Mengenal YMYL di SEO dan Cara Mengoptimalkannya
Hati-hati konten kamu bisa berdampak buruk bagi kehidupan seseorang! Bahkan, konten artikel mu bisa berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Loh kok bisa? Bisa dong, kalau kamu menuliskan YMYL content . Apa itu YMYL content? Yuk simak pembahasannya di artikel berikut agar konten mu bisa berdampak positif bagi pembaca.
1. Apa itu YMYL?
YMYL adalah singkatan dari Your Money Your Life, yaitu sebuah topik konten pada halaman website. Lalu, kenapa diberi nama YMYL. Alasannya karena topik konten YMYL ini bisa mempengaruhi dan berdampak bagi kehidupan seseorang, yaitu pada kesehatan, keuangan, keselamatan, dan kesejahteraan.
Lalu, bagaimana cara mengetahui sebuah topik dikategorikan YMYL? Nah, berikut ada beberapa contoh halaman website dan topik konten yang YMYL:
- Berita
Halaman website yang berisi topik konten tentang berita nasional maupun internasional, politik, bisnis, teknologi, dan ilmu pengetahuan. Di sisi lain, topik konten berisi berita lifestyle, entertainment, dan olahraga merupakan non-YMYL.
- Pemerintahan, kewarganegaraan, dan hukum
Halaman website yang berisi informasi penting bagi masyarakat. Informasi penting tersebut berupa pemilu, layanan sosial, permasalahan hukum, pemerintahan, dan sebagainya.
- Kesehatan
Halaman website yang berisi konten tentang kesehatan, seperti penyakit, kesehatan mental, nutrisi, obat-obatan, dan lain-lain.
- Keuangan
Topik konten yang membahas tentang investasi, perpajakan, perbankan, asuransi, perencanaan keuangan peminjaman dana, dan sejenisnya.
- Belanja
Halaman website yang berisi informasi dan layanan pembelian barang dan jasa secara online.
- Masyarakat
Halaman website yang membahas topik berkaitan dengan masyarakat, seperti ras, suku, agama, kebangsaan, etnis, dan jenis kelamin.
- Lain-lainnya
Konten yang berisi informasi mengenai keputusan seseorang dalam kehidupannya, seperti mencari pekerjaan, memilih sekolah, informasi perumahan, dan lain-lain.
2. Pentingnya Memahami YMYL
Kenapa penting memahami YMYL? Alasannya karena YMYL content bisa berisiko buruk dan berbahaya untuk orang-orang tertentu. Orang-orang tersebut adalah:
- Orang-orang yang melihat langsung dan menggunakan konten tersebut untuk kehidupannya.
Contoh: seorang penderita asam lambung membaca artikel mengenai “cara meredakan asam lambung”. Dalam hal ini, orang tersebut adalah orang yang melihat langsung dan menggunakan konten tersebut untuk mengobati asam lambungnya.
- Orang yang berpotensi dipengaruhi oleh orang yang melihat langsung sebuah konten. Contoh: Seseorang membaca artikel tentang “cara meredakan asam lambung”. Lalu, ia membagikan isi artikel tersebut kepada temannya yang sedang menderita asam lambung.
- Sekelompok orang yang terdampak atas tindakan orang yang melihat konten tersebut
Lalu, kenapa konten YMYL bisa berbahaya? Konten YMYL bisa berbahaya jika konten tersebut tidak dibuat oleh orang yang ahli di topik tersebut. Alhasil, konten YMYL tersebut bisa berdampak negatif, merugikan, dan berbahaya bagi orang yang melihatnya.
Contohnya adalah artikel tentang “cara meredakan asam lambung” yang tidak ditulis oleh seorang dokter. Nah, informasi-informasi di artikel tersebut bisa diragukan kebenarannya sehingga hal tersebut berisiko bisa membahayakan kesehatan seseorang.
Oleh karena itu, konten YMYL harus dibuat oleh orang yang ahli di topik tertentu. Tujuannya agar konten tersebut bermanfaat dan tidak merugikan orang-orang. Dalam hal ini, artikel tentang “cara meredakan asam lambung” harus ditulis oleh seorang dokter yang ahli di bidang kesehatan. Jadi, artikel tersebut lebih akurat dan dapat dipercaya.
3. Strategi Mengoptimalkan Konten YMYL
Kamu bingung mengoptimasi artikel dengan konten YMYL. Tenang, berikut 4 strategi mengoptimasi YMYL content agar optimal:
3.1. Membuat konten berkualitas berdasarkan E-E-A-T
Konten YMYL sangat berkaitan dengan E-E-A-T karena konten YMYL harus dengan kualitas E-E-A-T yang tertinggi. Kenapa konten YMYL harus berkualitas paling tinggi? Alasannya karena konten YMYL yang berkualitas rendah bisa berisiko buruk terhadap kesehatan, keuangan, dan keselamatan seseorang.
Lalu bagaimana membuat konten YMYL dengan kualitas E-E-A-T tertinggi? Konten tersebut harus dibuat oleh seseorang yang ahli dan berpengalaman langsung di bidangnya. Kemudian, konten tersebut di-support dengan sumber-sumber terpercaya. Alhasil, konten tersebut dapat membangun kepercayaan pembacanya.
Contohnya adalah seorang dokter yang menulis artikel tentang “cara meredakan asam lambung yang kambuh” di website rumah sakit. Dokter tersebut adalah seorang yang ahli mengenai topik artikel tersebut. Ia juga sudah berpengalaman menangani pasien dengan asam lambung. Selain itu, dokter itu juga menulis artikel berdasarkan medical journals.
Berdasarkan contoh di atas, artikel tersebut terbilang kredibel dan terpercaya karena dokter berpengalaman yang menulisnya. Selain itu, artikel tersebut dapat memberikan dampak positif dan tidak merugikan pembaca.
4. Lengkapi dengan informasi penulis atau website owner
Halaman website dengan konten YMYL harus memenuhi standar E-E-A-T yang paling tinggi. Nah, salah satu cara agar mencapai standar itu adalah cantumkanlah informasi mengenai penulis atau pemilik website.
Informasi ini bisa menunjukan konten tersebut dibuat oleh penulis atau website dengan expert yang sudah berpengalaman dan otoritas yang sesuai. Alhasil, konten tersebut lebih dipercaya oleh para pembaca
Contohnya adalah artikel membahas tentang affiliate marketing, yaitu “Pengertian Affiliate Marketing Pada Blog dan Cara Memanfaatkannya”. Bagian bawah artikel terdapat bio singkat mengenai penulis.
Bio singkat tersebut menunjukan bahwa artikel tersebut ditulis oleh orang yang expert dan berpengalaman langsung dalam affiliate marketing. Selain itu, website tersebut merupakan website perusahaan yang memang khusus menangani affiliate marketing. Alhasiil, konten pada halam website tersebut dapat dipercaya oleh para pembaca
4.1. Gunakan Sumber Terpercaya
Salah satu cara membuat konten yang kredibel adalah membuat konten menggunakan referensi atau sumber yang terpercaya. Maksud sumber terpercaya adalah sumber-sumber yang berasal dari jurnal, hasil penelitian, berita, sumber resmi bersangkutan, dan lain-lain.
Contohnya adalah artikel mengenai SEO E-E-A-T, yaitu Penambahan ‘E’ Experience pada E-A-T Google Guidelines dan Pengaruhnya pada Affiliate. Artikel tersebut ditulis berdasarkan referensi terpercaya, yaitu salah satunya adalah Google’s guidelines for quality evaluators.
Sumber: Accesstrade
4.2.Lakukan interview dengan expert
Sebuah konten memang paling bagus ditulis oleh expert yang berpengalaman di bidangnya. Di sisi lain, konten yang kurang bagus adalah konten yang ditulis dengan menggunakan hasil riset content writer. Alasannya karena pembahasan tersebut kurang komprehensif.
Namun, konten tersebut bisa menjadi lebih bagus dengan penambahan informasi-informasi dari expert. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui wawancara. Lalu, content writer mengolah hasil wawancara tersebut menjadi susunan kalimat yang mudah dibaca untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi.
Kesimpulan
Jadi, Konten YMYL adalah konten yang bisa berdampak positif dan negatif terhadap kesehatan, keuangan, kesejahteraan, dan keselamatan seseorang. Konten YMYL yang berdampak positif adalah konten dengan kualitas E-E-A-T yang paling tinggi. Di sisi lain, konten YMYL yang berdampak negatif adalah konten dengan kualitas E-E-A-T yang rendah.
Oleh karena itu, cara optimasi konten YMYL adalah konten ditulis oleh expert yang berpengalaman langsung dengan topik terkait dengan tambahan referensi terpercaya. Selain itu, tambahkan bio penulis pada artikel untuk menambahkan kepercayaan pembaca.
Nah, itulah pembahasan mengenai konten YMYL. apakah kah kamu sudah paham? Atau masih bingung? Tenang, kamu bisa banget tanya-jawab di komunitas affiliate marketing pada telegram bawah ini. Selamat bergabung!
Gabung Grup Telegram Kami Disini!
Artikel ini telah direview oleh:
- Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
- Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade