ACCESSTRADE Indonesia

10 Manfaat Afiliasi Pemasaran yang Harus Diketahui Bagi Perusahaan dan Affiliate Marketer

Admin
affiliate marketing Dec 24, 2022

Baca Juga: Cari Uang Sambil Berpetualang, Yuk Ikutan Cara Daftar Affiliate Traveloka!

Afiliasi pemasaran merupakan teknik yang cukup ampuh untuk mempercepat penjualan dan insight. Teknik afiliasi mengharuskan Anda sebagai pengiklan / advertiser untuk membuat program dimana orang lain bisa mempromosikan produk secara bebas. Sebagai gantinya, setiap transaksi berhasil Anda harus membayar sejumlah komisi pada affiliate marketer / publisher. Baik pengiklan maupun affiliate marketer memiliki keuntungannya masing-masing. Di bawah ini adalah rangkuman Accesstrade terkait setiap manfaat afiliasi pemasaran.

Daftar Isi

Apa Tujuan Utama Afiliasi Pemasaran Dalam Kegiatan Bisnis?

Teknik pemasaran umumnya memiliki tujuan tersendiri. Mulai dari meningkatkan jangkauan audience hingga penjualan produk agar semakin laris. Secara garis besar, dua tujuan tersebut dapat terealisasikan melalui afiliasi pemasaran. Berikut adalah uraian mengenai beberapa tujuan utama dari afiliasi pemasaran.

Menjangkau Pelanggan yang Lebih Luas

Tujuan utama dari afiliasi pemasaran yang pertama adalah untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Dengan menerapkan program afiliasi bersama perusahaan yang telah mahir di bidang tersebut akan membuat bisnis Anda lebih mudah untuk menjangkau pasar batu. Hasilnya adalah semakin banyak orang mengetahui produk Anda. Promosi yang dibuat oleh setiap affiliate marketer juga meningkatkan peluang terjualnya produk yang ditawarkan.

Memasuki Wilayah Pasar Baru

Persaingan di dunia bisnis tidak bisa Anda sepelekan. Terkadang di beberapa wilayah tertentu sudah ada bisnis milik orang lain yang berkuasa. Ketika hal ini terjadi, Anda sebagai pebisnis baru akan kesulitan untuk menjangkau pelanggan di daerah situ. Akan tetapi, tenang saja karena dengan teknik afiliasi produk Anda memiliki kesempatan untuk masuk ke sana. Sifat afiliator yang bisa datang dari mana saja membuat bisnis Anda lebih mudah tersebar ke berbagai wilayah. Terlebih lagi jika bekerja sama dengan perusahaan afiliasi.

Peningkatan Sinergi Antar Bisnis

Beberapa perusahaan atau pihak yang bekerja sama akan menciptakan sinergi baru. Sinergi ini bisa menguatkan nilai bisnis, khususnya dalam menawarkan sebuah produk atau layanan yang Anda miliki. Tujuan ini bisa tercipta ketika bisnis Anda terafiliasi dengan setiap publisher / perusahaan afiliasi yang terikat kerja sama.

Meningkatkan Peluang Investasi

Karena nilai dari produk dan bisnis meningkat, otomatis poin ini akan berpengaruh terhadap ketertarikan investasi. Produk dan layanan Anda bisa tersebar dan memiliki banyak pengguna berkat layanan afiliasi. Kemudian, affiliate marketer juga mendapat keuntungan dari modal yang telah Anda siapkan.

10 Manfaat Afiliasi Pemasaran Bagi Bisnis Perusahaan

Tujuan di atas dapat Anda rasakan berkat sistem dari afiliasi pemasaran itu sendiri. Promosi yang tepat sasaran membuat perkembangan bisnis semakin efektif. Selain soal keefektifan, berikut adalah beberapa manfaat afiliasi pemasaran bagi para pelaku bisnis perusahaan.

  • Tanpa Perlu Iklan Berbayar

Iklan dengan bisnis afiliasi memang sekilas terdengar mirip. Akan tetapi, sistem afiliasi hanya memerlukan biaya ketika produk Anda sudah terjual. Semua pihak bisa mempromosikan produk atau layanan menggunakan link afiliasi. Anda bisa jadikan sistem ini sebagai alternatif dari iklan yang dibayar untuk setiap tayangan.

  • Pekerjaan Berdasarkan Performance

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda hanya membayar ketika produk berhasil terjual. Sistem yang seperti ini bisa menjadikan bisnis perusahaan Anda lebih hemat dalam hal biaya pemasaran. Anda juga bisa menetapkan ketentuan lain dalam bisnis afiliasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Setiap langkah bisa jadi sangat efisien.

  • Membangun Ekosistem Bisnis

Ketika Anda menggunakan sistem afiliasi pemasaran maka akan terbentuk suatu ekosistem yang menghubungkan bisnis dengan pihak baru. Pihak baru sebagai publisher akan mempromosikan produk dan Anda membayar setiap performance yang berhasil. Dari kegiatan inilah ekosistem bisnis bisa terus berkembang dan menjadi lebih baik berkait sifatnya yang saling berkaitan.

  • Sebagai Reward Bagi Pelanggan yang Ingin Mendapat Uang

Dengan membuka sistem afiliasi pemasaran, Anda akan membuka peluang baru bagi banyak orang untuk mendapat pemasukan tambahan. Pendapatan pelanggan (dalam hal ini adalah affiliate marketer) berasal dari komisi dari Anda untuk setiap aksi / produk yang terjual. Dampaknya bagi bisnis adalah setiap pengeluaran jadi lebih tepat karena produk sudah pasti terjual.

  • Memperbesar Target Pasar

Saat Anda menggunakan teknik afiliasi pemasaran, target pasar yang bisa dijangkau akan semakin besar. Cakupannya terus meluas sesuai dengan promosi yang dilakukan oleh affiliate marketer. Ini manfaat afiliasi pemasaran yang akan membuat bisnis dan perusahaan Anda bisa semakin terkenal di kalangan masyarakat.

Dengan membesarnya target pasar, secara otomatis pula aktivitas bisnis bisa diketahui oleh banyak orang. Remaja hingga dewasa yang datang dari kalangan pelajar / mahasiswa maupun para pekerja bisa jadi target baru. Contohnya saja Anda memiliki produk yang ada di bidang elektronik untuk keperluan desain. Ketika menggunakan sistem afiliasi pemasaran, audience Anda bisa menyebar ke berbagai kelompok berkat adanya affiliate marketer. Artinya, produk yang dijajakan berkesempatan untuk membuka minat baru masyarakat.

  • Memudahkan Dalam Promosi Luas

Manfaat afiliasi pemasaran selanjutnya adalah dapat memudahkan ajang promosi secara meluas. Umumnya, affiliate marketer akan menyebar link berisikan produk afiliasi Anda ke berbagai social media dan platform digital. Dengan teknik seperti ini, secara otomatis membuat ajang promosi dan memperkenalkan produk ke banyak orang semakin lebih mudah. Belum lagi dengan konten yang membantu naiknya nilai produk membuat audience tertarik dan segera melakukan transaksi.

  • Membantu Efisiensi Keuangan Perusahaan

Dalam afiliasi pemasaran, Anda hanya perlu membayar komisi pada affiliate marketer ketika ada seseorang yang melakukan transaksi / tindakan sesuai kebutuhan saja. Poin tersebut tentu menjadikan perputaran keuangan perusahaan menjadi lebih efisien dari segi biaya.

  • Resiko Kerugian Kecil

Bisnis afiliasi memang pada dasarnya hanya fokus pada pembayaran berdasarkan performance. Artinya, setiap biaya yang Anda keluarkan dalam afiliasi pemasaran sebanding dengan apa yang didapatkan. Contohnya adalah afiliasi untuk menjual produk. Anda hanya membayar affiliate marketer ketika mereka berhasil mendatangkan satu orang untuk membeli produk saja. Apabila tidak membeli produk tersebut maka Anda tidak perlu membayar komisi. Hal ini mengurangi resiko kerugian secara langsung dari segi marketing.

  • Sumber Trafik Baru

Penyebaran dan promosi produk melalui konten dari setiap affiliate marketer bisa mendatangkan trafik baru yang berasal dari tempat mereka beriklan. Entah itu dari social media maupun website pribadi milik dari affiliate marketer.

  • Memperbesar Awareness Perusahaan

Dalam sebuah bisnis, tingkat awareness atau kesadaran dari konsumen adalah hal penting. Poin ini penting agar perusahaan atau brand Anda lebih mudah diingat oleh konsumen. Apabila Anda menggunakan teknik afiliasi, otomatis nama brand / produk / perusahaan akan turut tersebar ke berbagai media dan membuat masyarakat lebih mengenalinya. 

Manfaat Afiliasi Bagi Affiliate Marketer

Dengan boomingnya teknik afiliasi pemasaran / affiliate marketing maka muncullah lebih banyak afiliator yang sering disebut juga dengan affiliate marketer. Berikut adalah beberapa poin manfaat afiliasi pemasaran bagi Anda yang ingin / tertarik menjadi seorang publisher atau affiliate marketer.

Passive Income

Passive Income adalah sebuah istilah yang merujuk pada jenis pendapatan pasif. Artinya, Anda bisa tetap memiliki kesempatan untuk menerima pendapatan meskipun sedang tidak aktif. Inilah yang orang sering sebut dengan "Tetap mendapat uang meskipun sedang tidur".

Ketika Anda bergerak sebagai publisher, Anda perlu mendaftar pada perusahaan atau pihak yang menyediakan program afiliasi. Setelah itu, ambillah link produk afiliasi yang sudah terhubung dengan akun. Link dari produk inilah yang nantinya harus Anda promosikan ke berbagai social media dan website. Konten juga diperlukan untuk mendukung aktivitas promosi sehingga audience tertarik dengan produk tersebut dan melakukan transaksi.

Waktu yang Flexibel

Tidak seperti bekerja pada umumnya yang memanfaatkan jam kerja, Anda cenderung bebas dan memiliki waktu fleksibel untuk mempromosikan produk afiliasi. Anda bebas ingin membuat konten dan promosi kapan saja waktunya, entah itu pagi, siang, maupun malam. Hanya saja Anda perlu mengerti bagaimana audience bekerja sehingga promosi dari konten menjadi lebih efisien.

Dari segi tempat, mengerjakan bisnis afiliasi juga cenderung bebas. Anda bisa memulai konten dan promosi di rumah, ruang kerja, atau tempat lain selama terkoneksi dengan internet. Koneksi internet dibutuhkan untuk menyebarkan konten dan link afiliasi tersebut ke berbagai platform digital yang sekiranya memiliki audience. Semakin aktif dalam berkonten, umumnya semakin besar peluang untuk mendapatkan performance dari audience.

Komisi Afiliasi yang Menarik

Manfaat afiliasi pemasaran berikutnya datang dari segi komisi atau upah yang menjadi imbalan atas setiap performance dari audience. Kebanyakan perusahaan menggunakan sistem persentase untuk setiap transaksi yang berhasil, mulai dari 1% hingga 70% dari harga jual produk. Selain itu, ada juga komisi dalam bentuk fixed rate (komisi tetap) yang memiliki nilai hingga jutaan rupiah. Semuanya bergantung pada kategori produk serta ketentuan dari perusahaan afiliasi.

Tanpa Resiko

Bisnis afiliasi pemasaran bagi publisher bisa dijalani tanpa resiko apa pun. Anda bisa terus mempromosikan produk kapan pun waktunya dengan hasil yang tidak tentu. Ketika berhasil maka komisi yang sudah ditetapkan bisa segera Anda dapatkan. Namun, apabila tidak berjalan dengan lancar maka tidak akan ada hukuman yang terjadi. Tidak ada biaya tambahan atau sejenisnya, bahkan Anda juga tidak perlu membayar untuk mendaftar sebagai publisher. Bisa dibilang, bisnis ini berada dalam kategori aman dari tingkat resikonya.

Bisa Menjual Semua Produk

Perbedaan dari seorang reseller adalah Anda tidak perlu menyetok produk dan bebas untuk menjual apa pun dalam bisnis afiliasi pemasaran. Tugas seorang publisher hanyalah mempromosikan link afiliasi yang menuju produk dari perusahaan. Barang yang Anda afiliasikan bisa berupa benda elektronik, rumah tangga, fashion, finansial, hingga layanan jasa tertentu. Semuanya bebas untuk Anda ambil sesuai dengan keinginan.

Bisa Menjadi Partner Perusahaan

Manfaat afiliasi pemasaran terakhir bagi publisher adalah bisa menjadi partner dari sebuah perusahaan. Ketika Anda mempromosikan produk saja sebenarnya sudah bisa dikatakan sebagai partner. Setiap transaksi dari iklan yang Anda buat memberikan perkembangan bagus terhadap perusahaan. Komisi juga akan turun sebagai bentuk imbalan atas transaksi tersebut. Secara tidak langsung, Anda sudah menjadi rekan dari perusahaan tersebut.

Bekerjasama Dengan Accesstrade Dalam Membuat Program Afiliasi

Apabila Anda sebagai pemilik bisnis yang ingin menjalan program afiliasi tapi bingung bagaimana cara memulainya, cobalah untuk bekerjasama dengan Accesstrade Indonesia. Accesstrade adalah perusahaan yang sudah berjalan di beberapa negara dalam bidang afiliasi pemasaran. Sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, berikut adalah manfaat afiliasi pemasaran yang bisa Anda dapatkan.

  • Pembayaran sesuai hasil
  • Tanpa biaya tambahan
  • ROI terjamin
  • Fraud Shield, dan masih banyak lagi

Segera afiliasikan bisnis Anda dengan cara DAFTAR SEBAGAI ADVERTISER.

Bagi Anda yang ingin menjadi publisher atau affiliate marketer juga sangat bisa. Hanya perlu membuat satu akun saja, Anda bisa memiliki berbagai link afiliasi dari banyak perusahaan dalam satu dashboard. Gabung bersama Accesstrade dengan cara DAFTAR SEBAGAI PUBLISHER.

 

Baca Juga: Simak 6 Cara Pemasaran Menggunakan Afiliasi, Program Yang Efektif dan Menguntungkan di Accesstrade

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023