Mengenal Breadcrumbs SEO dan Pentingnya Diterapkan pada Blog

Admin
1703773669_breadcrumb-seo.jpg

Blogger tentu tidak asing dengan kata ‘Breadcrumbs’ atau remah roti pada website kita? Ya, breadcrumbs adalah salah satu variabel SEO- On Page yang memudahkan navigasi user selama mengakses blog kita, sekaligus berpotensi untuk meningkatkan ranking di google. Di artikel ini akan membahas lengkap terkait breadcrumbs, yang dapat membantu blogger membangun website yang user dan google friendly.

  1. Daftar Isi

    Apa itu Breadcrumbs SEO

Bayangkan jika Anda sedang berselancar di google dengan sejuta halaman yang bisa Anda kunjungi, tanpa kompas dan peta, lalu Anda ingin kembali ke 3 halaman sebelumnya dan harus back satu persatu halaman, tentu melelahkan bukan? Inilah pentingnya kita mengenal breadcrumbs, navigasi website Anda.

Istilah "breadcrumb" (remah roti) terinspirasi dari kisah Hansel dan Gretel yang meninggalkan jejak remah roti untuk menemukan jalan pulang. Dalam dunia website, breadcrumbs adalah serangkaian tautan berurutan yang menunjukkan lokasi Anda saat ini dalam struktur situs. Breadcrumbs berfungsi seperti peta mini, menginformasikan halaman mana yang telah Anda lalui untuk sampai ke halaman yang sedang dikunjungi.

Berikut beberapa contoh dari pengaplikasian breadcrumbs, baik di website ecommerce dan blog umumnya.

 

2. Benefit Menerapkan Breadcrumb pada Blog 

Breadcrumbs mungkin terlihat sederhana, namun memiliki banyak manfaat untuk website Anda. Lantas apa saja manfaatnya, berikut tiga keuntungan utama penggunaan breadcrumbs pada website.

2.1  Meningkatkan User Experience

User experience penting dalam website sehingga memudahkan pengalaman pengunjung dalam menjelajah seluruh konten yang ada di website Anda. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan breadcrumbs sehingga user lebih mudah dalam mengakses halaman yang ada.

Dengan membantu pengunjung memahami hubungan antar halaman dan struktur situs secara keseluruhan, Anda telah berhasil untuk mempertahankan user agar tetap berada di website dengan membantu menemukan informasi yang mereka cari.

Breadcrumbs memudahkan untuk kembali ke halaman sebelumnya jika diperlukan, sehingga meningkatkan user experience, termasuk membantu google dalam mengkategorikan dan menavigasi situs website Anda.

2.2  Meningkatkan Keinginan User untuk Bereksplorasi Lebih Lama di Website

Dengan kemudahan navigasi dalam website akan berdampak dengan pengunjung menghabiskan waktu lebih lama menjelajah setiap halaman atau konten yang tersedia di dalam website Anda. Tentu Anda mengenal terkait variabel bounce rate, suatu variabel yang digunakan untuk mengukur berapa persentase pengunjung yang meninggalkan website Anda.

Saat pengunjung merasa dimudahkan oleh navigasi, Anda tidak perlu khawatir jika pengunjung website Anda akan tersesat karena breadcrumbs membantu menemukan jalan kembali ke halaman yang relevan atau yang sudah dikunjungi, hal ini akan menurunkan bounce rate dan meningkatkan engagement dengan website Anda.

2.3  Memudahkan Navigasi pada Website

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, user experience dan rendahnya bounce rate perlu Anda upayakan dengan memberikan navigasi website yang mudah diakses oleh pengunjung website Anda. Kenapa? Selain membuat pengunjung tidak tersesat, hal lain adalah kemudahan kembali menelusuri menu atau menggunakan tombol kembali berulang kali.

Dengan menggunakan breadcrumbs, Anda juga dapat membantu mesin pencari atau search engine dalam memahami struktur website Anda, yang berpotensi meningkatkan peringkat pencarian (SEO). Sehingga dengan navigasi yang jelas, Anda telah menarik pengunjung dan search engine memahami lebih mudah dari website Anda.

Baca Juga: Panduan Lengkap Taxonomy Website Beserta Pengaruhnya di Affiliate Marketing

3. Tipe-Tipe Breadcrumb

Dalam membangun website, tidak hanya memahami pengertian dan manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui tipe-tipe dari breadcrumbs. Terdapat tiga jenis breadcrumbs secara umum yang dapat Anda terapkan, seperti:

3.1 Hierarchy Breadcrumb

Secara umum banyak website menggunakan breadcrumb ini, yaitu dengan menampilkan lokasi Anda dalam hierarki situs, seperti "Home > Kategori > Sub-kategori > Halaman".

Sumber: laycation.id 

3.2 Attribute-Based Breadcrumbs

Breadcrumb jenis ini banyak Anda temui di website ecommerce dengan menampilkan atribut atau tag yang relevan dengan halaman saat ini, seperti Beranda > Kategori produk > Jenis Produk > Tipe produk > Warna.

3.3 Path-Based Breadcrumbs

Dan jenis terakhir adalah breadcrumbs path, yaitu menampilkan jalur yang Anda ambil untuk mencapai halaman saat ini, seperti Pencarian > Filter > Hasil. Atau jenis breadcrumbs berbasis histori dari apa yang sudah Anda lakukan di dalam website. 

Path based breadcrumbs sama seperti histori browser Anda, contohnya: Beranda > Halaman sebelumnya > Halaman sebelumnya > Halaman saat ini.

4. Cara Membuat Breadcrumb pada Wordpress

Dalam mengaplikasikan breadcrumb di website Anda, pertama perlu Anda ketahui CMS yang digunakan. Jika Anda menggunakan Wordpress maka Anda hanya perlu menggunakan plugin yang sesuai, seperti:

  • Yoast SEO
  • All In One SEO
  • RankMath
  • WooCommerce Breadcrumb
  • Tema wordpress.

Pengaturan breadcrumb dapat dilakukan dengan membuka dashboard wordpress Anda lalu pilih Appearance > Customize > Breadcrumb.

Atau jika Anda menggunakan plugin Yoast-SEO dengan klik: Yoast SEO > Setting > Advance > Breadcrumbs > dan klik Enable breadcrumb for your theme.

Namun jika Anda menggunakan custom CMS, maka Anda perlu menggunakan pengkodean atau coding sehingga Anda perlu berkoordinasi dengan developer Anda.

Demikianlah artikel pembahasan mengenai breadcrumb, jika Anda masih memiliki pertanyaan Anda bisa bertanya kepada komunitaas para affiliator di Telegram dengan Join komunitas Accesstrade di telegram.

 

Artikel ini telah direview oleh:   

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade

 

Sumber Feature Image: Freepik 

Screenshot Dibuat oleh Tim Konten Accesstrade Berdasarkan Referensi dari Instagram yang tergabung dari publisher Accesstrade. 

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!