Cuan melalui affiliate? Cobain Ide Konten Edukasi TikTok ini

Cuan melalui affiliate? Cobain Ide Konten Edukasi TikTok ini

Admin
Apr 01, 2024
SHARE ON
1711955110_ide-komten-edukasi.jpg

Kamu ingin konten mu bisa menghasilkan uang dengan puluhan ribu views dan FYP dari affiliate diTikTok? Nah, kalau kamu ingin hal tersebut terjadi, kamu sebaiknya membuat beberapa konten edukasi di TikTok. Kok gitu? Emang apa Itu konten edukasi?

Konten edukasi adalah konten yang memberikan informasi dan pengetahuan tertentu. Nah, pertanyaannya adalah "Siapa sih yang tidak suka dengan informasi secara gratis?

Pasti banyak orang suka dengan informasi gratis. Apalagi informasi tersebut bisa bermanfaat untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

“Yah, kalau konten edukasi itu pembahasannya berat, dong?”. Tenang, pembahasan konten edukasi tidak selalu sulit seperti materi kuliah kok. Lalu, “apa aja ide konten edukasi untuk di TikTok? “

Ada banyak ide konten edukasi TikTok yang bisa kamu ATM (Amat, Tiru, dan Modifikasi). Yuk, cari tahu ide konten edukasi untuk TikTok di artikel ini agar kamu bisa cuan di TikTok.

Apa Itu Konten Edukasi?

Sesuai dengan namanya, konten edukasi merupakan konten yang memberikan edukasi dan pengetahuan kepada audiences. Edukasi dan pengetahuan ini berkaitan topik atau niche tertentu.

Sayangnya, konten edukasi memang tidak bisa menjual produk dan jasa secara langsung atau hard selling. Namun, konten ini bisa menjadi solusi dan bermanfaat untuk mengatasi suatu permasalahan. Alhasil, konten bisa menumbuhkan rasa kepercayaan audiences terhadap akun kamu.

Salah satu contoh konten edukasi adalah konten artikel ini. Artikel ini memberikan informasi dan pengetahuan mengenai ide konten edukasi untuk TikTok.

Kamu sebagai pembaca mungkin sedang memiliki masalah atau kesulitan dalam mencari ide konten di TikTok. Nah, artikel edukasi ini bisa memberikan pencerahan bagi kamu untuk mengatasi masalah atau kesulitan tersebut.

Lalu, apa saja ide konten edukasi untuk di tiktok. Simak di bawah ini.

Contoh Konten Edukasi yang Banyak Diminati di TikTok

Kamu bisa ATM (Amati Tiru Modifikasi) beberapa contoh ide konten edukasi di TikTok berikut ini:

1. Rekomendasi Tools AI

Tools AI adalah alat yang paling happening saat ini untuk membantu pekerjaan manusia. Ada banyak sekali tools AI dengan berbagai kegunaannya di masing-masing bidang. Ada AI untuk copywriting, AI untuk desain, AI untuk video editing, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kita perlu mencari tahu mengenai manfaat dan kegunaanya agar kita tidak salah menggunakan tools. Kondisi inilah yang membuat konten rekomendasi tools AI menjadi salah satu konten yang paling dicari dan diminati oleh orang-orang.

Contohnya adalah davidsebastian__, Ia adalah seorang content creator TikTok dengan niche digital marketing, khususnya SEO dan performance marketing. Salah satu kontennya adalah konten edukasi terkait rekomendasi Tools AI SEO yang gratis, seperti di bawah ini.

2. Konten motivasi atau quote

Konten motivasi atau quote ini menjadi salah satu konten edukasi yang diminati oleh user TikTok. Kamu pun mungkin juga pernah melihat konten ini muncul di For You Page kamu.

Lalu, kenapa konten motivasi atau quote menjadi konten diminati? Alasannya karena konten ini bisa menjadi konten yang relevan dan relate dengan user TikTok.

Nah, motivasi atau quote ini biasanya berasal dari buku, film, creator TikTok itu sendiri, tokoh, dan lain-lain. Selain itu, konten ini juga perlu disesuaikan dengan niche dari creator-nya. Jika creator-nya adalah seseorang yang membahas karir, maka motivasi dan quotes-nya adalah seputar karir

Mari kita lihat contoh berikut, dr.indrawan.nugroho yang merupakan creator TikTok yang membahas terkait inovasi. Sebagian besar kontennya adalah konten edukasi. Namun, ia juga membuat konten quote yang relevan dengan audiences-nya, seperti quote yang berkaitan dengan inovasi produk di bawah ini.

Baca juga: 21 Ide Konten TikTok Tanpa Wajah untuk Kreator Introvert

3. Konten perbandingan produk

Konten ini merupakan salah satu bagian dari konten review. Alasannya karena kamu perlu me-review masing-masing produknya agar kamu bisa menjelaskan perbedaan dan membandingkan produk-produk tersebut.

Hal-hal yang dibahas di dalam konten ini adalah seputar kandungan atau fitur, kelebihan, kekurangan, harga, manfaat atau keuntungan dari masing-masing produk.

Berikut contoh konten perbandingan produk dari fernandofenlee. Ia adalah seorang creator TikTok dengan niche kecantikan. Nah, salah satu kontennya adalah konten yang membanding produk skincare, seperti di bawah ini.

4. Konten before-after

Konten ini menampilkan video tampilan sebelum dan tampilan sesudah dari objek atau subjek tertentu. Tampilan sesudah ini merupakan hasil dari proses yang telah dilakukan oleh seseorang. Proses tersebut bisa bermacam-macam tergantung niche dari creator tersebut.

Contohnya seperti konten before-after makeup, before-after pake produk skincare, before-after makeover, dan lain-lain.

Mari kita lihat contoh konten dari leonistech, seorang creator di bidang teknologi. Salah satu kontennya adalah video rekaman tampilan before-after dari setup meja gaming. Hasil after merupakan hasil dari proses make over yang dilakukan oleh si creator.

Baca juga: Cara Menambahkan Link di Bio TikTok Gratis dan Anti Ribet

5. Konten tutorial atau how-to

Konten tutorial adalah konten yang menjelaskan suatu langkah, panduan, cara, atau instruksi bertahap dan berurutan dalam melakukan sesuatu.

Ada banyak jenis konten yang bersifat tutorial, seperti DIY, masak atau resep makanan, menggunakan, memperbaiki atau memasang sesuatu, dan lain-lain.

Nah, berikut contoh konten tutorial dari eridaisies_, seorang kreator beauty and lifestyle. Salah satu kontennya adalah konten yang menjelaskan langkah-langkah pembuatan cover video dari salah satu kontennya.

6. Hacks atau eksperimen sederhana

Apakah kamu pernah melihat konten TikTok hacks? Jika pernah, maka itu adalah bagian dari eksperimen sederhana.

Hack ini umumnya berisi tips atau trik dalam mengerjakan sesuatu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Nah, hacks ini ada berbagai macam, seperti hacks makanan atau resep, hacks lifestyle, dan lain-lain.

Kamu bisa melihat contoh dari akun idemain_jab yang berisi hacks dan experimen sederhana untuk mainan anak.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tools Editing dan Spesifikasi Video Tiktok

7. Konten fun fact atau fakta menarik

Umumnya, Konten fun fact berisi fakta-fakta menarik dan unik yang belum banyak atau jarang diketahui orang. Konten ini juga termasuk konten edukasi karena konteks konten ini memberikan informasi dan pengetahuan terkait suatu hal.

Contohnya adalah konten fun fact rullyaustin, yaitu konten mengenai beberapa fakta menarik terkait spongebob, bakteri Hp, selai srikaya seperti di bawah ini. Informasi-informasi tersebut mungkin

belum banyak diketahui oleh orang banyak.

8. Konten hardware gaming

Konten hardware gaming adalah topik konten yang diminati di TikTok karena ada banyak audiences yang tertarik terkait gaming.

Lalu, apa ide konten yang berkaitan hardware gaming? Kamu bisa membuat konten seputar review, rekomendasi, unboxing, tutorial merakit hardware gaming-nya, dan lain-lain

Nah, berikut contoh konten dengan topik hardware gaming milik chemicygaming. Kontennya yang membahas 

Gimana? Apa kamu masih bingung cara cuan di TikTok. Tenang, kamu tidak sendirian kok. Kamu bisa belajar dan sharing dengan sesama affiliate TikTok dengan bergabung Telegram ini.

Kalau kamu juga membuat konten Tiktok dan ingin menghasilkan uang dari Tiktok. Coba baca deh artikel Cara Monetisasi Tiktok Agar Bisa Hasilkan Cuan.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait