Tips Membangun Audience Affiliate Marketing untuk Blog Fashion

Tips Membangun Audience Affiliate Marketing untuk Blog Fashion

Admin
search engine optimization Aug 02, 2024
SHARE ON
1722585998_tips-membangun-audience-affiliate-marketing.jpg

Membangun blog fashion untuk affiliate marketing bisa dikatakan susah-susah gampang karena umumnya kita lebih suka untuk melihat bentuk dan dimensinya secara langsung, namun bukan berarti hal itu tidak mungkin untuk dilakukan. Berikut ini tips untuk kamu yang ingin membangun audience affiliate marketing untuk blog fashion.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah salah satu cara efektif untuk menghasilkan pendapatan dalam bentuk komisi melalui berbagai macam blog, termasuk blog fashion. Namun, untuk berhasil dalam affiliate marketing, kamu perlu membangun audience yang tepat dan menganalisa bagaimana audience blog kamu. Lantas, apa saja tips untuk membangun audience blog fashion? 8 hal penting ini wajib kamu ketahui untuk keberhasilan blog fashion affiliate kamu.

Pelajari Visitor Website/Followers Kamu

Langkah pertama dalam membangun audience blog fashion adalah memahami siapa yang mengunjungi website atau mengikuti akun media sosial kamu. Gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk mengumpulkan data tentang demografi, perilaku, dan preferensi pengunjung blog. Lalu, perhatikan hal-hal ini sebagai variabel dalam menentukan strategi, seperti:

  • Usia dan Jenis Kelamin, agar kamu bisa menargetkan konten yang relevan.
  • Lokasi Geografis, sehingga kamu mudah untuk menentukan tren lokal atau musiman karena update fashion bener-bener cepat.
  • Sumber Traffic, agar kamu bisa menganalisa engagement dan darimana audiences blog mu berasal, apakah dari search engine, media sosial, atau rujukan dari situs lain.
  • Halaman Populer, untuk mengetahui jenis konten apa yang paling diminati oleh audiences.

Dengan mengetahui 4 hal ini akan memudahkan kamu membuat konten dan menentukan jenis fashion seperti apa yang diminati oleh audience blog kamu sehingga tidak membuang-buang waktu untuk membuat konten yang tidak sesuai dengan audience.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa membaca artikel tips menentukan niche yang sesuai dengan minat dan interest dari audience kamu.

Baca juga: 15 Cara Efektif Berjualan Affiliate Marketing Lewat Blog

Tentukan Tipe Audience Fashion yang ingin Di Targetkan

Setelah memahami audience blog kamu, langkah berikutnya adalah menentukan tipe audience fashion yang ingin kamu targetkan. Ini bisa dibagi menjadi beberapa niche fashion yang spesifik, apa saja?

1. Niche Fashion Baju

Jika kamu memilih niche fashion baju, fokuslah pada berbagai jenis pakaian seperti pakaian kasual, formal, olahraga, atau tren fashion. Ada beberapa ide konten fashion yang bisa kamu coba, seperti mix match, 1 fashion untuk beberapa style, review brand, memberikan tips styling untuk menarik atensi audience kamu.

Kamu bisa mendukung dengan memberikan video sehingga lebih menarik agar audience bisa stay lama di blog kamu. Misalnya, kamu bisa merepost konten video di tiktok ke blog kamu agar semua platform bisa terintegrasi dan meningkatkan peluang konversi affiliate.

2. Niche Aksesoris

Selain fashion, kamu juga bisa memberikan variasi terkait jenis konten affiliate yang membahas tentang aksesoris seperti perhiasan, tas, topi, dan sabuk adalah niche yang menarik, karena fashion umumnya ditunjang dengan aksesoris yang menarik, bukan?

Buat konten tentang bagaimana memilih aksesoris yang sesuai, mengulas produk aksesoris terbaru, atau cara memadukan aksesoris dengan pakaian untuk tampilan yang sempurna, konten ini akan mendapatkan banyak viewer jika kamu menyebarkan di tiktok.

3. Niche Sepatu

Setelah aksesoris, fashion perlu didukung dengan model sepatu yang sesuai. Ini akan menjadi topik yang menarik karena kamu memberikan ide secara keseluruhan. Tapi tidak masalah jika kamu menjadikan konten berbeda untuk pemilihan sepatu.

Sepatu adalah bagian penting dari fashion, jadi kamu bisa menargetkan audience yang tertarik pada berbagai jenis sepatu, seperti sepatu casual, formal, olahraga, heels, atau sepatu hiking jika audience kamu menyukai alam. Ulasan produk, tren terbaru, dan tips perawatan sepatu bisa menjadi konten yang menarik loh untuk kamu bahas.

4. Niche Produk Kecantikan

Yang tidak boleh ketinggalan adalah produk kecantikan. Produk kecantikan baik skincare atau kosmetik akan menjadi tambahan konten yang bisa mendukung blog fashion kamu. Buat konten yang mengulas produk kecantikan terbaru, tutorial makeup sesuai dengan fashion yang digunakan, atau tips perawatan kulit yang sesuai dengan tren fashion terkini akan jadi topik menarik.

Tentunya, kamu juga bisa membuat konten video untuk disebar di media sosial kamu lainnya, tidak hanya di blog fashion. Umumnya, tayangan video terkait skincare mampu menarik perhatian jika dibuat dalam format video karena audience kamu bisa ikut engage dengan experience make up dan perawatan kamu.

Baca juga: Daftar Rekomendasi Top 10 Fashion Influencer Indonesia

Buat Persona

Setelah menentukan siapa audience dan tipe konten yang kamu sediakan untuk audience kamu. Langkah selanjutnya adalah membuat persona dari blog fashion kamu, apa itu persona?

Persona adalah gambaran atau representasi apa yang ingin kamu tanamkan kepada audience kamu saat mengunjungi blog fashion yang kamu kembangkan sebagai affiliate marketing. Persona akan membantumu memahami lebih dalam tentang audience. Persona blog fashion kamu dapat kamu visualisasikan sesuai dengan audience kamu. Apa saja yang membantu kamu dalam membuat persona?

Kamu bisa menggunakan data-data untuk memvisualisasikan persona dengan:

  • Nama dan Foto, visualisasikan audience kamu sehingga persona lebih nyata.
  • Demografi Audience, seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lokasi.
  • Kesukaan, seperti Minat, hobi, dan values yang dianut.
  • Masalah, keadaan sukar yang dialami oleh audience misalnya dalam menentukan fashion, harga minimal, dan lainnya.
  • Tujuan memilih.

Dengan membuat persona dari audience blog fashion, kamu akan lebih mudah untuk memvisualisasikan ide dari konten-konten yang relevan, sehingga tujuan membuat blog fashion affiliate marketing menjadi lebih realistis.

Baca juga: 9 Fashion Affiliate Program Untuk Blogger dan Influencer

Buat Goals dan Monetisasi Blog Fashion Kamu

Setelah menentukan audience dan membuat persona, langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan dan strategi monetisasi blog fashion kamu. Memiliki tujuan akan membuat kamu mengerti langkah-langkah apa saja yang perlu kamu tempuh, seperti bergabung dengan platform Affiliate Marketing seperti accesstrade.

Dengan bergabung komunitas Affiliate Marketing, tujuan monetisasi akan lebih jelas, seperti apakah itu meningkatkan traffic, meningkatkan konversi affiliate, atau membangun brand awareness? Buat tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART).

Sekalipun affiliate marketing bukan satu-satunya cara karena kamu bisa mencoba monetisasi blog fashion kamu dengan sponsored post, jual produk sendiri, bahkan iklan atau adsense, tidak ada salahnya bergabung dengan affiliate marketing dengan nilai komisi yang menarik.

Salah satu program yang meningkatkan pendapatan kamu adalah Triple Commission dari Accesstrade. Jika kamu tertarik menjadi bagian dari Accesstrade, gabung sekarang dengan komunitas kami untuk dapatkan informasi terbaru seputar dunia affiliate marketing.

Klik link dibawah untuk bergabung ke whatsapp group komunitas influencer dan publisher affiliate marketing

Rizky Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait