Cara Menjadi Beauty Influencer TikTok yang Menghasilkan

Cara Menjadi Beauty Influencer TikTok yang Menghasilkan

Admin
Apr 28, 2024
SHARE ON
1715753926_cara-menjadi-beauty-influencer-tiktok-yang-menghasilkan.jpg

Siapa yang pengen menjadi beauty influencer TikTok? Nah, ada beberapa cara untuk menjadi beauty influencer pemula di TikTok. Namun, kamu perlu tahu terlebih dahulu, “Apa yang dimaksud influencer TikTok?”

Influencer TikTok adalah pembuat konten yang bisa mempengaruhi orang-orang di TikTok. Kemampuannya tersebut bisa menjadikan orang-orang untuk mengikuti dan mempercayai si influencer. Selain tu, kemampuan mempengaruhi tersebut bisa membuat orang-orang untuk melakukan suatu tindakan. Tindakan seperti membeli barang atau menggunakan jasa.

Alhasil, brand-brand tertarik bekerja sama dengan influencer agar produk atau jasa mereka terjual.

Nah, kalau beauty influencer adalah influencer yang berfokus pada topik konten mengenai kecantikan, seperti makeup, skincare, bodycare, dan lain-lain.

Bagaimana cara menjadi beauty influencer TikTok ?

Kalau kamu yang ingin menjadi beauty influencer, maka kamu sebaiknya mengikuti cara-cara di bawah ini.

1. Berani Tampil

Cara menjadi beauty influencer TikTok yang paling utama adalah berani tampil di depan kamera. Alasannya karena seorang beauty influencer butuh mengaplikasikan produk kecantikan ke wajahnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran produk kepada audience.

Gambaran tersebut bisa berupa warna, tekstur atau hasil before-after penggunaan produk.

Nah, contohnya adalah konten review produk lipstik. Seorang beauty influencer sangat perlu mengaplikasi lipstik tersebut di bibirnya. Kemudian, mereka memperlihatkannya di depan kamera.

Tujuannya agar audience bisa melihat tekstur lipstik dan warna lipstik ketika sudah diaplikasikan di bibir.

Lalu, bagaimana cara untuk berani tampil di depan kamera? Kamu bisa merekam aktivitas make-up atau skincare kamu sambil berbicara depan kamera. Anggaplah kamu sedang review produk kecantikan.

Lakukan latihan ini secara rutin sampai kamu berani untuk meng-upload rekaman video tersebut di social media.

2. Percantik Social Media

Maksud dari percantik social media adalah mengoptimasi profil social media agar akun kamu terlihat bahwa kamu adalah beauty enthusiast. Kamu bisa mempercantikan social media kamu dengan penulisan bio dan penambahan playlist.

Mari lihat contoh beauty influencer TikTok, @feilianaveve. Ia menuliskan “Makeup Tuts, Skincare, dan Outfits” di profile TikToknya. Ia juga menambahkan berbagai playlist seperti haul outfit, makeup jadul, skincare daily, dan lain-lain.

Selain itu, cover konten-kontennya juga menunjukan produk-produk kecantikan dan tampilan wajahnya setelah make up. Semua hal ini menunjukan bahwa @feilianaveve adalah seorang beauty influencer.

Baca juga: Bedah Konten 1k Followers Instagram Bisa Dapat Uang Berapa

3. Manfaatkan Device yang Ada

Kamu belum mempunyai device atau alat yang memadai untuk menjadi beauty influencer? Tenang, kamu tidak harus memulainya dengan kamera dan lighting profesional. Kamu bisa kok memanfaatkan device yang kamu miliki saat ini.

Nah, cara agar kamu bisa memanfaatkan device yang dimiliki, yaitu

  • Gunakan pencahayaan matahari agar hasil video lebih tajam dan bagus
  • Memaksimalkan penggunaan tools video editing untuk hasil video yang bagus
  • Gunakan properti konten yang ada di rumah, seperti vas bunga, hiasan rumah , dinding rumah, dan lain-lain

Selain itu, kamu bisa membeli alat-alat konten, seperti lighting. Ada banyak lighting dengan harga di bawah 100 ribu saat ini. Kamu bisa membeli alat konten dengan harga yang terjangkau terlebih dahulu sebelum membeli yang lebih profesional.

4. Gunakan Produk yang Dipunya

Siapa bilang kalau cara menjadi beauty influencer TikTok itu harus membeli banyak produk kecantikan? Ini bukan suatu hal yang wajib kok.

Kalau kamu seorang yang tertarik di dunia beauty, kamu pasti memiliki produk kecantikan dan alat kecantikan untuk sehari-hari. Minimal, kamu pasti punya sunscreen, sabun cuci muka, dan moisturizer, kan?

Nah, kamu bisa menggunakan produk-produk tersebut untuk membuat konten. Konten-konten yang berkaitan dengan review produk, unboxing produk, get ready with me, un get ready with me, a day in my life, dan lain-lain.

Baca juga: 16 Skincare Affiliate Program Terbaik dengan Komisi Besar

5. Belajar Edit Video Sederhana

Ada banyak tools edit video gratis dan ramah pemula saat ini, seperti Capcut dan Vn Video Editor. Selain itu, ada banyak tutorial membuat video yang tersebar di Instagram, TikTok, dan Youtube.

Bagi pemula, kamu bisa mengedit video tanpa transisi atau menggunakan template yang tersedia di aplikasi. Template tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan transisi sehingga kamu hanya perlu memasukan beberapa potongan video yang sesuai saja.

6. Ikuti Trend TikTok

Ikuti trend TikTok dari trend sound viral, trend produk viral, trend make up viral, dan transisi viral.

Selain itu, kamu juga perlu peka dengan trending topic. Nah, kamu perlu mengasah kreatifitas untuk menemukan keterkaitan antara topik yang sedang trending dengan kecantikan.

Contohnya, beberapa hari lalu sempat trending topic tentang drama korea Queen of Tears. Lalu, apa yang bisa kamu kaitkan antara drama korea tersebut dengan dunia kecantikan?

Kamu bisa re-create makeup look pemeran utama wanitanya atau review produk placement kecantikan yang ada di drama korea tersebut

Mari lihat contoh konten beauty influencer di bawah ini. Ia membuat konten re-create make-up dari pemain utama wanita Queen of Tears.

Sumber: TikTok

7. Konsisten

Hindari meng-upload konten dengan berbagai niche market di satu akun. Misalnya, 1 akun mengupload konten dengan berbagai topik, seperti beauty, masak, travelling.

Kalau kamu mengupload konten dengan berbagai topik, algoritma social media akan bingung mengenali akun kamu. “Akun ini sebenarnya membahas apa sih?”

Oleh karena itu, kamu perlu meng-upload konten dengan niche atau topik yang sama secara konsisten.

Jadi cara menjadi beauty influencer TikTok adalah kamu cukup meng-upload konten yang berkaitan dengan beauty saja.

Kenapa? Tujuannya agar algoritma social media bisa mengenali akun kamu, bahwa akun kamu adalah akun dengan pembahasan beauty.

Setelah algoritma mengenali akun kamu, algoritma bisa menyebarkan konten kamu ke audience yang cocok dengan niche atau topik tersebut.

Nah, kalau kamu sudah melakukan cara-cara di atas sebagai pemula beauty creator dan beauty influencer, maka kamu juga perlu mendaftar jadi affiliate marketer di sini. Tujuannya agar kamu bisa menghasilkan uang dari konten-konten yang dibuat dengan efektif, maka kamu juga dapat bergabung dengan komunitas influencer ACCESSTRADE.

References:

https://toffeedev.com/blog/digital-marketing/cara-menjadi-influencer-tiktok/

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait