Daftar Rekomendasi Macro Influencer dan Tips Memilihnya

Daftar Rekomendasi Macro Influencer dan Tips Memilihnya

Admin
insights Jul 05, 2023
SHARE ON
1688552022_daftar-rekomendasi-macro-influencer-dan-tips-memilihnya-1.jpg

Salah satu keunggulan utama yang dimiliki influencer terletak dalam kemampuannya untuk menciptakan ikatan dengan para followersnya. Melalui konten foto, video, hingga cerita singkat yang dibagikannya, seorang influencer dapat membangun hubungan yang cukup kuat dengan audiens yang mereka miliki. Maka dari itu, peran influencer dalam proses pemasaran kini cukup diminati. 

Apa yang dimaksud Macro Influencer?

Macro Influencer adalah kategori influencer dengan followers atau subscriber lebih dari 100.000 hingga 1.000.000 orang. Umumnya, para artis, publik figur, atau content creator yang sudah lama berkecimpung di industri tersebut termasuk dalam kategori macro influencer. 

Jenis influencer ini memiliki jangkauan yang lebih luas daripada micro influencer, karena followers atau subscriber yang dimiliki macro influencer jauh lebih banyak dibanding micro influencer. Namun harus diperhatikan, tidak seluruh akun sosial media yang memiliki jumlah pengikut lebih dari 100.000 adalah macro influencer, Bisa saja akun tersebut merupakan akun pejabat publik ternama, akun suatu komunitas atau akun-akun non profit lainnya.

Manfaat Macro Influencer

Tentunya bekerja sama dengan macro influencer memiliki berbagai keuntungan, diantaranya adalah:

1. Jangkauan yang Luas

Karena jumlah pengikut lebih banyak daripada micro Influencer, bekerja sama dengan macro influencer menjangkau audiens yang lebih besar dan produk yang diiklankan dapat dilihat oleh orang yang lebih luas.

2. Minim Resiko

Karena macro influencer lebih profesional dan berpengalaman, sehingga resiko bekerja dengan influencer jenis ini relatif lebih rendah. Selain itu, menjalankan campaign dengan macro influencer mempermudah membangun branding dari campaign yang sedang dijalankan tersebut.

Tips dan Cara Memilih Macro influencer yang Sesuai dengan Campaign

Berikut adalah tips dan cara dalam memilih Macro Influencer agar sesuai dengan kebutuhan dan goals yang ingin dicapai:

1. Real Account

Pastikan influencer yang akan diajak kerjasama memiliki followers atau subscribers asli, bukan hasil membeli atau menggunakan program ilegal. Karena pengikut akun yang palsu sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan campaign yang dijalankan, apabila pengikut influencers tersebut merupakan bot, maka target dari campaign yang dijalankan akan sulit untuk tercapai.

2. Segmentasi Audience

Selanjutnya, pilih influencer macro dengan pengikut organik yang cocok untuk target audiens campaign. Perhatikan juga apakah demografi followers cocok dengan konsumen yang telah dimiliki. Hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan dari campaign yang dibuat, apabila audiens yang dimiliki macro influencer tidak sesuai dengan konsumen yang telah dimiliki, maka besar kemungkinan campaign yang dibuat tidak berhasil menggaet audiens baru.

3. Cek Track Record / Minta Portofilo

Pastikan juga macro influencer yang dipilih dapat memahami kebutuhan brand kamu, usahakan untuk selalu satu visi dan misi antara macro influencer dan brand yang kamu miliki. Tak hanya itu, temukan juga portofolio konten promosi yang telah macro influencer tersebut buat. Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja sama dengan macro influencer, kamu harus meneliti portofolio konten iklan mereka untuk melihat apakah konten tersebut cocok untuk brand kamu atau tidak.

Daftar Top Macro Influencer Indonesia 

Mungkin kamu masih bingung mencari daftar macro influencer ternama di Indonesia, berikut adalah daftar top macro influencer Indonesia beserta username social media dan jumlah followers / subscribernya yang bisa kamu pertimbangkan untuk melakukan kerja sama. Jumlah followers atau subscriber ini mungkin dapat berubah seiring waktu.

1. Devina Aureel

IG Devina aureel (Instagram: @devinaureel, sekitar 900 ribu followers)
Devina Aureel adalah seorang influencer dan content creator Indonesia yang dikenal dengan konten-kontennya di media sosial, khususnya YouTube dan Instagram. Selain itu, ia kerap bertingkah aneh dan lucu di setiap video yang dibagikan. Karena hal tersebutlah ia menjadi memiliki banyak penggemar, dan akhirnya menjadi influencer terkenal di Instagram.

2. Abel Cantika

IG Abel Cantika (Instagram: @abellyc, sekitar 1 juta followers)

Abel Cantika adalah seorang beauty influencer Indonesia yang dikenal dengan konten makeup dan kecantikannya di YouTube dan Instagram. Ia menekuni industri kecantikan sejak 2015 lalu. Berkat bakatnya di dunia kecantikan, Abel kerap menerima tawaran dari beberapa brand makeup ternama.

3. Jovi Adhiguna Hunter

IG Jovi (Instagram: @joviadhiguna, sekitar 850 ribu followers)

Jovi Adhiguna membuat berbagai konten YouTube mulai dari fashion, makeup, hingga traveling. Jovi Adhiguna dikenal sebagai pengusaha makanan dan minuman yang sukses. Ia memiliki beberapa proyek mulai dari minuman boba bersama Ririn Ekawati hingga bisnis fashion hingga berbagai bisnis lainnya.

4. Cindy Gulla

IG CIGUL (Instagram: @cgulla, sekitar 572 ribu followers)

Cindy Gulla merupakan mantan anggota JKT48, dia bergabung dengan JKT48 pada tahun 2011 di angkatan pertama. Cindy memiliki kegemaran bermain game online, dan beberapa kali menjadi brand ambassador game-game ternama. Ia juga sering memposting aktivitas travelling ke beberapa negara di Instagramnya.

5. Fathia Izzati

IG FATHIA IZZATI (Instagram: @kittendust, sekitar 400 ribu followers)

Fathia Izzati mengawali karirnya dengan membuat berbagai macam konten menarik di channel YouTube-nya, mulai dari musik hingga konten mengenai isu-isu terkini lainnya. Fathia Izzati atau Kittendust adalah seorang YouTuber dan juga seorang vokalis dari grup musik Reality Club.

6. Cindercella

IG Cindercella (YouTube: Cindercella, sekitar 328 ribu subscriber)

Cindercella atau yang dikenal dengan nama Marcella Febrianne Hadikusumo adalah seorang beauty vlogger yang pengalamannya sudah tidak diragukan lagi. Selain dikenal sebagai beauty influencer, ia juga memiliki bakat lain yaitu menyanyi. Cindercella sudah memproduksi beberapa singlenya yang sangat digemari oleh followersnya.

7. Jojo Suherman

IG Jojo (Instagram: @jojosuherman, sekitar 710 ribu followers)

Joshua Suherman adalah penyanyi cilik yang kini melanjutkan perjalanannya menjadi aktor, ia juga memiliki bisnis bersama sang istri, Clairine Clay. Jojo juga aktif sebagai stand up comedian, dan ia terus memproduksi berbagai konten pada sosial medianya.

8. Rachel ‘Aeterna’

IG Aeterna (Instagram: @aeternaaaa, sekitar 115 ribu followers)

Aeterna atau bernama asli Rachael Melati Nalapraya merupakan influencer gaming yang aktif membuat konten di YouTube, TikTok, dan Instagram. Ia mulai menaiki puncak ketenarannya setelah menjadi caster atau pemandu acara game Mobile Legend.

9. Faiz Sadad

IG FAIZ (Instagram: @faizsadad, sekitar 397 ribu followers)

Faiz Sadad merupakan content creator yang aktif membuat konten pada Instagram, YouTube, hingga TikTok. Ia bersama kawan-kawannya tergabung dalam channel May I See pada YouTube, berbagai konten parodi telah ia upload dan hingga kini banyak digemari oleh followersnya.

10. Rigen Rakelna

IG RIGEN (Instagram: @rigensih, sekitar 514 ribu followers)

Rigen Rakelna merupakan komika sekaligus aktor yang menjadi juara pada kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Season 5. Kini ia aktif membuat konten pada berbagai sosial media miliknya, ia juga sering diundang menjadi bintang tamu pada acara televisi nasional.

Anda juga bisa melihat deretan rekomendasi fashion influencer macro di sini : Rekomendasi Fashion Influencer Indonesia

Kesimpulan

Itulah berbagai informasi informatif yang bisa kamu manfaatkan apabila ingin bekerja sama dengan macro influencer, pastikan kamu telah memahaminya dengan baik agar terhindar dari beberapa hal yang tidak diinginkan. Serta harus dipahami juga, bahwa banyak atau besarnya followers akun sosial media suatu influencer bukan indikator utama keberhasilan campaign atau kerja sama yang kamu lakukan.

Pahami dengan betul target yang ingin kamu capai saat melakukan kerja sama dengan macro influencer, jangan sampai dana yang kamu keluarkan tersebut terbuang dengan sia-sia. Teliti dan amati dengan baik macro influencer yang akan kamu ajak kerja sama, jangan sampai macro influencer tersebut memiliki audiens yang berbeda dengan target audiens yang ingin kamu tuju.

Apabila kamu baru ingin memulai perjalanan menjadi influencer, maka jangan risau, jangan khawatir dengan jumlah subscriber atau followers yang kamu miliki, kamu bisa menghasilkan penghasilan lebih dengan memaksimalkan performa dari konten yang kamu buat. Bagaimana, sudah tertarik untuk mulai menjadi influencer? Klik link berikut untuk daftar menjadi influencer: Social Media Affiliate Marketing untuk Influencer.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait