ACCESSTRADE Indonesia

5 Cara Mengaktifkan Shopee Affiliate Anda, Siap Sebar Link Sekarang Juga

Admin
affiliate marketing Dec 15, 2022

Baca Juga: 43 Cara Paling Ampuh Mendapatkan Uang dari Internet Minimal 100rb

Shopee, yang Anda kenal saat ini merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dengan pelayanan yang sangat baik. Selain menyediakan fasilitas belanja produk secara online, kini Shopee juga menyediakan program affiliate yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan uang tambahan.

Bagi Anda yang sudah mengetahui program ini, tentu sudah paham bagaimana cara mengaktifkan shopee affiliate dan mungkin saja, pendaftaran yang Anda buat sudah diterima oleh pihak shopee. Akan tetapi, jika Anda bingung terkait apa saja yang harus Anda lakukan setelah diterima, maka silahkan untuk membaca penjelasan kami pada artikel kali ini.

Daftar Isi

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos Shopee Affiliate?

Affiliate marketing shopee mempunyai sistem kerja yang cukup simpel dan mudah untuk dipahami oleh siapapun. Akan tetapi jika masih Anda bingung terkait jawaban apa yang harus dilakukan setelah shopee affiliate diterima dan bagaimana cara mengaktifkan shopee affiliate, berikut penjelasannya : 

Memilih Kategori Produk

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan shopee affiliate untuk mendapatkan penghasilan tambahan, maka hal yang pertama harus Anda lakukan adalah memilih kategori produk shopee yang sesuai dengan nice market hingga passion yang Anda miliki. Jadi, Anda tidak boleh memilihnya secara sembarangan.

Sebagai contoh, apabila market Anda mempunyai trager pasaran anak muda yang suka berdandan dan berfoto. Maka Anda harus menjual produk shopee yang sesuai dengan hal tersebut, misalnya kosmetik, ootd wanita, sepatu, jilbab, pakaian wanita, dan lain sebagainya. Akan lebih baik juga, jika Anda menjual parfum sehingga menambah nilai plus untuk penampilan wanita.

Akan tetapi jika Anda ingin menjual produk yang sesuai dengan passion Anda, juga tidak masalah. Namun Anda harus memastikan apakah banyak orang yang mempunyai kesamaan dengan passion Anda miliki atau tidak. Hal ini memang harus diperhatikan karena sangat berpengaruh pada jumlah penjualan produk yang berhasil.

Ketika Anda ingin mendaftar kategori yang ada di shopee beserta produknya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda gunakan.

  • Pertama, silahkan Anda kunjungi halaman https://shopee.co.id
  • Scrool ke bawah dan Anda akan menemukan berbagai listing kategori produk
  • Pilihlah kategori produk yang sesuai dengan niche market dan passion Anda

Pilih Produk yang Akan Anda Promosikan

Setelah Anda berhasil memilih produk yang akan dipromosikan, maka silahkan Anda pilih produk yang akan Anda promosikan. Untuk hal ini, sebenarnya ada banyak sekali produk yang dapat dipromosikan melalui link affiliate, akan tetapi Anda akan dibatasi hanya maksimal 10 produk yang bisa dipromosikan sesuai dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa produk-produk yang akan dipromosikan mempunyai komentar positif dari konsumen sebesar 80 persen
  2. Pastikan Anda memilih produk yang bisa diretur oleh konsumen atapun memberikan garansi uang kembali jika konsumen mengalami sesuatu yang tidak diinginkan
  3. Pastikan Anda memilih produk yang mempunyai penjualan lebih banyak dengan penjualan 300 di setiap bulannya
  4. Apabila Anda melakukan kriteria yang ketiga, jangan lupa juga untuk memilih produk dengan harga minimal 75 ribu. Mengapa demikian? Sebab semakin mahal suatu produk, maka kualitasnya tidak dapat diragukan lagi. Namun jika Anda menjual produk dengan harga di bawah 50 ribu, sering dipertanyakan kualitasnya oleh para konsumen.
  5. Pastikan juga bahwa produk yang akan Anda promosikan berasal dari tangan pertama

Dapatkan Link Affiliate Dan Sebarkan 

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah Anda harus mendapatkan link affiliatenya terlebih dahulu. Cara yang dapat Anda lakukan sangatlah mudah dengan hanya perlu buka aplikasi shopee dan klik tombol “share” dan pilih salin tautan.

Setelah Anda berhasil mendapatkan link produk atau link affiliate, maka hal yang terakhir harus Anda lakukan adalah menyalin atau menyebarkan link tersebut pada akun media sosial yang Anda miliki. Perlu Anda garis bawahi bahwa semakin banyak jumlah pengikut yang Anda punya, maka semakin besar pula kemungkinan konsumen banyak menekan link affiliate tersebut dan membeli produknya.

Berikut ini chanel umum yang biasa digunakan untuk sebar link  shopee afiliate 

  • BLOG / Artikel
  • Social Media
  • WhatsApp Status
  • Group / komunitas 
  • email 

5 Cara Mengaktifkan Shopee Affiliate Program

Selain informasi tentang apa yang harus dilakukan setelah shopee affiliate Anda diterima, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengaktifkan shopee affiliate. Berikut adalah 5 langkah mudah dan praktis yang dapat Anda ikuti.

  1. Pertama, silahkan Anda masuk terlebih dahulu ke laman resminya yaitu https://shopee.co.id/ affiliate.shopee.co.id.
  2. Lakukan pendaftaran dengan mematuhi semua syarat dan ketentuan shopee affiliate. Seperti mengsi data diri dengan benar, memasukkan akun sosial media yang tidak di private, hingga akun shopee yang dimiliki bukan punya toko atau penjual, tunggulah sampai 3 hari untuk mendapatkan pesan email terkait pendaftaran Anda berhasil diterima atau tidak
  3. Jika sudah diterima, maka Anda harus memilih produk yang akan dipromosikan seperti sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya. Pastikan juga bahwa produk berasal dari Star atau shopee mall
  4. Setelah itu silahkan buat konten orisinil dan dapatkan link affiliate produk
  5. Sebarkan link tersebut ke media sosial yang Anda miliki. Jika Anda berhasil mendapatkan komisi, maka sudah dapat dipastikan bahwa fitur shopee affiliate Anda berhasil diaktifkan

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Shopee Affiliate Anda Di Tolak? 

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua cara mengaktifkan shopee affiliate berhasil dan diterima oleh pihak Shopee. Terkadang juga beberapa calon pengguna shopee affiliate pendaftarannya mereka ditolak mentah-mentah oleh pihak shopee. Jika Anda salah satunya, maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut:

Ketahui Penyebab Shopee Affiliate Anda Di Tolak

Tentu ditolaknya pendaftaran atau pengaktifam akun shopee affiliate disebakan oleh berbagai macam. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu dulu alasan di balik peristiwa ini. Namun untuk memudahkan Anda, berikut beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab Anda ditolak:

  • Pertama, kemungkinan saat pengaktifan akun Anda melakukan kesalahan atau kurang teliti ketika memasukkan informasi pribadi. Meskipun hal ini bagi Anda adalah hal kecil, tapi tidak untuk pihak shopee karena hal ini juga telah menyebabkan beberapa calon pengguna affiliate shopee ditolak.
  • Kedua, yaitu akun media sosial yang Anda daftarkan ke shopee affiliate merupakan akun milik ataupun toko penjual. Selain itu, juga bisa disebabkan akun media sosial Anda sudah tidak aktif dan sifatnya private atau tidak terbuka untuk umum. Hal ini juga menjadi penyebab affiliate shopee ditolak secara umum
  • Ketiga, konten yang Anda buat menyalagi peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak shopee affiliate. Contohnya, konten Anda merupakan hasil repost dari berbagai pengguna shopee affiliate lainnya, konten yang Anda buat mengandung unsur SARA dan menyalahi peraturan perundangan yang berlaku
  • Terakhir, Anda tidak mematuhi peraturan program shopee affiliate khususnya terkait jumlah followers. Misalnya tidak mempunyai sama sekali pengikut di media sosial, pengikut kurang dari 2000 untuk shopee influencer, dan tidak lebih dari 2000 untuk shopee partners.

Ketahui Cara Mengatasi Shopee Affiliate Di Tolak

Setelah Anda mengetahu penyebab cara mengaktifkan shopee affiliate, Anda perlu tahu juga alasan mengapa pendaftaran shopee affiliate Anda ditolak, maka hal yang selanjutnya yang perlu dilakukan adalah cara mengatasinya, berikut adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan.

  • Pertama, ketika melakukan pengaktifan akun shopee affiliate Anda harus megecek terlebih dahulu apakah data pribadi yang Anda masukkan sudah benar atau belum. Informasi pribadi ini dimulai dari KTP, hingga alamat rumah Anda saat ini. Alangkah baiknya jika Anda menyesuaikan data sesuai dengan KTP.
  • Kedua, pastikan bahwa Anda sudah memasukkan akun media sosial milik pribadi yang masih aktif dan mempunyai pengikut, teman, atau subscriber minimal 1. Selain itu, akun media sosial Anda juga harus terbuka untuk umum sehingga konten Anda nantinya dapat dilihat orang banyak.
  • Terakhir, gunakan kode referral teman orang lain. Hal ini harus Anda lakukan bukan tanpa alasan, karena tingkat keberhasilan cara mengaktifkan shopee affiliate akan semakin meningkat jika Anda menggunakan kode referral tersebut.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa penolakan atau tidak diterimanya shopee affiliate dikarenakan oleh sejumlah faktor. Meskipun demikian, Anda jangan khawatir karena Anda masih bisa mengajukannya kembali dengan catatan bahwa sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan untuk bergabung di shope affiliate. Jangan mengulangi kesalahan yang sama jika ingin cepat dapat komisi dari program ini.

Kesimpulan

Salah satu perusahaan yang dapat melayani jika Anda ingin melakukan pengaktifkan akun shopee affiliate di plaform lain anda bisa daftar di Accestrade. Tidak hanya shopee affiliate saja, accestrade juga memilikin brand affiliate lain dengan pendaftaran yang mudah untuk Anda seperti Lazada affiliate dan Blibli affiliate. Untuk kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan ini, tidak perlu Anda ragukan lagi karena Accestrade merupakan perusahaan besar di Kawasan Asia Tenggara. Jika Anda bergabung ke Accestrade, maka ada banyak informasi affiliate yang akan Anda ketahui.

Salah satunya adalah beberapa tips agar cara mengaktifkan shopee affiliate Anda berhasil tanpa harus mengalami penolakan dari pihak shopee. Terakit informasi akan hal ini, Anda bisa menekan link di sini 

 

Baca Juga: Masih Bingung Apa yang Dimaksud Dengan Program Afiliasi? Ini Penjelasannya

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan atau merek dan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian. Jumlah komisi yang Anda terima bervariasi berdasarkan persentase produk dan harga jual.
Jan 07, 2023
how to
Setelah Anda bergabung sebagai Affiliate Marketer di Tokopedia, Anda harus mempunyai strategi dalam mempromosikan produk yang Anda jual pada platform media sosial pribadimu. Hal ini menjadikan keuntungan untuk Anda jika hal ini berhasil,
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Saat ini, TikTok telah berkembang menjadi platform ecommerce. Bahkan TikTok telah membuka kemungkinan kepada pengguna untuk mendapat penghasilan tambahan lewat TikTok Affiliate. Berikut cara membuat affiliate marketing TikTok meraup untung jutaan rupiah.
Jan 06, 2023
affiliate marketing
Affiliate Marketing adalah program atau perusahaan yang membayar komisi untuk menawarkan dan menjual produk, layanan, atau situs web. Contoh umum dari bisnis Affiliate adalah menggunakan tautan rujukan. Affiliate marketer menempatkan tautan di blog.
Jan 06, 2023