah persentase dan nominal untuk komisi dan batasan komisi kunjungan ini sewaktu-waktu.

Jika Kamu sudah penasaran dan berkeinginan untuk mendapatkan uang, di kondisi tak menentu seperti saat ini. Tidak ada salahnya segera mendaftar di program afiliasi marketplace. Tentunya, dengan mempertimbangkan plus minus di masing-masing platform.

Sebab, potensi uang yang dihasilkan cukup menarik dan kompetitif. So, tunggu apalagi, segera ikuti cara daftar afiliasi Tokopedia yang mudah dan instan.  Selamat mencoba menjadi affiliate marketing Tokopedia dan semoga Kamu berhasil cuan.

Eit, tunggu dulu. Bagi kalian yang sedang mencari program affiliate, layanan afiliasi dari Accesstrade patut untuk dicoba juga loh. Layanan afiliasi dari Accesstrade, merupakan layanan afiliasi terbaik se Asia Tenggara loh! Jadi, jangan tunggu-tunggu terlalu lama segera daftar sekarang

 Baca Juga: Begini Cara Daftar Affiliate Aliexpress, Hasilkan Dollar Tanpa Modal!

Baca Juga: 10 Strategi Bisnis Affiliate Marketing Bagi Pemula Yang Paling Direkomendasikan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023