Blogger Masih Menghasilkan di 2024? Simak Tips Cuannya Di Sini!

Blogger Masih Menghasilkan di 2024? Simak Tips Cuannya Di Sini!

Admin
search engine optimization Apr 30, 2024
SHARE ON
1715747748_tips-menghasilkan-cuan-untuk-blogger.jpg

Kamu tertarik untuk memulai membuat blog tahun ini? Salah satu pertanyaan yang mungkin muncul, apakah blogger masih populer? Jawabannya, ya, blogger masih sangat populer dan tetap menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Alasan mengapa blogger masih populer adalah karena blogging bukan hanya sekadar media untuk berbagi informasi, tetapi juga cara efektif untuk membangun hubungan personal dengan audience, serta mempromosikan bisnis atau diri sendiri.

Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti persaingan yang ketat dan perubahan algoritma search engine, dengan strategi yang tepat seperti kemampuan membuat konten yang bernilai dan relevan, blogger masih bisa menghasilkan melalui konten-konten yang mereka publikasikan.

Ada berbagai cara bagi seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan, seperti melalui affiliate marketing, sponsored content, dan iklan. Untuk informasi lebih lanjut dan tips agar cuan sebagai seorang blogger, simak artikel kami di bawah ini!

Alasan 1: Google Masih Menjadi Platform yang Paling Banyak Diakses

Google tetap menjadi search engine utama yang banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Meskipun ada banyak platform sosial media dan situs web lainnya yang bersaing, Google tetap menjadi titik awal bagi banyak orang ketika mencari informasi.

Bagi para blogger, ini berarti peluang besar untuk menjangkau audience yang lebih luas. Dengan memahami prinsip-prinsip search engine optimization (SEO), blogger bisa memastikan bahwa konten mereka muncul di search results Google, meningkatkan visibilitas, dan kemungkinan mendapatkan organic traffic yang baik.

Dengan demikian, kesadaran bahwa Google sebagai platform yang paling banyak diakses secara global, tetap menjadi salah satu alasan kuat mengapa blogger masih bisa menghasilkan pendapatan yang menjanjikan di tahun 2024.

Alasan 2: Jangan Bandingkan Website Individual dengan Website Berita

Banyak blogger sering kali merasa tertekan atau merasa kurang sukses ketika membandingkan situs web mereka dengan situs web berita. Namun, perlu diingat bahwa situs web berita memiliki tujuan dan dinamika yang berbeda.

Situs web berita tidak hanya mengejar traffic yang tinggi, tetapi juga berusaha untuk memberikan liputan berbagai topik yang sedang terkini, sering kali hanya membahas permukaan dari berbagai isu. Hal ini dikarenakan situs web berita merupakan perusahaan media yang melibatkan banyak jurnalis.

Sebagai seorang blogger individual, sulit untuk bersaing dalam hal jumlah konten atau kecepatan pemberitaan dengan situs-situs berita besar tersebut. Oleh karena itu, kamu lebih baik untuk mengambil peluang pada topik-topik yang belum banyak dibahas oleh media besar.

Fokuslah membahas topik-topik yang mendalam dan spesifik, serta memberikan perspektif atau informasi yang relevan dan bernilai bagi audience. Dengan cara ini, kamu dapat menarik perhatian audience yang mencari informasi yang mendalam dan berbeda dari apa yang ditawarkan oleh situs web berita kebanyakan.

Tips Supaya Bisa Cuan Dengan Blogger

1. Fokus di Satu Niche

Salah satu kunci sukses sebagai seorang blogger adalah dengan memilih satu niche yang spesifik untuk blogmu. Dengan fokus pada satu niche, kamu akan membangun identitas yang kuat dan mudah dikenali oleh para audience.

Ketika audience datang ke blogmu, mereka sudah tahu tentang konten apa yang akan mereka temukan. Hal ini meningkatkan kemungkinan blogmu menjadi sumber pertama bagi audience ketika mencari informasi terkait niche tersebut.

Meskipun ada blogger yang sukses dalam berbagai niche, namun tidak semua niche memiliki potensi yang sama. Sebuah niche blog yang menguntungkan umumnya memenuhi tiga kriteria, yaitu:

  • Pilih topik yang kamu kuasai atau minati. Konsisten dalam menyajikan konten berkualitas sangat penting untuk membangun audience dan monetisasi blogmu. Menulis tentang sesuatu yang kamu minati tidak hanya membuat proses blogging lebih menyenangkan, tetapi juga meningkatkan peluang kamu menghasilkan cuan dari blogging.
  • Perhatikan persaingan niche yang kamu pilih. Jika terlalu banyak situs web besar yang sudah mendominasi niche tersebut, akan sulit bagi kamu untuk bersaing. Lakukan riset untuk melihat seberapa kompetitifnya sebuah niche dan carilah niche yang memiliki persaingan yang lebih rendah namun masih memiliki potensi penghasilan yang tinggi.
  • Pastikan potensi monetisasi niche tersebut. Perhatikan apakah perusahaan-perusahaan dalam niche tersebut bersedia membayar untuk iklan atau apakah ada banyak program afiliasi yang relevan dengan topik tersebut. Kemampuan untuk menghasilkan uang dari blogmu sangat tergantung pada potensi monetisasi dari niche yang kamu pilih.

2. Utamakan User Experience

Penting bagi seorang blogger untuk selalu mengutamakan user experience dalam menjalankan blog mereka. User experience mencakup berbagai aspek, mulai dari desain dan layout situs web hingga page load speed dan navigasi yang baik.

Sebuah blog yang membuat konten berkualitas, namun sulit dinavigasi atau lambat dalam memuat halaman dapat membuat user cepat kehilangan minat dan meninggalkan situs web tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih desain yang responsif, memastikan situs web dapat diakses dengan baik di berbagai berangkat, termasuk ponsel, tablet, dan komputer.

Selain itu, perhatikan page load speed dengan mengoptimalkan gambar dan menggunakan plugin yang tepat untuk meningkatkan kinerja situs web kamu. Terakhir, buatlah navigasi yang mudah dipahami, sehingga user dapat dengan mudah menemukan konten yang mereka cari.

Baca Juga: Trustworthiness Website: Panduan Membangun Website yang Terpercaya di Affiliate Marketing

3. Deep Research dari Artikel yang akan Dibuat

Salah satu kebiasaan penting yang perlu dimiliki oleh seorang blogger adalah melakukan riset mendalam sebelum menulis artikel. Deep research memastikan bahwa konten yang kamu buat memiliki nilai tambah dan relevansi yang baik bagi pembaca.

Dengan melakukan riset, kamu dapat mengumpulkan informasi terbaru, fakta, dan data yang akut untuk mendukung poin-poin yang kamu sampaikan dalam artikel yang ditulis. Selain itu, riset juga membantu kamu untuk menghasilkan konten yang orisinal dan berbeda dari yang sudah ada di internet.

Selain itu, dengan melakukan riset, kamu juga menemukan peluang untuk menulis topik yang sedang tren atau belum banyak dibahas oleh blogger lain. Ini dapat memberikan kamu keunggulan kompetitif dan membantu kamu menarik lebih banyak pembaca ke blogmu.

Penting untuk diingat bahwa deep research membutuhkan waktu dan usaha ekstra. Namun, dalam jangka panjang deep research akan membantu kamu menghasilkan konten yang lebih bernilai dan meningkatkan kepercayaan pembaca blogmu.

4. Buat Pembahasan dengan Sudut Pandang yang Unik

Salah satu cara efektif untuk membuat blogmu menonjol di antara pesaing adalah dengan membuat pembahasan menggunakan sudut pandang yang unik. Dalam dunia blogging yang sering kali dipenuhi konten serupa, memiliki sudut pandang yang unik dapat membantu kamu membedakan diri dari blogger lain dan menarik perhatian pembaca baru.

Ketika kamu memilih topik untuk ditulis, pertimbangkan untuk melihatnya dari sudut pandang yang belum banyak dibahas oleh blogger lain. Ini dapat membahas topik yang menarik dalam niche kamu atau memberikan pandangan yang berbeda terhadap topik yang umum.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba menggabungkan berbagai topik yang berbeda dalam satu artikel untuk menciptakan konten yang unik dan menarik. Misalnya, kamu bisa mencoba untuk menghubungkan topik yang tidak biasa dengan topik utama kamu, atau menyajikan topik yang sudah ada dalam niche kamu dengan pendekatan yang lebih baru dan kreatif.

Baca Juga: Tips Membuat Konten Affiliate untuk Mengatasi Helpfull Content Update

5. Tentukan Goals-mu saat Membuat Artikel

Ketika kamu membuat artikel untuk blog, penting untuk menetapkan tujuan yang jelas. Apa yang ingin kamu capai dengan artikel tersebut? Apakah tujuanmu untuk meningkatkan jumlah pengunjung, meningkatkan jumlah email subscription, atau mendorong penjualan affiliate products?

Dengan menetapkan tujuan yang jelas, kamu dapat membuat konten yang lebih terfokus dan efektif dalam mencapai hasil yang diinginkan. Misalnya, jika tujuanmu adalah untuk meningkatkan penjualan affiliate products, kamu dapat menyusun artikel dengan cara yang mengarahkan pembaca untuk meng-klik affiliate links tersebut.

Ini bisa dilakukan dengan menyampaikan informasi yang relevan dan menarik yang memicu minat pembaca untuk mengeksplorasi lebih lanjut melalui affiliate links yang kamu sediakan. Dengan mengetahui tujuanmu sebelum membuat artikel, kamu dapat membuat konten yang lebih strategis dan meningkatkan potensi penghasilan dari blogmu.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dari artikel ini kamu bisa bertanya ke community accesstrade untuk mendapat insight tambahan dari para member atau sesama publisher, gabung grup whatsapp di link ini

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait