Cara Cari Duit di Internet Pakai HP dengan Mudah untuk Pemula

Cara Cari Duit di Internet Pakai HP dengan Mudah untuk Pemula

Admin
insights Jun 10, 2024
SHARE ON
1718003657_cari-duit-di-internet-pakai-hp.jpg

Indonesia sebenarnya memiliki peluang bisnis internet yang begitu besar, hal ini didukung dengan peningkatan jumlah pengguna internet. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2023, pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 215 juta orang.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan orang untuk bisa bekerja dari mana saja, termasuk dari rumah. Ini telah mendorong minat masyarakat untuk mencari cara menghasilkan uang melalui internet, kamu bisa berjualan makanan secara online, menjadi freelancer di bidang digital seperti desain grafis, atau membuka jasa konsultan SEO.

Bisnis berbasis internet juga memiliki keunggulan dalam menjangkau pasar yang lebih luas. Internet dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.

Bagaimana cara menghasilkan uang di internet pake hp?

Ada banyak usaha yang bisa kamu lakukan dari rumah hanya dengan bermodal HP dan modal yang minim. Berikut ada 19 yang kami rangkum beberapa di antaranya:

1. Mengikuti Misi di Aplikasi

Kamu bisa mendapatkan uang dengan mengikuti misi di aplikasi seperti Pintarnya dan CashTree. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut, menyelesaikan berbagai misi yang tersedia seperti mengisi survei, menonton video, atau mengunduh aplikasi lain. Setelah misi selesai, kamu akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan uang atau hadiah menarik lainnya.

2. Youtuber

Buat kamu yang suka membuat konten, menjadi Youtuber adalah cara lain yang bisa dicoba. Untuk mendapatkan uang dari YouTube, kamu perlu membuat konten yang menarik dan konsisten. Setelah channel kamu mendapatkan cukup banyak subscriber dan view, kamu bisa mendaftar ke program monetisasi YouTube. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan editing video, kreativitas dalam menciptakan konten yang engage dan sesuai dengan kebutuhan audiens, dan juga kemampuan berbicara di depan kamera, agar terkesan tidak kaku. Mencari ide konten youtube modal hp yang menarik juga menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang youtuber agar dapat selalu membuat konten yang fresh.

3. Mengikuti Survey Berbayar

Mengisi survey berbayar juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Ada beberapa platform yang menyediakan layanan ini, seperti Swagbucks, Toluna, dan YouGov. Caranya, kamu hanya perlu mendaftar di platform tersebut dan mulai mengisi survei sesuai dengan profil kamu. Setiap survei yang kamu selesaikan akan memberikan kamu poin yang bisa ditukarkan dengan uang atau voucher.

4. Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah cara lain untuk mendapatkan uang dari internet. Kamu bisa menjual produk tanpa harus menyimpan stok barang. Kamu hanya perlu bekerja sama dengan supplier dan memasarkan produk mereka. Ketika ada pesanan, supplier akan mengirimkan barang langsung ke pembeli atas nama kamu. Skill yang dibutuhkan antara lain kemampuan marketing dan negosiasi. Dropshipper juga menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari hp untuk ibu rumah tangga.

5. Bisnis Barang Pre-Order

Bisnis pre-order juga bisa menjadi pilihan memulai bisnis tanpa modal yang besar dan minim resiko. Kamu bisa mengumpulkan pesanan terlebih dahulu sebelum memproduksi barang. Cara ini mengurangi risiko kerugian karena barang sudah pasti laku. Contoh barang yang sering dijual dengan sistem pre-order adalah pakaian custom, merchandise, buku dan makanan.

6. Membuat Video TikTok

TikTok sekarang juga bisa dimanfaatkan menjadi sumber penghasilan. Kamu bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan menjadi content creator yang populer. Untuk sukses di TikTok, kamu perlu kreatif dalam membuat video yang menarik dan mengikuti tren tapi juga harus disesuaikan dengan target audiens. Selain itu, skill editing video dan pemahaman algoritma TikTok juga sangat penting.

7. Menjual Preloved

Menjual barang-barang preloved atau bekas juga bisa menjadi sumber penghasilan. Platform seperti Carousell, OLX, dan Shopee menyediakan tempat bagi kamu untuk menjual barang-barang yang tidak lagi kamu butuhkan namun masih layak dipakai. Barang-barang preloved yang bisa dijual antara lain pakaian, elektronik, dan perabotan rumah tangga.

8. Podcaster

Podcasting adalah cara lain untuk mendapatkan uang dari internet. Kamu bisa membuat podcast tentang topik yang kamu kuasai dan menarik minat banyak pendengar. Untuk monetisasi, kamu bisa memasang iklan di podcast kamu atau mendapatkan sponsor. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan berbicara, editing audio, dan pengetahuan tentang topik yang dibahas.

9. Membuka Kursus Online

Jika kamu memiliki keahlian tertentu, kamu bisa membuka kursus online. Platform seperti Udemy, Coursera, dan Skillshare, Super Proof menyediakan tempat bagi kamu untuk mengajar secara online. Skill yang dibutuhkan antara lain kemampuan mengajar, membuat materi kursus yang kamu kuasai sebagai expertise, dan mengelola kelas online agar lebih engage dengan audiens.

10. Membaca Artikel

Ada juga cara yang cukup unik untuk mendapatkan uang, yaitu dengan membaca artikel. Beberapa platform seperti PaidViewpoint dan InboxDollars membayar kamu untuk membaca dan memberikan feedback pada artikel. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftar di platform tersebut dan mulai membaca artikel yang tersedia.

11. Ikut Giveaway di Media Sosial

Banyak influencer dan brand yang mengadakan giveaway di media sosial. Kamu bisa mengikuti giveaway ini untuk mendapatkan hadiah atau uang. Skill yang dibutuhkan antara lain kecepatan dalam mengetahui informasi giveaway dan mengikuti syarat yang ditentukan.

12. Program Referral Aplikasi

Banyak aplikasi yang menawarkan program referral. Kamu bisa mendapatkan uang dengan mengajak orang lain untuk menggunakan aplikasi tersebut. Caranya, kamu hanya perlu membagikan kode referral kamu kepada teman-teman dan mendapatkan komisi setiap kali ada yang mendaftar menggunakan kode tersebut.

13. Host Live Streaming

Menjadi host live streaming juga bisa menghasilkan uang. Platform seperti Bigo Live dan TikTok Live memungkinkan kamu untuk mendapatkan gift dari penonton yang bisa ditukarkan dengan uang. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan berbicara dan menghibur penonton.

14. Voice Over Talent

Jika kamu memiliki suara yang bagus, menjadi voice over talent bisa menjadi pilihan. Kamu bisa mendapatkan proyek voice over dari berbagai platform seperti Fiverr dan Upwork. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan mengolah suara dan membaca naskah dengan baik.

15. Menulis dan Meramaikan Konten

Menulis konten untuk blog atau website juga bisa menghasilkan uang. Kamu bisa bergabung dengan platform seperti Medium atau menjadi kontributor di website besar. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan menulis dan pengetahuan tentang SEO.

16. Menonton Video

Beberapa platform seperti Swagbucks dan InboxDollars membayar kamu untuk menonton video. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftar di platform tersebut dan mulai menonton video yang tersedia.

17. Menjadi Joki Game Online

Bagi kamu yang suka bermain game, menjadi joki game online bisa menjadi sumber penghasilan. Kamu bisa mendapatkan uang dengan membantu pemain lain menaikkan level atau mencapai target tertentu dalam game. Platform seperti PlayerUp menyediakan tempat bagi kamu untuk menawarkan jasa ini.

Selain menjadi joki game online kamu juga dapat mencoba berbagai cara menghasilkan uang dari konten gaming seperti memberikan tutorial hardware khusus untuk gaming ataupun membagikan tips & trick untuk bermain game.

18. Street Photographer

Jika kamu memiliki passion di bidang fotografi, menjadi street photographer bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menjual foto-foto kamu di platform seperti Shutterstock dan Getty Images. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan mengambil foto yang bagus dan mengedit foto.

Dengan banyaknya cara yang bisa kamu coba, menghasilkan uang dari internet menggunakan HP bukanlah hal yang sulit. Mulailah dengan mencoba beberapa cara di atas dan temukan yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Selamat mencoba!

19. Bergabung dengan Program Affiliate

Program affiliate adalah cara lain untuk mendapatkan uang. Kamu hanya perlu mempromosikan produk atau layanan tertentu dan mendapatkan komisi setiap kali ada transaksi yang terjadi melalui link affiliate kamu. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan marketing dan membuat konten yang menarik.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait