ACCESSTRADE Indonesia

Menjalankan Sistem Bisnis Affiliasi Marketing Dalam Perusahaan Sebagai Sumber Traffic Tanpa Iklan Berbayar

Admin
affiliate marketing Nov 22, 2022

Baca Juga: Begini Cara Daftar Affiliate Aliexpress, Hasilkan Dollar Tanpa Modal!

Affiliate Marketing adalah bisnis tidak menggunakan modal awal yang cukup besar. Bisnis ini harusnya menjadi yang diimpikan oleh sebagian masyarakat yang ingin sekali berbisnis tanpa mengeluarkan biaya. 

Affiliate Marketing adalah solusi mencari uang tanpa harus memeliki hal yang rumit saat menjalin kerjasama. Hanya membutuhkan internet yang mendukung serta alat komukasi yang memungkinkan. Bisnis ini membuat para mitranya mendapatkan uang secara singkat dan cepat. Dengan rebahan saja dirumah kamu bisa menjalakan pekerjaan bisnis Affiliate Marketing ini.

Terdengarnya sangat mudah bukan, namun tidak semua masyarakat bisa terjun dalam bisnis ini. Ada beberapa persyaratan yang harus kamu tahu dahulu. Dan pastikan kamu saat menjalin kerja sama dengan Affiliate Marketing ini memiliki rasa tanggung jawab dan konsisten dalam memasarkannya serta kamu diharapkan memasarkan produk itu dengan bijak.

Bisnis ini diminati oleh sebagian luas masyarkat. Khusus bagi para pekerja online seperti Youtuber, selebgram, tiktokers dan paramasyarakayt yang bergelut di sosial media. Dengan cara memasarkan suatu produk/brand di media sosial, kamu bisa mendapatkan uang online, jika barang yang kamu jual sudah melakukan transaksi pembayaran kamu akan mendapatkan komisi yang sudah dijanjikan.

Daftar Isi

Apa itu bisnis Affiliate Marketing ?

Bisnsi Affiliate Marketing adalah program kerjasama terhadap perusahaan yang menyediakan program tersebut denga cara memasarkan suatu produk/brand secara digital. Jika sudah melakukan kerjasama terhadapa perusahaan tersebut, biasanya para mitra akan diberikan pejuntuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Affiliate Marketing ini memberikan komisi yang terlihat menggiurkan, tanpa modal yang besar kita bisa menghasilkan uang online secara cepat dan praktis dengan memasarkan produk tersebut kepada calon pembeli. Uang yang dihasilkan setelah calon kosumen itu membeli dan menyelesaikan dengan transaksinya.

Dengan cara mempromosikan produk para mitra yang sudah menjalin kerjasama di media sosialnya seperti Instagram, facebook, twitter, serta tiktok. Para mitra hanya mempromosikan saja setiap hari dan untuk packingnya akan diatasi oleh perusahaan.

Komiisi yang dihasilkan ini tergantng pada perusahaan yang memilki ketentuan. Beberapa perusahaan Affiliate Marketing ini memberikan hasil sebesar 5%-40% pada setiap penjualan produk/brand

ika kamu sudah bergabung pada kerjasama Affiliate Marketing, kami akan mendapatkan URL atau link yang di dalamnya ada ID afiliasi. Guna ID pada link ini adalah jika ada konsumen yang membeli produk dari konten berbentuk promosi yang dibuat.

Link yang dibuat perusahaan secara otomatis akan masuk ke software afiliasi dan akan merekam klik pada tiap penjualan produk yang dihasilkan pada akun afiliasi tersebut. Dari rekam klik link tersebut komisi akan terkumpul dan jika sudah mencapai batas perusahan afiliasi akan memberitahukan kepada mitra yang bersangkutan.Agar lebih jelas, kamu akan mendapatkan beberapa cara kerja pemasaran produk oleh mitra Affiliate Marketing.

1.Bergabung dalam Program Pemasaran Afiliasi

Hal paling awal sebelum kamu menalin kerjasam kepad perusahaan Affiliate Marketing yaitu mendaftarkan diri pada perusahaan yang menyedikan sebuah program Affiliate Marketing. Cari lah perusahan yang menurut kamu bagus dengan beberapa ketentuan yang berlaku pada pertaturan perusahaan dan kamu mampu serta konsisten selama bekerja sama pada mitra tersebut.

2.Memilih Produk

Pemilihan produk itu adalah salah satu hal penting dalam menjalakan kerjasama di bisnis Affiliate Marketing. Karena produk tersebut menjadi yang utama dalam pelaksanaa bisnis untuk memasarkan produk. Jika produk yang dipasarkan tidak sesuai dengan pasar, maka produk yang kamu amil tidak akan terjual dan membuat kerugian untuk kamu lebih tepanya tidak mendapatkan komisi.

Tujuan melakukan bisni Affiliate Marketing adalah mempromosi produk dengan menggunakan link yang pada calon konsumen selain untuk mengenalkan produk. Promosi akan menggunakan media sosial seperti blog, video pada youtube, hingga iklan facebook, atau medsos yang lainnya.

3.Mendapat Komisi

Setelah link sudah dicantumkan pada media sosial yang mitra gunakan kini tinggal menunggu ada calon konsumen yang melakukan pembelian menggunakan link afiliasi yang tertera pada postingan tersebut.

Jika calon kosumen tertarik pada produk yang kamu promosikan , tahap sejalunjutnya adalah pembayaran. Komisi yang kamu terima setalah transaksi pembayaran itu sudah diselesaikan oleh konsumen. Nanti komisi akan didapatkan setelah jumlahnya sudah sesuai dengan ketentuan dari perusahaan.

Sebagai pemula kamu harus bisa membedakan Affiliate Marketing dengan Reseller. Karena hal tersebut cukup jauh berbeda, Affilite Marketing adalah sistem bisnis online dengan mempromosikan produk atau jasa orang lain tanpa syarat. Kamu hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan tawarkan. Komisi affiliate biasanya hanya berkisar 20-40%.

Sedangkan Reseller adalah sistem yang dapat dijalankan untuk bisnis online dengan menjualkan produk atau jasa orang lain dengan syarat mitra harus membeli atau memiliki produk tersebut. Komisi yang diberikan juga bervariasi berkisar 30-80%

Perusahaan yang temasuk dalam bisnis Affiliate Marketing

1.Shopee Affiliates

1

Shopee adalah perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Shopee menggunakan system pemasaran melalui iklan masif berbayar. Meski demikian, Shopee tetap membuka program affiliate marketing. Affiliate sendiri berasal dari bahasa asing yang artinya afiliasi, namun artinya adalah orang yang memiliki pengikut di bawah 2.000 dalam akun media sosialnya.

Komisi yang ditawarkan Shopee cukup besar. Mulai dari 5-10% di tiap penjualan produk/brand yang berhasil. Dengan cara melalui description box di YouTube, bio atau swipe up pada Instagram, postingan pada Facebook, thread di Twitter, floating text , bio , caption TikTok, artikel blog, dan lain sebagainya.

2.Accesstrade

2

Accesstrade adalah salah satu siitus affiliate terbesar Indonesia, namun situs ini belum diketahui oleh semua masyarakat luas. Hampir ratusan brand dan produk yang bekerjasama dengan Accesstrade. Accesstarde memiliki 4 mekanisme yang sangat transparansi terhadap mitranya. Yang pertama dengan CPS (Cost Per Sales),affiliator akan mendapat komisi setalah pembeli melakukan proses pada setiap transaksi.

Yang Kedua CPL (Cost Per Lead), pada setiap pengunjung yang mendaftarkan kedalam program atau mengunjui pada website akan menjadi komisi pada affliator. Ketiga CPC (Cost Per Click), Jika pengunjung mengklik langsung menuju kehalaman produk atau brand affiliator akan mendapatkan komisi. Keempat CPI (Cost Per Install) ditiap melakukan penginstalan aplikasi affialitor akan mendapatkan komisi, pada brand berbasis layanan life tools, game, e-commerce dan lainnya banyak menggunakan CPI.

3.Lazada Affiliate

3

Lazada adalah salah satu pelopor affiliate marketing. Lazada juga salah satu market leader dari berbagai macam brand e-commerce. Para pengunjung dan penggunanya sudah pasti mencapai jutaan. Jika menjadi afiliator di platform ini menawarkan komisi 10%.

Besarnya komisi yang kamu terima tergantung produk yang berhasil kamu jual. Pada produk kendaraan akan menerima komisi sebesar 1%, pada produk elektronik sebesar 2,5%, dan untuk produk non elektronik sebesar 6% serta untuk produk fashion akan mendapat komisi sebesar 10%.

4.Tokopedia Affiliate

4

Affiliate Marketing Tokopedia adalah salah satu program afiliasi yang bisa kalian lakukan. Program Affiliate Marketing Tokopedia adalah bisnis yang mempromosikan produk Tokopedia melalui link afiliasi.

Pengguna diberikan kenyamanan untuk pembayaran komisi, tidak seperti toko online lain yang menawarkan penarikan minimum yang besar. Tokopedia memungkinkan penarikan serendah Rp 10.000. Selain itu, kamu juga dapat melakukan penarikan dari aplikasi kapan saja. Komisi yang dihasilkan 10% komisi dengan maksimum Rp 50.000 per transaksi penjualan.

5.Tiktok Affiliate

5

Program Afiliasi Toko TikTok sendiri merupakan program yang menghubungkan penjual dan pembeli. Singkatnya, program afiliasi TikTok ini adalah saat kamu mempromosikan produk kamu melalui tautan. Kemudian kamu mendapat komisi saat seseorang melakukan pembelian melalui tautan tersebut. Tombol gerobak kuning di video pembuat biasanya menunjukkan keberadaan Program Afiliasi TikTok.

Salah satu cara untuk mendaftar menjadi afiliator TikTok adalah dengan terlebih dahulu membuat akun toko TikTok. Namun, beberapa syarat harus dipenuhi. Seperti memiliki lebih dari 2.000 pengikut, berusia di atas 18 tahun, dan telah memposting video di TikTok dalam 28 hari terakhir. Komisi yang dihasilkan 5%-10% setelah produk berhasil terjual. Komisi dapat dilakukan 1-3 hari setelah kalian memasukkan saldo, komisi TikTok dapat ditarik dengan saldo minimum Rp 10.000.

Jika kamu masih membingungkan untuk bergabung ke bisnis affiliate marketing untuk menambah penghasilan, kmau bisa bergabung dengan perusahaan Affiliate Marketing Accesstarde yang terjamin serta terpercaya seta banyak perusahaan yang bergbaung sehingga memaksimalkan kamu untuk memesarkan produk/brand yang kamu inginkan.

Mengapa Perusahaan Tersebut Menjalankan Sistem Affiliasi

Bisnis Affiliasi Marketing adalah bisnis yang sama-sama menguntungkan bagi pembisnis dan perusahaan tersebut karena bisnis ini salah satu lapangan pekerjaan bagi para masyarakat luas denga cara yang simple dan praktis hanya mempromosikan produk di media sosial. Hal tersebut sangat membantu perusahaan karena membantu untuk menjual secara langsung kepada para calon konsumen. Selain itu, bisnis Affiliate Marketing menjanjikan uang yang pasti untuk para mitra yang sudah berhasil mempromosikan produk ini dengan jumlah yang banyak.

1.Membangun ekosistem affiliate

Affiliate Marketing adalah sistem bisnis online dengan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun. Anda hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang kan kita tawarkan. Komisi affiliate juga tidak sebesar komisi reseller, biasanya hanya berkisar 20-40%.

Dengan cara itu adalah salah satu ekosistem yang dibuat untuk perusaahan yang menjalankan program Affiliate Marketing. Dengan semakin sering kamu mempromosikan hal tersebut kamu akan mendapatkan komisi dan perusahaan/produk akan semakin dikenal dan dikunjungi oleh para konsumen yang puas dengan produk tersebut.

2.Mengurangi biaya budget paid traffic

Setiap kamu memasarkan produk/brand pada media sosial kamu akan mencantumkan link dan link tersebut akan diklik oleh para calon konsumen yang ingin membeli produk tersebut, para setiap para calon konsumen mengklik link tersebut perusahaan akan mendapatkaan 2% hal tersebt disebut paid traffic.

Pada link terseut para konsumen akan dijajahkan produk yang kamu ingin dibeli oleh para calon konsumen. Tenang saja, para konsumen tidak akan kesulitan untuk memilih barang di link tersebut karena sudah disedikan beberapa macam dan cara untuk membelinya di link yang tertera pada setiap link media sosial.

3.Traffic yang sangat besar

Pada umunya perusahaan ynag  mempromosikan melewat iklan akan mendapatkan sebanyak 2%-5% dari pendapat mereka untuk iklan. Biasanya, anggaran periklanan perusahaan adalah alokasi persentase dari pendapatan yang diproyeksikan. Penganggaran belanja iklan yang akurat membutuhkan analisis data historis yang mendalam untuk lebih memahami hubungan antara iklan dan pendapatan.

4.Sebagai salah satu channel marketing

Para perusahaan Affiliate Marketing ini sangat buth sekali platfrom media digitial diera sekrang. Hamper semua masyarakat luas bermain media sosial maka dari itu, dengann cara memasarkan produk di media sosial sangatlah menguntungkan. Situs yang sering digunakan untuk marketing antara lain web, search engine, email, pemasaran media sosial, influencer,video pemasaran, podcash, dan iklan digital.

5.Memberikan win win solustion terhadap customer

Sebagai pemula kamu tidka perlu taku akan rugii dalam menjalakan bisnis di Affiliate Marketing . tujuan untuk program ini sangat membantu kamu untuk mencari uang tambahan online dari rumah saja. Dengan kamu memasarkan produk tersebut kamu memperluas pasar yang sangat berguna bagi perusahaan.

Dengan cara membranding produk yang kamu jual kepada calon konsumen membuat daya tarik para konsumen untuk memngunjungi dan membeli produk itu. Serta cara mempasarkan produk tersebut dengan cara merendahkan harga produk , hal tersebut sangat membantu konveksi produk yang meningkat pada perusahaan dan kamu akan segera mendaparkan komisi yang sepadan.                                                                                  

Baca Juga: Pengertian Bisnis Affiliate Marketing Tokopedia beserta Cara Daftar dan Komisinya

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023