Cara Menjadi Penulis Online yang Menghasilkan Uang Beserta Platformnya

Cara Menjadi Penulis Online yang Menghasilkan Uang Beserta Platformnya

Admin
insights Jun 10, 2024
SHARE ON
1718008368_cara-menjadi-penulis-online-yang-menghasilkan-uang.jpg

Kamu senang menulis? Kalau iya, kesenangan kamu itu bisa menjadi uang loh. Kamu bisa menulis saat waktu senggang tanpa mengganggu aktivitas utama kamu loh. Bahkan, kamu bisa menulis dari rumah atau dari mana saja.

Menarik kan? Terus, gimana sih cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang? Caranya kamu harus ketahui kemampuan menulis kamu karena ada banyak bidang dalam menulis, seperti copywriting, menulis novel, artikel, dan lain-lain. Setelah itu, kamu bisa tentukan tempat menulis yang dibayar.

Terus, dimana bisa menulis dan dibayar? Ada beberapa tempat atau platform yang membayar penulisnya. Yuk temukan profesi penulis dan tempat menulis yang menghasilkan uang di artikel ini

Dimana Bisa Menulis dan Dibayar?

Berikut beberapa tempat dimana skill menulis kamu bisa menghasilkan uang, diantaranya yaitu:

1. Menjadi penulis lepas / guest blog di media atau platform berbayar

Kalau kamu punya skill dan hobi menulis, kamu sebaiknya salurkan ke website-website di bawah ini. Kamu bisa menghasilkan uang dari tulisanmu.

Walaupun kamu mendapatkan bayaran, bukan berarti ini suatu pekerjaan yang terlalu mengikat seperti pekerjaan full time.

Pekerjaan ini bersifat lepas atau freelance sehingga kamu bisa mengatur waktu pengerjaannya. Nah, berikut website-website menulis dengan bayaran:

A. IDN Times

Siapa sangka sebagian artikel-artikel di IDN Times tersebut adalah tulisan para IDN Times Community. Nah, kamu bisa gabung ke komunitas tersebut agar kamu bisa menulis artikel-artikel di platform tersebut.

Lalu, gimana memperoleh uangnya? Caranya kalau artikel kamu berhasil dipublikasikan, maka komisinya berdasarkan page views-nya. Setiap 100 page view bernilai 1 poin.

Artinya, page views artikel kamu 100.000 page views, maka kamu mendapatkan 1000 poin. 1000 poin ini bisa ditukar menjadi uang tunai sebesar Rp 100.000.

B. Mojok.co

Mojok.co adalah media online casual yang berisi artikel-artikel. Artikel-artikel mereka berupa liputan, esai dan user generated content terkait isu sosial, budaya, politik, dan agama.

Selain artikelnya ditulis oleh redaksi mereka, media ini juga memberi ruang untuk penulis lepas untuk menulis artikel.

Caranya adalah kamu cukup mengirimkan artikel ke email mojok.co. Artikel yang berhasil dimuat akan mendapat komisi dengan kisaran Rp 225 ribu -525 ribu.

C. Geotimes

Geotimes adalah media online asal Indonesia yang juga memberikan wadah kepada pembaca untuk menulis artikel. Namun, sifat artikel yang ditulis adalah artikel yang kritis, berperspektif tajam, dan merespon isu-isu aktual. Topiknya boleh seputar sosial ekonomi, politik, agama, dan media.

Caranya adalah kamu cukup menulis artikel sebanyak 750-1000 kata. Kirimkan artikel dan dilengkapi dengan biodata identitas asli penulis melalui email. Lalu, redaksi akan me-review artikel. Kalau artikel layak, maka artikel akan diterbitkan dan penulis akan menerima komisi

2. Mengikuti lomba penulisan

Ada banyak lomba-lomba penulisan online yang berhadiah uang. Bahkan, hadiahnya bisa mencapai jutaan rupiah loh. Lomba ini pun ada bermacam-macam, ada lomba menulis cerpen, lomba menulis artikel dengan tema tertentu, lomba menulis karya ilmiah dan lain-lain.

Lalu, gimana cara untuk mengikuti lomba penulisan? Kamu harus tahu informasi mengenai lomba-lomba penulisan. Kamu bisa mengakses informasinya melalui beberapa website atau akun berikut:

  • Infolombanulis.com
  • Instagram infolombamenulis
  • Instagram eventpenulis
  • Kabarlomba.com

Lalu, apa skill atau kemampuan yang harus dimiliki agar bisa mengikuti lomba? Nah, skill tersebut tergantung pada jenis lomba menulis, persyaratan, dan ketentuan lomba yang ingin diikuti.

Ada berbagai jenis lomba menulis dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berbeda. Hal ini bisa berbeda-beda karena setiap lomba itu diselenggarakan oleh instansi, perusahaan atau event yang berbeda-beda pula.

Contohnya, lomba menulis puisi tentu berbeda dengan lomba menulis cerpen. Oleh karena itu, peserta lomba menulis puisi tentu harus memiliki kemampuan menulis puisi. Di sisi lain, peserta lomba menulis cerpen harus memiliki kemampuan menulis cerpen.

3. Membuat novel di platform menulis novel

Kamu suka menulis cerita fiksi? Kalau iya, kamu bisa loh menghasilkan uang dari cerita-cerita fiksi. Walaupun kamu menulis cerita fiksi tapi uang yang kamu hasilkan bukan fiksi kok.

Nah, berikut beberapa platform menulis novel yang bisa menghasilkan uang:

A. Wattpad

Wattpad merupakan platform menulis novel yang paling populer. Kamu bisa menulis novel dengan berbagai genre di sini. Genre yang disediakan adalah romance, horor, misteri, fantasi, fan fiction, sains fiksi, dan banyak lagi.

Terus, gimana cara menghasilkan uang dari Wattpad. Nah, kamu bisa menggunakan fitur Wattpad Paid Stories. Namun fitur ini tidak bisa digunakan oleh semua penulis Wattpad. Fitur ini bisa digunakan oleh penulis yang menerima undangan dari pihak Wattpad.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan fitur Wattpad Book. Fitur ini menghubungkan antara penulis dengan penerbit. Nah, penerbit tentunya juga akan melirik cerita yang menarik dan banyak pembaca.

Oleh karena itu, kamu perlu menulis cerita semenarik mungkin secara rajin dan konsisten.

B. Fizzo Novel

Fizzo novel mirip dengan Wattpad, yaitu platform untuk menulis dan membaca novel secara online. Kamu juga bisa mendapatkan uang dengan menulis novel di sini. Gimana caranya?

  1. Penulis perlu menyiapkan naskah atau kerangka cerita dengan 5000 kata.
  2. Ajukan kontrak eksklusif atau menerima tawaran kontrak eksklusif dari Fizzo Novel
  3. Naskah cerita akan ditinjau oleh editor Fizzo
  4. Mendapatkan tawaran kontrak
  5. Mendapatkan komisi berdasarkan jumlah kata dan jumlah pembaca

Nah, kalau kamu berhasil menulis cerita sebanyak 30.000 kata di awal menulis, maka kamu akan mendapatkan bonus eksklusif-pembuka sebesar $30 yang dibayar di akhir bulan berikutnya.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bonus eksklusif-retensi dengan jumlah kata dari 70.000 kata. Bonus ini berdasarkan persentase dari selesai baca dari kata dasar. Namun, bonus ini diperoleh kalau cerita kamu sudah berhasil tayang minimal 600 tayangan.

4. Menjadi freelance copywriter

Copywriting adalah teknik menulis secara persuasif untuk menarik perhatian pembaca. Ini tentunya berbeda dengan content writing. Content writing itu itu lebih memberikan informasi dan edukasi.

Selain itu, seorang copywriter harus memahami teknik dan formula copywriting, yaitu AIDA, 4C, ACCA, dan PAS. Oleh karena itu, kamu yang mau jadi freelance copywriter harus memiliki kemampuan menulis persuasi dengan teknik dan formula tadi.

Nah, berikut platform-platform untuk menjadi freelance copywriter:

  • Upwork
  • Fiverr
  • LinkedIn
  • Fastwork
  • Sribu

5. Menulis blog pribadi

Siapa yang pernah nulis blog? Yap, sebagian dari kamu mungkin pernah menulis blog di blogspot atapun Wordpress. Umumnya, jenis konten blog itu tentang kehidupan sehari-hari, pengalaman pribadi, terkait produk (rekomendasi, review, promosi), resensi atau review film dan buku, informasi, edukasi, dan lain-lain

Nah, walaupun kamu menulis blog di blog pribadi, kamu tetap bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Caranya gimana?

Pertama, kamu perlu mempunyai kemampuan menulis, kreatifitas, riset untuk mencari ide konten, kritis dalam menulis review produk, analisis untuk memantau performance blog, dan marketing untuk mempromosi suatu produk.

Kedua, kamu harus rutin dan konsisten membuat konten tulisan di blog. Tujuannya agar blog kamu memiliki banyak pembaca dan brand-brand bisa melirik blog kamu. Hal ini tentu mendatangkan uang dari kerjasama brand, sponsor, ataupun iklan,

Alhasil, kamu bisa mendapatkan uang dari iklan atau Google Adsense, affiliate marketing, konten bersponsor, dan kerjasama brand .

6. Transkrip audio recording wawancara dan podcast

Pembicaraan atau wawancara dari pejabat, akademisi, dan peneliti biasanya berisi informasi penting. Jadinnya, pembicaraan atau wawancara mereka di-record oleh orang yang membutuhkan.

Hal ini lah yang menciptakan pekerjaan untuk menulis transkrip atau salinan dari audio recording. Hasil transkrip tersebut biasanya dijadikan dokumentasi atau notulensi dan diolah kembali untuk diinterpretasikan atau dianalisis.

Nah, pekerjaan ini mungkin terlihat gampang. Namun , ini tetap membutuhkan beberapa kemampuan. Kemampuannya adalah active listening, detail oriented, mengetik, multitasking, time management, dan proofreading.

7. Scriptwriter

Kalau kamu suka menulis cerita dan tertarik di dunia perfilman, pekerjaan ini mungkin cocok untuk kamu. Yap, pekerjaan sebagai scriptwriter. Script Writer adalah penulis naskah video atau screenplay. Videonya berupa film, Youtube, series, acara TV, dan lain-lain.

Penulisan cerita atau naskah screenplay berbeda dengan penulisan novel, cerpen, dan esai. Perbedaannya karena penulisan naskah screenplay membutuhkan penjelasan visual para pemain.

Penjelasan visual tersebut bisa berupa gerakan, ekspresi dan tindakan para pemain. Oleh karena itu, kemampuan scriptwriter berbeda dengan penulis novel atau cerita lainnya.

Kemampuan yang harus dimiliki scriptwriter adalah menulis, kreatif, imajinatif, observasi, dan komunikasi.

References:

  • https://glints.com/id/lowongan/situs-penulis-lepas/
  • https://dropshipaja.com/blog/cara-menghasilkan-uang-dengan-menulis-cerpen-online/
  • https://kumparan.com/how-to-tekno/7-platform-menulis-yang-dibayar-ini-daftar-pilihannya
  • https://solvid.co.uk/make-money-writing-online/
  • https://dropshipaja.com/blog/cara-jadi-penulis-online/
  • https://solvid.co.uk/make-money-writing-online/
  • https://www.idntimes.com/life/career/siska-arifa/cara-menghasilkan-uang-sebagai-penulis-lepas
  • https://www.idntimes.com/tech/gadget/rahma-syndrome/aplikasi-menuli
  • https://www.tokopedia.com/blog/cara-mendapatkan-uang-dari-wattpad-fin
  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/cara-menulis-di-fizzo-agar-dapat-uang-untuk-pemula
  • https://buildwithangga.com/tips/10-website-recomendasi-untuk-mencari-pekerjaan-copywriter
  • https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-mendapatkan-uang-dari-blog
  • https://glints.com/id/lowongan/blogger-adalah/
  • https://www.indeed.com/career-advice/career-development/transcription-skills
  • https://glints.com/id/lowongan/karier-script-writer/
  • https://kerjalepas.com/menulis-artikel-dibayar/
  • https://mojok.co/kirim-artikel-mojok/
  • https://geotimes.id/kirim-artikel/
Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait