Cari Income Tambahan? Ini Daftar Affiliate Program Yang Bisa Kamu Coba!

Cari Income Tambahan? Ini Daftar Affiliate Program Yang Bisa Kamu Coba!

Admin
affiliate marketing Sep 23, 2022
SHARE ON
1688347392_cari-income-tambahan-ini-daftar-affiliate-program-yang-bisa-kamu-coba-1.jpg

Jika kamu tertarik dengan dunia bisnis affiliate marketing yang sedang tren saat ini, maka perlu tahu ragam affiliate program yang ada di Indonesia. Karena jika tidak tau apa saja program afiliasi di sini bagaimana akan memulainya?

Yup, afiliasi marketing ini bisa menjadi solusi untuk Kamu yang ingin mencari uang tambahan. Apalagi kalau sangat kreatif, suka dengan dunia pemasaran dan termasuk anak konten banget. Nah, untuk menjadi seorang affiliate marketer, tentunya hal pertama yaitu perlu bergabung dahulu dengan pemilik afiliasi atau pemilik affiliate program.

Di Indonesia hingga sekarang ini terbilang cukup banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan affiliate program untuk sesama perusahaan ataupun individu.

Soal komisi? Gak perlu takut. Ketika kamu berhasil mempromosikan atau mendatangkan pembeli atau konsumen maka honor atau komisi juga bisa dimiliki. Rata-rata komisi dari affiliate program ini cukup menggiurkan loh. Asalkan penggunanya tidak bosan mencoba hal baru, konsisten dan kreatif untuk mendatangkan pelanggan baru.

Ragam Affiliate Program untuk Pemula


Yuk, tanpa berlama lagi berikut ini beberapa affiliate program di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi Kamu.

Shopee

Shopee memiliki affiliate program di Indonesia yang begitu populer. Shopee sendiri merupakan e commerce yang menawarkan berbagai macam produk. Kamu bisa ikut mempromosikan produk-produk di sana dengan daftar affiliate programnya.

Affiliate Program dari Shopee ini menawarkan penghasilan tambahan untuk para pembuat konten atau content creator. Caranya dengan mempromosikan produk-produk Shopee di media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, YouTube, dan Blog website.

Setelah mendaftar program afiliasi tersebut, tentunya akan mendapatkan custom link afiliasi yang nantinya bisa disebarkan.

Berapa keuntungan yang akan didapatkan? Nah, keuntungan atau komisi nantinya akan dihitung dari harga produk yang laku terjual dari Shopee Mall, Star+ & Star. Besaran komisi bisa sampai 10% untuk setiap transaksi.

Lazada

Selain Shopee, ecommerce Lazada juga bisa menjadi pilihan nih. Beragam produk yang ada di Lazada mulai dari fashion, elektronik, alat olahraga, perlengkapan otomotif, dan sebagainya.

Kamu hanya perlu mempromosikan produk-produk Lazada ke sosial mediyang dimiliki. Jika ada yang membeli produk tersebut lewat kamu, maka secara otomatis akan diberikan komisi 7% per transaksi.

Program Afiliasi Lazada juga sepenuhnya gratis tanpa biaya modal.

Tokopedia 

Sebagai pemula bisnis afiliasi marketing, kamu bisa coba dan daftar dengan Tokopedia Affiliate program. Jika dikira sudah memenuhi kriteria dan mendapatkan link ID afiliasi, maka bisa langsung digunakan mempromosikan produk milik Seller.

Lalu, selanjutnya dapat membagikan link tersebut ke pengguna lainnya melalui channel Social Media yang dimiliki. Jika terjual tentunya kamu akan mendapatkan komisi. Anda dapat memperoleh komisi hingga sebesar 10% dengan batas sebagai berikut:

  • Komisi sebesar 10% untuk Kategori Makanan & Minuman
  • Komisi sebesar 8% untuk Kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga
  • Komisi sebesar 5% untuk Kategori Kesehatan, Ibu & Bayi memiliki
  • Komisi sebesar 3% untuk Kategori Olahraga dan Hobi
  • Komisi sebesar 1% untuk Kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik

Untuk kategori yang tidak tercantum diatas, komisinya di angka 2%. Dan sewaktu-waktu bisa berubah ya.

Traveloka

Traveloka membuka kesempatan berbisnis bagi konten kreator di bidang pariwisata (blogger, pengelola web, influencer atau YouTuber). Buat kamu yang suka traveling ini bisa menjadi cuan tambahan loh. Pengguna bisa mendapatkan cuan tambahan, sambil mempromosikan tempat-tempat wisata menarik.

Daftarkan diri Kamu sekarang ke program afiliasi Traveloka. Ikuti seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku, supaya permohonan kerjasama akan cepat disetujui.

Setelahnya, bisa langsung mempromosikan materi iklan yang disiapkan oleh tim Traveloka! Cara promosi ini akan terasa jauh lebih seru dan menyenangkan. Karena tidak membosankan memasarkan produk/ jasa pelayanan, tetapi juga membahas hal-hal seru bertema travelling.

Tiket.com

Yup, selain traveloka, ada juga program afiliasi dari Tiket.com yang menawarkan kerjasama bagi kalian yang suka jalan-jalan dan berwisata.

Kamu yang bergabung dengan Tiket.com Affiliate, berkesempatan mendapat akses eksklusif ke berbagai voucher dan tiket perjalanan (pesawat, kereta, bus, dll). Serta akomodasi (villa, hotel, dll) yang tak ditawarkan untuk publik.

Itu belum termasuk komisi persenan, jika berhasil mengajak orang lain membeli layanan Tiket.com lewat link/kode afiliasi kamu. Namun komisi Tiket.com Afiliate hanya dapat ditarik per bulan melalui ajuan “Invoice” di website.

Agoda

Jika kamu mencari program affiliate marketing Indonesia yang besar selain Traveloka, maka Agoda jawabannya. Agoda merupakan platform booking online tiket pesawat, hotel, apartemen, dan lain sebagainya.

Nah, bagi yang bisa mengikuti program afiliasi Agoda ini dengan melayani penjualan produk-produk Agoda di website atau video. Nantinya, Agoda akan memberikan tautan/link teks yang terhubung ke halaman inventarisnya. 

Berapa komisi yang ditawarkan oleh Agoda? Saat ini Agoda menawarkan komisi hingga 60%. Tapi, persentase akan berbeda-beda tergantung produk apa yang kamu berhasil jual.

Blibli

blibli merupakan ecommerce milik anak perusahaan Djarum. Perusahaan ecommerce ini telah beroperasi sedari tahun 2010, dan sampai saat ini masih termasuk salah satu mall online sukses di Tanah Air.

Nah, untuk layanan afiliasi marketingnya sendiri, BliBli menjanjikan komisi beragam dari 1% sampai 4% per transaksi. Bagi hasil akan dilakukan ketika konsumen membeli produk Blibli melalui link kamu, dan tidak melakukan cancel atau refund produk.

Semua orang juga bisa bergabung ke program afiliasi marketing, mulai dari pemilik blog/web, pengguna sosial media, YouTuber, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Proses pendaftarannya pun praktis dan tanpa modal!

Baca Juga : Pemula Perlu Tahu, Ini Pengertian Afiliasi Marketing, Kelebihan dan Kekurangan!

Cara Memilih Affiliate program yang Tepat untuk kamu!

Meski program afiliasi tersedia sangat banyak, tapi kamu harus pahami bahwa memilih affiliate program juga tidak bisa sembarangan, ya. Jika salah memilih program afiliasinya, usaha malah bisa saja berujung rugi.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa lihat beberapa poin cara memilih program afiliasi yang tepat, di bawah ini:

1. Pilih Program Afiliasi yang Bereputasi Bagus

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari affiliate program tersebut, kamu harus pastikan perusahaan tersebut memiliki reputasi pasar yang bagus. Sementara itu, kunci untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa latar belakang perusahaan secara menyeluruh. 

Dengan cara, bisa mengunjungi situs web-nya, melihat ulasan orang-orang di forum, dan periksa kredibilitasnya.  

Reputasi bagus yang perusahaan miliki biasanya ditandai dengan banyaknya konsumen, adanya kantor pusat dan kontak yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu terdapat kendala. Kemudian, semua produk dan jasa berlegalitas dan terpercaya.

2. Sesuaikan Produk dengan Niche Website Anda

Poin ini sangat penting untuk dipahami. Apakah produk harus sesuai dengan niche? Bisa dibilang sangat perlu! promosi produk atau jasa yang sesuai niche blog tentunya akan mempengaruhi peluang orang atau calon pembeli untuk melakukan transaksi. Sebab, jika terlalu jauh perbedaanya atau tidak relevan, maka minat orang yang mengunjungi bisa berkurang atau bahkan tidak tertarik.

Misalnya, jika kamu memiliki blog yang membahas travel, maka akan lebih bisa meningkatkan peluang transaksi jika kamu menjual layanan afiliasi traveling juga.

3. Memiliki Nilai Penjualan Tinggi

Yup, jika sudah memilih program afiliasi dengan reputasi yang baik maka tentukan juga bila memiliki penjualan yang tinggi alias konversi.

Kalau konversi atau penjualannya terbilang rendah, afiliator akan rugi waktu dan tenaga untuk melakukan promosi. Jadi, pastikan dahulu untuk melihat dan mempertimbangkan hal ini, ya.

4. Memiliki Sistem Untuk Melacak Penjualan 

Program afiliasi yang baik tentunya memiliki sistem pelacakan khusus. Sistem ini membantu kamu memantau naik turunnya penjualan, sehingga afiliator dapat mengatur strategi promosi yang lebih baik untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Selain itu, sistem juga bekerja untuk mendokumentasikan jumlah pembeli yang melalui link referal yang dimiliki.

5. Pastikan Syarat dan Ketentuan Sesuai

Tentunya semua kriteria affiliate program telah dilengkapi dengan serangkaian kebijakan dan ketentuan yang berlaku. Perlu sekali, untuk mengetahui kebijakan yang berlaku pada masing-masing program.

Gunanya agar afiliator bisa mengatur strategi promosi dan akan berakhir dengan keuntungan yang maksimal. Jika kebijakan program afiliasi dirasa kurang cocok dan menguntungkan, bisa kesampingkan program afiliasi ini terlebih dahulu.

6. Platform affiliasi yang memberikan support maximal

Paling penting! kamu harus mengenali tiap detail program affiliasi yang ditawarkan oleh brand. Tentunya ini yang paling merepotkan karena tiap brand, memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Namun, tidak perlu khawatir karena melalui accesstrade. Afiliator akan di support secara maximal dan pastinya tidak perlu repot lagi mendaftar ke tiap brand tersebut. Serta, menunggu verfikasi persetujuan yang amat merepotkan dan terkadang memakan waktu.

Cukup daftar di accesstrade kamu bisa memilih sendiri brand yang kamu inginkan seperti shopee, lazada, tiket.com, zalora dan lainnya dan tentunya support dari team accesstrade akan membantu hingga mendapatkan komisi pertama. Nah, itu dia beberapa informasi affiliate program terbaik di Indonesia yang cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat dan dapatkan informasi seputar bisnis afiliasi marketing bersama Accesstrade Indonesia.

Baca Juga : Pekerjaan Afiliator Jadi Solusi Dapatkan Passive Income Menggiurkan

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait