Ide Konten Skincare untuk Instagram dan Tiktok, Awas Viral!

Ide Konten Skincare untuk Instagram dan Tiktok, Awas Viral!

Admin
Aug 01, 2024
SHARE ON
1722497661_ide-konten-skincare-untuk-instagram-dan-tiktok.png

Dalam beberapa tahun terakhir, tren skincare telah menjadi topik hangat di kalangan pecinta kecantikan. Meningkatnya kesadaran akan pentingnya perawatan kulit mendorong banyak orang membuat konten tentang skincare di media sosial. Lantas, apa saja tren skincare yang populer di instagram dan tiktok?

Berikut ini adalah artikel yang membahas berbagai aspek dari tren skincare, termasuk perbandingan produk atau rekomendasi berdasarkan masalah kulit yang bisa menjadi ide untuk konten media sosial kamu. Apa saja, baca selengkapnya.

Apa saja tren skincare yang populer di instagram dan tiktok?

Berikut beberapa tren jenis konten mengenai skincare yang populer di instagram dan tiktok, diantaranya yaitu:

1. Perbandingan Produk Skincare

Membandingkan produk skincare adalah ide pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten skincare. Caranya juga mudah yaitu dengan menemukan produk yang paling cocok untuk jenis kulit kamu, dan bandingkan dengan produk skincare lainnya yang hampir sama dengan produk pertama. Jadi kamu bisa membandingkan secara objektif.

Misalnya, kamu menggunakan produk serum vitamin C dari berbagai brand, cukup kamu memberikan informasi tentang efektivitas, harga, dan kualitas produk tersebut. Ulasan dan perbandingan produk dapat membantu penonton untuk membuat keputusan yang lebih terinformatif untuk memilih serum vitamin C.

2. Rekomendasi Produk Berdasarkan Masalah Kulit

Ide selanjutnya dengan berbagi rekomendasi produk berdasarkan masalah kulit, seperti kulit berjerawat, kulit kering, bekas jerawat, dan lainnya. Kamu bisa membandingkan dari sisi bahan aktif produk tersebut, bagaimana aplikasi dari produk, dan first impression terkait appearance-nya seperti tekstur, aroma, dan lainnya.

Misalnya, untuk kulit berjerawat, kamu bisa menggunakan produk dengan bahan aktif seperti salicylic acid.

Untuk kulit kering bisa menggunakan produk yang mengandung hyaluronic acid atau ceramides. Atau kulit berminyak yang mengandung niacinamide.

3. Konten Musiman

Perubahan musim mempengaruhi kebutuhan kulit Anda. Pada musim panas, gunakan sunscreen dengan SPF tinggi dan produk yang ringan. Di musim dingin, fokus pada hidrasi dengan pelembab yang lebih kaya. Konten musiman ini juga merupakan konten yang bagus jika kamu pergi ke negara tertentu yang memiliki musim atau iklim berbeda. Kamu cukup membandingkan bagaimana skincare kamu bekerja dan tunjukkan hasilnya.

Baca juga: 16 Skincare Affiliate Program Terbaik dengan Komisi Besar

4. Tutorial Rutinitas Perawatan Kulit Harian

Daily routine juga menjadi ide yang bagus karena selain berbagi cerita, penonton juga ingin tahu skincare apa saja yang digunakan berkaitan dengan kondisi kulit kamu saat ini, khususnya jika kamu memiliki masalah kulit dan penonton kamu relate dengan apa yang kamu hadapi.

Misalnya, rutinitas perawatan kulit harian yang baik meliputi skincare pagi (pembersih, toner, serum, pelembab, dan sunscreen), lalu skincare malam (pembersih, toner, serum, krim malam, dan eye cream). Rangkaian perawatan setiap orang pasti berbeda, itu yang membuat ide daily routine jadi salah satu konten yang perlu kamu coba.

5. Review Produk Favorit

Lainnya, kamu bisa mencoba membuat konten review atau mengulas produk favorit dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang manfaat dan kekurangan produk tersebut. Misalnya, review tentang essence Korea yang populer dapat membantu orang lain menentukan apakah produk tersebut cocok untuk penonton.

6. Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain menggunakan produk skincare, ada beberapa tips lain untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut yang bisa kamu gunakan jika kamu mengalami block idea untuk membahas kulit wajah, ya kulit badan dan rambut bisa menjadi pengalihan ide supaya kamu lebih fresh untuk membuat konten skincare.

Beberapa tips menjaga kesehatan kulit dan rambut yang bisa kamu lakukan, seperti minum cukup air setiap hari untuk menghidrasi kulit, mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, bahkan stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan rambut.

Baca juga: Cara Menjadi Beauty Influencer TikTok yang Menghasilkan

7. Fakta Menarik tentang Kecantikan

Untuk ide konten satu ini kamu bisa menggunakan hook seperti ‘Tahukah kamu’, seperti Tahukan kamu bahwa kulit adalah organ terbesar tubuh? Atau Tahukan kamu bahwa penggunaan sunscreen setiap hari dapat mengurangi risiko kanker kulit? Dengan menggunakan term-term fakta-fakta menarik ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya perawatan kulit, dan tentunya bisa menarik atensi dari penonton kamu.

8. Konten Before After

Konten before-after sudah jadi konten yang banyak dibahas oleh influencer skincare. Di tipe konten ini, kamu dapat menunjukkan efektivitas produk skincare. Misalnya, foto before-after setelah menggunakan produk anti-aging selama beberapa bulan dapat menjadi bukti visual dari hasil yang dicapai.

9. Skincare Challenges

Nah, jika kamu adalah orang yang mau untuk mendokumentasikan day by day penggunaan skincare kamu, kamu bisa mencoba ide Skincare challenges, seperti "30 Days No Makeup Challenge," dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi penggunaan makeup yang berat. Itu adalah salah satu contoh, kamu bisa mencoba challenge apapun yang viral di media sosial, namun tentunya kamu perlu memperhatikan kondisi kesehatan kulit kamu ya, bukan hanya mengikuti arus.

Baca juga: 6 Cara Membuat Review Produk Kecantikan untuk Pemula

10. Edukasi Jenis Kulit

Selanjutnya kamu bisa mencoba konten edukasi terkait jenis kulit. Mengetahui jenis kulit kamu sangat penting dalam memilih produk skincare. Kulit bisa berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif, dan setiap jenis membutuhkan perawatan khusus. Di konten ini, usahakan untuk memberikan informasi yang valid dengan melakukan research terkait produk apa yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan bagaimana bahan aktif bekerja.

11. Mitos dan Fakta tentang Skincare

Selain fakta, kamu juga bisa membuat ide tentang mitos tentang skincare yang perlu dibantah, seperti "kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab" atau "semua sunscreen menyebabkan jerawat." Mengetahui fakta sebenarnya dapat membantu Anda merawat kulit dengan lebih baik.

Mitos dan fakta akan membantu kamu untuk untuk mendukung penonton memberikan informasi yang valid, tentunya kamu perlu research ya supaya informasi yang kamu adalah hal yang benar.

12. Informasi Komposisi Produk Skincare

Ide selanjutnya dengan ,memahami komposisi produk skincare dapat membantu kamu memilih produk yang tepat. Bahan seperti retinol, hyaluronic acid, dan vitamin C memiliki manfaat spesifik untuk kulit. Sayangnya, informasi ini cenderung susah diakses khususnya jika kamu ingin membahas lebih dalam, karena kamu butuh literatur yang terpercaya.

13. Skincare Saat Travel

Jika kamu suka bepergian, perawatan kulit akan jadi konten yang menarik. Kamu cukup bawa produk dalam kemasan travel-size dan fokus pada rutinitas dasar seperti pembersihan, hidrasi, dan perlindungan dari sinar matahari.

Itulah 13 ide konten skincare untuk instagram dan tiktok yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Jika ada pertanyaan lebih lanjut dari artikel ini kamu bisa bertanya ke community accesstrade untuk mendapat insight tambahan dari para member atau sesama publisher, gabung di grup whatsapp influencer dan blogger Indonesia.

Rizky Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait