Panduan Rasio untuk Feed Instagram: Tips untuk Affiliate Marketer Pemula

Panduan Rasio untuk Feed Instagram: Tips untuk Affiliate Marketer Pemula

Admin
Feb 27, 2024
SHARE ON
1709023542_panduan-rasio-untuk-post-instagram.jpg

Pernah bingung menentukan ukuran yang pas buat konten Instagram? Atau seringkali tidak sesuai ketika sudah terposting di feed maunya square tapi malah salah format jadi potrait? Artikel ini akan membantu kamu untuk membuat ukuran rasio yang tepat untuk konten instagram kamu, mulai dari feed, stories sampai reels, dengan begitu drama salah format posting enggak akan terjadi lagi, kami akan memberikan panduan beserta contohnya + template gratis yang bisa kamu pakai. Stay reading ya…

Bagaimana cara membuat feed Instagram Aesthetic? Berapa sih rasio feed Instagram?

Dalam merancang feed Instagram yang estetik, penting untuk memahami konsep rasio dan ukuran dalam desain konten. Karena enggak akan jadi estetik kalau ternyata ukurannya tidak sesuai. Instagram, sebagai platform yang berfokus pada visual, dimensi foto yang tepat dengan kapasitas relosusi yang tinggi penting untuk menarik perhatian audiens. Namun, seringkali ada kebingungan mengenai perbedaan antara ukuran dan rasio. Mari kita urai satu per satu untuk memahami konsep ini lebih jauh.

Mengenal Rasio dalam Desain Konten

Definisi Rasio:

Rasio dalam desain berarti proporsi antara lebar dan tinggi gambar, misalnya, rasio 2:1 menandakan lebar gambar dua kali lipat dari tingginya. Di Instagram, rasio yang umum digunakan adalah persegi (1:1), horizontal (16:9 atau 1.91:1), vertikal (9:16), dan portrait (4:5). Rasio ini bertujuan untuk membantu kita memvisualisasikan bentuk gambar dengan proporsional

Memahami Ukuran atau Dimensi:

  • Ukuran atau dimensi merujuk pada besaran fisik gambar, yang berdampak pada kualitas dan besar file.
  • Satuan yang biasa digunakan adalah piksel (px), sentimeter (cm), dan lain-lain.

Menentukan Rasio & Ukuran Konten Instagram

Untuk menciptakan tampilan Instagram yang menarik, penting untuk menemukan rasio dan ukuran konten yang tepat. Berikut panduan praktisnya:

Menentukan Kisaran Ukuran Konten

Pertama, tentukan ukuran konten yang diinginkan dalam piksel, apakah di bawah 500 px, antara 500–1000 px, atau di atas 1000 px. Ukuran ini akan mempengaruhi kualitas visual gambar yang dihasilkan.

Menghitung Rasio Konten

Analisis hubungan antara tinggi dan lebar konten. Sebagai contoh, jika tinggi konten adalah 1920 px dan lebarnya 1080 px, maka rasio desain adalah 16:9. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan konten terlihat proporsional dan menarik di feed Instagram.

Baca juga: 16 Aplikasi Link Bio Gratis di Instagram, Twitter dan Tiktok

Panduan Ukuran Rasio Post Berdasarkan Jenis Konten

Berikut panduan ukuran rasio post berdasarkan jenis konten atau fitur-fitur yang dimiki instagram:

1. Feed (Single Image atau Carousel) Instagram

Untuk membuat feed Instagram yang menarik, penting untuk memperhatikan beberapa aspek seperti rasio, ukuran file maksimal, resolusi, dan jenis file. Berikut contekan perbandingan ukuran rasio dan resolusinya:

Rasio dan Resolusi:

  • Ukuran standart untuk feed Instagram adalah rasio 1:1 (persegi) dengan resolusi 1080x1080 px.
  • Untuk gambar portrait, gunakan rasio 4:5 dengan resolusi 1080x1350 px.
  • Gambar landscape terbaik dengan rasio 1.91:1 dan resolusi 1080x608 px.

Ukuran File dan Jenis File:

  • Ukuran file maksimal adalah 30MB untuk foto.
  • Format file yang didukung antara lain JPG dan PNG untuk kualitas terbaik.

Template Instagram feed

2. Instagram stories

Instagram stories merupakan salah satu fitur yang sangat populer di platform ini, menjadi tempat menuangkan kreatifitas bagi pengguna, khususnya buat kamu yang sedang mengoptimalkan affiliate marketing, instagram stories sangat tepat dioptimalkan untuk link affiliate kamu, klik di sini buat daftar jadi publisher, karena Instagram stories ini juga bisa menjadi tempat berbagi momen secara real-time.

Berbeda dengan feed Instagram, stories lebih fokus pada format portrait yang memanjang. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai spesifikasi dan penggunaan format ini:

Rasio dan Resolusi:

  • Rasio 9:16 Ini adalah rasio standart untuk portrait atau vertikal, yang tepat dan direkomendasikan untuk layar ponsel yang terkesan full screen.
  • Resolusi 1080x1920 piksel: Resolusi ini memberikan kualitas gambar yang tajam dan detail. Resolusi tinggi ini penting untuk menampilkan konten yang jelas dan menarik, terutama mengingat audiens seringkali melihat stories dalam mode full screen, jadi pastikan visualnya clean dan tidak pecah-pecah ya.

Ukuran File:

  • Maksimal 4GB: Walaupun ukuran file maksimal yang diizinkan cukup besar, penting untuk mempertimbangkan kecepatan upload dan pengalaman pengguna. File yang lebih kecil biasanya diunggah lebih cepat dan lebih mudah dilihat oleh pengguna dengan koneksi internet yang beragam.
  • Optimasi Ukuran File: Untuk video, pertimbangkan kompresi file agar tidak terlalu berat. Ini akan membantu memastikan bahwa stories kamu dapat diunggah dengan mudah dan dilihat dengan lancar.

Penggunaan Format dalam stories:

  • Memanfaatkan full screen: Dengan menggunakan rasio 9:16, kamu dapat memanfaatkan tampilan full screen agar konten lebih menonjol dan engaging.
  • Gunakan format stories ini untuk berbagai jenis konten, seperti foto, video pendek, boomerang, atau teks dan grafik animasi.
  • Interaktivitas: Instagram stories juga menyediakan berbagai fitur interaktif seperti polling, kuis, stricker yang variatif dan juga link yang bisa kamu masukan untuk affiliate kamu.

Download template Instagram Stories di sini

3. IGTV Instagram

Rasio standart (9:16): tampilan format vertikal yang paling sering digunakan. Idealnya memang untuk konten yang ditonton langsung dari smartphone, tujuannya untuk memberikan pengalaman tampilan penuh tanpa perlu memutar perangkat (rotate screen).

Rasio Landscape (16:9): Meskipun kurang umum, IGTV juga mendukung konten dengan format landscape. Format ini cocok untuk video yang awalnya direkam atau dibuat dalam orientasi horizontal, seperti rekaman dari kamera atau konten yang dibuat untuk platform lain.

Resolusi IGTV:

  • Rekomendasi resolusi untuk IGTV adalah 1080x1920 piksel. Resolusi ini memastikan bahwa video terlihat jernih dan berkualitas tinggi di berbagai perangkat.
  • Resolusi tinggi bertujuan untuk menjaga kualitas visual konten, terutama saat dilihat pada layar yang lebih besar atau dengan resolusi yang lebih tinggi agar tidak pecah-pecah

4. Instagram Reels

Instagram Reels ini sedang populer dan direkomendasikan META untuk digunakan menarik perhatian audiens dan juga meningkatkan engagement, fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten video pendek yang menarik dan engaging, juga memiliki spesifikasi khusus:

Rasio untuk Reels:

  • Rasio 9:16, mirip dengan Stories atau IGTV. Rasio ini mendukung format vertikal yang paling sesuai untuk pengalaman menonton di smartphone.
  • Format vertikal ini efektif untuk menarik perhatian audiens saat mereka ngesrcoll feed mereka.

Resolusi Reels:

  • Resolusi ideal untuk Reels adalah 1080x1920 piksel, serupa dengan IGTV. Resolusi ini memberikan kualitas gambar yang tajam dan detail.
  • Kualitas resolusi yang tinggi ini juga memastikan bahwa Reels kamu tetap terlihat bagus meskipun di-share di luar platform Instagram, seperti dalam Stories atau ketika disimpan dan dibagikan di platform lain.

Download di sini template instagram reels

Kesimpulan

Dengan memahami rasio dan ukuran konten di instagram, kamu tidak lagi bingung saat memberikan brief ke designer. Selain itu konten yang estetik juga harus diiringi dengan kualitas dan resolusi yang sudah direkomendasikan.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait