Strategi Organik FB Pro vs FB Page: Mana yang Lebih Cepat Menghasilkan Komisi Affiliate?

Strategi Organik FB Pro vs FB Page: Mana yang Lebih Cepat Menghasilkan Komisi Affiliate?

Admin
Nov 05, 2025
SHARE ON
1763956163_feature-images-strategi-organik-fb-pro-vs-fb-page_-mana-yang-lebih-cepat-menghasilkan-komisi-affiliate.jpg

tahukah kamu bahwa FB Pro dan FB Page juga bisa menjadi sumber cuan? Kombinasi dari platform Facebook dan affiliate bisa menjadi double combo untuk naikin cuan dengan menggunakan strategi organik. Gimana caranya?

Apa Itu FB Pro dan FB Page?

Tahukah kamu perbedaan antara FB Pro dan FB Page? Sekalipun dari platform yang sama, yaitu FB atau Facebook, namun memiliki perbedaan yang penting untuk para content creator, termasuk affiliator pahami. 

FB Pro (Facebook Professional)

Gambar 1. Halaman FB Pro (Facebook)

FB Pro merupakan fitur yang memungkinkan kamu mengubah akun pribadi menjadi akun profesional. Dengan fitur ini, kamu bisa mengakses insight, jangkauan audiens, hingga monetisasi, tanpa harus membuat halaman (Page) terpisah.

Sama seperti instagram, karena FB dan IG merupakan dua platform dari Meta, disini kamu bisa memanfaatkan insight di dashboard professional agar lebih memahami audiences.

FB Page (Halaman Facebook)

Gambar 2. Halaman FB Page (respond.io0

FB Page adalah halaman publik yang biasa digunakan oleh bisnis, brand, atau figur publik untuk menjangkau audiens secara lebih formal. FB Page memiliki fitur iklan lengkap, integrasi tim, dan alat pengelolaan konten. Tak sedikit yang berkomentar bahwa FB Page mendatangkan income yang lebih baik dibanding FB Pro, tentunya jika kamu menjalankan iklan atau sponsored.

Kedua platform ini bisa digunakan untuk affiliate marketing, tetapi memiliki karakteristik dan kekuatan yang berbeda, seperti tabel dibawah ini:

Tabel 1. Perbedaan FB Pro dan FB Page

Fitur Utama

FB Pro

FB Page

Jangkauan Organik

Lebih tinggi, karena sifat personal

Lebih rendah, butuh boost/ads

Engagement

Lebih natural dan spontan

Cenderung formal

Personal Branding

Kuat, cocok untuk storytelling

Terbatas, lebih cocok untuk bisnis

Insight & Statistik

Ada, tapi terbatas

Lengkap dan detail

Fitur Iklan

Tidak tersedia

Lengkap

Trust dari Audiens

Tinggi, terasa lebih personal

Bergantung pada citra brand

Baca juga: Membangun Personal Branding di Instagram & TikTok

Dari tabel diatas, bisa ditarik kesimpulan jika kamu sebagai affiliator pemula yang ingin mengeksplorasi konten dan mendapatkan komisi, bisa coba menggunakan FB Pro terlebih dahulu, kemudian kembangkan akun ke FB Page sehingga bisa mendorong audiences bukan dari lingkaran followers kamu.

Namun, jika kamu sudah memiliki akun maka bisa melakukan evaluasi terhadap konten mana yang mendapatkan viewers dan engagements tinggi, kemudian buat FB Page sesuai dengan niche konten tersebut. Misalnya, make-up, masakan, elektronik, dan lainnya.

Mana yang Lebih Cepat Hasilkan Komisi Affiliate?

Pertanyaan ini penting untuk dijawab dengan data dan simulasi sederhana. Misalnya kamu ingin mempromosikan produk digital melalui dua pendekatan:

  • FB Pro: Kamu membuat posting pengalaman pribadi terkait produk, disisipi link affiliate secara soft selling.
  • FB Page: Kamu membuat konten promosi berupa gambar dan caption edukatif, ditambah CTA langsung.

Tabel 2. Simulasi perbandingan hasil FB Pro vs FB Page

Parameter

FB Pro

FB Page

Click-Through Rate

6–10%

2–4%

Conversion Rate

3–5%

  1. 5–3%

Potensi Komisi 7 Hari

Lebih tinggi, cepat dengan konten personal

Butuh waktu & ads untuk optimal

Tabel diatas merupakan contoh simulasi melihat dari fitur-fitur yang tersedia dari platform dan berdasarkan pengalaman pengguna. Untuk mendapatkan komisi yang maksimal dan bisa dijadikan passive income selain dari komisi affiliate namun juga komisi Facebook, maka membuat konten berkualitas dan branding yang kuat adalah dua hal wajib yang perlu kamu lakukan, selain menyebarkan link affiliate.

Baca panduan lengkap di Cara Sebar Link Affiliate

Strategi Konten Organik untuk FB Pro & Page

Setiap platform memerlukan pendekatan konten yang berbeda. Dimana jika FB Pro lebih bersifat personal, maka gunakan kisah yang unik dari diri kamu sendiri. Untuk FB Page kamu bisa menggunakan konten tentang hobi, solusi, edukasi yang berfokus pada masalah audiences.

Tabel 3. Perbedaan strategi konten

FB Pro

FB Page

  • Storytelling: Bagikan kisah nyata yang relatable.
  • Soft selling: Jangan langsung jualan, pancing rasa penasaran.
  • Polling dan interaksi: Tingkatkan engagement sebelum promosi.
  • isual yang menarik: Gunakan infografis dan video pendek.
  • VLive Session: Edukasi produk secara langsung.
  • Caption edukatif: Fokus pada solusi masalah audiens.

Tips Waktu Posting: Jam 08.00–10.00 atau 19.00–21.00 adalah waktu terbaik untuk audiens Indonesia.

Jika kamu butuh ide posting, coba baca dari Ide Konten Facebook Pro. Umumnya, audiences mencari hiburan atau entertain di media sosial, namun tak menutup kemungkinan juga terkait informasi, review, tutorial, dan lainnya. 

Ada banyak campaign di Accesstrade dimana kamu bisa mempromosikan produk sesuai dengan niche dan customer background kamu, jadi pahami bagiamana Cara Menentukan Produk Terbaik untuk Affiliate Marketing agar sesuai dengan profile kamu di FB Pro. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melakukan dua strategi diatas 

Kapan Sebaiknya Gunakan FB Pro atau Page?

Berikut panduan sederhana untuk membantu kamu memilih:

Tabel 4. Perbedaan strategi konten

FB Pro

FB Page

    • Kamu baru mulai dan ingin hasil cepat
  • Tidak punya modal untuk beriklan
  • Ingin menjangkau teman atau follower lama.
  • Kamu punya brand atau tim yang mendukung.
  • Siap berinvestasi dalam iklan.
  • Butuh insight dan tools lanjutan untuk scale-up.

Kombinasi keduanya juga bisa jadi strategi jangka panjang. Mulai dari FB Pro, validasi konten, lalu scale lewat FB Page.

Affiliate marketing lewat Facebook tetap menjadi strategi kuat jika dijalankan dengan cara yang tepat. FB Pro terbukti lebih unggul untuk menghasilkan hasil cepat secara organik, terutama jika kamu pemula yang mengandalkan pendekatan personal.

Namun, bukan berarti FB Page kalah efektif. Dengan perencanaan dan anggaran yang tepat, Page bisa jadi senjata scaling yang powerful. Apalagi jika kamu memiliki blog atau website personal yang bisa dimanfaatkan pada FB page. Apakah kamu sudah memahami strategi organik mana yang cocok untuk campaign affiliate kamu?

Nah, jka sudah mengerti maka hari ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan skill media sosial mu menjadi pundi-pundi cuan di Accesstrade. 

Daftar sekarang jadi affiliate marketer di ACCESSTRADE.

 

.
Muhammad Harist
Affiliate Specialist
Muhammad Harist telah menjadi SEO Specialist di Accesstrade selama 1 Tahun. Spesialisasinya adalah di Research & Development, Project Management serta Data Analytics. Selain itu, dia memfokuskan pekerjaannya untuk melakukan A/B testing dan membuat study case menghasilkan konversi yang tinggi dan stabil dari campaign affiliate marketing.
Artikel Terkait