ACCESSTRADE Indonesia

9 Daftar Toko Online yang Menyediakan Afiliasi dengan Skema Menarik

Admin
affiliate marketing Nov 20, 2022

Baca Juga: Cuma 60 Detik Daftar Affiliate Marketing Shopee Bisa Bikin Cuan Sambil Rebahan

Saat ini, fenomena belanja di toko online sudah menjalar ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Namun, tahukah kamu, dengan belanja online kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dengan cara ikut program Afiliasi toko online? Simak caranya di bawah yuk!

Raksasa toko online di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain berlomba untuk jadi yang terbaik dan nomor satu. Marketplace tersebut akan mencari cara agar banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya dengan membuka peluang menjadi Afiliasi Marketer.

Daftar Isi

afiliasi toko online

Apa itu afiliasi marketer dan bagaimana cara kerjanya?

Afiliasi Marketer adalah pihak, baik perseorangan maupun perusahaan yang mempunyai pengaruh untuk mengajak masyarakat membeli produk yang dijual di Marketplace.

Cara atau sistem kerja Afiliate Marketer adalah dengan menjajakan produk yang dijual di Marketplace dan dipromosikan kepada platform digital secara masif. Secara sederhana, ada tiga cara kerja untuk mengikuti program afiliasi toko online.

Mencari dan mendaftarkan diri

Anda perlu memilih dan memilah dari banyaknya toko online di Indonesia, manakah yang memiliki program Afiliasi Pemasaran yang sesuai dengan pilihan Anda.

Ketika mendaftar di toko online, Anda akan mendapatkan link khusus untuk mempromosikan produk. Link tersebutlah yang akan membawa komisi kepada Anda.

Promosikan produk

Setelah mendaftarkan diri sebagai Afiliasi Marketer, Anda bisa mulai menjalankan bisnis Afiliasi. Cari produk untuk dipromosikan ke berbagai kanal yang Anda miliki seperti Facebook, Instagram, TikTok, Youtube, dan lainnya.

Sebarkan sebanyak mungkin karena peluang tidak hanya terbuka dari satu pintu. Selain itu, Anda perlu bersaing dengan Afiliasi Marketer lain agar publik membeli produk dari link milik Anda.

Komisi mengalir untuk Anda

Setelah banyak orang membeli produk melalui link Anda, komisi akan masuk ke dalam kantong Anda. Hal ini dikarenakan adanya transaksi yang tercatat dari link khusus milik Anda di sistem affiliate network.

Tak hanya orang yang memiliki pengaruh terhadap publik atau masyarakat, para perusahaan toko online pun membuka peluang bagi para penggunanya untuk turut serta mempromosikan produk yang dijual di Marketplace.

Ketika memulai bisnis Afiliasi Pemasaran, baiknya Anda mengetahui mengenai jenis-jenis komisi yang akan diterima.

jenis komisi afiliasi

Jenis Komisi Afiliasi

Pada umumnya, komisi yang didapat dari bisnis Afiliasi toko online akan cair dalam rentang waktu 25 – 30 hari. Sebelum lebih jauh, baiknya Anda mengetahui dasar jenis komisi di dalam bisnis Afiliasi Pemasaran.

Cost per clik (CPC)

Jenis komisi ini cenderung berada di level yang mudah karena Anda hanya perlu mengajak orang untuk meng-klik link Anda.

Link tersebut biasanya akan membawa orang ke landing page milik Merchant. Komisi CPC cenderung melihat kuantitas (jumlah), sehingga komisi yang akan didapat juga tidak terlalu besar.

Cost per Sale (CPS)

Komisi jenis CPS memiliki level kesulitan menengah karena Anda harus mempromosikan produk dengan cara yang menarik agar orang tergiur untuk membeli.

Jika orang membeli produk dari link Anda, transaksi yang tercatat itulah yang akan menjadi pundi-pundi komisi. Nilai komisinya beragam, tergantung kepada Merchant atau kategori produk.

Cost per Acquisition (CPA)

Dari ketiga jenis komisi yang ada, CPA berada di level yang sulit. Hal ini dikarenakan untuk mendapat komisi, Anda perlu bergerilya mengajak orang untuk misalkan, mendownload dan mendaftar di aplikasi toko online.

Hal ini menjadi tantangan besar bagi para Afiliasi Marketer karena benar-benar harus memberikan penawaran yang menggiurkan. Namun, komisi yang akan didapat dari CPA biasanya cenderung besar.

Cost per Install (CPI)

Ada juga yang dinamakan Cost per Install yang biasanya diterapkan oleh perusahaan Aplikasi. Anda perlu mengarahkan orang untuk melakukan sesuatu, yaitu mendownload aplikasi tersebut.

Jika Anda berhasil mengajak orang banyak untuk mendownload aplikasi tersebut, maka uang yang akan kamu dapatkan juga semakin banyak.

afiliasi toko online

Toko online apa saja yang menyediakan program Afiliasi Pemasaran di Indonesia?

Setelah mengetahui tentang Afiliasi Marketer dan cara kerjanya, Anda bisa mulai memfokuskan berbisnis di bidang tersebut.

Namun, ada baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu Afiliasi toko online di Indonesia mana saja yang menyediakan program afiliasi pemasaran. Simak daftarnya di bawah.

Shopee

Salah satu program Afiliasi Pemasaran yang ramai dibicarakan oleh masyarakat Indonesia adalah Shopee Affiliate. Shopee Affiliate Program terbuka bagi penjual yang terdaftar di Shopee.

Shopee Affiliates Program digadang-gadang memberikan komisi sebesar 10% dari penjualan bagi anggota baru dan 2,5% bagi anggota lamanya.

Selain itu, ada bonus sebesar Rp1,85 juta yang diberikan untuk 1.200 pesanan pertama sampai komisi yang paling tinggi adalah 15%.

Anda dapat mempromosikan link produk ke berbagai platform digital seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, atau Youtube. Untuk mendaftar program ini, tidak ada patokan untuk jumlah followers atau subscriber.

Tokopedia

Tokopedia juga membuka program afiliasi toko online yang bernama Tokopedia Affiliate. Skema yang diterapkan sama dengan toko online lainnya, yaitu Afiliasi Marketer mendapatkan link khusus untuk dipromosikan di berbagai kanal miliknya.

Ketika ada orang yang membeli produk dari link unik Anda, maka pundi-pundi rupiah akan masuk menjadi komisi. Sama halnya dengan Shopee, Tokopedia juga menjanjikan komisi hingga 10% untuk program Afiliasi Pemasaran.

Sayangnya, saat ini Tokopedia Affiliate hanya bisa mempromosikan produk. Untuk kategori, halaman toko, atau kampanye yang sedang berjalan belum bisa menjadi bahan untuk promosi.

Untuk menjadi Afiliasi Marketer Tokopedia, tidak ada spesifikasi khusus atau minimal followers media sosial. Jadi, Tokopedia membuka peluang bagi siapa pun untuk menjadi anggotanya.

Lazada

Sebagai toko online yang terbilang besar di Indonesia, Lazada juga mulai melebarkan sayapnya dengan menjajakan program Afiliasi Pemasaran yang diberi nama Lazada Affiliate.

Untuk menjadi bagian dari program Lazada Affiliate, Anda perlu membuat akun Lazada terlebih dahulu. Setelah mempunyai akun, Anda nantinya bisa memulai untuk mempromosikan produk-produk melalui link unik.

Komisi yang diberikan Lazada beragam, mulai dari 1,5% sampai 7% tergantung kepada kategori produk. Untuk kategori motor, komisi yang akan didapatkan adalah sebesar 1,5%. Kategori smartphone dan tablet komisinya 2%. Sedangkan untuk beberapa kategori seperti kebutuhan ibu dan bayi, perlatan rumah tangga, kamera, TV, audio atau video, computer/laptop, dan perlengkapan digital lainnya akan mendapatkan komisi sebesar 3%.

Untuk kategori produk yang akan mendapatkan komisi sebesar 7% di antaranya adalah laundry and cleaning, selimut, kacamata, jam tangan, musik dan buku, aksesoris, peralatann kantor, tas dan travel, perlengkapan hewan, bahan makanan, mainan dan games,  dekorasi, peralatan dapur, Kesehatan dan kecantikan, fashion, serta olahraga.

Lazada mempunyai komisi minimal untuk dicairkan, yaitu sebesar Rp350.000 untuk transfer lokal atau setara dengan USD25 dan EUR/USD.GBP100 atau setara dengan Rp1.500.000 untuk transfer luar negeri.

Zalora

Dunia fashion memang tidak pernah mati, selalu berputar dan menemukan nilai estetikanya. Di Indonesia, terdapat toko online yang menjual prioduk khusus fashion, yaitu Zalora.

 Tak hanya di Indonesia, Zalora juga hadir di Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei, Hong Kong, dan Taiwan.

Zalora memiliki program Community Influencer Program (CIP), uniknya Afiliasi Marketer bisa memilih komisi yang diinginkan. Pertama sebesar 5% berupa tunai atau berupa cashback sebesar 7%.

Untuk mendaftar sebagai Afiliasi Marketer, Anda perlu mendaftar akun di Zalora. Kemudian, pilih komisi, setelah itu Anda siap untuk mempromosikan produk-produk di Zalora menggunakan link unik yang Anda miliki.

Sebagai catatan, komisi akan Anda dapatkan ketika orang mengklik link dan membeli produk. Maka dari itu, baiknya Anda menyortir produk yang kiranya diminati oleh banyak orang atau sedang tren.

promosi afiliasi toko online

Blibli

Toko online lainnya yang menyediakan program Afiliasi Pemasaran adalah Blibli. Anda bisa mencoba bisnis Afiliasi Pemasaran dengan program yang bernama Blibli Affiliate.

Tak jauh beda dengan toko online lainnya, di Blibli juga Anda perlu membagikan produk melalui link khusus agar orang yang melihat tersihir untuk membeli,

Persyaratan yang perlu Anda penuhi untuk memulai afiliasi toko online Blibli di antaranya, mempunyai website pribadi, akun Instagram, WhatsApp, Kanal Youtube, dan lain-lain.

Komisi yang didapat berkisar di antara 1% – 4% tergantung kepada produk yang dipilih. Anda perlu memiliki minimal Rp500.000 untuk mengambil komisi dan pencairan berlangsung 30 hari.

Adidas

Merk ternama dunia seperti Adidas mempunyai platform tersendiri untuk menjual produk-produknya. Mulai dari sepatu, jersey, setelan olah raga, hingga aksesoris tersedia di Adidas.

Komisi yang akan didapat jika Anda bergabung menjadi Afiliasi Pemasarannya adalah sebesar 4,2%. Jika ada orang tertarik untuk memesan dan membayar sesuai dengan nominal tagihan yang tertera, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Jika perusahaan Afiliasi sudah tertuju pada satu brand, Anda bisa dengan mudah mengelompokkan dan membagi-bagi target pasar dan kanal apa yang cocok untuk melakukan promosi.

Gramedia

Bagi para pecinta buku yang sering mengunjungi store Gramedia, ini adalah kabar baik. Tak hanya bisa membeli buku, Anda juga bisa bergabung menjadi anggota Afiliasi pemasaran toko online milik Gramedia.

Tak hanya buku, di Gramedia juga menjual berbagai produk yang berhubungan dengan alat tulis, perlengkapan kantor, alat musik, alat olahraga, dan lain-lain.

Anda bisa memilih produk-produk yang menarik dan sesuai dengan target pasar untuk dipromosikan.

Misalnya, mengkategorikan berdasarkan genre buku seperti fiksi, ilmiah, novel, dan lainnya. Komisi yang didapat ketika orang membeli produk melalui link Anda adalah sebesar 2,5%.

Uniqlo

Sebagai brand pakaian yang terkenal di Indonesia, Uniqlo saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, dari tua hingga muda menyukai pakaian dari brand satu ini dikarenakan desain yang diberikan cenderung minimalis dan warnanya soft.

Mulai baju, kemeja, celana, dress, hingga aksesoris lainnya seperti sandal, waist bag, syal, dan topi juga ada di Uniqlo.

Bagi Anda yang serimg belanja di toko ini, sekarang Uniqlo sudah membuka pembelanjaan melalui online. Selain itu, mereka juga membuka peluang bagi para Afiliasi Marketer untuk mempromosikan produk-produknya.

Komisi yang akan Anda dapat jika produk terjual melalui link unik adalah sebesar 2,8%. Agar mendapatkan komisi besar, Anda bisa memulai bisnis afiliasi dengan mereview produk-produk Uniqlo ke kanal promosi Anda.

iHerb

 Bagi Anda yang menyukai dunia Kesehatan dan kecantikan bisa mencoba untuk bergabung Bersama Afiliasi toko online yang dimiliki oleh iHerb.

Perusahaan ini menyediakan beragam suplemen, vitamin, produk Kesehatan alami, dan masih banyak lagi. Ada 30.000 macam produk yang dijual di iHerb, Anda bisa dengan mudah mencari produk yang akan dipromosikan.

Komisi yang akan didapat melalui program afiliasi di iHerb adalah sebesar 3,5%. Jika ingin komisi besar, Anda harus rajin membagikan link produk ke berbagai kanal dan mengajak orang untuk tertarik membeli. Hal ini dikarenakan komisi baru bisa Anda dapat ketika produk terjual dari link Anda.

kesalahan afiliasi

Kesalahan yang sering dilakukan Afiliasi Marketer pemula

Keputusan untuk menjadi Afiliasi Marketer bukanlah hal yang mudah. Meskipun jika dilihat dari luar pekerjaan ini mudah dijalankan, namun pada kenyataannya Anda akan menemukan berbagai kesulitan serta halang rintang.

Untuk meminimalisir kesalahan yang akan terjadi, baiknya Anda tidak melakukan hal yang berada di dalam list.

Selalu hard selling

Ketika mempromosikan suatu produk, kesannya memang seperti sedang melakukan kegiatan jual beli  dan biasanya terlalu bersemangat untuk “menjual” produk tersebut.

Namun, perlu diingat jika Anda selalui melakukan promosi dengan cara hard selling, maka minat orang untuk membeli lama-lama akan berkurang.

Cobalah untuk sesekali membuat konten yang mengikuti tren atau memasukkan promosi dengan selingan ringan agar orang tertarik untuk membeli.

Salah memilih program

Untuk mengatasi salah memilih program Afiliasi Pemasaran, yang Anda perlu lakukan adalah dengan mencari campaign yang menarik perhatian. Dengan begitu, Anda akan senang mempromosikan produk dan tidak terbawa beban.

Riset mulai dari Merchant hingga produk juga sangat diperlukan agar Anda mengetahui perjanjian kerja sama atau ikatan yang sedang dijalankan.

Pengetahuan produk rendah

Hal ini sangat penting untuk diingat karena sebelum mempromosikan produk kepada orang, Anda perlu mengetahui seperti fungsi, jenis, dan detail-detail produk.

Perlu dicatat juga mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut agar ketika ada pertanyaan seputar produk Anda bisa menjawabnya.

Setelah mengetahui apa itu Afiliasi marketing hingga kesalahan yang sering dilakukan dalam bisnis ini, apakah Anda tertarik untuk mencoba menjadi Afiliasi Marketer?

Anda bisa menjadi Afiliasi Marketer dari hampir seluruh toko online yang disebutkan di atas dengan cara mendaftar di website Accesstrade. Klik untuk daftar.

Baca Juga: Gampang! Cara Daftar Afiliasi Zalora Nggak Pakai Ribet

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023