Keyword Research untuk Affiliate Marketing: 5 Langkah Dapat Uang dari Internet

Keyword Research untuk Affiliate Marketing: 5 Langkah Dapat Uang dari Internet

Admin
search engine optimization Dec 13, 2023
SHARE ON
1703148941_research-keyword.jpg

Pernahkah kamu mendengar istilah keyword research? Tentu, bagi sebagian besar dari kita, keyword research merupakan langkah awal yang penting dalam mengoptimalkan SEO. 

Jika kamu sudah membaca artikel kami sebelumnya mengenai Keywords Research untuk Pemula: Simak Langkah-Langkah Penerapannya Di Sini, sekarang saatnya memperdalam pengetahuanmu tentang keyword research khusus untuk affiliate marketing

Kalau kamu sedang mendalami dunia affiliate marketing, artikel ini akan sangat membantu kamu dalam optimisasi website affilite, stay reading ya.

1. Mulailah dengan Membangun Niche, Domain, dan Website

Langkah pertama dalam affiliate marketing adalah membangun niche yang spesifik. Pilihlah domain yang sesuai dan buatlah website yang profesional. Ingat, niche yang kamu pilih harus sesuai dengan minat dan keahlianmu, karena ini akan memudahkan untuk membangun konten berkualitas yang memiliki kredibilitas. 

2. Kenali Kelebihanmu

Jika kamu memiliki pengalaman dalam topik YMYL (Your Money Your Life), seperti membahas topik tentang medis, kesehatan, finansial, hukum dan issu terkait SARA, penting untuk memperhatikan E-E-A-T (Expertise, Experience, Authoritativeness, Trustworthiness) dalam pembuatan konten. Kamu bisa membaca lebih lanjut tentang ini di Panduan E-A-T Google.

3. Sesuaikan Nama Brand dengan Topic dari Niche yang Ditentukan

Nama brand atau website harus mencerminkan niche yang kamu pilih. Ini akan membantu pengunjung mengenali dan mengingat situsmu dengan lebih mudah. Satu lagi tips yang tidak kalah penting, gunakan alamat domain yang mudah dilafalkan dan diingat oleh audiens, jangan menggunakan nama atau alamat domain yang pengejaannya susah. 

4. Mulailah dari Website

Website adalah fondasi dari semua aktivitasmu dalam affiliate marketing. Pastikan desainnya menarik, user-friendly, mudah diakses dalam arti tidak lemot saat tab in ke page satu ke page lainnya. 

5. Buat Strategi Search Intent

Pahami apa yang dicari audiensmu. Gunakan data dan analisis untuk mengembangkan strategi konten yang sesuai dengan intent pencarian mereka. Artikel kami, "Keywords Research untuk Pemula", bisa membantu dalam membuat konten yang sesuai dengan audiensmu.

Tipe Keyword dalam Affiliate Marketing

Dalam dunia affiliate marketing, pemilihan keyword yang efektif tidak hanya meningkatkan visibilitas dan traffic ke situs afiliasi kamu, tetapi juga memastikan bahwa traffic tersebut berkualitas dan relevan dengan apa yang kamu sajikan. Dengan kata lain, memilih keyword yang tepat membantu menarik audiens yang memiliki niat pembelian atau minat tinggi terhadap produk atau layanan yang kamu promosikan.

Pemilihan keyword dalam affiliate marketing sangat berpengaruh terhadap konversi, yaitu peralihan pengunjung situs menjadi pembeli. Sebagai contoh, keyword dengan intent pembelian, seperti "beli protein powder terbaik" cenderung menghasilkan konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan keyword informatif seperti "apa itu protein powder".

 Hal ini karena pengunjung yang mencari dengan keyword berintent pembelian sudah berada lebih dekat pada tahap akhir dalam funnel pembelian.

Selain itu, pemilihan keyword yang tepat juga membantu dalam menyusun strategi konten yang lebih efektif. Dengan memahami jenis-jenis keyword yang sesuai dengan niche afiliasi, kamu dapat meningkatkan peluang untuk menghasilkan klik afiliasi. 

Oleh karena itu, pemilihan keyword sangat penting dalam affiliate marketing. Dengan mengidentifikasi dan menggunakan keyword yang paling relevan, kamu dapat meningkatkan kualitas traffic, meningkatkan engagement dengan audiens, dan secara signifikan memperbesar potensi pendapatan afiliasi kamu.

Berikut ada beberapa tipe keyword yang harus kamu perhatikan:

6.1 General Comparison

Berikan perbandingan umum antar produk atau layanan yang relevan dengan niche-mu. 

Misalnya, "best strollers", "best carriers", "best baby bottles". 

Jenis konten ini sangat efektif karena pembaca biasanya sudah dalam tahap mencari produk untuk dibeli dan hanya perlu bantuan untuk memutuskan mana yang terbaik.

 

 

6.2 Branded Comparison

Buatlah perbandingan antara berbagai merek, ini akan membantu audiens dalam membuat keputusan. 

Branded comparisons fokus pada perbandingan antara dua produk bermerek, seperti "Iphone 11 vs iphone 12" atau "airpods vs airpods pro". 

Keyword ini biasanya memiliki permintaan pencarian yang lebih rendah tetapi konversi yang tinggi karena pencari sudah mempersempit pilihan mereka ke beberapa produk.

 Untuk menemukan keyword ini, masukkan daftar merek ke dalam alat riset keyword, kemudian cari keyword yang mengandung "vs".

6.3 Product Review

Ulasan produk adalah kunci dalam affiliate marketing. Pastikan ulasanmu jujur dan informatif. Di mana pencari ingin ulasan mendetail tentang produk tertentu.Keyword ini cocok untuk situs afiliasi karena pencari biasanya sudah dekat dengan keputusan pembelian. Untuk menemukannya, masukkan beberapa nama merek ke dalam Keywords Explorer, lalu cari keyword yang mengandung kata "review".

Fokuslah untuk Membangun Trust & Authority

Dalam affiliate marketing, ada jenis keyword yang disebut T&A, atau Trust & Authority. Jenis kata kunci ini bukan untuk langsung menjual produk, tapi lebih ke memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang-orang.

Misalnya, memberikan tips, cara, atau pengetahuan tentang sesuatu. Kenapa ini penting? Karena dengan memberikan informasi yang menjawab permasalahan  audience, maka orang-orang akan mulai percaya dan menganggap situs kita sebagai sumber yang bisa dijadikan referensi untuk menggali sebuah informasi.

Kamu juga bisa melihat topik apa saja yang bisa kamu bahas melalui People Also Asked yang ada di google layout untuk katakunci yang akan kamu gunakan. People Also Ask atau biasa disingkat PAA ini merupakan jawaban dari pertanyaan yang sering dicari users seperti contoh gambar dibawah ini. Jika kamu menggunakan katakunci Airpods maka google akan memperlihatkan dari mulai apa arti Airpods, perbedaan, perbandingan dan jenis-jenisnya.

Pentingnya Memahami Intent Pencarian

Mengerti intent pencarian sangat penting. Misalnya, seseorang yang mencari "best protein powder" kemungkinan besar sedang mencari produk untuk dibeli, sedangkan pencarian seperti "Apa itu protein powder" lebih cenderung bersifat informatif dan bukan untuk pembelian langsung. Fokus pada keyword yang sesuai dengan intent pembelian akan lebih efektif dalam mengarahkan traffic yang berkualitas dan konversi yang tinggi.

Dengan memahami berbagai tipe keyword ini dan menggunakannya secara efektif dalam konten affiliate marketing, kamu dapat meningkatkan traffic, klik, konversi, dan pendapatan dari situs afiliasimu.

Join komunitas ACCESSTRADE di telegram

Artikel ini telah direview oleh:  

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade

Semua Screenshot pada Artikel dibuat oleh Team Konten Accesstrade pada Desember 2023

Sumber Feature Image: Freepik



 

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait