Google Core Update Maret 2024 Akhirnya Selesai, Simak Lengkapnya Di Sini!

Google Core Update Maret 2024 Akhirnya Selesai, Simak Lengkapnya Di Sini!

Admin
search engine optimization Apr 30, 2024
SHARE ON
1715682099_google-core-update.jpg

Setelah lebih dari sebulan Google mengupdate kebijakannya melalui Google Core dan Spam Update sejak Maret lalu, akhirnya Google telah menyelesaikan pembaharuan per 19 April, namun belum ada konfirmasi dari Google terkait kesimpulan update kali ini.

Nah, apakah kamu mengalami dampak dari anomali Google Update kali ini? Eitsss, jangan merasa sendirian ya, karena banyak website yang mengalami penurunan traffic akibat dari update kali ini, bahkan banyak komunitas SEO baik lokal maupun global yang berspekulasi dengan Google Core Update ini loh.

Google Update Maret ini memang berbeda dibanding dengan update rutin biasanya karena lebih kompleks dan rumit, dimana Google mulai intensif untuk mengatasi adanya upaya manipulasi. Kompleksitas ini bisa dilihat dimana Google butuh waktu 45 hari untuk menyelesaikan updatenya. Lantas, apa yang perlu kamu lakukan sebagai pemilik website?

Artikel ini akan membahas terkait Google Core Update yang telah selesai, apa saja insight yang bisa diimplementasikan ke website kamu, baca artikel ini sampai selesai ya!

Fokus Google Update Maret 2024

Sebagai pemilik website, tentu kamu tidak asing dengan fenomena-fenomena umum yang sering dilakukan untuk meningkatkan ranking website-nya, seperti dengan pembelian backlink kualitas rendah dan penggunaan domain kadaluarsa, bukan? Ya, itu adalah concern Google agar mengatasi spam tautan dan upaya manipulasi.

Salah satu dampak dari Google Update adalah de-indexing ratusan situs yang diduga melanggar pedoman Google. Beberapa kriteria situs yang menjadi target spam tautan dan bagian upaya manipulasi, seperti:

  1. Membuat konten berkualitas rendah yang bertujuan mengumpulkan tautan manipulatif untuk menaikkan peringkat.
  2. Tautan atau link tersebut bertujuan untuk meningkatkan peringkat situs secara artifisial, termasuk outbound link yang manipulatif.
  3. Menggunakan kembali domain kadaluarsa dengan konten yang berbeda dari niche sebelumnya dengan tujuan meningkatkan visibilitas penelusuran.

John Mueller, seorang Search Advocate di Google, memberikan masukan kepada pemilih website ditengah banyaknya anomali yang terjadi dengan adanya Google Update di platform Reddit agar setiap pemilik website membuat konten untuk pengguna atau users bukan untuk search engine

Baca Juga: Penambahan ‘E’ Experience pada E-A-T Google Guidelines dan Pengaruhnya pada Affiliate

Kualitas yang Semakin Ditingkatkan

Google kali ini menekankan pada kualitas dibandingkan jumlah tautan atau backlink, hal ini yang menentukan peringkat di search result. Yang paling signifikan, Google mengurangi kepentingan tautan dalam menentukan peringkat situs web dan memberikan bobot lebih besar pada kualitas, kredibilitas, dan konten yang substantif.

Alhasil, praktek dengan link building dengan cara singkat seperti pembelian backlinks dengan kualitas rendah dan fokus ranking pada keywords tertentu sudah kehilangan moment. Jadi, pastikan kamu sebagai pemilik website, mengaudit strategi SEO agar sesuai dengan ketentuan Google terbaru.

Nah, sebagai kesimpulan untuk kamu yang memiliki website, ini adalah waktu yang tepat untuk kamu mengevaluasi kembali strategi SEO yang sudah kamu lakukan selama ini, apakah kamu berfokus pada:

  1. Meningkatkan kualitas, kepercayaan, dan kedalaman konten website.
  2. Berhenti berfokus untuk mendapatkan tautan sebanyak mungkin.
  3. Memprioritaskan tautan yang relevan dan berkualitas tinggi.
  4. Memperbaiki taktik SEO yang tidak jelas atau seperti spam di situs mereka.

Itulah hal penting yang perlu kamu ketahui di akhir Google Update Maret 2024 ini. Agar kamu terus update dengan informasi terkait SEO, kamu perlu bergabung dengan komunitas yang membahas tentang SEO dan tentunya meningkatkan cuan dari affiliate kamu.Cukup klik link di bawah buat gabung ke grup Telegram kita sekarang!

Gabung Grup Telegram Kami Disini!

 

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait