Contoh Call to Action yang Menarik Untuk Berbagai Jenis Konten Instagram

Contoh Call to Action yang Menarik Untuk Berbagai Jenis Konten Instagram

Admin
Jul 30, 2024
SHARE ON
1722328885_contoh-call-to-action-di-berbagai-fitur-instagram.jpg

Di dunia digital marketing, Instagram adalah salah satu platform paling efektif untuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya adalah menjadi affiliate marketer. Memahami strategi dalam menggunakan call to action akan membuat aktivitas affiliate marketing kamu semakin cuan, sayangnya kebanyakan orang-orang hanya memahami CTA itu sebatas “Klik link di bio” atau “Beli sepatu ini di sini”. Padahal jika kita pahami lebih dalam, call to action adalah ajakan untuk audiens kamu agar yakin dan tertarik dengan apa yang kamu pasarkan. Artikel ini akan membahas berbagai contoh CTA yang dapat kamu gunakan di berbagai fitur Instagram seperti Stories, Bio Profil, Feed, Comment, dan Reels dengan tepat dan dijamin akan menghasilkan banyak konversi, baca sampai selesai ya..

Bagaimana Contoh Call to Action Instagram yang Efektif?

CTA yang efektif harus bisa menarik perhatian audiens dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan tertentu, seperti mengklik tautan atau mengikuti akunmu. Seringkali terdapat kesalahpahaman bahwa Call To Action hanya sekadar tombol atau tautan sederhana seperti "Beli sekarang!" atau "Daftar di sini!". Padahal, CTA yang efektif lebih dari sekadar perintah.

CTA yang efektif harus mampu memberikan alasan yang kuat dan meyakinkan mengapa audiens perlu mengambil tindakan tersebut. Misalnya, "Beli sekarang" tidak akan efektif jika tidak disertai dengan alasan mengapa audiens harus membeli. "Daftar di sini" tidak akan menarik jika tidak mampu meyakinkan audiens mengapa mereka perlu mendaftar. "Baca selengkapnya" tidak akan menarik minat jika tidak memberikan gambaran tentang kelanjutan informasi yang akan didapatkan.

Contoh CTA di Stories Instagram

Instagram Stories memungkinkan kamu untuk share link affiliate melalui sticker insert/add link atau fitur swipe up (jika kamu memiliki lebih dari 10.000 followers). Berikut beberapa contoh kalimat CTA yang menarik:

  1. “Wajah breakout jadi mulus dan kinclong gara-gara pakai serum ini” .
  2. "Belanja bekal sekolah anak di sini super lengkap"
  3. "Brand t-shirt favoritku lagi promo buy 1 get 1"
  4. “Sepatu nyaman ini gak sampai 300ribu”

Kamu juga bisa menambahkan Stories tersebut ke Highlight agar konten tetap dapat diakses dalam jangka waktu yang panjang, gunakan teknik story telling dan honest review untuk lebih meyakinkan audiens

Contoh CTA di Bio Profil Instagram

Bio profil Instagram adalah tempat strategis untuk menyimpan link penting. Berikut beberapa contoh kalimat CTA untuk link in bio yang menarik:

  1. "Suka belanja dan cari barang bagus yang nyaman di kantong"
  2. "Dari ujung rambut sampai kaki semua rekomendasi ada di sini”
  3. "Rekomendasi skincare brand lokal terbaik, gak bikin dompet kita breakout"

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram Untuk Pemula

Contoh CTA di Feed Instagram

Postingan di Feed Instagram juga bisa digunakan untuk mengarahkan audiens ke link di Stories atau Bio Profil. Berikut beberapa contoh kalimat CTA yang menarik:

  1. "Check stories buat link belanja, cuman hari ini diskon potongan 50K!"
  2. "Kotak bekal lucu linknya ada di bio lagi promo diskon 50%"
  3. "Wajah glowing anti bikin dompet breakout, rangkaian skincare semua linknya ada di bio”

Contoh CTA di Comment Instagram

Komentar pada postingan bisa menjadi cara efektif untuk mengarahkan lagi audiens untuk mengklik link tautan. Berikut beberapa contoh kalimat CTA yang menarik:

  1. "Semua brand look makeup yang aku pakai ini linknya ada di stories ya atau check highligh"
  2. "Setiap hari aku selalu update diskon link belanja rekomendasiku, paling gede potongannya sampai 30 ribu dari mulai makeup, skincare, baju dan sembako, check terus IG stories aku ya"
  3. "Celana jeans nyaman brand lokal under 300K, linknya ada di bio”

Baca juga: Bedah Konten 1k Followers Instagram Bisa Dapat Uang Berapa

Contoh CTA di Reels Instagram

Reels Instagram adalah fitur populer untuk berbagi video pendek yang menarik. Berikut beberapa contoh kalimat CTA yang menarik audiens untuk mengunjungi profil bio dan follow akun kamu:

  1. "Alat bikin bekal lucu mudah dan praktis, linknya ada di bio”
  2. "Serum ampuh ngilangin jerawat linknya ada di highlight”
  3. “Outfit simple, nyaman dan tetep classy semua pake brand lokal, klik link di bio buat checkout, ada potongan harga sampai 30 ribu”

Baca juga: 2 Cara Dapat Uang dari IG Reels Tanpa Minimal Followers

Kesimpulan

Dengan menggunakan CTA yang efektif di berbagai fitur Instagram, kamu bisa mengarahkan audiens dengan lebih baik dan meningkatkan konversi. Jangan ragu untuk mencoba dan menyesuaikan CTA yang paling cocok untuk audiensmu. Selamat mencoba! 

Rizky Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait