7 Langkah Sebelum Memulai Karir Menjadi Beauty influencer

Admin
insights Oct 26, 2023
1698398649_7-langkah-sebelum-memulai-karir-menjadi-beauty-influencer.jpg

Kamu suka bahkan hobi makeup dan skincare-an? Wah ternyata kamu bisa loh mendatangkan cuan dari hobi tersebut. Gimana caranya? Jadi, kamu itu bisa memulai karir  sebagai beauty influencer kalau kamu punya hobi di bidang kecantikan. Nah, kapan lagi kan kamu bisa kerja sambil menyalurkan hobi dan mendatangkan cuan. Terus, gimana langkah menjadi beauty influencer? Berikut 7 cara menjadi beauty influencer.

Daftar Isi

Apa itu Beauty Influencer?

Sebelum kamu menjadi beauty influencer, kamu harus tau dulu, “apa itu beauty influencer”. Jadi, arti kata “beauty” adalah kecantikan dan arti kata “Influencer’' adalah  seseorang yang mempengaruhi orang lain. Oleh karena itu, arti beauty influencer adalah seseorang yang mempengaruhi orang lain di bidang kecantikan.

Umumnya, beauty influencer ini memang memiliki hobi dan pengetahuan terkait kecantikan. Oleh karena itu, mereka umumnya suka membagikan konten terkait makeup, skincare, body care, dan perawatan tubuh lainnya. Nah, kalau kamu tertarik menjadi beauty influencer yang menghasilkan cuan, ikuti cara di bawah ini.

Cara Menjadi Beauty Influencer?

Berikut cara menjadi beauty influencer:

1. Mempunyai Minat/hobi di Dunia Kecantikan

Modal pertama untuk terjun jadi beauty influencer adalah ketertarikan di dunia kecantikan itu sendiri. Ketertarikan ini lah yang bisa mendorong kamu untuk mempelajari dunia kecantikan lebih dalam.

Selain itu, ketertarikan ini bisa berujung menjadi sebuah hobi yang disalurkan dalam bentuk suatu kegiatan. Kegiatan tersebut seperti ber-makeup, review produk, try on produk, skincare-an dan lain-lain. Alhasil, kamu pun melakukan apa yang kamu senangi.

2. Memberikan Review yang Objective

Hati-hati dengan konten review. Kenapa? Alasannya karena banyak sekali konten review yang tidak jujur dan kurang objektif sekarang ini. Hal ini terjadi karena ada beberapa influencer me-review produk itu agar dilirik oleh brand. Tentunya, ini bisa mendatangkan endorse dan penghasilan.

Namun, kondisi ini malah membuat orang-orang jadi punya trust issue pada konten review. Ujung-ujungnya, influencer bisa dianggap menyesatkan dan ditinggal oleh followers. Nah, kamu tidak kamu mau hal itu terjadi kan.

Oleh karena itu, buatlah konten review yang objective dan jujur. Tujuannya agar kamu bisa membangun audience trust. Audiences kamu pun menjadi selalu percaya dan stay mem-follow-mu. Bahkan, followers kamu juga bisa semakin bertambah karena kredibilitas konten review-mu.

3. Percaya Diri di Depan Kamera

Kunci menjadi beauty influencer adalah harus percaya diri di depan kamera. Alasannya karena salah satu konten kamu mungkin saja adalah konten review produk. Konten jenis ini mengharuskan kamu menggunakan produk  tersebut. Tujuannya untuk perlihatkan hasilnya di depan kamera. 

Nah, bagaimana cara percaya diri di depan kamera? Caranya adalah berlatih untuk berbicara dan tampilan di depan kamera. Lalu, rekam dan berbicara seolah kamu sedang mereview produk. Kamu pun bisa menggunakan kamera hp dan tidak perlu menggunakan kamera profesional, gampang kan?

4. Menentukan Konsep yang Sesuai

Ada banyak sekali beauty influencer saat ini. Oleh karena itu, kamu harus menentukan konsep yang sesuai dengan diri kamu. Konsep ini bisa menjadi pembeda antara kamu dengan beauty influencer lainnya. Alhasil, kontenmu bisa memiliki ciri khas yang unik. Ciri khas ini lah yang bisa membuat  audiences tertarik dan mudah diingat.

5. Membuat Content Planning

Langkah awal sebelum membuat konten adalah membuat content planning. Content planning adalah penyusunan dan perencanaan konten untuk mencapai social media goals. Hal ini bertujuan agar kamu lebih terorganisasi dalam membuat konten. Jadi, kamu pun tidak lagi merasa bingung dalam membuat konten di setiap harinya.

Baca Juga: Daftar Top Beauty Influencer Indonesia yang Memiliki Penghasilan Puluhan Juta Perbulan

6. Konsisten

Konsistensi mengupload konten bisa menunjukan tingkat keaktifan di social media. Nah, semakin aktif suatu akun, maka algoritma social media semakin mengenal suatu akun dan menyebarluaskan konten-kontennya. Alhasil, kontenmu bisa semakin dikenal oleh audiences dan brands. Tentunya, hal ini bisa mendatang cuan. Lalu, gimana sih cara menjadi beauty influencer yang mendatangkan cuan? Nah, kamu bisa daftar loh jadi influencer yang mendatang cuan di sini.

7. Riset Produk

Kalau kamu ingin menjadi beauty influencer, kamu harus mempelajari dunia kecantikan. Salah satunya adalah riset produk karena kamu akan me-review suatu produk. Oleh karena itu, riset produk ini bertujuan untuk mengetahui kandungannya, manfaatnya, dan cara penggunaannya.

Nah, informasi tersebut bisa kamu dapatkan secara langsung dari produk tersebut atau mencari tau melalui internet. kamu pun juga bisa menggunakan produk itu secara langsung. Tujuannya adalah agar kamu memiliki experience langsung dalam menggunakannya .  

Selain itu,  hasil riset tersebut bisa dielaborasi dengan hasil review dari orang-orang lain untuk mendapatkan informasi yang lebih. Nah, riset produk ini dilakukan agar kamu bisa memberikan informasi kredibel. Informasi yang kredibel ini lah yang bisa mendatangkan trust dari audience-mu.

Platform yang Bisa Digunakan untuk Memulai 

Lalu, bagaimana memulai menjadi beauty influencer? Platform apa yang bisa digunakan? Nah, kamu bisa memulai menjadi beauty influencer melalui social media kamu. Kamu bisa menggunakan TikTok atau Instagram atau Youtube. Kamu bisa memilih salah satu atau langsung pilih ketiganya.

Namun, banyak orang-orang memulai karir sebagai beauty influencer itu melalui TikTok.

 Selain itu, kamu yang pemula harus mengatur profil TikTok. Lalu, apa langkah awal untuk  memulai menjadi beauty Influencer di TikTok? Kamu bisa memulai dengan mengatur profil TIkTok agar lebih menarik

Wah, ternyata cara menjadi beauty influencer cukup panjang juga ya. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menjadi beauty influencer yang cuan tanpa ribet bersama ACCESSTRADE

 

References:

  • Diakses pada 2023. Beauty Influencer: Pengertian, Cara, dan Contohnya di Indonesia
  • Social Media Marketer. Diakses pada 2023. 5 Tips Menjadi Beauty Influencer Terkenal di Social Media
  • Diakses pada 2023. Begini Cara Jadi Beauty Influencer Sukses, Followers Banyak Bukan Utama!

 

Sumber Feature Image: Canva Pro

Artikel ini telah direview oleh:

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di ACCESSTRADE
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di ACCESSTRADE
Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!