Perhitungan Proyeksi Pendapatan yang Dapat Dihasilkan dari Blog

Perhitungan Proyeksi Pendapatan yang Dapat Dihasilkan dari Blog

Admin
digital marketing Aug 11, 2023
SHARE ON
1691735710_cover_perhitungan-berapa-uang-yang-dapat-dihasilkan-dari-blog.png

Blog merupakan sebuah platform untuk mengunggah tulisan berupa artikel yang berisi berbagai informasi menarik yang ingin dibagikan oleh penulisnya. Siapa sangka, dengan rutin memposting dan mengelola blog maka Anda bisa menghasilkan uang dari blog.

Simak bagaimana perhitungan berapa uang yang dapat dihasilkan dari blog, agar Anda tidak salah investasi dan membuat proyeksi pendapatan dari blog.

Cara Menghitung Proyeksi Revenue dari Iklan Affiliate di Blog

Gambar diatas adalah ilustrasi cara bagaimana menghitung proyeksi pendapatan yang bisa dihasilkan dari iklan affiliate. Berikut adalah informasi lebih detail mengenai proses perhitungannya:

1. Traffic / Impression

Traffic atau Impression adalah angka seberapa banyak link iklan affiliate Anda terlihat oleh user. Ini adalah stage atau langkah awal bagaimana user Anda berinteraksi dengan iklan affiliate. Perlu menjadi perhatian dan catatan penting untuk Anda, bahwa Traffic atau Impression disini konteksnya adalah untuk iklan affiliate, bukan mengenai performance blog atau artikel Anda di halaman hasil pencarian (SERP).

Ada beberapa cara untuk mengoptimasi atau meningkatkan impression pada Iklan Affiliate, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan jumlah kunjungan atau traffic pada blog atau artikel
  • Menambahkan jumlah Iklan Affiliate pada blog

Lalu bagaimana dengan cara menambahkan Iklan Affiliate di blog? Berikut cara lengkap 7 Langkah Cara Memasang Affiliate di Blog dengan Tepat.

2. CTR

CTR adalah angka persentase dari jumlah Clicks dibagi Impression. Dari contoh tersebut adalah 3.000 Clicks pada iklan dibagi 100.000 Impression maka hasilnya adalah 0.03 atau 3%.

3. Clicks

Clicks adalah angka seberapa banyak iklan affiliate Anda di klik oleh user dan menuju ke halaman produk yang Anda rekomendasikan. Untuk menghasilkan Clicks yang tinggi, Anda perlu memuat konten yang menarik, unik dan mudah dimengerti oleh user. Anda dapat mencari referensi seperti apa jenis konten seperti apa yang disukai oleh user dengan mempelajari berbagai Contoh Artikel Affiliate Marketing di Blog yang Efektif.

4. CVR

CVR adalah angka persentase dari jumlah Konversi dibagi Clicks. Dari contoh tersebut adalah 150 Konversi dibagi 3.000 Clicks maka hasilnya adalah 0.05 atau 5%.

5. Conversion

Konversi adalah jumlah angka tindakan oleh user yang memenuhi syarat, kriteria atau ketentuan campaign. Activity yang diharapkan dari user tergantung pada jenis campaign, diantaranya adalah:

  • CPS: ketika user selesai melakukan pembelian di website advertiser, tanpa refund atau pembatalan. Komisi biasanya berupa persentase dari harga produk maupun kategori produk terkait.
  • CPL: ketika user selesai mengisi form di website advertiser dan data berhasil divalidasi oleh advertiser. Komisi biasanya merupakan flat price.
  • CPI: ketika user selesai meng-install aplikasi tertentu yang dibuat oleh advertiser.
  • CPR: ketika user berhasil registrasi di form atau halaman advertiser.
  • CPC: ketika user melakukan klik pada halaman advertiser.

6. Commision

Komisi adalah biaya yang ditanggung oleh pihak Advertiser ketika para blogger berhasil memberikan referensi kepada user mengenai produk atau jasa mereka dan user melakukan activation sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk melihat berapa besar komisi yang ditawarkan oleh Advertiser anda dapat melihatnya di Campaign Affiliate Program.

7. Revenue

Revenue adalah total jumlah komisi yang Anda dapatkan dari campaign yang sedang dijalankan. Revenue adalah proses akhir dari kegiatan Affiliate, kemudian Anda dapat mengevaluasi berbagai konten, penempatan Iklan Affiliate hingga pemilihan campaign yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk menghasilkan revenue yang lebih besar lagi.

Agar dapat menjadi blogger yang sukses dalam menjalankan Affiliate dengan revenue yang besar, Anda dapat mempelajari yang harus dilakukan Affiliate Blogging untuk berjualan affiliate marketing lewat blog.

Berapa Lama Blog Menghasilkan Uang

Berdasarkan study case dari blog dan campaign yang sudah sukses berjalan, ada blogger yang dalam 3 bulan sudah mendapatkan revenue sebesar 2 juta - 3 juta rupiah perbulan. Tentu saja hasil ini bisa sangat berbeda antara satu blog dengan lainnya sesuai berbagai faktor dan kondisi. Namun yang menjadi catatan adalah, blogger tersebut berhasil menemukan target audiens yang pas, produk yang banyak dicari informasinya oleh user dan konsistensi pada suatu topik pembahasan.

Apakah Jumlah Pembaca pada Blog bisa Menghasilkan Uang

Jumlah pembaca yang ada di sebuah blog dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap potensi penghasilan. Hubungannya adalah, semakin besar jumlah pembaca yang terlibat dengan konten di blog, semakin besar juga peluang untuk menghasilkan uang melalui berbagai model monetisasi

Dalam Affiliate Anda tidak perlu harus menunggu sampai meraih ratusan ribu atau jutaan trafik untuk menghasilkan uang. Jika Anda dapat mendatangkan audiens yang berkualitas, meski tidak banyak jumlahnya, namun akan memberikan Anda proyeksi pendapatan jika Anda berhasil memberi referensi produk atau jasa kepada audiens.

Kesimpulan

Dalam dunia blogging terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan penghasilan dari blog, salah satunya dengan menerapkan teknik SEO dari setiap penulisan artikel pada blog. Bahkan memilih cara memonetisasi blog juga sangat mempengaruhi berapa uang yang dapat dihasilkan dari blog.

Salah satu cara monetisasi dengan jumlah penghasilan terbaik adalah dengan mengikuti program Affiliate. Pada program Affiliate, Anda bisa mendapatkan uang dari setiap partisipasi audiens melalui tautan Affiliate yang Anda berikan pada artikel blog.

Penting untuk memilih platform Affiliate terpercaya, seperti pada Accesstrade Indonesia yang telah bekerja sama dengan ribuan blogger di Indonesia. Kamu bisa mendaftar menjadi publisher Accesstrade untuk bisa mendapatkan uang tambahan dari blog Anda. Klik disini untuk mendaftar: Website Bisnis Online Affiliate Marketing di Indonesia.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait