Cara Cari Uang Dollar Di Internet Menggunakan Affiliate Marketing Untuk Pemula

Admin
insights Feb 17, 2023
1687494779_cara-cari-uang-dollar-di-internet-menggunakan-affiliate-marketing-untuk-pemula-1.jpg
Daftar Isi

Langkah Awal Menjadi Affiliate

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis online, Affiliate Marketing tentu sudah tidak asing lagi. Affiliate Marketing merupakan salah satu program paling efektif untuk menghasilkan pendapatan besar melalui internet dalam waktu yang relatif singkat dengan hasil yang sangat baik. 

Affiliate marketing adalah kegiatan bisnis yang mempromosikan suatau produk atau jasa dari tiga sisi, yaitu penjual, layanan Affiliate, dan konsumen. Singkatnya, Affiliate Marketing merupakan sistem bisnis di mana layanan seseorang dibayar ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau layanan dari pedagang atau perusahaan menggunakan pemasaran online melalui Internet dan meminta orang lain untuk menjual produk / layanan mereka untuk dijual.

Hal ini mempermudah penjual dan konsumen, karena mereka bisa mempromosikan produk kepada konsumen melalui menyediakan jasa Affiliate untuk mempromosikan produknya melalui program Affiliate. Sedangkan, orang yang mempromosikan produk penjual tersebut disebut dengan Affiliate Marketer.

Cara kerjanya sangat sederhana, tugas Anda adalah mempromosikan produk kepada konsumen dan mengajaknya melakukan transaksi melalui link Affiliate Anda. Jika penjualan berhasil, Anda akan menerima komisi sesuai besaran yang telah disepakati. Posisi anda disini adalah orang yang tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual, jadi anda bisa membantu merchant memasarkan produk/jasanya dan tentunya kita mendapatkan komisi dari penjualan yang kita lakukan. 

Besarnya komisi atau pembayaran bervariasi tergantung dari produk, barang atau jasa yang dijual. Biasanya 2-5% komisi akan didapat dari setiap pembelian yang terjadi, bahkan Anda bisa mendapatkan uang Dollar dari internet pada setiap aktivitas yang terjadi dari beberapa kampanye Affiliate yang ada. Affiliate Marketing adalah model bisnis yang dapat menghasilkan pendapatan pasif dan relatif mudah bagi pemula, bahkan jika mereka tidak memiliki situs web sendiri. 

Mendaftarkan Data Diri di Platform Affiliate

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mendaftar Affiliate Marketing tentunya dengan mengunjungi laman resmi penyedia Affiliate tersebut. Daftarkan diri Anda dengan mengisi informasi pribadi beserta informasi pelengkap lainnya, serta pastikan Anda mengisi informasi tersebut sebenar mungkin.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang ada pada halaman pendaftaran. Jika pendaftaran sudah selesai, cek email yang Anda daftarkan. Biasanya terdapat email konfirmasi akun yang harus ada verifikasi, dan akun Anda telah terdaftarkan. Jika Anda masih bingung untuk menentukan platform Affiliate yang ingin diikuti, berikut beberapa rekomendasi platform Affiliate dunia yang bisa hasilkan dollar.

  • Amazon

Amazon kini menjadi toko online terbesar di dunia dan didirikan oleh salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos. Amazon memiliki program Affiliate yang merupakan salah satu program Affiliate terbaik di dunia.

Sejak awal berdirinya, layanan Amazon telah digunakan oleh jutaan pelanggan, baik pelanggan yang menjadi pembeli, penjual, maupun Affiliate Marketer. Di balik kesuksesan dan perkembangan Amazon adalah bagian tak terpisahkan dari layanan yang diberikan anak perusahaannya, yang tersebar di seluruh dunia.

  • Clickbank

Kalau Indonesia rata-rata marketplace, di luar negeri ada Clickbank yang juga salah satu marketplace terbesar di dunia. Produk yang termasuk dalam rentang Clickbank dari e-book, perangkat lunak, video instruksional dan banyak lagi. Anda mendapatkan komisi yang cukup tinggi.

Komisi yang bisa kita terima adalah 30-80% dari penjualan produk. Untuk mendaftar sebagai Affiliate Clickbank, langsung ke Clickbank.com dan klik "Menjadi Affiliate" dan kemudian masukkan informasi pribadi Anda seperti biasa. 

  • Google Affiliate Network

Selain Google Adsense, Google memiliki sumber penghasilan lain yang disebut Google Affiliate Network. Nikmatnya AdSense, menampilkan iklan dan Anda tinggal menikmati hasilnya. Jaringan Affiliate Google mengharuskan Anda memiliki informasi tentang Affiliate dan situs web.

Pada Google Affiliate Network Anda mendapatkan dua jenis komisi, pertama saat Anda memiliki pelanggan yang membeli produk melalui link Affiliate Anda, kedua melalui CPC atau pay per click. 

Memilih dan Mendaftar Campaign

Ada banyak program Affiliate Marketing yang dapat dipilih dengan ketentuan komisi yang beragam. Anda dapat mencari program komisi tinggi untuk memaksimalkan penghasilan Anda. Beberapa program Affiliate dengan pembayaran dollar yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut.

  • Shopify Affiliate 

Shopify adalah salah satu platform toko online terbesar dengan fitur-fitur hebat. Fungsi-fungsi yang ditawarkan dapat menawarkan solusi untuk masalah setiap pengusaha, dari generator nama perusahaan, alat pembuat logo hingga aplikasi elektronik.

Dengan menawarkan platform ini kepada pengunjung, Anda akan mendapatkan komisi menarik dari Shopify. Umumnya, mereka memiliki dua jenis kampanye yang dapat Anda gunakan untuk ditawarkan kepada audiens Anda. Yaitu kampanye standar dan Shopify Plus. 

Untuk setiap penjualan paket standar, Anda dapat memperoleh komisi hingga puluhan dollar dari transaksi yang terjadi. Sedangkan dengan Shopify Plus, Anda bisa mendapatkan komisi hingga ribuan dollar dari setiap transaksi yang terjadi.

  • eBay Partner Network

eBay memiliki lebih dari 1,1 miliar merek teratas untuk pasar yang berbeda. Selain itu, paket pemasaran yang ditawarkan oleh eBay dapat mempermudah promosi dan penyebaran informasi penjualan.

eBay Partner Network memiliki proses pendaftaran proses yang sederhana. Cukup buka situs eBay Partner Network, klik Gabung Sekarang Gratis dan isi informasi tentang situs web, blog, atau media sosial milik Anda. 

Setiap kategori produk memiliki besaran komisinya tersendiri. Jadi, jika Anda ingin memaksimalkan penghasilan Anda, pilihlah produk dengan bayaran tertinggi.

  • Printful Affiliates Program

Platform ini memiliki layanan percetakan pakaian seperti: B. T-shirt dengan desain Anda sendiri, dan secara otomatis menghubungkan produk Anda ke platform e-commerce. Dengan cara ini Anda dengan cepat menjadi pemilik toko online tanpa harus khawatir tentang pengemasan dan pengiriman.

Yakinkan audiens Anda untuk menggunakan layanan mereka dan dapatkan komisi berulang yang tinggi.

Anda bisa mendapatkan komisi 10% untuk setiap orang yang Anda ajak. Tak hanya itu, Anda akan mendapatkan komisi berulang sebesar 10% untuk setiap pendaftaran melalui referal yang Anda buat selama sembilan bulan ke depan.

Menentukan Media Promosi

Alih-alih mendistribusikan tautan Affiliate ke teman Anda melalui aplikasi perpesanan atau berbagi tautan secara acak di berbagai media, Anda dapat membuat konten menarik sebagai alat promosi.

Media sosial adalah platform utama tempat pemasar Affiliate ingin menyebarkan tautan Affiliate, Anda juga dapat menambahkan tautan Affiliate di bio Anda untuk memudahkan calon pembeli menemukan produk yang anda sebarkan tautannya. 

Anda juga bisa membagikan link Affiliate melalui konten video melalui TikTok, atau Reels Instagram. Dengan cara itu,konten Anda tidak hanya akan dilihat oleh pengikut Anda, tetapi juga oleh orang lain yang tidak Anda kenal bahkan sampai seluruh penjuru dunia. 

Buat Konten Yang Relevan

Sebagai bisnis yang kolaboratif, Anda juga perlu membuat konten menarik yang kemudian Anda upload ke website atau media sosial Anda. Konten ini akan membantu Anda menjangkau calon pembeli yang menjadi target pasar Anda. Konten yang Anda buat harus terkait dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Pada saat yang sama, konten harus menjawab kebutuhan pasar sasaran.

Nyatanya, pembuatan konten tidak hanya bisa menjadi hard sell, tapi juga bisa menjadi soft sell. Dalam hal menemukan konten yang tepat, konsistensi adalah kunci penting yang perlu dilakukan. Karena konsistensi membuat audiens Anda mudah mengenal produk perusahaan Anda. 

Dapatkan Komisi Dari Action Yang Terjadi

Affiliate Marketing CPA atau Click Per Action lebih sederhana, pada jenis Affiliate ini orang lain hanya perlu melakukan suatu tindakan. Misalnya, jika Anda mengaktifkan iklan rekomendasi di situs web Anda, pengunjung yang mengklik iklan tersebut akan dialihkan ke situs web pengiklan.

Tindakan tersebut mulai dari memberikan alamat email, menonton video, mengikuti media sosial, hingga memesan atau membeli produk dan layanan.

Komisi yang Anda terima juga bervariasi antara 1-20 persen dari harga produk. Artinya, jika pengiklan memberikan komisi 10% dari harga produk senilai $100 dan pengunjung melakukan tindakan yang diminta, maka komisi yang didapat sangat menggiurkan dan itu sangat mudah bukan untuk cari uang Dollar dari internet

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara kerja Affiliate Marketing untuk cari uang Dollar di Internet, pastikan Anda mengikuti berbagai cara yang ada dengan benar. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan, karena bisnis Affiliate Marketing merupakan salah satu bisnis termudah yang tanpa modal dan bisa menjadi sumber pendapatan pasif Anda.

Maka dari itu, segera daftarkan diri Anda pada bisnis Affiliate Marketing dan dapatkan komisi menarik setiap harinya. Jika anda bingung ingin mendaftarkan diri pada kampanye Affiliate Marketing yang mana, Anda dapat memulainya dengan Accesstrade. Di Accesstrade Indonesia terdapat beragam kampanye Affiliate Marketing dengan bayaran dollar yang dapat Anda coba, mulai dari Affiliate toko online global, Affiliate perbankan internasional, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi, klik disini untuk mendaftarkan diri Anda di Acesstrade.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!