Rata-Rata Pendapatan Influencer Perbulan Berdasarkan Jumlah Followersnya

Admin
insights Aug 11, 2023
1691737724_gaji1.jpg

Sebagai orang awam, mungkin Anda sering kali penasaran dengan berapa gaji yang bisa didapatkan oleh seorang influencer dari aktivitasnya di media sosial. Gaji seorang influencer sendiri cukup bervariasi tergantung pada beberapa faktor, dan salah satunya adalah jumlah followers yang dimiliki. Dalam artikel ini, kita akan membahas berapa rata-rata gaji influencer berdasarkan jumlah followersnya.

Daftar Isi

Apakah Selebgram di Gaji?

Sama seperti pekerjaan lepas atau freelance pada umumnya, Influencer akan menerima bayaran jika telah berhasil menyelesaikan tugas berdasarkan kesepakatan tertentu dengan pihak yang membutuhkan jasa mereka. Gaji seorang influencer pun sangat bervariasi tergantung pada jumlah followers, engagement hingga keahlian mereka di suatu topik atau industri. Semakin banyak followers yang mereka miliki, maka semakin besar pula kemungkinan mereka mendapatkan gaji.

Berapa Estimasi Penghasilan Seorang Influencer Perbulan?

Sebelum masuk ke rincian penghasilan, penting untuk diingat bahwa tidak ada angka yang pasti untuk gaji seorang influencer. Hal ini karena setiap influencer memiliki kesepakatan yang berbeda dengan brand atau perusahaan. Tarif yang mereka dapatkan juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis industri, pangsa pasar, seberapa sering influencer tersebut aktif, serta kualitas konten yang dihasilkan.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, mari kita lihat perkiraan pendapatan seorang influencer perbulan berdasarkan jumlah followers yang dimilikinya di bawah ini:

1. Pendapatan Influencer dengan 500 Followers

Bagi seorang influencer dengan jumlah followers sekitar 500, kemungkinan besar mereka masih berada di tahap awal karir. Menurut Instagram Influencer Earnings Calculator by influencermarketinghub.com, Influencer dengan kondisi 500 followers, 36 Average Likes / Post dan 7.2% Engagement Rate, maka akan mendapatkan tarif sekitar $40 - $60 per post atau sekitar Rp. 762.000.

Karena masih mengawali karir dan sedikit kemungkinan untuk dapat bekerjasama secara langsung dengan brand, maka dapat diasumsikan Influencer dengan 500 followers dapat memiliki penghasilan sekitar kurang dari 2 Juta Rupiah dalam sebulan.

2. Penghasilan Influencer dengan 1.000 - 10.000 Followers

Menurut data dari HypeAuditor, tipe kategori Influencer dengan 1.000 - 10.000 followers rata-rata akan mendapatkan penghasilan di angka $1.420 atau sekitar Rp.21.660.751 perbulan.

3. Penghasilan Influencer dengan 10.000 - 50.000 Followers

Influencer dengan jumlah followers 10K sampai 50K akan mendapatkan penghasilan rata-rata di angka $2061 atau sekitar Rp.31.438.597 perbulan.

4. Pendapatan Influencer dengan 50.000 - 500.000 Followers

Macro Influencer dengan jumlah followers 50K sampai 500K akan mendapatkan penghasilan rata-rata di angka $3517 atau sekitar Rp.53.648.493 perbulan.

5. Penghasilan Influencer dengan 500.000 - 1.000.000 Followers

Influencer dengan jumlah followers 500K sampai 1M akan mendapatkan penghasilan rata-rata di angka $5847 atau sekitar Rp.89.190.430 perbulan.

6. Pendapatan Influencer diatas 1.000.000 Followers

Mega Influencer dengan jumlah followers diatas 1M akan mendapatkan penghasilan rata-rata di angka $15.356 atau sekitar Rp.234.241.191 perbulan.

Tentu saja jumlah angka pendapatan influencer diatas sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya keahlian dan seberapa luas pengetahuan seorang influencer dari industri yang difokuskan, seberapa tinggi engagement influencer dengan followersnya, dan dari mana saja seorang influencer dapat mencari peluang untuk menghasilkan uang sebagai influencer.

Baca Juga: 3 Cara Menentukan Berapa Rate Card Influencer

Darimana Saja Sumber Penghasilan Influencer?

Ternyata untuk mendapatkan penghasilan perbulan seperti pada data diatas, seorang influencer tidak bisa hanya berharap hanya pada satu sumber penghasilan seperti endorsement atau sponsored content dengan brand. Terutama untuk kamu yang baru memulai karir sebagai influencer pasti jumlah followers menjadi faktor paling besar bagaimana brand akan melirik Anda untuk bekerja sama.

Jadi untuk kamu yang baru saja yang akan memulai karir sebagai influencer, maka ada baiknya untuk mencoba menjalankan affiliate marketing. Karena cara kerja affiliate marketing dapat dilakukan oleh siapa saja yang bisa merekomendasikan produk dan tanpa syarat minimal followers.

Apakah kamu familiar dengan link di bio pada profile seorang influencer? Atau sering melihat jika ada Influencer yang sedang merekomendasikan sebuah produk melalui link yang dia bagikan? Itu adalah salah satu cara kerja dari affiliate marketing.

Tertarik untuk menjadi seorang influencer yang dapat menghasilkan uang dari sosial media? Klik link berikut untuk memulai menjalankan program affiliate untuk influencer: Social Media Affiliate Marketing untuk Influencer

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.