ACCESSTRADE Indonesia

Banyak Opsi, Ragam Contoh Bisnis Afiliasi Penghasil Pundi Rupiah

Admin
affiliate marketing Sep 29, 2022

Baca Juga: Gabut Sendirian, Cobain Lazada Affiliate Program yang Menguntungkan!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum banyak orang mendapatkan pemasukan tambahan dari beberapa contoh bisnis afiliasi marketing. Pasalnya, bisnis ini juga tergolong dalam pemasaran online yang menggiurkan. Semua kalangan bisa menjalankan bisnis berbasis komisi ini. Baik anak sekolahan, mahasiswa, karyawan, atau ibu rumah tangga bisa menjalankannya. 

Afiliasi marketing sendiri merupakan program bentuk kerjasama antara Kamu dan pemilik program (perusahaan) yang bertujuan untuk memperluas target pasar serta mendapatkan hasil untung bersama.

Dengan program ini, perusahaan mendapatkan banyak target pasar dan sebagai afiliator juga mendapatkan bayaran atau komisi dari hasil penjualan. Menariknya, sebagai afiliator, Kamu tidak melulu memasarkan produk tetapi bisa memasarkan layanan ataupun jasa.

Daftar Isi

3 Elemen Kunci Contoh Bisnis Afiliasi Marketing

contoh bisnis afiliasi

Perlu diketahui, pada program afiliasi ini terdapat tiga pihak yang terlibat, yaitu:

  • Owner Atau Pemilik Produk : Bisa dari pihak perusahaan, vendor, atau penjual yang mengeluarkan program afiliasi.
  • Affiliate (Afiliator) : Pihak yang mendaftar di program afiliasi.
  • Konsumen : Orang membeli produk/ jasa melalui kode link afiliator.

Pertama, tentunya Kamu perlu bergabung dengan perusahaan yang membuka program afiliasi marketing. Contoh bisnis afiliasi marketing selengkapnya nanti kita bahas lebih lengkap di bawah, ya.

Ketika telah bergabung dengan program afiliasi marketing, sang pemilik produk atau perusahaan, akan memberikan sebuah ID atau kode link referral. Nantinya, kode link referral ini akan menjadi alat sebagai jualan dan melihat transaksi apa saja yang berhasil.

Setiap kali melakukan penjualan online, penggunaan kode link referral ini wajib disertakan. Karena link ini memiliki identitas cookies yang akan bertahan pada periode tertentu. Jadi, perlu sekreatif mungkin untuk membuat penonton atau pembaca meng-klik dan melakukan transaksi.

Kedua, setelah sukses mendaftar dan mendapatkan kode link referral. selanjunya, yakni membuat konten promosi.

Jika Anda bergabung dengan contoh bisnis afiliasi marketing seputar teknologi, maka buatlah konten promosi yang relevan dan semenarik mungkin.

Contohnya, membuat ulasan atau me-review gadget yang perlu diiklankan. Bisa menggunakan website atau blog, video vlog di YouTube ataupun video singkat untuk sosial media pribadi.

Ketiga, Konsumen yang memiliki ketertarikan akan konten promosi Kamu otomatis melakukan klik atau menggunakan kode referral yang diberikan untuk bertransaksi. Semakin banyak penonton atau pembaca konten, hingga melakukan transaksi tentu akan meningkatkan komisi yang akan didapat.

Keempat, menuai komisi dari bisnis afiliasi. Jika sudah banyak transaksi yang terjadi maka Kamu pun akan menuai pundi-pundi persenan. Tapi, ketahuilah cara perhitungannya ada yang dihitung per penjualan (cost per sale). Serta ada yang berdasarkan jumlah orang yang melakukan klik pada kode referral tersebut (cost per click). 

Pastikan perhitungan komisi tersebut telah Anda ketahui dan pahami saat awal kali bergabung bisnis afiliasi ini ya.

Baca juga : Masih Bingung Apa yang Dimaksud dengan Program Afiliasi? Ini Penjelasannya

Bisnis Afiliasi Marketing Terfavorit

contoh bisnis afiliasi terbaik                                                                                                                

Dalam melakukan bisnis online afiliasi, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan dengan modal yang minim. Bisnis afiliasi sendiri merupakan sebuah bisnis yang dapat memberikan uang dalam bentuk komisi setelah menjual beberapa produk dari bisnis online tersebut.

Untuk komisi yang didapatkan akan disesuaikan oleh sejumlah produk yang berhasil di jual. Cara kerja dari bisnis afiliasi ini juga melibatkan beberapa pihak yang bersangkutan dengan pihak-pihak tersebut antara lain, pemilik produk affiliator serta konsumen.

Berikut ini beberapa contoh bisnis afiliasi marketing yang bisa Kamu kembangkan.

Shopee Affiliate program

Contoh bisnis afiliasi marketing yang paling diminati dan bisa dikembangkan adalah bergabung dengan program afiliasi marketing Shopee. Hampir semua penduduk Indonesia pasti tahu dan menjadi pengguna dari aplikasi e-commerce Shopee. Perusahaan Shopee sendiri terbilang perusahaan e-commerce yang sukses di Indonesia dan bersaing dengan e-commerce Tanah Air lainnya.

Walau sudah jutaan pengguna, Shopee tetap membuka program affiliate marketing atau membutuhkan jasa affiliator sebagai pihak kedua pemasaran. Soal komisi, Shopee menawarkan komisi yang cukup besar. Mulai dari 5-10% di tiap penjualan yang berhasil. klik disini untuk tau Cara Ikut Shopee Affiliate Sampai Diterima, Dijamin Gabakal Ditolak

TikTok Affiliate program

Siapa yang tidak mengenal aplikasi hiburan TikTok. Aplikasi video hiburan TikTok ini setiap bulannya bisa memiliki 1 miliar pengguna aktif. Dan, tidak sedikit pengguna aktif tersebut melakukan transaksi alias mengeluarkan uang mereka di TikTok Shop atau marketplace.

Untuk Kamu yang gemar TikTok-an, silakan mencoba contoh bisnis afiliasi programnya, klik disini Cara Daftar Afiliasi TikTok Bisa Dapatkan Cuan dengan Instan

Tokopedia Affiliate Program

Pesaing Shopee asal Indonesia ini juga cukup menjanjikan, bisa dilihat dari penggunanya yang jutaan. Contoh bisa afiliasi marketing selain Shopee yang bisa dikembangkan, juga bisa join dan bermitra dengan Tokopedia.  Jika  sudah memenuhi kriteria dan mendapatkan link ID afiliasi, maka bisa gunakan mempromosikan produk milik Seller atau merchant.

Jangan lupa, untuk selalu membagikan link atau kode referral tersebut ke iklan atau channel Social Media yang dimiliki. Jika terjual, tentunya akan mendapatkan komisi menggiurkan. Ini dia cara Kerja Affiliate Marketing Tokopedia Yang Sukses Dengan Social Media

Lazada Affiliate program

Selain Tokopedia dan Shopee, ada e-commerce populer lainnya yaitu Lazada. Seperti yang telah diketahui, Lazada telah menjadi pelopor kemunculan berbagai e-commerce Indonesia. Tentu saja, karena pelopor para pengikut, pengunjung, hingga penggunanya sudah mencapai jutaan orang.

Ketika Kamu bergabung memulai cara menjadi affiliate marketer di platform ini, Lazada bisa menawarkan komisi 10%, lho. yuk cobain Lazada Affiliate Program yang Menguntungkan!

Tiket.com

Teruntuk Kamu yang mempunyai ketertarikan di bidang travel, hobi jalan-jalan bisa join dan bermitra dengan afiliasi Tiketcom. Contoh bisnis afiliasi marketing ini paling diminati oleh anak muda atau kaum milenial. Pasalnya, tidak membosankan dan tentu menyenangkan.

Jika bergabung dengan Tiket.com Affiliate program berkesempatan mendapat akses eksklusif ke berbagai voucher dan tiket perjalanan (pesawat, kereta, bus, dll) serta akomodasi (villa, hotel, dll) yang tak ditawarkan untuk publik.

Itu belum termasuk komisi persenan, jika berhasil mengajak orang lain membeli layanan Tiket.com lewat link/kode afiliasi. Namun, komisi Tiketcom Afiliate hanya dapat ditarik per bulan melalui ajuan “Invoice” di website.

Traveloka Affiliate

Selain Tiket.com, contoh bisnis afiliasi yang memikat dan bisa diikuti yaitu program afiliasi dari Traveloka.

Melalui afiliasi Traveloka, bisa mendapatkan cuan tambahan sembari mempromosikan tempat-tempat wisata menarik. Daftarkan diri sekarang ke affiliate program Traveloka, lalu Ikuti seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku supaya permohonan kerjasama bisa cepat disetujui.

Hostinger

Contoh bisnis afiliasi marketing yang sangat menarik, juga bisa dengan bergabung dengan salah satu jasa website ini. Apalagi kalau bukan Hostinger,  menyediakan program affiliate dengan komisi tinggi. Program ini cocok bagi yang memiliki ketertarikan atau fokus topik website, blog atau pun teknologi.

Niagahoster

Selain hostinger, adapula Niagahoster. Siapa yang tak tau layanan web hosting terbesar di Indonesia ini. Niagahoster menawarkan komisi yang terbilang besar dari program afiliasi lain, yakni sampai 70% per penjualan.

Itulah beberapa contoh bisnis afiliasi yang paling diminati dan bisa kalian kembangkan juga. Selain itu, bisnis afiliasi juga bisa menjadi bisnis sampingan dari pekerjaan utama guna menambah pundi-pundi cuan. 

Tips menjadi afiliator yang sukses adalah tetap berani coba, konsisten, berani tampil dan kreatif. Selain itu, Kamu juga bisa memilih program afiliasi lain yang memiliki komisi menarik. Seperti layanan afiliasi Accesstrade, bagi yang berminat bisa cek dan daftar sekarangSemoga cuan.  Baca juga : 15 Program Afiliasi Hosting, Komisi Jutaan dan Menarik untuk di Coba

Baca Juga: Praktisnya Cara Daftar Affiliate JD ID, Promosikan & Dapat Uang Tambahan

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023