Cara Cari Uang di Internet untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Cari Uang di Internet untuk Ibu Rumah Tangga

Admin
insights Feb 22, 2023
SHARE ON
1689141072_cara-cari-uang-di-internet-untuk-ibu-rumah-tangga-1.jpg

Zaman sekarang, siapa yang tak bisa lepas dari HP dan internet? Mulai dari anak-anak hingga para orang tua biasanya mempunyai HP untuk kebutuhan karena semuanya sudah “serba online”. Namun, bagi ibu rumah tangga, pernahkah terpikir bahwa uang bisa didapat secara online?

Bagaimana Cara Cari Uang di Internet?

Internet merupakan kebutuhan penting yang tidak bisa dilewatkan. Di internet, Anda seperti dialihkan kepada dunia yang tidak pernah dilihat sebelumnya. Anda bisa mengobrol jarak jauh, mencari informasi dan berita, sampai mendapatkan pundi-pundi rupiah. Yuk simak cara cari uang dari internet yang cocok bagi Ibu Rumah Tangga.

1. Menjual Barang-Barang Pre-Loved

Para Ibu Rumah Tangga pasti pernah dihadapkan pada pilihan “mending nyesel beli daripada nyesel gak beli”, dan pada akhirnya barang tersebut dibeli namun jangka waktu pemakaiannya hanya sebentar. Lama-kelamaan barang tersebut jadi tidak terpakai dan menumpuk, kemudian bingung akan disimpan di mana.

Jangan khawatir, salah satu cara cari uang dari internet yang mudah untuk dilakukan adalah dengan menjual kembali barang tak terpakai yang masih layak, atau disebut dengan barang Pre-Loved.

Menjual atau membeli barang-barang tak terpakai bukan hal baru khususnya untuk para Ibu Rumah Tangga yang lebih mengutamakan nilai fungsi suatu barang. Anda bisa menjual barang-barang tersebut secara online di e-commerce, dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang.

2. Membuka Usaha Katering Makanan

Selanjutnya, cara cari uang di internet khususnya bagi ibu rumah tangga adalah dengan membuka usaha catering makanan.

Anda bisa menjajakan usaha katering kepada tetangga terdekat atau mempromosikannya secara online. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan modal banyak, maka lakukan sistem PO atau pre-order. Sistem PO biasanya mengharuskan pembeli membayar terlebih dahulu.

Agar mendapatkan keuntungan, Anda perlu memerhatikan beberapa hal penting. Contohnya, mencari supplier yang murah namun berkualitas, mengetahui selera orang banyak, melakukan pelayanan yang optimal untuk testimoni yang baik.

3. Membuat Kerajinan Tangan dan Menjualnya Secara Online

Jika Anda memiliki hobi membuat prakarya untuk hiasan di rumah, maka Anda bisa mencoba untuk menjualnya.

Untuk berkesempatan mendapatkan banyak pelanggan, jualah karya yang Anda buat secara online. Lakukan hal ini dengan konsisten untuk membuahkan hasil yang manis.

Tips yang bisa Anda ikuti saat memulai bisnis kerajinan tangan di antaranya adalah mengikuti pameran atau acara bazar, promosi online, serta mengetahui SWOT (strength, weakness, opportunitie, threats).

4. Menjadi Dropshipper

Memulai bisnis dropshipping merupakan salah satu cara cari uang di internet tanpa modal. Cara menjadi dropshipper cukup mudah dilakukan terutama bagi ibu rumah tangga. Anda cukup menjual barang milik orang lain (supplier) tanpa perlu menyetok.

Cari barang yang sedang banyak diminati, kemudian iklankan barang tersebut melalui berbagai platform.

Setelah ada orang yang membeli, Anda cukup menghubungi supplier agar barang segera dikirim kepada pembeli. Anda bisa mendapatkan uang tanpa modal apapun.

Carilah supplier yang menjual  barang dengan harga murah, kemudian Anda juga bisa membangun brand untuk toko online milik Anda sendiri.

5. Membuat Konten Review Produk

Jika Anda hobi berbelanja, Anda bisa mendapatkan uang dengan mereview produk yang dibeli.Anda bisa menuliskannya di blog, Instagram, atau mengupload videonya ke Youtube, TikTok, dan lain-lain.

Ketika mereview produk, baiknya Anda menyertakan link affiliasi produk untuk menambah keuntungan lebih.

Agar banyak yang berminat membeli barang yang Anda review, jangan lupa untuk deskripsikan produk dengan jelas dan lengkap. Selain itu beri tahu apa kelebihan dan kekurangan barang tersebut.

Untuk menambah rasa percaya calon pembeli, berikan contoh penggunaan dan ketahanan dari produk tersebut.

6. Membuka Jasa Sebagai Penerjemah

Jika Anda menguasai bahasa asing, menjadi penerjemah adalah cara jitu cari uang di internet. Anda bisa mempromosikan jasa secara online lewat media sosial.

Biasanya, penerjemah dicari untuk mengalih bahasa pada media seperti film, buku, tulisan, atau suatu naskah. Bisnis menjadi penerjemah tidak perlu modal, cukup gawai dan internet saja.

Jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas diri Anda dengan banyak mempelajari bahasa-bahasa.

7. Membuat Kursus Online

Jika Anda memiliki kemampuan khusus, maka jadikanlah hal itu sebagai peluang emas. Buatlah kursus online dan iklankan di berbagai media sosial. Misalnya, kursus online tentang make up, memasak, prakarya, dan masih banyak lagi.

Untuk membuat orang tertarik mengikuti kursus online yang Anda buat, pastikan ada bukti yang menunjukkan bahwa Anda memang mahir di bidangnya. Misalnya, sertifikat, piala, dan lain sebagainya.

8. Menjadi Partisipan Survey

Pernahkah Anda mengisi sebuah survey? Siapa sangka jika menjadi partisipan survey merupakan salah satu cara cari uang di internet.

Dalam menjalankan bisnis ini, ada orang yang mengkoordinasi atau disebut koordinator survey. Biasanya, Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa hal dan ada briefing tertentu.

9. Menulis dan Menerbitkan Buku Digital

Salah satu cara cari uang di internet yang terbilang ampuh adalah dengan menulis. Anda bisa berkreasi sebebas mungkin dengan menuangkannya ke dalam tulisan.

Anda bisa membuat berbagai jenis tulisan, mulai dari artikel hingga buku digital. Jika membuat artikel, Anda bisa menawarkannya kepada para pemilik website. Namun jika Anda menulis buku digital, maka Anda bisa memasarkannya lewat internet atau website penerbit yang menyediakan jasa jual beli buku digital.

10. Menggunakan Cashback dari Hasil Belanja

Ibu rumah tangga banyak melakukan kegiatan belanja, apalagi semenjak beberapa tahun terakhir belanja lewat platform digital atau belanja online marak dilakukan.

Belanja online digemari oleh banyak orang karena kita cukup membeli barang dan membayarnya di mana saja, biasanya toko online tersebut mempunyai dompet digital sendiri untuk memudahkan para penggunanya.

Untuk menarik pelanggan, salah satu upaya yang dilakukan oleh toko online adalah memberikan cashback untuk para penggunanya.

Cashback bisa diibaratkan dengan diskon yang biasanya berwujud koin atau poin. Jika Anda rajin berbelanja atau pintar mencari barang-barang yang memiliki cashback, maka akan semakin banyak cashback yang terkumpul.

Koin atau poin cashback tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk berbelanja kembali. Berbelanja jadi lebih hemat.

11. Membuat Blog

Masih berkaitan dengan menulis, salah satu cara cari uang dari internet adalah dengan membuat blog. Anda bisa membuat blog dengan berbagai macam tema, seperti curhat, memberikan informasi, mengutarakan opini, atau Anda bisa membuat review barang melalui blog. Dengan membuat blog selain menulis Anda juga bisa menghasilkan uang melalui adsense google atau content placement jika blog yang Anda buat menarik banyak traffic, selain itu Anda juga bisa menghasilkan uang dari blog dengan mereview suatu produk lalu mendaftar ke program afiliasi. Nantinya, barang yang Anda review disisipkan link affiliasi agar semakin banyak uang yang mengalir kepada Anda. Pelajari mengenai cara afiliasi dari social media disini 

12. Bergabung di Program Afiliasi

Terakhir, salah satu cara cari uang dari internet paling ampuh yang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat adalah menggunakan platform afiliasi.

Secara sederhana, afiliasi memiliki sistem yang mudah dipahami. Ada 3 pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu Merchant selaku pemilik produk, Affiliate Marketer selaku yang menjalankan afiliasi, dan calon pembeli.

Cara menjadi Affiliate Marketer mudah dilakukan, terutama bagi Ibu Rumah Tangga. Anda bisa bergabung di berbagai platform, salah satu yang terpercaya adalah Accesstrade.

Cukup dengan mendaftarkan diri di website Accesstrade, Anda bisa bergabung menjadi Affiliate Marketer. Di Accesstrade terdapat banyak perusahaan seperti Tokopedia, Blibli, Tiket.com, Adidas, dan masih banyak lagi.

Tak hanya satu, Anda bisa memilih untuk mempromosikan beberapa produk dan komisi akan masuk ke dalam satu akun saja tanpa perlu membuka di berbagai platform. Untuk bergabung menjadi Affiliate Marketer, Anda tidak memerlukan modal sepeser pun atau membeli produk untuk direview. Cukup cari produk yang Anda inginkan, kemudian salin link affiliasi dan sebarkan ke berbagai platform media sosial milik Anda

Komisi untuk Affiliate Marketer beragam, tergantung kepada merchant atau jenis produk. Biasanya, komisi yang diberikan kisaran 1% hingga 10% dari penujualan. Tertarik menjadi Affiliate Marketer? Gabung di Accesstrade sekarang.

13. Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai macam cara cari uang di internet, banyak hal yang bisa dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga. Selain itu, berbagai cara di atas cenderung tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Terutama menjadi Affiliate Marketer lewat Accesstrade. Anda hanya memerlukan HP dan internet untuk menjalankannya. Jika dilakukan dengan tekun, komisi yang akan didapat bisa mencapai hingga jutaan rupiah!

Jika Anda sudah mencoba satu hal dan gagal, teruslah mencoba karena kesuksesan tidak hanya dari satu pintu saja.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait