Postingan Di Take Down Karena Copyright? Berikut Cara Aman Post Konten di Instagram Tanpa Melanggar Hak Cipta

Postingan Di Take Down Karena Copyright? Berikut Cara Aman Post Konten di Instagram Tanpa Melanggar Hak Cipta

Admin
Apr 25, 2024
SHARE ON
1715074611_cara-agar-tidak-kena-copyright-di-instagram.jpg

Setiap content creator di Instagram kini tidak hanya dituntut untuk membuat konten yang optimal, tapi juga harus orisinal. Dampak dari claim copyright selain konten ditarik dari Instagram, akun kamu juga terancam dibatasi atau bahkan dinonaktifkan, jangan sampai ini terjadi di kamu ya.. Artikel ini akan mengulas tentang bagaimana cara agar konten yang kamu buat 100% tidak terkena hak cipta serta cara mengatasi jika akunmu terkena claim copyright.

Apakah Instagram Bisa Kena Copyright?

Instagram dikenal sebagai platform yang sangat memperhatikan dan menegakkan hak cipta, untuk menghormati kekayaan intelektual para kreator konten. Tentu saja ini menjadi angin segar bagi para kreator, namun juga boomerang, karena itu kita dituntut untuk extra hati-hati. Karena ketika pengguna memposting konten yang dilindungi hak cipta tanpa izin, Instagram akan segera menghapusnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna untuk memahami cara mengelola isu hak cipta di Instagram. Konten yang biasanya rentan terkena claim copyright biasanya lagu yang membutuhkan lisensi, atau gambar dan klip video yang dilindungi hak cipta atau yang biasanya berbayar.

Dikutip dari situs help.instagram.com, pengguna yang mengalami masalah hak cipta akan menerima notifikasi dari Facebook atau Meta yang mencantumkan informasi kontak pemilik hak cipta asli.

Hal ini bisa menjadi mengganggu, terutama jika konten yang dibuat tidak melibatkan karya orang lain dalam arti, kamu membuat karya orisinal namun karena gambar atau musik yang kamu pilih ternyata berlisensi akhirnya kamu terkena claim hak cipta. Ini terjadi karena sistem Instagram yang secara otomatis memfilter dan menandai konten sebagai pelanggaran hak cipta.

Bagaimana Mengatasi Jika Akunmu Terkena Klaim Copyright di Instagram?

Pengguna dapat mengajukan banding untuk memperbaiki situasi ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang proses banding, berikut panduan lengkapnya :

1. Buka Menu Notifikasi

  • Cek Notifikasi: Kamu biasanya akan mendapatkan notifikasi terkait konten yang terkena pelanggaran hak cipta.
  • Pelajari Detail Pelanggaran: Baca dan perhatikan dengan detail pelanggaran yang tercantum agar kamu memahami apa yang menjadi masalah.

2. Baca Pemberitahuan dan Setujui

  • Pahami Isi Pemberitahuan: Setelah membaca, pastikan kamu benar-benar mengerti apa yang diminta oleh Instagram.
  • Ikuti Langkah yang Disarankan: Biasanya, Instagram akan memberi opsi untuk menghapus konten atau melakukan tindakan lain yang sesuai.

3. Tekan Tombol Appeal atau Banding

  • Gunakan Opsi Banding: Jika kamu yakin bahwa konten tersebut tidak melanggar hak cipta, gunakan opsi untuk mengajukan banding.
  • Isi Formulir Banding: Berikan penjelasan dan bukti pendukung jika perlu untuk membuktikan klaimmu.

Baca juga: Cara Membuat Link di Bio Instagram dari HP dan Desktop

Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta di Instagram

Menghindari pelanggaran hak cipta di Instagram bukan hanya penting untuk memastikan kontenmu tetap aman, tetapi juga penting untuk menjaga reputasi akun-mu. Salah satu area yang sering menjadi masalah adalah penggunaan musik dalam video atau postingan. Berikut adalah tips untuk menggunakan musik tanpa melanggar hak cipta:

A. Gunakan Lagu yang Bebas Copyright

Instagram memiliki library musik yang bisa kamu explore yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan, atau kamu juga dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut jika akan memilih lagu untuk diposting di Instagram:

1. Pilih Musik dari koleksi Audio Instagram

Instagram menyediakan playlist atau koleksi musik yang telah mendapat lisensi yang sah untuk digunakan dalam video. Dengan menggunakan musik dari Instagram, kamu bisa menghindari pelanggaran hak cipta karena semua lagu sudah disetujui untuk digunakan.

2. Menggunakan Platform Musik Royalty-Free

Ada banyak sumber online yang menawarkan musik bebas royalti yang bisa kamu gunakan. Situs-situs seperti Free Music Archive, Jamendo, dan Epidemic Sound menyediakan beragam pilihan lagu yang dapat digunakan secara legal tanpa harus membayar royalti.

3. Baca dan Pahami Lisensi Musik

Sebelum menggunakan lagu dari sumber manapun, penting untuk membaca dan memahami ketentuan lisensi yang diberikan. Beberapa lisensi mungkin memperbolehkan penggunaan gratis untuk penggunaan non-komersial tetapi membutuhkan lisensi berbayar untuk penggunaan komersial.

4. Berikan Kredit yang Sesuai

Meskipun lagu tersebut bebas digunakan, beberapa lisensi mungkin meminta kamu untuk memberikan kredit kepada pencipta atau penyanyi lagu tersebut. Pastikan untuk mematuhi semua persyaratan kredit untuk menghindari masalah hak cipta.

5. Periksa Lisensi Musik Secara Berkala

Hak cipta dan lisensi musik dapat berubah, dan apa yang dulunya gratis mungkin sekarang membutuhkan lisensi. Selalu periksa kembali status lisensi dari lagu yang kamu gunakan secara berkala untuk memastikan kamu masih mematuhi semua syarat dan ketentuan.

B. Gunakan Video / Foto Original

Salah satu cara lainnya yang paling ampuh agar tidak kena copyright di instagram adalah dengan menggunakan aset foto atau video original buatan sendiri. Jika kamu adalah seorang reposter atau ada kebutuhan khusus untuk upload aset dari klien karena kebutuhan pekerjaan, mungkin kamu dapat edit terlebih dahulu agar lebih sesuai dengan style kamu, atau kamu juga dapat edit menggunakan teknik stitch video.

Jika kamu akan melakukan edit konten untuk di publish di instagram, mungkin kamu membutuhkan informasi Ukuran Rasio dan Resolusi dari Berbagai Fitur Instagram agar aset yang kamu posting tidak terpotong dan tetap terlihat high resolution.

Baca juga: Bedah Konten 1k Followers Instagram Bisa Dapat Uang Berapa

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat memastikan bahwa musik dalam video atau postingan Instagrammu tidak hanya meningkatkan kualitas visual dan audio tetapi juga bebas dari masalah hak cipta, dengan begitu kamu bisa fokus mengoptimalkan konten dan dapatkan peluang sebanyak-banyaknya. Di sini kamu juga akan mendapatkan informasi tentang cara dapat uang dari instagram tanpa modal.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait