Apa sih Perbedaan Search Queries dan Keyword? Simak Cara Optimasi Strateginya untuk Produk Affiliate

Admin
1699373684_pexels-philipp-pistis-10963241-medium.jpeg

Jika kamu baru saja terjun ke dunia afiliasi, pasti ada banyak istilah yang membuatmu bingung. Salah satunya adalah perbedaan antara keyword dan search queries. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih sebenarnya perbedaan dan cara mengoptimalkan strateginya untuk produk afiliasi? Yuk, temukan jawabannya dalam panduan lengkap ini. 

Daftar Isi

Apa itu Keyword?

Sumber Gambar: Pexels

Kata keyword sering kali menjadi kata kunci utama dalam strategi afiliasi. Keyword adalah kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna internet ketika mereka mencari informasi atau produk di mesin pencari seperti Google. Dalam dunia afiliasi, kata ini menjadi kunci untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web afiliasi kamu.

Apa itu Search Queries?

Sementara itu, search queries adalah ungkapan atau pertanyaan yang dimasukkan oleh pengguna saat mencari sesuatu di mesin pencari. Ini bisa berupa kalimat atau pertanyaan panjang, dan seringkali lebih spesifik daripada kata kunci. Pemahaman yang mendalam tentang search queries dapat membantu kamu memahami apa yang pengguna cari.

Perbedaan Search Queries dan Keyword

Jadi, apa perbedaan diantara keduanya? Keyword adalah kata atau frasa yang kamu targetkan dalam strategi SEO untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil mesin pencari. Sedangkan search queries adalah apa yang pengguna sebenarnya ketikkan saat mencari sesuatu. Penting untuk menyadari perbedaan ini karena kamu perlu mengoptimalkan konten afiliasi kamu untuk mencocokkan kedua aspek ini.

Umumnya user tidak akan mengetahui secara spesifik mengenai kata kunci yang digunakan pada konten yang akan dibaca pada web tersebut.

Akan tetapi sebagai praktisi SEO atau sebagai penulis yang ingin artikelnya teroptimasi dengan baik di search engine, tentunya komponen keyword dan search queries tidak bisa kita abaikan begitu saja.

Ini adalah table contoh penggambaran keyword dan search queries

 

Keyword

Search Queries

Kartu SD

Apa itu kartu SD di hp?

kartu SD berfungsi untuk apa?

harga kartu sd

kartu sd tidak terbaca

 

Tabel di atas merupakan contoh keyword yang bisa dijadikan referensi saat pembuatan suatu konten.

Pengembangan tulisan mengenai pembahasan produk yang akan diberikan affiliate links, sangat disarankan untuk menjawab ‘Search Queries’ yang tersedia di layout search engine. Yang perlu kita lakukan ialah mengelompokan keywords yang relevan

Cara Mengembangkan Strategi Keyword untuk Produk Affiliate

Sekarang kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara mengembangkan strategi keyword yang efektif untuk produk afiliasi? Berikut beberapa langkah yang dapat kamu ambil:

1. Lakukan Brand Breakdown

Pertama, kamu harus melakukan analisis mendalam terhadap brand atau produk afiliasi yang akan kamu promosikan. Ini termasuk memahami karakteristik, keunggulan, dan kelemahan produk tersebut. Dengan pemahaman yang kuat tentang brand atau produk tersebut, kamu dapat lebih mudah menentukan kata kunci yang sesuai dan strategi yang efektif untuk memasarkannya.

2. Menganalisa Target Audience

Langkah selanjutnya adalah memahami dengan baik siapa target audiens sasaran produk afiliasi kamu. Ini adalah langkah penting karena kata kunci yang efektif akan sangat tergantung pada profil dan preferensi dari audiens ini. 

3. Lakukan Research Market

Riset pasar adalah langkah penting untuk menemukan kata kunci yang relevan dan mengikuti tren terkini. Ini melibatkan mencari tahu apa yang sedang dicari oleh pengguna dan bagaimana produk afiliasi kamu dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Hasil riset pasar yang solid, kamu akan memiliki wawasan yang jelas tentang kata kunci apa yang harus kamu targetkan.

Baca Juga: Apa Itu Niche Market? Bagaimana Strategi Menentukan Niche Yang Tepat?

4. Menyusun Audience Persona

Membuat persona audiens adalah cara efektif untuk memahami lebih dalam siapa yang akan menjadi pembeli produk afiliasi kamu. Ini adalah representasi fiksi dari karakteristik audiens kamu. 

5. Menganalisa Social Media dan Brand Reputasi

Sosial media adalah sumber informasi berharga tentang apa yang dibicarakan dalam komunitas dan bagaimana brand reputasi memengaruhi kata kunci yang digunakan. Dengan analisis sosial media yang baik, kamu dapat menyesuaikan strategi keyword kamu dengan isu-isu yang sedang tren dan memahami cara audiens berinteraksi dengan produk tersebut di platform sosial.

Baca Juga: Panduan Lengkap Taxonomy Website Beserta Pengaruhnya di Affiliate Marketing

Jadilah Bagian dari Komunitas Accesstrade

Dalam mengembangkan strategi keyword untuk produk afiliasi, langkah-langkah di atas adalah fondasi yang penting. Dengan pemahaman yang baik tentang brand, target audience, tren pasar, persona audiens, dan dampak sosial media, kamu akan memiliki alat yang kuat untuk sukses dalam dunia afiliasi.

Namun, ingatlah bahwa dunia SEO selalu berubah, dan strategi harus disesuaikan dengan perkembangan terbaru. Teruslah update pengetahuan untuk menjaga keberhasilan kamu menjadi seorang afiliator sukses.

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak tips dan panduan yang berguna, Accesstrade memiliki grup Telegram eksklusif yang akan memberikanmu wawasan berharga tentang SEO dan afiliasi. Gabung sekarang dengan komunitas kami, agar bisa berbagi pengetahuan bersama affiliator lainnya. Klik tautan di bawah ini dan mulailah perjalananmu menuju kesuksesan afiliasi!

 

Gabung Grup Telegram Kami Disini!

 

Referensi:

Repair Brand Reputation. THE BRANDING BREAKDOWN – THE ULTIMATE CHECKLIST FOR BUILDING YOUR BRAND

Search Engine Journal. What Is The Difference Between Search Queries And Keywords?

 

Sumber Gambar Feature Image: Pexels

 

Artikel ini telah direview oleh: 

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade
Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!