6 Sumber Trafik yang Efektif bagi Affiliate Marketing

Admin
affiliate marketing Dec 01, 2023
1701883400_jenis-jenis-sd-card-2.jpg

Jika Kita membahas soal affiliate marketing. Gampangnya, sumber trafik itu kayak mesin mobil buat suatu bisnis. Buat sukses di affiliate marketing, menemukan sumber trafik yang efektif itu menjadi kunci penting. 

Tanpa orang yang mampir ke link afiliasi secara teratur, peluang kamu dapat komisi gede jadi terbatas. Jadi, semakin banyak orang yang mampir ke link afiliasi kamu, maka potensi kamu mendapatkan lebih banyak komisi pun juga besar.

Di artikel ini, kita bakal bahas 6 sumber trafik terbaik buat affiliate marketing. Ini bisa bantu kamu dapatkan trafik yang tertarget dan nambahin penghasilan kamu tentunya.

Buat kamu yang baru saja merambah ke dunia affiliate marketing! Jadi, affiliate marketing itu model bisnis online yang bisa bikin kamu dan bisnismu dapet komisi dari promosi produk atau jasa. 

Sekarang udah tau, kan? Oke, yuk langsung kita bahas sumber trafik affiliate marketing ini.

Daftar Isi

1. Paid Traffic

Pemanfaatan iklan berbayar atau paid traffic dapat menjadi strategi yang sangat efektif dalam meningkatkan jumlah traffic secara cepat. 

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa setiap klik yang dihasilkan dari iklan tersebut akan dikenakan biaya tertentu. Oleh karena itu, penggunaan paid traffic perlu dipertimbangkan dengan cermat sesuai tujuan serta anggaran yang dimiliki.

Berikut adalah jenis-jenis paid traffic dalam Affiliate Marketing:

a. Social Media Ads

kamu dapat memanfaatkan platform sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Cocok untuk membangun brand awareness dan menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat, dan perilaku.

b. Native Ads

Iklan yang disesuaikan dengan konten di platform yang ditampilkan. Native ads menyatu secara organik dengan lingkungan sekitarnya, sehingga hal ini mengurangi resistensi pengguna terhadap iklan.

c. Banner Ads

Iklan visual yang muncul di berbagai situs web. Banner ads efektif untuk menarik perhatian dengan desain yang menarik.

d. Display Ads

Display ads biasanya tampil di berbagai bagian situs web, termasuk header, sidebar, dan konten. Menggunakan elemen visual dan teks untuk menarik perhatian customer.

e. Search Ads

Ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Muncul ketika kata kunci tertentu dicari oleh pengguna.

f. Video Ads

Iklan yang disampaikan dalam format video, seringkali di platform seperti YouTube. Memberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan secara visual dan menarik.

Apabila kamu memiliki anggaran yang cukup, sangat dianjurkan menggunakan ads sebagai strategi affiliate marketing. 

Hal ini berlaku jika kamu memiliki pengalaman dalam menggunakan ads atau melakukan optimisasi tingkat konversi (conversion rates optimization, CRO). 

Dengan memanfaatkan ads, kamu dapat meningkatkan visibilitas produk atau layanan yang kamu promosikan melalui program afiliasi. 

Pemahaman kamu dalam mengoptimalkan tingkat konversi juga menjadi aset berharga dalam memastikan keberhasilan campaign dengan pendekatan yang lebih terukur dan efektif.

2. Social Traffic

Salah satu sumber trafik yang menarik perhatian adalah social traffic. Keunikan utama dari social traffic adalah karakteristiknya yang tidak konsisten. 

Media sosial dirancang untuk terus menghasilkan konten baru, sehingga trafik yang dihasilkannya cenderung fluktuatif. 

Namun, ketidakpastian ini bisa diatasi dengan menciptakan halaman affiliate dengan evergreen content, artinya konten yang tetap relevan meskipun waktu berlalu.

Sebagai strategi dalam affiliate marketing, penggunaan social media perlu dipertimbangkan dengan matang. Keberhasilan social traffic dalam meningkatkan konversi affiliate dapat tercapai jika akun media sosial memiliki followers yang tinggi. 

Jumlah followers yang signifikan dapat memperluas jangkauan konten affiliate, meningkatkan peluang interaksi, dan pada akhirnya, memperbesar potensi pendapatan. 

Selain itu, kepercayaan dari brand-brand tertentu juga menjadi faktor krusial. 

Akun media sosial yang dipercaya oleh brand-brand terkemuka cenderung lebih efektif dalam mempromosikan produk atau layanan melalui affiliate.

Kunci lainnya dalam mengoptimalkan social traffic untuk affiliate marketing adalah kemampuan untuk mempertahankan konsistensi dalam menciptakan konten baru. 

Meskipun media sosial dinamis dengan perubahan tren dan kebutuhan pengguna, halaman affiliate yang menjaga konsistensi dalam memberikan informasi dan value dapat memenangkan trust dari para pengguna. 

Kontinuitas dalam menciptakan konten baru tidak hanya memelihara ketertarikan followers, tetapi juga mendukung keberlanjutan pendapatan dari afiliasi. 

Dengan demikian, social traffic menjadi sumber potensial yang dapat memberikan dampak positif jika dikelola dengan bijak dalam strategi affiliate marketing.

3. Blog Post dan Artikel

Blog post dan artikel menjadi salah satu sumber trafik yang cukup potensial untuk mempromosikan produk atau layanan melalui link afiliasi. 

Jenis-jenis pembahasan yang dapat diimplementasikan pada blog post dan artikel sangat bervariasi, masing-masing memberikan keunggulan tertentu dalam menarik perhatian pembaca dan mendorong tindakan konversi. 

Berikut adalah beberapa jenis pembahasan yang umumnya digunakan:

a. Product Reviews

Pembahasan ini fokus pada ulasan mendalam mengenai suatu produk atau layanan. 

Blogger atau penulis artikel memberikan pandangan pribadi mereka, membahas kelebihan dan kekurangan, serta memberikan insight yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain. 

Review produk menjadi cara yang efektif untuk memberikan informasi yang relevan kepada pembaca dan membantu mereka membuat keputusan yang lebih terinformasi.

b. Product Comparisons

Penulis membandingkan dua atau lebih produk atau layanan sejenis. 

Perbandingan ini membantu pembaca untuk memahami perbedaan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing opsi. 

Artikel perbandingan memberikan nilai tambah dengan memberikan sudut pandang objektif yang dapat mengarahkan pembaca dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

c. Product Roundups

Artikel roundups mengumpulkan beberapa produk atau layanan dalam satu pembahasan. 

Ini dapat mencakup kategori tertentu atau tema, memberikan pembaca pilihan yang lebih luas. 

Pembahasan semacam ini berguna bagi pembaca yang mencari variasi atau ingin mengeksplorasi berbagai opsi sekaligus.

d. Tutorial

Pembahasan tutorial yaitu memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan produk atau layanan tertentu. 

Tutorial ini membantu pembaca untuk lebih memahami fungsionalitas dan manfaat produk, serta memberikan mereka gambaran praktis tentang cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

e. Listicle

Pembahasan dalam bentuk listicle menyajikan informasi dalam format daftar. 

Ini dapat berupa daftar produk terbaik, fitur terbaru, atau tips dan trik terkait suatu produk. Listicle memiliki daya tarik visual dan dapat membantu pembaca untuk dengan cepat menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Berikut adalah contoh implementasi secara singkat terkait pembahasan diatas:

 

Tipe Konten

Contoh Implementasi

Product Reviews

Peningkatan Produktivitas dengan Laptop Asus: Review Lengkap!

Product Comparison

Perbandingan Dua Smartphones Terbaik di Tahun Ini: Samsung vs. iPhone

Product Roundups

Top 5 Smartphone Kamera untuk Fotografi Profesional

Tutorial

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Blender Cosmos untuk Buat Smoothie

Listicle

10 Fitur Terbaik yang Dimiliki Smartwatch Terbaru di Tahun Ini

 

Melalui variasi jenis pembahasan ini, blog post dan artikel dapat menjadi sumber yang sangat efektif untuk mengarahkan trafik afiliasi, serta membangun hubungan positif antara pembaca dan produk layanan yang dipromosikan.

4. Email Marketing

Pemasaran lewat email sering terabaikan dalam affiliate marketing dan CPA karena banyak yang menganggapnya sebagai spam atau penipuan. 

Namun, pemasaran melalui email bisa menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. 

Daftar email yang sudah di segmentasi, bisa menciptakan hubungan yang intim dengan pelanggan, sesuatu yang tidak banyak sumber trafik lainnya bisa lakukan.

Nah, jadi, tips terbaik untuk meningkatkan trafik melalui email adalah: 

  1. Bikin email yang personal.
  2. Gunakan otomatisasi atau automation untuk menghemat waktu.
  3. Pastikan emailmu memiliki value, bukan sekadar promosi.
  4. Selalu uji kontennya (melalui A/B testing).
  5. Buat message yang bikin customer penasaran.
  6. Jangan terlalu sering pakai huruf besar semua, karena hal ini terlalu agresif. 

Ingat, pemasaran melalui email perlu dibangun atas dasar hubungan dengan pelanggan, bukan sekadar alat promosi. 

Karena, notifikasi email itu muncul setiap hari di ponsel, jadi pastikan baris subjekmu bikin penasaran, dan begitu pembaca masuk ke email, personalisasi apa pun akan membuka peluang konversi lebih tinggi.

Kamu bisa menambahkan informasi seperti nama, nama belakang, pekerjaan, atau bahkan minat untuk membuat pesan kamu lebih personalized

Tujuan dari email ini adalah mengundang customer kembali ke platform atau halaman affiliate KIta.

5. Collaboration

Apapun jenis konten atau produk yang ingin kamu pasarkan, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal jika berkolaborasi dengan orang lain. 

Kolaborasi merupakan sumber trafik terbaik dalam affiliate marketing.

Dalam dunia affiliate marketing, strategi untuk berkolaborasi dengan influencer bermacam-macam. 

Ada yang pilih konten berbayar, di mana influencer bikin postingan atau video yang ngasih tau produk atau layanan afiliasi kamu. 

Ada juga yang manfaatin influencer gifting, ngirim produk gratis ke influencer sebagai gantinya eksposur. 

Giveaways dan kompetisi yang diadakan influencer juga bisa naikin trafik dalam affiliate marketing.

Hal kreatif lainnya yang bisa kamu lakukan adalah pengambilalihan akun Instagram, di mana influencer sementara waktu nge-handle akun afiliasi, bisa ngasih perspektif baru dan menarik. 

Kemudian, live-streaming, di mana influencer tunjukin dan bahas produk secara real-time, terbukti sangat efektif buat menarik perhatian audiens.

Namun, kolaborasi yang sukses dengan influencer memerlukan perencanaan yang hati-hati. 

Afiliasi harus pilih influencer yang nilai-nilainya sejalan dengan brand, pastikan integrasi produk atau layanan ke dalam konten influencer berjalan dengan mulus. 

Komunikasi yang jelas dan pemahaman terkait ekspektasi adalah kunci utama buat membangun kolaborasi yang sukses.

6. Organic Search Traffic (SEO)

Kamu tahu gak sih, sekarang ini penggunaan SEO udah jadi suatu hal yang penting banget dalam affiliate marketing dan bisnis pada umumnya?

Kamu pengen kan supaya konten yang kamu buat bisa muncul di posisi atas hasil pencarian orang-orang?

Tapi sekarang, kalau konten kamu belum dioptimasi untuk search engine, bisa-bisa nyasar di halaman 50-an hasil pencarian. Dan seperti yang kita tau, nggak banyak orang yang lihat hasil pencarian lebih dari halaman kedua atau ketiga.

SEO, yang biasa disebut optimasi mesin pencari, itu membuat konten kamu lebih mudah ditemuin orang. Ada beberapa trik dasar yang perlu kamu lakukan, seperti:

Intinya, kalau kamu bikin konten tapi nggak bisa muncul di halaman teratas, ya sayang aja. Banyak blogger sekarang fokus banget sama SEO, agar kontennya bisa ditemuin di halaman teratas.

Namun, untuk membuat konten kamu muncul di halaman pertama Google tentu membutuhkan waktu, terutama jika situs web kamu baru. 

Di tambah kondisi market dan niche yang kompetitif, hanya beberapa situs afiliasi yang sudah proper yang mampu bersaing untuk dapatkan trafik terhadap kata kunci tertentu.

Meskipun sudah mendapatkan trafik, kamu bisa aja loh kehilangan trafik tersebut. Hal ini terjadi, bisa karena kompetitor atau karena perubahan konstan dan pembaruan algoritma Google. Namun demikian, SEO tetap menjadi paling direkomendasikan untuk pemula yang ingin memulai bisnis affiliate marketing

Alasannya sederhana. Orang mencari informasi spesifik melalui mesin pencari. Dan dengan SEO, kamu dapat memberikan pengguna jenis konten yang tepat untuk setiap tujuan pencarian, baik itu informatif, komersial, atau transaksional, serta mendampingi mereka sepanjang customer journey mereka.

Lihat artikel terbaru mengenai pembahasan Search Engine Optimisation di sini

Kesimpulan

Saingan besar dalam affiliate marketing sering membuat kita tertarik pada sumber trafik populer. Namun, sumber trafik yang menghasilkan banyak uang bagi orang lain belum tentu akan sama bagi kita. Yang paling bermanfaat bagi kamu adalah sumber trafik yang sesuai dengan waktu yang dimiliki. 

Memiliki sepuluh akun media sosial tidak berarti apa-apa jika tidak diupdate secara konsisten.

Ketika kamu kesulitan untuk dapat pergerakan dari sumber trafik apa pun, tandanya, kamu perlu mengevaluasi konten yang dimiliki. 

Dengan strategi yang baik dan konten yang bagus, ada banyak cara untuk mempromosikan produk atau layanan afiliasi kita. Meskipun semuanya dapat berhasil dan memungkinkan para affiliator untuk membangun bisnis yang sukses, namun perjalanan ini tidaklah mudah.

Tujuan utama social network adalah menjaga pengguna tetap aktif di platform atau situs kita, agar bisa membatasi visibilitas semua posting yang dipromosikan oleh para kompetitor. 

Untuk mendapatkan trafik, kita harus stand-out dari semua kompetitor yang memberikan konten hebat kepada orang. Pada akhirnya, kita harus menjadi otoritas dalam niche, untuk mendapatkan visibilitas dan trafik besar agar konversi yang lebih tinggi.

Jika kamu tertarik mencari tips, panduan, dan informasi seputar SEO, affiliate marketing, digital marketing, e-commerce, dan hal-hal berguna bagi para blogger, silakan cek artikel lain di situs web Accesstrade. Namun, jika kamu tertarik untuk menjadi publisher di Accesstrade, kamu bisa daftar sekarang disini!

 

Gabung Menjadi Publisher!

Artikel ini telah direview oleh: 

  • Muhammad Harist Abduh Nazili sebagai SEO Specialist di Accesstrade
  • Rizky Setyo sebagai Penanggung Jawab Content di Accesstrade
Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Sulit mendapatkan uang dari Adsense Youtube? Ada cara lain untuk mendapatkan uang dari Youtube. Berikut 6cara dapat uang dari youtube selain adsense
search engine optimization
Cara Kerja Search Engine yaitu dengan melewati beberapa tahapan proses seperti Crawling, Indexing dan Ranking. Simak ulasan lengkapnya disini!
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!