ACCESSTRADE Indonesia

Cara Buat Affiliate Marketing Produk Fashion Marketplace dengan Fitur Custom Link

Admin
how to Nov 25, 2022

Baca Juga: Cuma 3 Langkah, Cara Daftar Afiliasi Canva Bisa Bikin Kamu Kaya

Ada banyak sekali program dan cara buat affiliate marketing produk yang tersebar di Indonesia, mulai dari brand hingga e-commerce telah menjalankannya. Dengan syarat dan ketentuan yang berbeda, setiap program afiliasi memiliki peminatnya sendiri-sendiri. 

Banyaknya program afiliasi yang tersebar juga harus diimbangi dengan pemahaman para affiliator dengan program afiliasi yang diikuti, agar affiliator tidak terjebak pada program afiliasi abal-abal dan tidak meraup keuntungan sama sekali. Beberapa program afiliasi yang sudah terkenal kualitasnya adalah Blibli, Lazada, Shopee, dan Accesstrade. 

Selain memilih program afiliasi, anda juga perlu menentukan produk apa yang ingin anda promosikan. Dalam sebuah e-commerce tentu terdapat ribuan produk dari berbagai kategori. Namun, produk fashion merupakan kategori yang paling mudah untuk dipromosikan, karena konsumennya banyak, pria, wanita, tua, hingga muda tetap membutuhkan fashion. 

Artikel kali ini akan mengupas tuntas syarat ketentuan dan cara buat affiliate marketing yang sukses serta bagaimana mempromosikan produk fashion menggunakan fitur custom link.

Daftar Isi

Bagaimana cara mendaftar program affiliate marketing

 

Setiap program affiliate marketing memiliki metode yang berbeda dalam proses pendaftarannya, begitu juga dengan data diri yang diperlukan. Berikut adalah cara bagaimana anda dapat mendaftarkan diri anda dalam sebuah program affiliate marketing.

Shopee

Anda dapat dengan mudah mendaftarkan diri ke program Shopee Affiliate. Anda hanya perlu log in ke akun shopee anda dan mencari “Shopee Affiliates Program” melalui fitur pencarian di Shopee dan mengisi informasi secara rinci. Atau anda juga dapat mengunjungi laman Shopee affiliates pada browser dan lakukan langkah yang sama. 

Setelah mendaftar, anda harus menunggu maksimal 3 (tiga) hari kerja untuk mendapatkan email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee. Jika pendaftaran anda berhasil, anda sudah bisa mulai mempromosikan produk-produk Shopee melalui link afiliasi dan siap meraih komisi.

Blibli

Sama halnya dengan Shopee, cara untuk mendaftarkan diri anda pada program affiliasi Blibli caranya cukup mudah. Anda dapat mengklik “Affiliate Program” pada footer website Blibli.com. Atau anda juga bisa langsung mengunjungi web affliate marketing milik Blibli dan mengisi informasi tentang diri anda. Setelah mendaftar, akun anda akan direview terlebih dahulu oleh pihak Blibli, jika pendaftaran berhasil, anda akan menerima email selanjutnya.

Lazada

Untuk mendaftarkan diri dalam program affiliate Lazada, pertama, anda harus mengunjungi laman Lazada Affiliate. Kemudian, anda diminta untuk membuat akun dengan cara mengklik “Sign Up” pada halaman awal, nantinya anda akan diminta untuk mengisi formulir online sebagai mitra Lazada. Masukkan email dan kode verifikasi yang dikirimkan, setelah itu masukan data diri anda. Anda juga akan diminta untuk mendeskripsikan jenis akun media sosial/blog/website yang akan digunakan untuk mempromosikan produk Lazada Affiliate.Terakhir anda diarahkan menuju dashboard Lazada Affiliate yang berisi produk afiliasi yang dapat anda promosikan.

Accesstrade

Untuk mendaftar pada jaringan affiliate marketing Accesstrade caranya sangat mudah, anda dapat mengunjungi laman resmi Accesstrade. Setelah itu, anda bisa mengklik “Sign In” dan pilih daftar menjadi Publisher. Anda akan diminta untuk mengisi serangkaian kolom data pendaftaran, isi dengan sebenar-benarnya, dan jangan lupa untuk memberikan informasi mengenai blog atau media sosial yang akan anda gunakan untuk promosi. Terakhir, anda akan diminta untuk mengisi syarat dan ketentuan, baca syarat dan ketentuan dengan benar agar anda memahami program afiliasi di Accesstrade. Setelah selesai, anda hanya perlu menunggu selama 1 hingga 3 hari dan anda akan mendapatkan email lebih lanjut.

Syarat dan ketentuan yang harus anda pahami

Setiap program affiliate marketing memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda, tergantung perusahaan yang menjalankan. Syarat dan ketentuan juga mempengaruhi metode promosii sampai pencairan komisi. Mudah atau sulit, sebenarnya relatif, anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebiasaan dan kemampuan anda. Berikut adalah syarat dan ketentuan beberapa program afiliasi yang dapat anda ikuti.

Shopee Affiliate

Sebelum mendaftarkan diri anda ke dalam program Shopee Affiliate, pastikan anda telah memahami syarat dan ketentuan yang dibutuhkan. Syarat dan ketentuan tersebut perlu disiapkan terlebih dahulu, guna memudahkan proses pendaftaran anda, sebab saat mendaftar data diri anda akan diverifikasi terlebih dahulu.

Berikut adalah syarat dan ketentuan dari program Shopee Affiliate:

  1. Memiliki minimal 1 (satu) Subscribers/Followers/Teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook untuk menjadi Shopee Affiliates.
  2. Memiliki minimal 2.000 Subscribers/Followers/Teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook untuk menjadi Shopee Influencers.
  3. Akun media sosial aktif, memiliki konten yang orisinal, dan terbuka untuk umum.
  4. Akun media sosial merupakan akun pribadi, bukan akun toko ataupun Penjual.
  5. Akun media sosial tidak boleh mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), unsur pornografi, serta tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  6. Produk yang bisa dipromosikan hanya produk Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star.
  7. Produk yang dilarang untuk dipromosikan adalah produk rokok, rokok elektrik, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk tidak original atau palsu.
  8. Komisi akan dibayarkan paling cepat setiap 2 (dua) minggu sekali.
  9. Shopee berhak untuk mengunggah ulang konten di sosial media dan aplikasi Shopee.

Anda juga dapat melihat syarat dan ketentuan lebih lengkap melalui laman resmi Shopee.

Blibli 

Berbeda dengan Shopee yang memiliki serangkaian syarat yang kompleks megenai media promosi yang akan anda gunakan, Blibli terasa lebih mudah. Anda bebas memilih media promosi yang paling cocok, seperti facebook, twitter, forum, blog, dan youtube. Namun, konten yang anda buat untuk mempromosikan produk affiliate Blibli harus sesuai dengan batasan yang diberlakukan oleh Blibli, seperti tidak menggunakan kata kotor dan menyinggung unsur SARA. Syarat dan ketentuan lengkap dapat anda lihat saat mendaftar atau baca di sini.

Lazada

Terdapat beberapa syarat yang harus anda lengkapi untuk mendaftarkan diri pada program Lazada Affiliate, seperti kelengkapan dokumen hingga informasi media sosial. Berikut adalah syarat-syarat tersebut.

Kelengkapan Dokumen

  • Persyaratan awal yang perlu anda siapkan adalah dokumen pribadi anda, yakni:
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk),
  • Nomor telepon aktif,
  • Alamat email,
  • Serta, buku tabungan atau rekening bank.

Pengisian Formulir

Setelah memastikan dokumen anda lengkap, makan anda sudah siap untuk mengisi formulir pendaftaran. Beberapa informasi yang perlu anda isi pada formulir meliputi: 

Informasi dasar

Saat mendaftar, anda akan diminta memilih tipe member Lazada Affiliate. Jika anda mendaftar untuk kebutuhan pribadi, pilih lah individual member. Setelah itu, lengkapi informasi dasar seperti nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, domisili, alamat sesuai KTP, nomor telepon, hingga mengunggah foto KTP.

Informasi Akun

Selain informasi data diri, anda juga akan diminta untuk mendeskripsikan media sosial yang akan anda gunakan untuk media promosi. Beberapa media sosial yang dapat anda gunakan adalah blog/website, Facebook, Tiktok, Instagram, Twitter, YouTube dan sebagainya.

Semakin banyak media sosial yang anda gunakan untuk promosi, maka semakin besar pula kemungkinan komisi yang akan anda dapat dari program Lazada Affiliate. 

Informasi Bank

Terakhir, anda akan diminta mengisi detil rekening, seperti nama lengkap pemilik rekening, negara asal, alamat, nomor telepon, nomor rekening, jenis bank, juga alamat kantor cabang bank. Selain itu, anda juga akan diminta mengunggah foto buku tabungan sesuai dengan rekening yang digunakan. Informasi mengenai bank atau rekening berguna untuk pencairan komisi yang anda dapatkan.

Accesstrade

Dari sekian banyak program affiliate yang beredar di Indonesia, Accesstrade menjadi sebuah jaringan afiliasi yang memberikan kemudahan pada affiliator dengan cara buat affiliate marketing pemula yang sukses. Saat mendaftar anda hanya diminta untuk mengisi informasi pribadi seperti nama, email, dan nomor telepon, serta mencantumkan link media promosi yang akan anda gunakan. Setelah itu, anda tinggal menyetujui syarat dan ketentuan, lengkapnya anda dapat membaca syarat dan ketentuan di sini.

Cara Buat Affiliate Marketing Yang Benar Dengan Custom Link Afiliasi

Saat anda mulai melakukan promosi produk, anda akan diberikan link afiliasi yang mengarah pada produk tersebut. Namun, saat sudah mulai mempromosikan banyak produk, tentu link afiliasi anda akan semakin banyak. Untuk mencegah agar tidak berantakan dan menarik konsumen, anda perlu membuat halaman custom yang berisikan kumpulan link produk afiliasi anda secara gratis. Saat ini, sudah terdapat banyak layanan cara buat affiliate marketing untuk custom halaman dan link di internet, berikut adalah beberapa custom link yang dapat anda gunakan serta cara memakainya.

Linktree

Linktree merupakan layanan custom halaman yang paling sering digunakan. Berikut adalah cara membuat Linktree.

  1. Anda dapat mengunjungi laman resmi Linktree, dan mengklink tombol "Sign Up"
  2. Setelah itu, buatlah sebuah akun. Anda akan diminta untuk memasukan username dan email serta membuat password.
  3. Anda juga akan diminta untuk menceritakan diri anda
  4. Linktree anda sudah siap, dan anda bisa langsung memasukan link serta mencustom halaman anda sendiri

Magic ly

Magic ly merupakan layanan custom halaman yang biasa digunakan untuk media sosial Instagram dan Tiktok

  1. Anda dapat mengunjungi laman resmi Magic ly dan klik tombol Sign up
  2. Buat akun anda, anda dapat daftar menggunakan email, facebook, atau nomor telepon
  3. Buat username anda, selain itu anda juga diminta untuk mendeskripsikan diri anda, memilih kategori, serta menambahkan foto
  4. Akun anda sudah siap, anda sudah bisa mengcustom halaman dan menambahakn link produk afiliasi anda

Linki EE

Linki EE merupakan layanan custom halaman yang memang diperuntukan untuk program afiliasi. Sehingga anda dapat lebih mudah memasukan link produk afiliasi anda.

  1. Untuk mendaftar, anda dapat mengunjungi laman Linki EE, dan mengklik "Sign Up"
  2. Buat akun anda dengan mengisi username, email, serta membuat password
  3. Masukan kode verifikasi yang dikirimkan ke email anda
  4. Halaman Linki EE anda sudah siap, anda sudah bisa mulai mengcustom halaman dan menambahkan link afiliasi anda

Inpages

Inpages merupakan layanan custom halaman yang dibuat untuk memberikan kemudahan bagi affiliator Accesstrade. Oleh karena itu, untuk menggunakannya anda perlu tergabung sebagai affiliator Accestrade. 

  1. Untuk membuat halaman cutom menggunakan Inpages, anda bisa berkunjung ke website resminya dan Log in menggunakan akun Accesstrade anda
  2. Setelah berhasil log in, anda akan diarahkan menuju dashboard Inpages anda
  3. Untuk mengcustom tampilan halaman, anda dapat mengklik kolom "Customize"
  4. Untuk menambahkan link produk afiliasi, anda dapat mengklik kolom "Links"

Maksimalkan konversi affiliate berdasarkan produk terlaris

kategori

Dalam dunia affiliate marketing, terdapat sebuah istilah bernama tingkat konversi yang merupakan jumlah pembeli dibagi dengan jumlah pengunjung link afiliasi anda. Hal ini akan berkaitan dengan komisi yang anda dapatkan. Oleh karena itu anda perlu memaksimalkan tingkat konversi anda, salah satu caranya adalah mempromosikan produk terlaris.

Rekomendasi produk pria

Anda dapat memaksimalkan tingkat konversi dengan cara memberikan rekomendasi produk yang dikategorikan sebagai produk pria. Selain itu, saat mempromosikan produk anda dapat mengerucutkan lebih lanjut agar calon konsumen lebih tertarik. 

Sebagai contoh, anda dapat membuat konten “Rekomendasi Hoodie Pria Warna Putih”, konten tersebut akan lebih menarik karena disesuaikan dengan minat calon konsumen dan membantu mereka menemukan produk yang tepat. Namun, perlu dipastikan bahwa yang anda promosikan adalah produk yang sudah banyak dibeli, lengkap dengan penilaian yang baik.

Rekomendasi produk wanita

Selain pria, tentu anda juga dapat mengkategorikan produk wanita. Mengkategorikan produk wanita merupakan cara yang bisa dibilang paling efektif, hal tersebut dikarenakan wanita lebih sering berbelanja dan melakukan research terlebih dahulu mengenai produk yang akan ddibeli.

Untuk itu, anda dapat membuat konten yang mengurucutkan produk-produk wanit, mulai dari fashion hingga kecantikan, misalnya “Rekomendasi Sun Screen Untuk Kulit yang Lembab”, niscaya konsumen akan tertarik membeli lewat link afiliasi anda.

Itulah tutorial bagaimana anda dapat memulai program affiliate marketing produk fashion menggunakan fitur custom link yang dapat membantu anda merapihkan link afiliasi dan membuatnya menjadi halaman yang menarik. Promosikan produk fashio terbaik dengan penjualan terbanyak dan penilaian terbaik agar konsumen tertarik bertransaksi melalui link anda.

 

Baca Juga: Cari Uang Sambil Berpetualang, Yuk Ikutan Cara Daftar Affiliate Traveloka!

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023