7 Server Lokal yang Bisa Diandalkan

7 Server Lokal yang Bisa Diandalkan

Admin
others Jun 14, 2017
SHARE ON
1686892959_7-server-lokal-yang-bisa-diandalkan-1.jpg

Dalam dunia blogging, kecepatan dalam mengakses blog sangat berperan untuk meningkatkan jumlah visitor. Apabila blog cepat untuk diakses, visitor akan mau meluangkan waktu untuk membaca dan eksplor blog anda. Hal ini yang menjadi tujuan anda menulis blog bukan?

Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan akses blog adalah dengan menggunakan server/hosting yang tepat. Ada dua jenis server/hosting yang bisa anda pilih :

  1. Server lokal atau biasa disebut IIX (Indonesia Internet Exchange)
  2. Server luar negeri.

Sebelum memilih, ada baiknya kita ketahui dulu keunggulan masing-masing server berdasarkan lokasi ini.

Server lokal

  1. Koneksi cepat diakses dari dalam negeri karena routingnya lebih singkat.
  2. Tidak terpengaruh oleh konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan.
  3. Kekurangannya adalah : Relatif lebih lambat apabila diakses dari luar negeri.

Server dari luar negeri

  1. Mudah diakses dari mana saja, terutama server dari Amerika yang merupakan simpul internet dunia
  2. Mudah di crawl oleh search engine seperti Google, MSN, Safari atau Yahoo!
  3. Kekurangannya : Cenderung lebih lambat apabila di akses dari Indonesia

Bagi anda yang memilih server lokal, ada beberapa server/hosting lokal yang bisa menjadi pertimbangan anda diantaranya :

Rumahweb

Perusahaan yang sudah berpengalaman 15 tahun ini (beroperasi sejak tahun 2002) menawarkan teknologi Cloud untuk hostingnya. Teknologi ini menjamin reliabilitas (kehandalan) dan kecepatan yang stabil. Rumahweb juga menawarkan layanan customer care 24 jam sehari 7 hari seminggu, registrasi domain, aktivasi instan, fitur solusi praktis pembuatan website instan sampai training gratis setiap sabtu dan minggu di semua kantor Rumahweb semua dengan harga terjangkau. Untuk harga paket dan keunggulan Rumahweb selengkapnya dihttps://www.rumahweb.com/

IDwebhost

ada 3 hal yang ditawarkan perusahaan ini yaitu, Harga murah, Layanan terbaik dan Kualitas prima. Sampai artikel ini dibuat, tercatat sudah lebih dari 36.000 website lokal dan luar negeri yang sudah menggunakan jasa IDwebhost sebagai servernya. IDwebhost menawarakan paket yang termasuk lengkap, mulai dari idPersonal yang dihargai Rp 800 perbulan. Ya betul, hanya 800 rupiah perbulan. Sampai paket idSuperCorporate. Total ada 5 jenis paket yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan anda. IDwebhost juga didukung dengan layanan pelanggan 24 jam sehari melalui chatting online, telepon, sms dan email. Selengkapnya tentang hosting ini bisa ditemukan di https://idwebhost.com/

Hostinger

Saat ini Hostinger menawarkan paket diskon 40% seumur hidup untuk semua paketnya. Perusahaan yang mengandalkan teknologi berbasis Cloud ini bahkan memiliki penawaran hosting gratis, tentunya dengan fasilitas yang sangat terbatas. Hostinger juga didukung dengan layanan support 24 jam sehari dan 7 hari seminggu bahkan di hari raya pun tetap dilayani.

Masterweb

Perusahaan yang berkantor di Gedung Cyber Jakarta ini berdiri sejak tahun 2004 dan sudah memiliki klien-klien besar di bidang industri otomotif, industri F&B (Food and Beverage) sampai entertainment. Masterweb juga sudah menggunakan teknologi berbasis Cloud untuk mengoptimalkan pelayanan ke lebih dari 100.000 pelanggannya diseluruh Indonesia.

IdCloudHost

Hosting provider ini menggunakan teknologiseperti SSD (Solid State Drive), Litespeed, Cloudflare, Cloudlinux dan masih banyak lagi untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan anda. Dengan fitur yang dilengkapi unlimited bandwidth, unlimited email dan Softaculous yang bisa di dapatkan secara gratis, anda bisa memilih 5 (lima) jenis paket yang ditawarkan sesuai kebutuhan. Selengkapnya bisa anda buka di https://idcloudhost.com/

Exabytes Indonesia

Perusahaan hosting Linux yang sudah berpengalamanlebih dari 15 tahun ini, hadir dengan SSL gratis (https). SSL merupakan salah satu indikator bahwa website/blog bisa dipercaya, jadi kesempatan anda untuk mendapatkan pendaftar (subscriber) di newsletter anda jadi lebih terbuka. Untuk web hosting, saat ini Exabytes memberikan diskon 50%, bisa menjadi bahan pertimbangan. 

Niagahoster

Merupakan seb hosting dengan server Indonesia yang disimpan di datacenter tier-3 Biznet Technovillage. Memiliki fitur 1 click script untuk WordPress, Joomla, Opencart, Prestashop dan lebih dari 200 web script lainnya. Web anda juga dilindungi dengan sistem keamanan ekstra dari Bitninja Smart Server Security, sehingga aman dari serangan hacker, DDot, spam dan malware. Untuk domain dan sertifikat SSL, Niagahoster juga memberikan dengan gratis. 

Tergantung Kebutuhan

Ditinjau dari segi lokasi, disarankan memilih lokasi server/hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila blog anda menargetkan visitor lokal, apalagi kalau blog anda terdaftar di bisnis afiliasi, sebaiknya memakai server lokal yang lebih mudah diakses dengan kualitas koneksi internet di Indonesia. Apabila blog anda menargetkan visitor dari luar negeri, sebaiknya memilih server dari luar negeri karena mudah ditemukan (crawl) oleh search engine yang terkenal seperti Google.

Tingkat Keamanan

Baik server lokal maupun server luar negeri memiliki tingkat keamanan yang hampir sama, hanya saja server luar sedikit lebih baik karena terintegrasi dengan perusahaan keamanan cyber yang memang kebanyakan berpusat di luar negeri. Hal ini juga menjadikan tingkat keamanan server luar negeri lebih cepat terupdate.

Rizky Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait