Cara Menghasilkan Uang dari HP untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Menghasilkan Uang dari HP untuk Ibu Rumah Tangga

Admin
insights Jun 10, 2024
SHARE ON
1717999237_cara-menghasilkan-uang-dari-hp-untuk-ibu-rumah-tangga.jpg

Menjadi ibu bukan penghalang untuk bisa berdaya dan produktif, di jaman serba canggih ini, menghasilkan uang dari HP untuk ibu rumah tangga bisa membantu menambah penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah. Artikel ini akan mengulas berbagai cara yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang dari HP dengan modal yang sangat minim. Dari menjadi reseller online hingga mengikuti program affiliate, ada banyak peluang menarik yang bisa kamu manfaatkan.

Apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk menghasilkan uang?

 

Berikut beberapa ide yang bisa jadi inspirasi buat kamu untuk mengoptimalkan skill yang kamu punya agar menghasilkan cuan:

1. Menjadi Reseller Online

Menjadi reseller online adalah salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang dari HP. Kamu bisa mulai dengan mencari produk yang diminati banyak orang, lalu menjualnya melalui media sosial atau platform e-commerce. Keuntungan dari menjadi reseller adalah kamu tidak perlu menyimpan stok barang.

2. Membuat Channel Youtube

Membuat channel YouTube bisa menjadi cara yang menyenangkan dan menguntungkan untuk mendapatkan penghasilan. Kamu bisa membagikan tips, tutorial, atau bahkan vlog harian. Untuk mulai menghasilkan uang dari YouTube, kamu perlu membangun audiens yang besar dan aktif. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan editing video, kreativitas, dan konsistensi dalam membuat konten. Skill lainnya yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber adalah mencari ide konten youtube yang menarik agar dapat meningkatkan engagement dan viewers youtube.

3. Mengikuti Survey Berbayar

Mengisi survey berbayar adalah cara mudah untuk mendapatkan uang tambahan. Ada beberapa platform yang menawarkan bayaran untuk mengisi survey, seperti YouGov dan Toluna. Cara ini cocok untuk ibu rumah tangga karena bisa dilakukan kapan saja, bahkan sambil mengurus rumah.

4. Membuka Kursus Online / Guru Les Privat

Jika kamu memiliki keahlian khusus, seperti bahasa asing atau matematika, kamu bisa membuka kursus online atau menjadi guru les privat. Platform seperti Ruangguru, Superproof dan Zenius bisa menjadi tempat kamu untuk mulai mengajar. Skill yang dibutuhkan meliputi kemampuan mengajar, kesabaran, dan pengetahuan mendalam tentang subjek yang diajarkan.

5. Narrator Audiobook / Voice Over Talent

Menjadi narrator audiobook atau voice over talent adalah cara menarik lainnya untuk menghasilkan uang dari HP. Kamu bisa mulai dengan merekam suara dan mengunggahnya ke platform seperti ACX. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan berbicara dengan jelas, intonasi yang baik, dan peralatan rekaman yang memadai.

6. Dropshipper

Dropshipping mirip dengan reseller, tetapi kamu tidak perlu menyimpan stok barang sama sekali. Kamu hanya perlu mempromosikan produk dan mengurus pengiriman. Platform seperti Shopify dan AliExpress bisa membantu kamu memulai dropshipping. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan marketing dan manajemen inventaris.

7. Membuat Video TikTok

TikTok juga bisa menjadi sumber penghasilan. Kamu bisa mendapatkan uang dari TikTok melalui kemitraan dengan brand atau monetisasi konten. Skill yang dibutuhkan termasuk kreativitas dalam membuat video pendek dan memahami tren yang sedang populer.

8. Jasa Penulis Lepas (Freelance Writer)

Menjadi penulis lepas adalah cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari HP. Kamu bisa menulis artikel, blog, atau konten untuk website. Platform seperti Sribulancer dan Freelancer bisa membantu kamu menemukan pekerjaan menulis. Skill yang dibutuhkan meliputi kemampuan menulis, penelitian, dan manajemen waktu.

9. Membuat Video di Instagram

Instagram juga bisa menjadi sumber penghasilan dengan membuat video dan konten yang menarik. Kamu bisa mendapatkan uang melalui endorsement atau kemitraan dengan brand. Skill yang dibutuhkan termasuk kreativitas, kemampuan editing video, dan memahami algoritma Instagram. Jika kamu ingin mendapatkan uang dari instagram namun baru memiliki sedikit followers, simak ulasan kami mengenai bedah konten 1k followers instagram bisa dapat uang berapa.

10. Translator

Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa, menjadi translator bisa menjadi pilihan yang baik. Kamu bisa menawarkan jasa penerjemahan melalui platform seperti ProZ dan TranslatorsCafe.

11. Ikut Giveaway di Media Sosial

Mengikuti giveaway di media sosial bisa menjadi cara cepat untuk mendapatkan hadiah yang bisa dijual atau digunakan. Skill yang dibutuhkan termasuk ketekunan dalam mencari giveaway dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku.

12. Menggunakan Cashback dari Hasil Belanja

Memanfaatkan cashback dari hasil belanja bisa menjadi cara untuk menghemat dan mendapatkan uang. Banyak e-commerce yang menawarkan cashback untuk pembelian di tanggal-tanggal tertentu dan jam yang sudah ditentukan. Skill yang dibutuhkan adalah ketelitian dan kecepatan dalam memanfaatkan promo cashback.

13. Host Live Streaming

Menjadi host live streaming di platform seperti Shopee Live atau Bigo Live bisa menghasilkan uang. Kamu perlu memiliki kemampuan berbicara di depan kamera dan menghibur penonton.

14. Membuat Blog

Membuat blog adalah cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Kamu bisa menulis tentang topik yang kamu kuasai dan mempromosikan produk affiliate marketing lewat blog. Skill yang dibutuhkan meliputi kemampuan menulis, SEO, dan digital marketing.

15. Menjual Kue Hits dan Kekinian

Jika kamu hobi memasak, menjual kue hits dan kekinian bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menjualnya melalui media sosial atau marketplace. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan memasak, kreativitas dalam menciptakan resep, dan pemasaran.

16. Menjual Kerajinan Tangan / Aksesoris

Menjual kerajinan tangan atau aksesoris buatan sendiri bisa menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menjualnya di platform seperti Etsy atau Instagram. Skill yang dibutuhkan meliputi kreativitas dan kemampuan tangan dalam membuat kerajinan.

17. Menjadi Admin Media Sosial

Menjadi admin media sosial adalah pilihan yang bagus jika kamu suka berinteraksi di media sosial. Kamu bisa bekerja untuk bisnis kecil atau influencer. Skill yang dibutuhkan termasuk kemampuan menulis, kreativitas, dan pengetahuan tentang platform media sosial.

18. Remote Customer Service

Menjadi remote customer service memungkinkan kamu bekerja dari rumah sambil tetap mengurus keluarga. Platform seperti Upwork dan Indeed menyediakan berbagai lowongan pekerjaan customer service. Skill yang dibutuhkan meliputi kemampuan komunikasi yang baik dan kesabaran.

19. Makeup Artist (MUA)

Jika kamu ahli dalam merias wajah, menjadi makeup artist bisa menjadi pilihan yang menarik. Kamu bisa menawarkan jasa makeup untuk acara khusus atau memberikan tutorial makeup online. Skill yang dibutuhkan meliputi kemampuan makeup, kreativitas, dan kemampuan pemasaran.

20. Menjadi Moms Fluencer

Menjadi moms fluencer memungkinkan kamu berbagi pengalaman sebagai ibu dan mendapatkan penghasilan dari endorsement produk. Kamu perlu membangun audiens yang besar dan aktif di media sosial. Skill yang dibutuhkan meliputi kemampuan menulis, kreativitas, dan manajemen media sosial.

21. Bergabung dengan Program Affiliate

Program affiliate memungkinkan kamu mendapatkan komisi dari produk yang kamu promosikan. Banyak e-commerce besar Amazon, Lazada, Shopee dan Tokopedia memiliki program affiliate. Skill yang dibutuhkan, kamu harus memiliki kemampuan copy writing yang kuat termasuk kemampuan menulis review produk yang menarik dan engage dengan audiens untuk membangun kepercayaan.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait