Cara Monetisasi Tiktok Agar Bisa Hasilkan Cuan
Apa sebenarnya monetisasi itu? Secara sederhana, monetisasi adalah upaya mengubah sesuatu menjadi uang. Namun, definisi monetisasi ini bergantung pada konteksnya dan media yang digunakan. Saat ini, monetisasi melalui sosial media banyak diminati, salah satunya adalah TikTok. Bahkan, ada loh user TikTok yang bisa menghasilkan uang hingga Rp 700-an juta per brand. Wah, menarik sekali ya.
Namun monetisasi itu tidaklah mudah. Kamu perlu mengetahui cara dan strateginya agar bisa menghasilkan uang. Lalu, bagaimana cara monetisasi di TikTok? Simak expert tips beserta strateginya di artikel ini.
1. TikTok Ads
TikTok ads adalah fitur beriklan di TikTok untuk sebuah campaign dari suatu bisnis. Fitur ini bisa membantu bisnis kamu dalam menyebarkan awareness kepada target market di TikTok. Harapannya adalah bisnismu menjadi lebih dikenal oleh target market dan bisa mendatangkan leads.
2. Live Streaming
Live streaming adalah fitur TikTok yang memungkinkan akun untuk menyiarkan aktivitas mereka secara live. Live streaming bisa ditonton oleh followers, maupun non-followers. Kenapa bisa? Alasannya karena fitur TikTok ini akan mendistribusikan live streaming di halaman FYP (For Your Page) pengguna yang relate. Namun, sebuah akun baru bisa live streaming jika pengikutnya sudah mencapai 1.000 pengikut. Fitur ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mengirimkan dan menerima gift atau koin virtual. Gimana maksudnya? Jadi, user TikTok bisa mengirim gift ke user lain dan sebaliknya..Aktivitas mengirim dan menerima gift ini bisa dilakukan melalui live streaming. Nah, gift yang terkumpul tersebut bisa dikonversi menjadi uang.
3. TikTok Pulse
Fitur yang memungkinkan user untuk mengiklankan konten produk mereka di halaman FYP. Nah, content creator yang terpilih akan memperoleh bagi hasil dari iklan tersebut. Namun, tidak semua creator mendapatkan peluang ini. Ada syarat kententuan yang berlaku, yaitu
- Creator tersebut harus memiliki minimal 100.000 followers.
- Nilai bagi hasil bisa mencapai 50% dari pendapatan iklan
- Iklan ini akan muncul pada 4% dari seluruh video teratas TikTok.
Contoh: seorang content creator kuliner mengungah video konten kuliner, lalu produsen saus sambal menaruh Iklan produknya di tengah video content creator tersebut. Nah, hasll dari iklan tersebut akan dibagikan persentasenya ke creator tersebut.
4. Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah metode marketing yang memungkinkan seorang pemilik akun TikTok menjadi Publisher yang dapat mempromosikan produk dari suatu brand (Advertiser). Kegiatan promosi ini dilakukan secara online melalui aplikasi TikTok, yaitu promosi melalui konten vertical video dan mencantumkan link affiliate produk.
Lalu, si Publisher akan mendapatkan fee atau komisi tertentu ketika berhasil menjual suatu produk melalui link tersebut. Menarik kan? Nah, kamu yang pengen mendapatkan komisi dan uang di TikTok, buruan daftar affiliate marketing tanpa minimal followers.
Strategi Jitu untuk Monetisasi TikTok
Nah, kamu sudah mengetahui cara untuk monetisasi. Langkah berikutnya adalah kamu perlu mengetahui strategi monetisasi agar bisa menghasilkan uang di TikTok . Berikut strategi-strategi jitunya:
1. Tentukan Niche Content
Niche adalah topik yang kamu akan bahas dan fokuskan di dalam konten-kontenmu. Niche ini bervariasi, contohnya ada fashion, kuliner, kecantikan, hewan, olahraga, film, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memilih salah satu niche. Tujuannya agar kamu bisa fokus pada satu topik dan bisa menentukan target audience. Selain itu kamu juga bisa memproduksi konten-konten yang relevan dengan target audience-mu.
Baca Juga: Strategi Menentukan Niche Yang Tepat
2. Tentukan Target Audience
Sesuai dengan namanya, target audience adalah sekelompok orang yang diidentifikasi dan ditargetkan sebagai potential customer dari suatu bisnis. Tujuan penentuan target audience agar konten marketing kamu bisa tepat sasaran.
3. Bangun Personal Branding
Personal branding adalah kesan orang-orang terhadap individu yang dibentuk oleh individu tersebut. Alhasil, individu tersebut memiliki citra tertentu di lingkungannya. Citra ini tentunya menjadi ciri khas yang unik dan pembeda antara individu satu dengan yang lain.
Nah, personal branding ini bisa dibentuk juga di Tiktok. Bagaimana caranya? Kamu bisa mem-posting konten dengan tema khas sesuai personal branding-mu. Lalu, lakukanlah hal ini secara konsisten dalam jangka panjang. Tujuannya agar audience bisa mengenalmu sebagai seseorang dengan citra tertentu.
Salah satu contoh influencer yang sukses membangun personal branding adalah @raymondchinds. Raymond Chind konsisten memposting konten tentang finansial dan bisnis. Jadi, ia memiliki personal branding sebagai seseorang yang paham terkait finansial dan bisnis.
Lalu, gimana sih cara awal membangun personal branding? Cara awal yang bisa kamu lakukan adalah mengatur profil TikTok agar lebih menarik.
4. Buat Content Planning Strategy
Content planning strategy adalah strategi perencanaan dan penyusunan konten-konten untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya adalah konten tersebut terdistribusi tepat sasaran. Maksud tepat sasaran adalah konten-konten tersebut dibutuhkan dan relevan dengan target market dan audiences.
Nah, tujuan akhir dari content planning strategy ini adalah bisa meningkatkan awareness dan memikat orang untuk konversi, serta leads. Lalu, gimana sih cara membuat content planning? Nah, ini ada artikel mengenai Cara Membuat Content Marketing Tiktok yang Efektif dan Untung Jutaan Rupiah.
Source Image: Canva pro
Reference:
- Revou. Diakses pada 2023. TikTok Ads: Jenis, Biaya, Cara Pasang, dan Tips 2023
- Daily Social. Diakses pada 2023. Cara Pasang Iklan di TikTok Ads - UMKM Go Digital Series Bagian XX
- Tiktok. Diakses pada 2023. How to connect with your target audience on TikTok