Cara Monetisasi Tiktok Agar Bisa Hasilkan Cuan

Admin
insights Oct 23, 2023
1698055333_cara-monetisasi-tiktok-agar-bisa-hasilkan-cuan.jpg

Apa sebenarnya monetisasi itu? Secara sederhana, monetisasi adalah upaya mengubah sesuatu menjadi uang. Namun, definisi monetisasi ini bergantung pada konteksnya dan media yang digunakan. Saat ini, monetisasi melalui sosial media banyak diminati, salah satunya adalah TikTok. Bahkan, ada loh user TikTok yang bisa menghasilkan uang hingga Rp 700-an juta per brand. Wah, menarik sekali ya.

Namun monetisasi itu tidaklah mudah. Kamu perlu mengetahui cara dan strateginya agar bisa menghasilkan uang. Lalu, bagaimana cara monetisasi di TikTok? Simak expert tips beserta strateginya di artikel ini.

Daftar Isi

1. TikTok Ads

TikTok ads adalah fitur beriklan di TikTok untuk sebuah campaign dari suatu bisnis. Fitur ini bisa membantu bisnis kamu dalam menyebarkan awareness kepada target market di TikTok. Harapannya adalah bisnismu menjadi lebih dikenal oleh target market dan bisa mendatangkan leads.

2. Live Streaming

Live streaming adalah fitur TikTok yang memungkinkan akun untuk menyiarkan aktivitas mereka secara live. Live streaming bisa ditonton oleh followers, maupun non-followers. Kenapa bisa? Alasannya karena fitur TikTok ini akan mendistribusikan live streaming di halaman FYP (For Your Page) pengguna yang relate. Namun, sebuah akun baru bisa live streaming jika pengikutnya sudah mencapai 1.000 pengikut. Fitur ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mengirimkan dan menerima gift atau koin virtual. Gimana maksudnya? Jadi, user TikTok bisa mengirim gift ke user lain dan sebaliknya..Aktivitas mengirim dan menerima gift ini bisa dilakukan melalui live streaming. Nah, gift yang terkumpul tersebut bisa dikonversi menjadi uang.

3. TikTok Pulse

Fitur yang memungkinkan user untuk mengiklankan konten produk mereka di halaman FYP. Nah, content creator yang terpilih akan memperoleh bagi hasil dari iklan tersebut. Namun, tidak semua creator mendapatkan peluang ini. Ada syarat kententuan yang berlaku, yaitu 

  • Creator tersebut harus memiliki minimal 100.000 followers.
  • Nilai bagi hasil bisa mencapai 50% dari pendapatan iklan
  • Iklan ini akan muncul pada 4% dari seluruh video teratas TikTok.

Contoh: seorang content creator kuliner mengungah video konten kuliner, lalu produsen saus sambal menaruh Iklan produknya di tengah video content creator tersebut. Nah, hasll dari iklan tersebut akan dibagikan persentasenya ke creator tersebut.

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah metode marketing yang memungkinkan seorang pemilik akun TikTok menjadi Publisher yang dapat mempromosikan produk dari suatu brand (Advertiser). Kegiatan promosi ini dilakukan secara online melalui aplikasi TikTok, yaitu promosi melalui konten vertical video dan mencantumkan link affiliate produk.

Lalu, si Publisher akan mendapatkan fee atau komisi tertentu ketika berhasil menjual suatu produk melalui link tersebut. Menarik kan? Nah, kamu yang pengen mendapatkan komisi dan uang di TikTok, buruan daftar affiliate marketing tanpa minimal followers.

Strategi Jitu untuk Monetisasi TikTok

Nah, kamu sudah mengetahui cara untuk monetisasi. Langkah berikutnya adalah kamu perlu mengetahui strategi monetisasi agar bisa menghasilkan uang di TikTok . Berikut strategi-strategi jitunya:

1. Tentukan Niche Content

Niche adalah topik yang kamu akan bahas dan fokuskan di dalam konten-kontenmu. Niche ini bervariasi, contohnya ada fashion, kuliner, kecantikan, hewan, olahraga, film, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih salah satu niche. Tujuannya agar kamu bisa fokus pada satu topik dan bisa menentukan target audience. Selain itu kamu juga bisa memproduksi konten-konten yang relevan dengan target audience-mu.

Baca Juga: Strategi Menentukan Niche Yang Tepat

2. Tentukan Target Audience

Sesuai dengan namanya, target audience adalah sekelompok orang yang diidentifikasi dan ditargetkan sebagai potential customer dari suatu bisnis. Tujuan penentuan target audience  agar konten marketing kamu bisa tepat sasaran.

3. Bangun Personal Branding

Personal branding adalah kesan orang-orang terhadap individu yang dibentuk oleh individu tersebut. Alhasil, individu tersebut memiliki citra tertentu di lingkungannya. Citra ini tentunya menjadi ciri khas yang unik dan pembeda antara individu satu dengan yang lain.

Nah, personal branding ini bisa dibentuk juga  di Tiktok. Bagaimana caranya? Kamu bisa mem-posting konten dengan tema khas sesuai personal branding-mu. Lalu, lakukanlah hal ini secara konsisten dalam jangka panjang. Tujuannya agar audience bisa mengenalmu sebagai seseorang dengan citra tertentu.

Salah satu contoh influencer yang sukses membangun personal branding adalah @raymondchinds. Raymond Chind konsisten memposting konten tentang finansial dan bisnis. Jadi, ia memiliki personal branding sebagai seseorang yang paham terkait finansial dan bisnis.

Lalu, gimana sih cara awal membangun personal branding? Cara awal yang bisa kamu lakukan adalah mengatur profil TikTok agar lebih menarik. 

4. Buat Content Planning Strategy

Content planning strategy adalah strategi perencanaan dan penyusunan konten-konten untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya adalah konten tersebut terdistribusi tepat sasaran. Maksud tepat sasaran adalah konten-konten tersebut dibutuhkan dan relevan dengan target market dan audiences.

Nah, tujuan akhir dari content planning strategy ini adalah bisa meningkatkan awareness dan memikat orang untuk konversi, serta leads. Lalu, gimana sih cara membuat content planning? Nah, ini ada artikel mengenai Cara Membuat Content Marketing Tiktok yang Efektif dan Untung Jutaan Rupiah.

 

Source Image: Canva pro

 

Reference:

- Revou. Diakses pada 2023. TikTok Ads: Jenis, Biaya, Cara Pasang, dan Tips 2023

- Daily Social. Diakses pada 2023. Cara Pasang Iklan di TikTok Ads - UMKM Go Digital Series Bagian XX

- Tiktok. Diakses pada 2023. How to connect with your target audience on TikTok

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!