Mengenal YMYL di SEO dan Cara Mengoptimalkannya

Admin
1701251093_main-image.jpg

Hati-hati konten kamu bisa berdampak buruk bagi kehidupan seseorang! Bahkan, konten artikel mu bisa berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Loh kok bisa? Bisa dong, kalau kamu menuliskan YMYL content .  Apa itu  YMYL content? Yuk simak pembahasannya di artikel berikut agar konten mu bisa berdampak positif bagi pembaca.

Daftar Isi

1. Apa itu YMYL?

YMYL adalah singkatan dari Your Money Your Life, yaitu sebuah topik konten pada halaman website. Lalu, kenapa diberi nama YMYL. Alasannya karena topik konten YMYL ini bisa mempengaruhi dan berdampak bagi kehidupan seseorang, yaitu pada kesehatan, keuangan, keselamatan, dan kesejahteraan. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui sebuah topik dikategorikan YMYL? Nah, berikut ada beberapa contoh  halaman website dan topik konten yang YMYL:

  • Berita

Halaman website yang berisi topik konten tentang berita nasional maupun internasional, politik, bisnis, teknologi, dan ilmu pengetahuan. Di sisi lain, topik konten berisi berita lifestyleentertainment, dan olahraga merupakan non-YMYL.

  • Pemerintahan, kewarganegaraan, dan hukum

Halaman website yang berisi informasi penting bagi masyarakat. Informasi penting tersebut berupa pemilu, layanan sosial, permasalahan hukum, pemerintahan, dan sebagainya.

  • Kesehatan

Halaman website yang berisi konten tentang kesehatan, seperti penyakit, kesehatan mental, nutrisi, obat-obatan, dan lain-lain.

  • Keuangan

Topik konten yang membahas tentang investasi, perpajakan, perbankan, asuransi, perencanaan keuangan peminjaman dana, dan sejenisnya.

  • Belanja

Halaman website yang berisi informasi dan layanan pembelian barang dan jasa secara online.

  • Masyarakat

Halaman website yang membahas topik berkaitan dengan masyarakat, seperti ras, suku, agama, kebangsaan, etnis, dan jenis kelamin.

  • Lain-lainnya

Konten  yang berisi informasi mengenai keputusan seseorang dalam kehidupannya, seperti mencari pekerjaan, memilih sekolah, informasi perumahan, dan lain-lain.

2. Pentingnya Memahami YMYL 

Kenapa penting memahami YMYL? Alasannya karena YMYL content bisa berisiko buruk dan berbahaya untuk orang-orang tertentu. Orang-orang tersebut adalah:

  • Orang-orang yang melihat langsung dan menggunakan konten tersebut untuk kehidupannya. 

Contoh: seorang penderita asam lambung membaca artikel mengenai “cara meredakan asam lambung”. Dalam hal ini, orang tersebut adalah orang yang melihat langsung dan menggunakan konten tersebut untuk mengobati asam lambungnya.

  • Orang yang berpotensi dipengaruhi oleh orang yang melihat langsung sebuah konten. Contoh: Seseorang membaca artikel tentang “cara meredakan asam lambung”. Lalu, ia membagikan isi artikel tersebut kepada temannya yang sedang menderita asam lambung.
  • Sekelompok orang yang terdampak atas tindakan orang yang melihat konten tersebut

Lalu, kenapa konten YMYL bisa berbahaya? Konten YMYL bisa berbahaya jika konten tersebut tidak dibuat oleh orang yang ahli di topik tersebut. Alhasil, konten YMYL tersebut bisa berdampak negatif, merugikan, dan berbahaya bagi orang yang melihatnya.

Contohnya adalah artikel tentang “cara meredakan asam lambung” yang tidak ditulis oleh seorang dokter. Nah, informasi-informasi di artikel tersebut bisa diragukan kebenarannya sehingga hal tersebut berisiko bisa membahayakan kesehatan seseorang.

Oleh karena itu, konten YMYL harus  dibuat oleh orang yang ahli di topik tertentu. Tujuannya agar konten tersebut bermanfaat dan tidak merugikan orang-orang. Dalam hal ini, artikel tentang “cara meredakan asam lambung” harus ditulis oleh seorang dokter yang ahli di bidang kesehatan. Jadi, artikel tersebut lebih akurat dan dapat dipercaya.

3. Strategi Mengoptimalkan Konten YMYL

Kamu bingung mengoptimasi artikel dengan konten YMYL. Tenang, berikut 4 strategi mengoptimasi  YMYL content agar optimal:

3.1. Membuat konten berkualitas berdasarkan E-E-A-T

Konten YMYL sangat berkaitan dengan E-E-A-T karena konten YMYL harus dengan kualitas E-E-A-T yang tertinggi. Kenapa konten YMYL harus berkualitas paling tinggi? Alasannya karena konten YMYL yang berkualitas rendah bisa berisiko buruk terhadap kesehatan, keuangan, dan keselamatan seseorang.

Lalu bagaimana membuat konten YMYL dengan kualitas E-E-A-T tertinggi? Konten tersebut harus dibuat oleh seseorang yang ahli dan berpengalaman langsung di bidangnya. Kemudian, konten tersebut di-support dengan sumber-sumber terpercaya. Alhasil, konten tersebut dapat membangun kepercayaan pembacanya. 

Contohnya adalah seorang dokter yang menulis artikel tentang “cara meredakan asam lambung yang kambuh” di website rumah sakit. Dokter tersebut adalah seorang yang ahli mengenai topik artikel tersebut. Ia juga sudah berpengalaman menangani pasien dengan asam lambung. Selain itu, dokter itu juga menulis artikel berdasarkan medical journals.

Berdasarkan contoh di atas, artikel tersebut terbilang kredibel dan terpercaya karena dokter berpengalaman yang menulisnya. Selain itu, artikel tersebut dapat memberikan dampak positif dan tidak merugikan pembaca.

Baca Juga: Apakah E-E-A-T Merupakan Faktor Penentu Peringkat di Google Layout? Kenali Definisi dan Cara Mengoptimasinya

4. Lengkapi dengan informasi penulis atau website owner

Halaman website dengan konten YMYL harus memenuhi standar E-E-A-T yang paling tinggi. Nah, salah satu cara agar mencapai standar itu adalah cantumkanlah informasi mengenai penulis atau pemilik website. 

Informasi ini bisa menunjukan konten tersebut dibuat oleh penulis atau website dengan expert yang sudah berpengalaman dan otoritas yang sesuai. Alhasil, konten tersebut lebih dipercaya oleh para pembaca

Contohnya adalah artikel membahas tentang affiliate marketing, yaitu “Pengertian Affiliate Marketing Pada Blog dan Cara Memanfaatkannya”. Bagian bawah artikel terdapat bio singkat mengenai penulis. 

Bio singkat tersebut menunjukan bahwa artikel tersebut ditulis oleh orang yang expert dan berpengalaman langsung dalam affiliate marketing. Selain itu, website tersebut merupakan website perusahaan yang memang khusus menangani affiliate marketing. Alhasiil, konten pada halam website tersebut dapat dipercaya oleh para pembaca

4.1. Gunakan Sumber Terpercaya

Salah satu cara membuat konten yang kredibel adalah membuat konten menggunakan referensi atau sumber yang terpercaya. Maksud sumber terpercaya adalah sumber-sumber yang berasal dari jurnal, hasil penelitian, berita, sumber resmi bersangkutan, dan lain-lain.

Contohnya adalah artikel mengenai SEO E-E-A-T, yaitu Penambahan ‘E’ Experience pada E-A-T Google Guidelines dan Pengaruhnya pada Affiliate. Artikel tersebut ditulis berdasarkan referensi terpercaya, yaitu salah satunya adalah Google’s guidelines for quality evaluators.

Sumber: Accesstrade

4.2.Lakukan interview dengan expert

Sebuah konten memang paling bagus ditulis oleh expert yang berpengalaman di bidangnya. Di sisi lain, konten  yang kurang bagus adalah konten yang ditulis dengan menggunakan hasil riset content writer. Alasannya karena pembahasan tersebut kurang komprehensif.

Namun, konten tersebut bisa menjadi lebih bagus dengan penambahan informasi-informasi dari expert. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui wawancara. Lalu, content writer mengolah hasil wawancara tersebut menjadi susunan kalimat yang mudah dibaca untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi.

Kesimpulan

Jadi, Konten YMYL adalah konten yang bisa berdampak positif dan negatif terhadap kesehatan, keuangan, kesejahteraan, dan keselamatan seseorang. Konten YMYL yang berdampak positif adalah konten  dengan kualitas E-E-A-T yang paling tinggi. Di sisi lain, konten YMYL yang berdampak negatif adalah konten dengan kualitas E-E-A-T yang rendah. 

Oleh karena itu, cara optimasi konten YMYL adalah konten ditulis oleh expert yang berpengalaman langsung dengan topik terkait dengan tambahan referensi terpercaya. Selain itu, tambahkan bio penulis pada artikel untuk menambahkan kepercayaan pembaca.

Nah, itulah pembahasan mengenai konten YMYL. apakah kah kamu sudah paham? Atau masih bingung? Tenang, kamu bisa banget tanya-jawab di komunitas affiliate marketing pada telegram bawah ini. Selamat bergabung!

Gabung Grup Telegram Kami Disini!

 

Artikel ini telah direview oleh: 

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade
Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!