Tutorial Schedule Post Feed & Stories Otomatis untuk Affiliate Marketer

Tutorial Schedule Post Feed & Stories Otomatis untuk Affiliate Marketer

Admin
Mar 04, 2024
SHARE ON
1709547719_content-schedule-instagram.jpg

Buat kamu yang baru merintis menjadi affiliate marketer di sosial media, konsistensi dalam memposting konten sesuai jadwal yang sudah ditentukan menjadi kunci utama keberhasilan membangun engagement, ya kan? Namun kadang terasa merepotkan kalau kondisinya sedang banyak mobilitas. Biasanya akan berujung postingan tertunda dan imbasnya pada engagement rate yang stuck.

Tapi beruntungnya, Meta mengembangkan sebuah fitur baru yang sudah lama sebenarnya, namun jarang orang tahu, atau kalaupun tahu, mereka jarang memanfaatkannya, yap, scedule post. Meskipun sempat beredar rumor bahwa schedule post akan mempengaruhi engagement. Ya, pada dasarnya semua bergantung pada konten yang kita sajikan, kalau memang tidak sesuai target audiens dan kurang menarik perhatian ya jelas, engagement akan menurun meskipun tanpa menggunakan fitur “schedule post”

Artikel ini akan membahas tutorial spesifik langkah-langkah schedule post otomatis di instagram baik itu feed, maupun reels. Stay Reading ya..

Apa itu Schedule Post Instagram?

Mungkin kamu sering dengar istilah "schedule post" di Instagram, tapi apa sih sebenarnya itu? Schedule post adalah sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk menyiapkan dan menentukan waktu kapan kontenmu akan publish di Instagram secara otomatis. Fitur ini sangat berguna, terutama buat kamu yang punya kesibukan lain atau ingin memastikan kontenmu terpost di waktu terbaik untuk mendapatkan engagement yang maksimal.

Dilansir dari SocialPilot, berikut adalah manfaat dari menggunakan schedule post:

1. Menghemat Waktu

Dengan menjadwalkan postingan, kamu bisa mengatur banyak konten sekaligus dalam satu waktu. Ini menghemat waktu kamu karena kamu tidak perlu setiap hari mengupload konten secara manual.

2. Konsistensi Konten

Menjadwalkan post membantu kamu tetap konsisten dalam memposting konten. Ini penting untuk membangun engagement dan membentuk audiens sesuai target yang kamu inginkan

3. Meningkatkan Kualitas Konten

Karena kamu punya waktu lebih untuk bisa well prepared dalam produksi konten. Nah, kualitas konten yang dijadwalkan biasanya lebih efektif karena merasa tidak diburu moment, kamu sudah

mempersiapkan sebelumnya dengan baik, mengurangi kesalahan typo atau salah format dalam posting.

4. Analisis dan Strategi

Dengan menjadwalkan, kamu juga bisa lebih mudah menganalisis konten mana yang paling efektif dan merencanakan strategi kontenmu berdasarkan analisis tersebut.

5. Fleksibilitas Waktu Posting

Kamu bisa memilih waktu posting yang paling optimal berdasarkan analisis kapan audiensmu paling aktif meskipun kamu memiliki kesibukan yang padat dan tidak bisa diprediksi.

Baca juga: Ukuran Rasio dan Resolusi dari Berbagai Fitur Instagram

Fitur pada instagram yang digunakan untuk Schedule Post Feed & Stories

Berikut beberapa fitur pada Instagram yang dapat kamu manfaatkan jika ada kebutuhan scheduling posting konten di feed dan stories:

A. Cara Schedule Post di Instagram Apps

Tutorial schedule post di instagram apps, pastikan bahwa akun instagramnya sudah di ubah ke akun bisnis ya, bukan personal. Untuk Postingan IGTV, Feed dan Reels, langkah - langkahnya sama saja, panduan ini kami ambil satu contoh post feed:

1. Buka Instagram app

Buka aplikasi Instagram di smartphone kamu.

Klik tombol "+" untuk memulai proses upload.

2. Memilih dan Mengedit Konten

Pilih gambar atau video yang ingin kamu upload, lalu ketuk 'Berikutnya'.

Lakukan editing seperti membuat caption dan menandai orang.

3. Mengakses Pengaturan Jadwal

Dalam layar edit, ketuk 'Pengaturan Lanjutan'.

Di sini kamu akan menemukan opsi 'Jadwalkan posting ini'. Aktifkan sakelar tersebut.

4. Klik “advanced setting”

Aktifkan schedule post dan tentukan jadwal dan waktu sesuai yang kamu inginkan, lalu klik “done”

B. Cara Melihat Konten yang Terjadwal

Untuk mengecek jadwal, kamu dapat menuju halaman profil, kemudian buka tanda humberger (garis 3 kebawah) kamu bisa klik 'Konten terjadwal' untuk melihat semua postingan yang telah dijadwalkan.

C. Cara Mereschedule Konten

Berikut adalah beberapa langkah cara yang dapat kamu lakukan untuk merubah jadwal konten yang telah diatur sebelumnya:

1. Membuka Konten Terjadwal

Buka halaman 'Konten terjadwal' dari profil.

Pilih konten yang ingin di reschedule.

2. Menjadwalkan Ulang

Ketuk menu (ikon tiga titik) dan pilih 'Jadwal Ulang'.

Tentukan tanggal dan waktu baru, lalu setel.

D. Cara Mengedit Konten yang Terjadwal

  • Dari halaman 'Konten terjadwal', pilih konten yang ingin diedit.
  • Ketuk menu dan pilih 'Edit Reel' atau 'Edit Post'.
  • Lakukan perubahan yang diinginkan dan simpan.

E. Cara Menghapus Konten Terjadwal

  • Dari halaman 'Konten terjadwal', pilih konten yang ingin dihapus.
  • Konfirmasi penghapusan dengan mengetuk 'Hapus' pada pop-up yang muncul.

Dengan langkah-langkah tersebut, kamu dapat dengan mudah menjadwalkan, mengedit, dan mengelola konten Instagram. Ini membantu kamu tetap konsisten dengan postingan tanpa harus khawatir soal waktu dan ketersediaanmu untuk memposting secara manual.

F. Cara Schedule Post di Instagram dan Facebook Secara Bersamaan

Nah, kalau kamu ingin menjadwalkan postingan Instagram dan Facebook sekaligus, Meta Business Suite adalah pilihan yang tepat. Begini caranya:

1. Login dulu ya ke Meta Business Suite

Pilih akun Instagram yang ingin kamu atur.

Klik Content

2. Create Post

Pilih 'Create Post' dan unggah konten yang sudah kamu siapkan.

Setelah itu, tentukan kapan mau posting dan klik 'Schedule'.

Pada bagian photos itu kamu bisa klik dan pilih misalnya kamu ingin post video maka pilih video.

3. Klik “Placement”

Di “Placement” kamu bisa pilih mau menjadwalkan di faebook, instagram atau keduanya.

Pilih “create post” dan kamu juga bisa melihat preview kalau postingan ini terpublish

Kamu juga bisa membuat stories terjadwal menggunakan Meta Business Suite yang ada di mobile app, langkah-langkahnya kurang lebih sama.

Baca juga: Cara Membuat Link di Bio Instagram dari HP dan Desktop

Tips Best Practice saat Post Konten di Instagram

Menjadwalkan konten memang penting, tapi ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan untuk memaksimalkan efektivitas kontenmu di Instagram. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar hasilnya efektif:

1. Post di Waktu yang Tepat

Penting untuk mengetahui kapan audience-mu paling aktif. Berdasarkan data dari SocialPilot, posting di jam-jam tertentu bisa meningkatkan engagement secara signifikan. Misalnya, posting di sore hari atau akhir pekan bisa lebih efektif daripada jam kerja biasa. Tapi ingat, ini tergantung pada audiens kamu, jadi pastikan untuk memeriksa “insights” akun Instagram-mu untuk data yang lebih akurat.

Kamu bisa melihat dari “insight” pada akun instagram kamu, di sana terdapat kapan dan hari apa saja audiens kamu aktif

2. Gunakan Konten Kalender

Konten kalender akan membantu kamu untuk tetap terorganisir dan memastikan bahwa kamu memiliki variasi konten yang baik. Dengan kalender konten, kamu juga bisa menyiapkan strategi untuk event-event tertentu atau hari-hari penting yang relevan dengan niche-mu.

3. Perhatikan Frekuensi Posting

Mencari tahu frekuensi posting yang tepat agar followers tidak merasa jenuh. Umumnya, posting satu hingga dua kali sehari dianggap ideal, dan minimal seminggu 2 atau 3 kali post terbilang cukup. Namun lagi-lagi ini tergantung pada preferensi audiens kamu.

4. Sesuaikan dengan Target Audience

Konten yang kamu buat harus menarik dan relevan bagi target audiens. Misalnya, jika target audiens adalah pecinta traveling, maka postingan tentang tips perjalanan atau destinasi baru akan lebih menarik bagi mereka. Mengenal audiens dengan baik dan tahu apa yang mereka cari di Instagram akan membantu untuk membuat konten yang lebih engaging.

5. Konten Harus Relevan dan Menarik

Setiap konten yang kamu post harus punya nilai tambah bagi pengikutmu. Ini bisa berupa informasi yang berguna, hiburan, atau inspirasi. Konten yang berkualitas tidak hanya menarik perhatian tapi juga mendorong interaksi, seperti komentar dan share.

Kunci sukses membangun akun affiliate marketing di Instagram bukan hanya tentang frekuensi atau waktu posting, tapi juga tentang kualitas dan relevansi konten yang kamu sajikan. Jangan lupa daftar jadi publisher di AccessTrade

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu akan lebih siap untuk mengembangkan strategi konten Instagram yang efektif dan engaging. Selamat Mencoba!

Ingin lebih banyak belajar tentang affiliate marketing? Yuk, gabung di Telegram AccessTrade Indonesia

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait