Berapa Perbedaan Komisi Tiktok Affiliate dan Shopee Affiliate?

Admin
affiliate marketing Dec 14, 2022
1686294174_berapa-perbedaan-komisi-tiktok-affiliate-dan-shopee-affiliate-1.jpg
Daftar Isi

Berapa gaji Shopee affiliate vs gaji affiliate Tiktok

Salah satu hal yang sering diperhatikan saat akan masuk ke dalam sebuah program kerja adalah seberapa besar gaji yang didapatkan. Shopee affiliate dan affiliate Tiktok merupakan dua program yang serupa, sehingga perlu sebuah pembanding untuk memutuskan affiliate mana yang harus kita ikuti.

Gaji affiliate Shopee

Gaji affiliate Shopee dihitung berdasarkan berapa banyak produk yang terjual melalui tautan yang Anda bagikan. Semakin banyak orang yang membeli melalui tautan Anda, maka semakin banyak juga gaji yang Anda. Affiliate bisa mendapatkan komisi mulai dari 2,5 persen hingga 10 persen untuk setiap item yang berhasil terjual.

Selain gaji melalui komisi per item, Anda juga bisa mendapatkan komisi berdasarkan jenis toko yang menjual produknya. Anda bisa mendapatkan komisi 5 persen untuk toko yang sedang melakukan promosi atau komisi sebesar 1 persen untuk toko yang sedang tidak melakukan promosi.

Berapa komisi TikTok affiliate?

Gaji affiliate Tiktok juga memiliki perhitungan yang sama dengan affiliate Shopee, yaitu dihitung berdasarkan jumlah transaksi penjualan yang Anda capai. Meski sama, tentu affiliate Tiktok juga memiliki perbedaan yang cukup menonjol dari segi gaji atau komisi. Tiktok akan memberikan Anda komisi sebanyak 5 hingga 10 persen untuk setiap penjualan yang Anda lakukan. Jumlahnya yang sedikit lebih besar daripada affiliate Shopee ini membuat affiliate Tiktok cukup ramai diperbincangkan oleh para affiliate.

Kelebihan dan Kekurangan affiliate Shopee dan affiliate Tiktok

Setiap program affiliate tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing karena tidak mungkin sebuah program affiliate tidak memiliki kekurangan sedikitpun. Affiliate Shopee dan Tiktok juga begitu, mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri sehingga akan sangat bijak untuk membandingkannya terlebih dahulu sebelum Anda masuk ke program affiliate mereka. Berikut ini adalah ulasan tentang kelebihan serta kekurangan masing-masing affiliate:

Affiliate Shopee

Program affiliate Shopee adalah sebuah program dari Shopee yang mampu memberikan penghasilan tambahan berupa reward komisi. Semua orang bisa bergabung ke dalam program ini, karena mereka cukup memasarkan produk Shopee di media sosial seperti Instagram, Youtube, dan Tiktok. Meski sama seperti program affiliate lainnya, tentu affiliate Shopee memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, berikut ini adalah di antaranya:

  • Kelebihan

Dengan affiliate Shopee, Anda bisa mendapatkan komisi tetap mulai dari 2,5 hingga 10 persen untuk setiap produk yang berhasil Anda jual baik itu produk Shopee Mall, Star, maupun Star plus. Anda juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan komisi dari program XTRA hingga 3 kali lipat lebih banyak dari komisi Affiliate. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai produk dan voucher gratis dengan mengikuti campaign yang selalu dibuat oleh Shopee setiap bulannya. Ada juga kesempatan khusus untuk mendapatkan bonus komisi hingga maksimum sebanyak 15 persen dari tim Shopee Affiliate.

Kelebihan lainnya adalah batas pencarian minimalnya yang sangat rendah, yaitu hanya sebesar Rp10.000 saja. Jadi bila Anda sedang membutuhkan dana darurat, Anda bisa dengan mudah mencairkan komisi yang sudah Anda peroleh hingga saat itu.

  • Kekurangan

Hal yang paling menonjolkan kekurangan affiliate Shopee adalah reward komisi yang cukup kecil bila dibandingkan kompetitor. Jumlah maksimum komisi untuk setiap produk adalah sebanyak Rp10.000, jadi meskipun Anda berhasil menjual produk yang bernilai lebih dari satu juta, komisi yang Anda dapatkan tidak bisa lebih dari Rp10.000. Kekurangan lainnya adalah performa aplikasi Shopee yang cukup berat karena merupakan gabungan dari berbagai program dari Shopee. Hal itu tentu akan menyulitkan mereka yang memiliki device yang kurang mumpuni dan memperlambat kinerja affiliate mereka.

Selain itu, ada juga berbagai syarat dan ketentuan yang harus benar-benar Anda taati agar affiliate Anda tidak ditolak oleh Shopee. Seperti konten yang harus benar-benar original dan tentunya mengandung unsur promosi untuk produk yang Anda pasarkan.

Affiliate Tiktok

TikTok Affiliate merupakan program yang tersedia pada platform TikTok yang dapat digunakan oleh para konten kreator atau pengguna untuk menghasilkan uang. Sistem kerjanya sendiri pengguna diharuskan mempromosikan sebuah produk yang dijual di Tiktok. Mirip seperti affiliate Shopee bukan? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Affiliate Tiktok ini?

  • Kelebihan

Dengan affiliate Tiktok, Anda berkesempatan untuk mendapatkan komisi mulai dari 5 persen hingga 10 persen untuk setiap produk yang Anda promosikan. Anda juga bisa bertemu dan bekerja sama dengan influencer lain yang ada di Tiktok sehingga jaringan sosial Anda juga dapat semakin meluas. Affiliate Tiktok juga memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki affiliate lain seperti interaksi langsung dengan pemirsa konten Anda. Anda juga tidak lagi repot-repot mengedit video menggunakan aplikasi lain karena Tiktok sendiri memiliki segudang fitur untuk membuat konten menarik.

  • Kekurangan

Kekurangan yang cukup menonjol dari affiliate Tiktok adalah adanya batasan platform yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan affiliate kita. Tentu kebanyakan influencer dari affiliate Tiktok akan menggunakan Tiktok sebagai media utama untuk mempromosikan tautan affiliate mereka. Selain itu, marketplace milik Tiktok yang terkesan masih baru juga akan membuat Anda kesulitan untuk mencari pengguna baru karena mereka kurang terbiasa dengan hal tersebut.

BACA JUGA: Simak Penjelasan Program Afiliasi Shopee, Peluang Komisi Jutaan Rupiah!

Perbedaan affiliate Shopee dan affiliate Tiktok

Sekarang Anda sudah tahu mengenai kekurangan serta kelebihan dari masing-masing affiliate, baik itu Shopee maupun Tiktok. Nah, lalu affiliate mana yang harus Anda pilih? Berikut ini akan kami ulas perbedaan antara kedua affiliate tersebut.

Komisi affiliate

Besar komisi dari affiliate Shopee adalah sebesar 2,5 persen hingga 10 persen untuk setiap transaksi. Sedangkan untuk affiliate Tiktok adalah sebesar 5 hingga 10 persen untuk setiap transaksi. Bila kita bandingkan, tentu komisi dari Tiktok sedikit lebih banyak dari Shopee sehingga bila Anda mencari komisi yang besar, affiliate Tiktok adalah jawabannya.

Pencairan komisi

Bila kita bandingkan dari segi pencairan komisi, kedua affiliate tersebut memiliki batas minimum yang sama yaitu sebesar Rp10.000. Shopee menjamin paling lama proses pencairan adalah sekitar tujuh hari sedangkan Tiktok menjamin paling lama adalah sekitar lima hari. Dari segi lama waktu pencairan komisi, affiliate Tiktok sangat cocok untuk Anda yang sering membutuhkan dana yang cepat.

Jenis produk

Kedua affiliate baik Shopee maupun Tiktok memiliki berbagai jenis produk yang serupa, namun tentu Shopee masih lebih unggul karena sudah ada terlebih dahulu. Sebagai sebuah marketplace baru, Tiktok masih memiliki kategori jenis produk yang lebih sedikit daripada Shopee yang memiliki lebih dari seribu kategori. Produk Shopee juga terbagi menjadi beberapa kategori seperti produk terlaris, produk Shopee mall, dan produk star.

Pembuatan konten

Membuat konten adalah hal wajib bagi mereka yang terjun ke dalam dunia affiliate. Shopee masih belum memiliki fitur untuk membuat konten di dalam aplikasinya dan hanya mampu memberikan konten yang sudah jadi untuk Anda bagikan kembali. Sedangkan untuk Tiktok, aplikasi mereka sudah memiliki berbagai fitur menarik untuk membuat konten karena memang pada awalnya Tiktok adalah sebuah sosial media. Bila Anda merupakan orang yang lebih suka membuat konten original yang menarik, maka affiliate Tiktok adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Bonus affiliate

Sebagai seorang affiliate, tentu Anda pasti mengharapkan berbagai bonus atau penawaran menarik lainnya dari platform affiliate Anda. Shopee memberikan banyak sekali penawaran menarik bagi mereka yang mendaftar ke program affiliate mereka. Seperti adanya berbagai voucher diskon, promo potongan, dan hadiah langsung dari Shopee. Sedangkan meskipun Tiktok juga memiliki beberapa tawaran menarik untuk affiliate, baik kualitas dan kuantitasnya bonusnya masih berada di bawah Shopee. Jadi, bila Anda merupakan orang yang senang dengan berbagai bonus, affiliate Shopee merupakan pilihan yang paling menarik untuk Anda.

BACA JUGA: Perbandingan Komisi Affiliate Program Shopee VS Affiliate Program Tokopedia, Mana Yang Paling Cuan

Daripada bingung, lebih baik jalan keduanya

Anda pasti sedang merasa bingung mengenai affiliate mana yang harus Anda masuki karena keduanya memiliki beberapa kesamaan. Tentu sangat sulit untuk memutuskannya karena setiap affiliate juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh affiliate yang lain. Nah daripada bingung memikirkannya, bukankah lebih baik jika Anda menjalankan kedua program affiliate tersebut?

Tahukah Anda bahwa ada sebuah platform affiliate menarik yang mampu menawarkan berbagai jenis affiliate dalam satu platform? Ya, memang terdengar aneh karena Anda bisa menjalankan berbagai jenis affiliate dari program yang berbeda dalam satu platform yang sama. Nama dari platform tersebut adalah Accesstrade, sebuah jaringan affiliate yang menawarkan kemudahan dalam dunia affiliate untuk mereka yang menekuninya.

Dengan Accesstrade, Anda bisa dengan mudah mengatur berbagai affiliate dalam satu tempat sehingga Anda tidak perlu lagi membuat banyak akun untuk setiap program. Hal itu tentu sangat memudahkan Anda karena semua yang berhubungan dengan affiliate yang Anda lakukan bisa Anda atur dan pantau dalam satu platform. Tertarik untuk mulai menjalankan campaign shopee affiliate? Cek Website Bisnis Online Affiliate Marketing di Indonesia.

 

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!