Cara Membuat dan Mendapatkan Uang dari Blog Gratis Tanpa Adsense

Cara Membuat dan Mendapatkan Uang dari Blog Gratis Tanpa Adsense

Admin
how to Sep 08, 2023
SHARE ON
1694159768_cara-membuat-blog-gratis-yang-bisa-menghasilkan-uang-1.jpg

Pernahkah Anda bermimpi memiliki blog sendiri yang tidak hanya mampu menampung inspirasi Anda, tetapi juga dapat menghasilkan uang? Menjadi seorang blogger yang sukses adalah impian banyak orang, dan kini impian itu dapat terwujud meski masih diperlukan usaha. Saat ini, blog bisa menjadi sumber pendapatan yang menarik jika Anda tahu cara menjalankannya. Jawaban dari bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan uang terletak pada langkah-langkah yang akan kami jabarkan dengan lengkap di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis yang Menghasilkan Uang?

Bagaimana Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak Anda. Tapi jangan khawatir, kami akan membantu Anda memahami bagaimana cara membuat blog gratis yang mampu menghasilkan uang dengan penjelasan yang cukup mudah dipahami. Dari memilih platform yang tepat hingga memonetisasi blog Anda, kami akan membahas langkah demi langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapai kesuksesan dalam dunia blogging. Lalu apa saja yang perlu Anda lakukan?

1. Pilih Blogging Platform

Langkah pertama untuk memasuki dunia blogging adalah dengan memilih platform untuk blog Anda. Ada beberapa pilihan populer seperti WordPress, Blogger, atau Tumblr. Pastikan Anda memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan teknis Anda. Meski terbilang bukan hal penting, nyatanya ada beberapa blogger yang berhenti di tengah jalan karena kurang paham dengan platform yang mereka gunakan.

2. Tentukan Niche

Setelah memilih platform, langkah selanjutnya adalah menentukan niche atau topik yang akan Anda fokuskan. Menentukan niche adalah langkah krusial selain memilih platform karena dengan niche yang tepat, maka kelangsungan blog Anda sudah sedikit terjamin. Pilihlah topik yang Anda kuasai dan sesuai dengan minat audiens target, memilih niche yang sesuai dengan hobi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Jangan takut untuk mengambil niche yang spesifik, karena niche yang jelas akan memudahkan Anda untuk menarik minat para pembaca yang memang mencari informasi mengenai niche tersebut.

3. Pilih Nama Domain

Saat memilih nama domain, pilihlah kata kunci yang mudah diingat serta relevan dengan niche Anda. Kami sarankan untuk memilih nama yang tidak terlalu Panjang dan rumit agar mudah untuk diingat oleh para pengunjung Anda. Domain yang tepat akan membantu membangun nama blog Anda dengan lebih baik karena mungkin nama domain Anda akan dikenal sebagai blog yang membahas hal serupa dengan nama domain. Contohnya adalah Accesstrade yang merupakan gabungan dari kata Access dan Trade yang bisa dibilang mudah untuk diingat dan cukup berhubungan dengan “transaksi”.

4. Pilih Layanan Server

Setelah memilih platform, menentukan nama domain dan niche blog, maka selanjutnya adalah memilih layanan server hosting yang handal dan cepat. Kecepatan akses blog adalah salah satu faktor penting dalam SEO dan tentunya cukup berpengaruh di mata para pengunjung. Para pengunjung pasti lebih memilih mencari informasi di blog dengan kecepatan proses yang cepat daripada blog yang lambat dan sulit diakses. Anda bisa mencoba mencari layanan dari dalam negeri terlebih dahulu karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk blogger pemula.

5. Setup / Design Blog

Saat mengatur tampilan blog, pastikan desainnya terlihat menarik, responsif, dan mudah untuk dinavigasi. Pertimbangkan penggunaan warna dan tata letak yang membuat para pembaca betah berlama-lama di blog Anda.

6. Buat Konten yang Berkualitas

Selain berbagai hal yang telah kami sebutkan sebelumnya, konten atau isi blog adalah hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan. Isilah blog Anda dengan konten yang relevan dengan niche blog, informasi yang bermanfaat, dan juga berkualitas. Artikel yang menarik akan membuat pembaca kembali dan mungkin membagikan informasi tersebut kepada orang lain yang pastinya akan meningkatkan traffic blog Anda.

7. Optimasi SEO

Jangan lupa mengoptimalkan konten Anda untuk SEO agar blog mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google atau Bing. Gunakan kata kunci yang relevan, buat judul menarik, dan perhatikan struktur artikel yang baik agar sesuai dengan kaidah SEO yang ada. Salah satu hal umum yang dilakukan blogger adalah memasang backlink ke berbagai tempat dimana backlink tersebut mengarah ke blog utama mereka sehingga dapat meningkatkan nilai SEO.

8. Promosikan Blog

Jangan lupa untuk mempromosikan blog Anda melalui media sosial, forum, atau kerjasama dengan blogger lain. Semakin banyak orang yang tahu tentang blog Anda, semakin besar peluang untuk mendapatkan pengunjung.

9. Monitor Performance Blog

Pantau performa blog secara berkala dan menyeluruh dengan menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga. Gunakan alat analitik untuk melihat statistik trafik, perilaku pengguna, dan serta pendapatan yang dihasilkan oleh blog Anda. Dari sini, Anda bisa mengidentifikasi strategi yang efektif dan mengoptimalkan kinerja blog.

10. Monetisasi Blog

Inilah saat yang paling ditunggu-tunggu, yakni memonetisasi blog yang telah Anda buat. Anda bisa memilih beberapa cara seperti iklan, afiliasi, atau menjual produk digital untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari blog. Pastikan iklan yang ditampilkan relevan dengan niche blog Anda karena hal tersebut akan cukup berpengaruh terhadap rasio klik iklan tersebut.

Baca juga: 16 Syarat Pada Blog Agar Dapat Menghasilkan Uang

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog Tanpa Adsense?

Setiap blogger memiliki tujuan mereka masing-masing saat membangun blog. Bagi banyak orang, salah satu tujuannya adalah untuk menghasilkan pendapatan. Meskipun Google AdSense merupakan salah satu cara populer untuk menghasilkan uang dari blog, banyak metode lain yang bisa dimanfaatkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara alternatif untuk memonetisasi blog Anda tanpa mengandalkan AdSense.

1. Affiliate Marketing

Secara umum affiliate marketing adalah bagian dari pemasaran berbasis konversi, dimana advertiser membayar publisher atau influencer hanya untuk hasil yang dapat diukur seperti penjualan atau tindakan (registrasi, download dan sebagainya).

Dengan metode ini, Anda merekomendasikan produk atau layanan kepada pembaca Anda dan mendapatkan komisi setiap kali mereka melakukan pembelian melalui tautan yang Anda berikan. Pilih produk atau layanan yang relevan dengan niche blog Anda dan pastikan merekomendasikan hanya produk berkualitas kepada pembaca.

Lalu bagaimana dengan cara mengaplikasikan sistem affiliate di blog Anda? Anda dapat mempelajari juga bagaimana cara memasang affiliate di blog yang benar sehingga dapat melakukan tracking konversi dan mendapatkan komisi.

2. Postingan Berbayar / Content Placement

Banyak perusahaan yang bersedia membayar blogger untuk menulis artikel atau ulasan tentang produk atau layanan mereka. Sponsorship content ini bisa menjadi sumber pendapatan yang baik asalkan Anda tetap menjaga integritas konten dan transparan kepada pembaca bahwa artikel tersebut merupakan konten berbayar.

3. Menjual Service atau Produk Digital

Jika Anda memiliki keahlian khusus, Anda dapat menawarkannya dalam bentuk layanan atau produk digital. Misalnya, jika Anda seorang ahli desain grafis, Anda bisa menjual desain template, eBook, atau kursus online. Pastikan produk atau layanan yang Anda tawarkan memiliki kualitas tinggi dan relevan dengan audiens Anda.

4. Konten Premium dengan Sistem Berlangganan

Jika Anda memiliki konten berkualitas tinggi yang menarik, pertimbangkan untuk menawarkannya melalui sistem berlangganan. Anda bisa memberikan akses ke konten eksklusif, seperti artikel mendalam, tutorial, atau video, hanya kepada mereka yang berlangganan.

5. Donasi / Crowdfunding

Meskipun mungkin terdengar tidak biasa, banyak blogger yang mendapatkan dukungan finansial dari pembaca mereka melalui donasi atau platform crowdfunding seperti Patreon. Jika Anda memiliki komunitas pembaca yang loyal dan merasa konten Anda memberi nilai tambah, mereka mungkin bersedia mendukung Anda secara finansial.

Dalam memonetisasi blog, yang paling penting adalah menjaga kepercayaan dan integritas di mata pembaca. Pilih metode yang paling sesuai dengan blog Anda dan selalu jaga kualitas konten yang Anda sajikan.

Baca juga: Perhitungan Berapa Uang yang Dapat Dihasilkan dari Blog

Kesimpulan

Membuat blog yang menghasilkan uang memang memerlukan waktu, kerja keras, dan kesabaran. Tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tetap konsisten, kesuksesan tidak akan jauh dari genggaman Anda. Ingatlah untuk selalu menghadirkan konten yang berarti bagi pembaca dan berinteraksi dengan mereka. Tertarik untuk menjadi blogger yang bisa menghasilkan banyak uang? Segera daftarkan diri Anda di Affiliate Marketing terbaik untuk Bloggers.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait