blogs - digital marketing

Peluang Bisnis Online Affiliate Marketing Cocok Untuk Work from Home

10 Mar 26, 2020
Peluang Bisnis Online Affiliate Marketing Cocok Untuk Work from Home

Sejak awal tahun 2020 wabah virus Corona (COVID-19) menyebar secara cepat secara global dan menyebabkan banyak negara termasuk Indonesia memberlakukan kerja dari rumah alias Work from Home (WFH). Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga telah menghimbau masyarakat untuk melakukan social distancing dan beraktivitas di rumah.

Sebagian besar perusahaan sudah menerapkan kebijakan WFH ini. Bahkan ada juga beberapa sektor industri yang lumpuh akibat pandemi ini, seperti travel dan hotel misalnya. Yang memberlakukan cuti tanpa tanggungan kepada karyawannya, bahkan terpaksa harus melakukan PHK karena tidak mendapatkan pemasukan untuk membayar gaji karyawan.

Jika Anda termasuk yang mengalami hal ini, jangan putus asa dahulu. Karena masih ada peluang bisnis yang dapat dilakukan saat dalam situasi seperti ini. Salah satunya adalah affiliate marketing. Perlu diketahui bahwa affiliate marketing merupakan salah satu peluang bagus untuk berbisnis melalui internet.  

Affiliate marketing adalah sistem bisnis di mana suatu perusahaan yang mengiklankan produk atau jasanya (advertiser), akan memberikan komisi pada orang atau perusahaan lain yang membantu mempromosikan iklan tersebut (publisher). Komisi biasanya akan diberikan kepada publisher ketika sudah terjadi transaksi ataupun registrasi (action), tergantung dari jenis produk yang diiklankan. Komisi ini juga disebut Cost-per-Action (CPA).

Bisnis affiliate marketing ini tidak hanya untuk Anda yang sedang membutuhkan pekerjaan, tapi juga cocok untuk Anda yang saat ini sedang menjalankan Work from Home dan ingin mendapatkan pemasukan tambahan. Mengapa demikian? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Keuntungan Memiliki Bisnis Affiliate Marketing

  • Biaya modal yang rendah

Dalam memulai bisnis affiliate marketing bukan berarti tidak membutuhkan modal, tetapi Anda juga tetap mengeluarkan biaya yang bisa dikatakan tidak terlalu besar. Kebutuhan utama Anda adalah komputer/laptop yang terkoneksi dengan internet. Selain itu juga Anda tinggal bergabung ke situs jaringan affiliate marketing yang terkemuka dan terpercaya, seperti Accesstrade. Anda juga perlu membuat wadah untuk Anda mempromosikan iklan afiliasi, seperti website atau blog, juga media sosial pribadi Anda. Selain itu, Anda harus mengetahui teknik digital marketing, yang dapat dipelajari dengan mudah di internet. Accesstrade juga menyediakan platform pembelajaran digital marketing secara gratis untuk publisher yang dapat diakses di Accesstrade Academy.

  • Waktu yang fleksibel

Kelebihan menjalankan bisnis affiliate marketing adalah tidak perlu ke kantor. Tentu ini cocok untuk Anda yang sedang menjalankan Work from Home (WFH), bekerja sebagai freelancer, ataupun yang membutuhkan peluang bisnis baru. Dengan melakukannya di rumah, Anda cukup berkutat di depan komputer untuk memasarkan iklan afiliasi dan menjalankan strategi digital marketing untuk menggiring traffic ke situs Anda.

Anda juga sudah disediakan dashboard website oleh Accesstrade sehingga memudahkan Anda yang bekerja secara WFH untuk memantau bisnis affiliate marketing berjalan, Serta mengetahui bagaimana link affiliate Anda berjalan dengan sesuai. Selain itu, Anda juga mudah memantau berapa orang yang mengklik, membaca, dan membeli produk dari link Anda. Mudah bukan?  Dan jangan khawatir, karena tim handal dari Accesstrade akan selalu siap membantu Anda jika masih mengalami kesulitan.

  • Mudah mendapatkan komisi penjualan

Untuk masalah pembayaran, tidak perlu khawatir. Sebab, Anda akan meraih pendapatan dari komisi dari setiap iklan yang mendapatkan transaksi ataupun action lainnya. Setiap program afiliasi memberikan persentase komisi yang berbeda-beda, tergantung dari jenis usaha dan produk yang diiklankan. Tentu di dashboard Accesstrade sudah tersedia informasi lengkap dari setiap iklan yang dapat dijalankan.

Tips Sukses Untuk Menjalankan Affiliate Marketing

Setelah mengetahui keuntungan bisnis affiliate marketing, ada baiknya Anda ketahui langkah-langkah yang tepat untuk sukses menjalankan bisnis ini. Berikut penjelasannya:

  • Sign Up untuk program afiliasi

Langkah yang utama sebelum menjalankan bisnis affiliate marketing adalah melakukan pendaftaran di penyedia program affiliate marketing seperti Accesstrade. Anda dapat langsung sign up dengan mengklik link ini.

 Setelahnya, Anda akan mengakses dashboard publisher. Pelajari lebih dahulu ketentuan setiap programnya dan persentase komisi yang akan didapatkan serta jangka waktu iklan.

  • Pelajari produk yang dimiliki

Selain mempelajari tentang program afiliasi yang tersedia, langkah yang tak kalah penting adalah mengetahui lebih dalam tentang produk dan jasa yang Anda akan promosikan. Ketahui keunggulan-keunggulan apa saja yang dimiliki produk Anda sehingga mencapai target penjualan yang maksimal.

Ini tentunya akan menentukan strategi Anda dalam membuat konten menarik yang sesuai dengan produk atau jasa tersebut. Baik itu teknik penulisan, maupun foto atau video yang Anda publikasikan untuk mengajak orang membeli produk tersebut.

  • Gunakan blog, media sosial, atau forum online

Di era semakin digital penggunaan media digital tidak lepas dari genggaman tangan masyarakat, terutama ketika sedang mencari informasi. Oleh karena itu media digital sangat penting dalam mendorong suksesnya bisnis affiliate marketing. Hal ini mempermudah promosi melalui online seperti blog, media sosial (Instagram, Twitter, Facebook) atau forum-forum online. Melalui strategi ini diharapkan dapat mencapai target bisnis affiliate marketing yang maksimal. Selain itu, target audience akan mengetahui lebih jelas tentang produk yang akan Anda sampaikan.

Promosi melalui blog dapat dilakukan dengan membuat artikel yang mendalam dengan rincian informasi terkait produk yang diiklankan, sedangkan untuk media sosial, mungkin Anda dapat berkreasi lebih seru dengan menggunakan foto atau video yang menarik.

Oleh karena itu bisnis affiliate marketing adalah sasaran tepat untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Jadi tunggu apalagi?  Ayo bergabung dengan Accesstrade untuk mendapatkan peluang bisnis affiliate marketing sekarang juga! Klik di sini untuk mendaftar!