Mengenal Apa itu Sitemap dan Pentingnya dalam SEO

Admin
1703182072_research-keyword.jpg

Salah satu hal penting untuk blogger baru dalam membuat website adalah mengajukan atau submit sitemap. Istilah "sitemap" berasal dari kata "map" (peta) dan "site" (situs), yang secara sederhana merupakan peta situs yang menunjukkan lokasi dari semua halaman penting dalam website Anda. Lantas apa fungsi dan jenis sitemap yang perlu Anda ketahui? Simak artikel berikut ini.

Daftar Isi

1. Apa itu Sitemap?

Sitemap adalah sebuah file atau halaman yang berisi daftar URL dari seluruh halaman penting suatu website yang dapat membantu mesin pencari dan pengguna website menemukan halaman-halamannya dengan mudah.

Anda dapat menemukan dengan mudah sitemap dari website lain dengan mengetik di mesin pencari dengan nama website/sitemap.xml, seperti gambar di bawah ini yang merupakan sitemap dari website https://accesstrade.co.id/

sitemap

Jika Anda sebagai blogger baru, sitemap dapat Anda ketahui dengan menggunakan plugin SEOquake, dengan memilih bagian diagnosis, seperti gambar berikut ini.

Atau Anda juga dapat menggunakan plugin XML Sitemap Generator for Google atau Yoast SEO, kemudian Anda dapat mengajukan atau submit sitemap Anda di Google Search Console untuk memudahkan mesin pencari melakukan indexing agar konten atau halaman yang penting dari website Anda dapat muncul di SERP atau penelusuran google.

Sitemap dapat dibuat dalam format XML atau HTML. XML Sitemap lebih disukai oleh mesin pencari, karena berisi informasi lebih lengkap tentang halaman-halaman website. HTML Sitemap lebih disukai oleh pengguna, karena dapat menampilkan halaman-halaman website dalam bentuk daftar atau tabel. Lantas, apa fungsi dari sitemap dan manfaatnya bagi sebuah website?

2. Fungsi Sitemap dan Benefitnya untuk SEO

Sitemap memiliki dua fungsi utama, yaitu:

  • Membantu mesin pencari mengindeks website lebih cepat dan efisien.
  • Membantu pengguna menemukan halaman yang mereka cari dengan mudah.

Meskipun tidak ada jaminan bahwa google akan mengindex semua halaman di website Anda dengan adanya sitemap, khususnya jika website Anda memiliki halaman dalam jumlah besar. Namun dengan adanya sitemap akan membantu menghindari masalah konten duplikasi dan memberikan instruksi kepada search engine.

Selain dua fungsi utama tersebut, ada banyak manfaat yang berguna dalam SEO atau optimasi search engine, antara lain.

  • Memberi informasi kepada mesin pencari tentang struktur website Anda.
  • Membantu mesin pencari menemukan halaman baru atau halaman yang telah diperbarui.
  • Meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian.

Sehingga untuk menikmati manfaat tersebut, Anda perlu membuat sitemap dengan rapi dan terstruktur sehingga mesin crawler search engine akan dengan mudah mendapatkan informasi tentang halaman di website kita mana yang penting dan mana yang tidak.

Baca Juga: Plugin SEO yang Wajib Dicoba: Panduan Wordpress untuk Blogger Pemula

3. Jenis Sitemap

Ada dua jenis sitemap yang perlu Anda ketahui yaitu bentuk XML dan HTML. Dimana kedua sitemap ini memiliki kegunaan yang berbeda yaitu untuk search engine bot dan untuk user atau pengguna website kita dalam hal navigasi.

3.1. XML Sitemap

XML Sitemap adalah file yang berisi daftar URL dari seluruh halaman website, beserta metadata terkait, seperti:

  • URL: Alamat halaman
  • Last Modified: Tanggal terakhir diperbarui
  • Change Frequency: Frekuensi perubahan
  • Priority: Prioritas

Karena dirancang khusus untuk mesin pencari. Dengan membaca XML Sitemap, mesin pencari dapat memahami struktur website Anda dan mengindeks halaman-halamannya secara lebih efisien.

3.2. HTML Sitemap

Sedangkan HTML Sitemap adalah halaman yang berisi daftar URL dari seluruh halaman website, beserta tautan ke halaman-halaman tersebut. HTML Sitemap dirancang untuk pengguna website. Dengan membaca HTML Sitemap, pengguna dapat dengan mudah menemukan halaman yang mereka cari.

3.3 Perbedaan antara XML SItemap dan HTML SItemap

Perbedaan dari XML dan HTML Sitemap dapat dikelompokkan menjadi lima poin, seperti pada tabel di bawah ini.

4. Jadi, Apakah Sitemap itu Diperlukan?

Terkait pertanyaan apakah sitemap diperlukan atau tidak tergantung dari jumlah halaman di website Anda dan kondisi dari website Anda, dalam hal ini apakah website Anda baru atau tidak, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan eksposur dari website lainnya (outbound link).

Namun tidak ada salahnya menggunakan sitemap XML agar jika kondisi website tergolong baru, maka bot dari search engine akan lebih mudah dalam menemukan halaman Anda. Sedangkan untuk HTML Sitemap sekalipun merupakan konsep lama dan saat ini jarang sekali website menggunakan hal ini, tidak ada salahnya Anda mencoba menerapkan untuk website Anda.

Baca Juga: Pentingnya Penerapan Internal Link dalam Strategy SEO Affiliate Marketing

5.  Cara Membuat SItemap Menggunakan Generator


Anda dapat menggunakan plugin XML Sitemap Generator for Google, setelah terinstal pada wordpress Anda maka ikuti langkah di bawah ini.

  • Klik Setting > XML-Sitemap di sebelah kiri.
  • Saat pertama kali dibuka, maka plugin akan membuat file sitemap secara otomatis
  • Scroll ke bawah di bagian Basic Options. Lalu centang Notify Google about updates of your site dan Add sitemap URL to the virtual robots.txt file.
  • Lalu klip update option, dan selesai.

Namun perlu Anda pahami bahwa jika Anda menggunakan CMS Wordpress, secara umum sitemap Anda adalah nama website/sitemap.xml.

Anda juga bisa menggunakan plugin lainnya seperti Yoast SEO atau Rank Math. Berikut tampilan pada Yoast SEO. 

  • Buka dashboard wordpress Anda.
  • Pilih Yoast SEO dan aktifkan XML Sitemap.
  • Lalu tampilkan Sitemap.

Dengan memanfaatkan plugin-plugin ini, Anda dapat mengambil langkah pertama yang solid dalam perjalanan SEO situs WordPress. Jangan lupa untuk mengunjungi AccessTrade Indonesia untuk mendapatkan lebih banyak insight dan tips seputar blogging dan SEO, serta bergabung dengan komunitas di Telegram untuk terhubung dengan blogger lain dan praktisi SEO. Dengan pendekatan yang terstruktur dan tools yang tepat dan hasil pencarian di mesin pencari. Happy blogging!

Gabung Grup Telegram Kami Disini!

 

Artikel ini telah direview oleh:  

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade

Semua Screenshot pada Artikel dibuat oleh Team Konten Accesstrade pada Desember 2023

Sumber Feature Image: Freepik

 

https://accesstrade.co.id/blogs/search-engine-optimization/pengaruh-struktur-situs-dalam-seo

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!