Apakah Website WordPress Cocok untuk Affiliate? Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan WordPress

Apakah Website WordPress Cocok untuk Affiliate? Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan WordPress

Admin
search engine optimization May 02, 2024
SHARE ON
1715752000_website-affiliate.jpg

Sekarang, semua orang bisa mudah membuat website sendiri tanpa memiliki kemampuan menguasai bahasa coding. Wordpress menjadi pilihan favorit para blogger affiliate ataupun pelaku usaha yang ingin memiliki website secara effortless dengan budget ekonomis. Artikel ini akan membahas kelebihan dan kelemahan membuat website affiliate menggunakan WordPress. Apakah bisa dengan mudah dioptimasi dan meningkatkan konversi affiliate? Kamu akan menemukan jawabannya di sini, baca sampai selesai ya… 

Apa Itu WordPress

WordPress adalah Content Management System atau biasa disingkat CMS yang membantu membuat serta mengelola website tanpa memerlukan coding, kamu bisa mendesign tampilan website sesuai yang kamu kamu dengan mudah dan cepat secara gratis, meskipun dari WordPress sendiri menawarkan fitur-fitur khusus yang berbayar.

Diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004, CMS favorit sejuta umat ini memiliki tampilan yang sangat berbeda dibandingkan dengan versi yang kamu temui sekarang. Meskipun begitu, beberapa fitur dasar yang diperkenalkan pada rilis awal masih tetap digunakan hingga saat ini, termasuk area editor, proses instalasi yang sederhana, custom permalink, serta sistem manajemen pengguna dan moderasi komentar.

Sejak itu, WordPress telah mengalami banyak perubahan dan transformasi, dengan perkembangan yang terus menerus dikembangkan oleh komunitas besar yang terdiri dari ribuan di seluruh dunia. Komunitas ini secara sukarela mengadakan konferensi WordCamp untuk terus mengembangkan platform.

Versi terbaru dari WordPress dirilis setiap 2 sampai 3 bulan, dengan membawa berbagai fitur baru dan peningkatan keamanan.

Sekarang pertanyaannya adalah apakah website menggunakan WordPress cocok untuk konten affiliate kamu? Berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan WordPress yang bisa jadi bahan pertimbangan: 

Kelebihan Menggunakan Wordpress

1. Biaya yang Murah

WordPress menarik banyak pengguna karena biayanya yang terjangkau. Baik hosting maupun domain bisa kamu dapatkan dengan harga yang tidak akan membuat dompet kamu terkuras.



2. Instalasi Ramah Buat Pemula

WordPress dirancang untuk semua kalangan, terutama untuk pemula yang tidak tahu sama sekali tentang dunia blogging. CMS ini menawarkan proses instalasi yang mudah dan cepat, sekali klik, website yang kamu inginkan sudah jadi. 

3. Konfigurasi Tampilan Mudah Diganti dan di Setting 

Bosen dengan template dan ingin membuat wajah baru di dalam website kamu? Mengganti tampilan situs WordPress sangat mudah. Banyak tema yang bisa kamu pilih dan sesuaikan, baik gratis maupun berbayar, kamu hanya menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

Dari gratis sampai berbayar, beragam tema yang ditawarkan WordPress dengan proses instalasi yang mudah tanpa mengubah isian konten website kamu.

4. Maintenance yang Mudah

Tidak perlu pusing dan memakan waktu dalam maintenance, kamu bisa mengotak-atik melalui dasbor, kamu bisa dengan mudah memperbarui tema dan plugin serta menjaga situs tetap berfungsi dengan baik.


5. WordPress bisa Dioptimasi Secara SEO 

Webiste kamu bisa dioptimalisasi mesin pencari atau SEO dengan WordPress secara mudah dengan bantuan plugin seperti Yoast SEO, Rank Math.


6. Input Video atau Gambar dengan Mudah 

Agar tampilan konten website kamu eye catching, WordPress bisa mengelola berbagai jenis media dengan mudah. Kamu bisa menambahkan gambar atau video yang menarik dan informatif. 

7. Dapat Mengganti Templates tanpa Mengubah Konten 

Mengganti template di WordPress bisa dilakukan tanpa resiko kehilangan konten yang sudah ada. Sekali klik, tampilan website kamu bisa berubah seperti yang kamu mau. 

8. Dapat di Kustomisasi melalui Smartphone Jika Diperlukan

Kemudahan mengakses dan mengelola situs WordPress juga tersedia melalui smartphone dengan mengunduh aplikasinya di ponsel kamu. 

9. Update yang Konsisten

WordPress selalu melakukan update setiap 2-3 bulan sekali dengan menambahkan beberapa fitur baru demi kenyamanan dan keamanan pengguna. 

10. Keamanan yang Baik 

Keamanan situs tidak perlu diragukan lagi dengan WordPress, fitur seperti otentikasi dua faktor dan proteksi dari serangan membuat situs kamu terlindungi dengan baik.

Kekurangan WordPress 

Meskipun WordPress memiliki banyak kelebihan, ada juga beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui:

1. Instalasi Secara Manual 

Salah satu kekurangan dari WordPress adalah perlunya melakukan instalasi secara manual, khususnya jika kamu menggunakan hosting pribadi. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi pengguna yang belum berpengalaman. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan memilih layanan hosting yang menyediakan instalasi WordPress secara otomatis, seperti Simple WordPress hosting.

2. Menjadi Target Utama Hacker

Popularitas WordPress membuatnya menjadi target utama para hacker. Faktanya, 94% serangan hacker diarahkan kepada situs-situs berbasis WordPress. Tipsnya agar WordPress kamu tidak terkena hacker, install plugin anti hacker yang tersedia di Wordpress, dan lakukan perubahan pasword setiap beberapa bulan sekali. 

3. Penurunan Kecepatan Situs

Walaupun WordPress memiliki performa yang optimal, kecepatannya bisa berkurang seiring waktu penggunaan. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti terlalu banyak gambar atau penggunaan plugin yang berlebihan dan tidak diperlukan.

Tips Tambahan:

  • Untuk mengecek dan meningkatkan kecepatan situs WordPress, kamu bisa menggunakan alat seperti Pingdom, yang menyediakan fasilitas untuk menguji kecepatan situs secara gratis.
  • Performa situs WordPress bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kualitas server, plugin yang digunakan, dan asset di dalamnya. Oleh karena itu, memilih produk hosting WordPress yang teroptimasi dapat menjadi solusi untuk memastikan performa situs tetap optimal.

Kesimpulan 

WordPress menawarkan banyak keunggulan yang membuatnya menjadi platform CSM yang sangat direkomendasikan untuk kegiatan affiliate marketing. Dari segi biaya, kemudahan penggunaan, hingga keamanan, WordPress memiliki semua yang kamu butuhkan. 

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dari artikel ini kamu bisa bertanya ke community accesstrade untuk mendapat insight tambahan dari para member atau sesama publisher, gabung grup whatsapp di link ini

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait