Cuan Tanpa Tampilkan Wajah! 9 Ide Konten Youtube Tanpa Wajah

Cuan Tanpa Tampilkan Wajah! 9 Ide Konten Youtube Tanpa Wajah

Admin
Mar 07, 2024
SHARE ON
1709815099_ide-konten-youtube-tanpa-wajah.jpg

Kamu introvert tapi kamu ingin cuan tanpa menampilkan wajah di video Youtube? Bisa kok, kamu bisa merekam atau menggunakan stok video kamu yang tanpa wajah kamu. Contohnya, video yang hanya menunjukan gerakan tangan atau video objek tertentu.

Selain itu, kamu juga membuat video dengan gabungan footages gratis atau berbayar yang tersebar internet. Kamu pun juga bisa menambahkan voice over atau sound effect.

Lalu, konten Youtube apa saja yang cocok untuk introvert? Ada banyak ide konten Youtube tanpa wajah dan suara, seperti konten memasak. Konten ini hanya memperlihat gerakan tangan dan teks untuk detail bahan-bahan.

Lalu, apalagi ide kontennya? Yuk simak 9 ide konten Youtube tanpa wajah di bawah ini.

Daftar Rekomendasi Ide Konten Youtube Tanpa Wajah

Berikut adalah beberapa ide konten tanpa wajah yang dapat kamu gunakan untuk konten-konten kamu di youtube, diantaranya yaitu:

1. Konten video animasi

Video animasi adalah gambar atau grafis bergerak yang disusun dan diurut secara cepat dan bersamaan. Alhasil, gambar tersebut terlihat seperti bergerak.

Nah, gambar tersebut bisa berupa tulisan, gambar hewan, gambar tumbuhan, manusia, dan objek lainnya.

Animasi sendiri memiliki berbagai jenis, yaitu:

A. Animasi 2D

Apakah kamu pernah nonton Doraemon, Tom and Jerry, dan Shincan? Jika iya, maka kamu sudah melihat animasi 2D. Yap, kartun-kartun tersebut merupakan bentuk dari animasi 2D.

B. Animasi 3D

Animasi 3D merupakan the next level dari 2D sehingga gambarnya lebih kelihatan lebih nyata dan mirip dengan wujud aslinya. Nah, contoh dari animasi 3D adalah film Toy Story, UP, Coco, dan lain-lain.

C. Motion grafis

Motion grafis adalah gambar grafis bergerak yang berasal dari gabungan elemen-elemen desain, teks, gambar, ilustrasi, ikon, dan suara.

D. Stop Motion

Stop Motion adalah teknik pengambilan gambar objek (tidak bergerak) yang dipindahkan sedikit demi sedikit.

Nah, hasil pengambilan gambar tersebut digabungkan dan diputar secara cepat. Alhasil, gambar tersebut menghasilkan ilusi seolah objek tersebut bergerak sendiri.

E. Typography

Animasi typography atau animasi kinetic typography adalah animasi susunan teks yang bergerak dengan efek-efek tambahan lainnya.

2. Video Tutorial

Video tutorial adalah video yang berisi tentang langkah, panduan, cara, atau instruksi bertahap dan berurutan untuk melakukan sesuatu.

Contoh ide konten dalam bentuk video tutorial tanpa menampilkan wajah, yaitu:

A. Video Tutorial Cara Menggambar

Video tutorial cara menggambar yang hanya menunjukan tangan, seperti video memasak, video membuat Do It Yourself (DIY), video reparasi, dan lain-lain.

B. Video Screen Recording

Video tutorial dengan menggunakan screen recording dari PC atau handphone untuk menjelaskan cara melakukan sesuatu yang ada di PC atau handphone. Umumnya, berkaitan dengan cara penggunaan software atau aplikasi tertentu.

3. Video top10

Video top 10 ini bisa berupa video rekomendasi dan video yang menunjukkan urutan hal tertentu yang diurutkan dari yang terbawah sampai teratas, dan sebaliknya. Contohnya 10 tempat misterius, seperti di bawah ini.

4. Konten game

Kebanyakan konten topik game memang menampilkan wajah creator/Youtuber-nya. Namun, kamu sebenarnya bisa loh membuat konten game tanpa menampilkan wajah.

caranya adalah kamu melakukan screen recording atau kamu bisa menunjukan wajah yang ditutupi oleh avatar.

Lalu, gimana ide konten yang tanpa menampilkan wajah? Nah, berikut 2 jenis konten yang bisa dibuat tanpa menampilkan wajah:

A. Review Games

Review games adalah konten yang berisi ulasan atau tinjauan mengenai games tertentu. Ulasan ini berisi informasi mengenai fitur-fitur, sistem, mekanisme, kelebihan dan kekurangan dari suatu game.

Review game ini juga bisa untuk mempengaruhi audiences untuk tertarik dan membeli suatu game bahwa game worth it untuk dibeli dan dimainkan.

Berikut contoh konten review game Red Dead Redemption tanpa menampilkan wajah.

B. Konten Lets Player

Konten let’s player atau dikenal sebagai LP adalah konten berisi screen recording game yang dimainkan oleh seorang player (Youtuber).

Umumnya, video ini disertakan dengan komentar dari player game tersebut. Namun, kamu juga bisa membuat screen recording tanpa komentar. Jadi, kamu tidak perlu menampilkan wajah di sini.

Salah satu jenis let’s player adalah walkthrough series. Walkthrough series adalah konten yang menunjukan experience player dalam memainkan 1 episode atau 1 series games.

Tujuan walkthrough games adalah memberikan gambaran terkait alur cerita game. Selain itu, ini juga bisa memberikan kemudahan kepada pemain lain dalam menyelesaikan game.

Berikut contoh walkthrough series: Final Fantasy 7 Rebirth Walkthrough

5. Konten ASMR

ASMR adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response. Konten ini lebih berfokus pada suara yang dihasilkan oleh sesuatu, seperti suara yang dihasilkan saat makan, memasak, bermain, dan lain-lain.

Oleh karena itu, konten ini menjadi salah satu konten yang tidak perlu memperlihatkan wajah karena berfokus pada suaranya. Kamu cukup merekam benda atau sesuatu yang menghasilkan suara tersebut.

Mari kita lihat contoh dari konten ASMR bermain slime di bawah ini. Konten ini hanya memperlihat tangan dan gesekan antara tangan dengan slime sebagai sumber suara.

Baca juga: 8 Ide Konten Youtube Modal HP Untuk Pemula

6. Konten musik

Seperti namanya, konten ini berfokus pada suara musiknya. Lalu bagaimana dengan visual yang ditampilkan di video Youtube? Kamu bisa menampilkan bagian tangan atau menampilkan gambar atau footage tanpa wajah mu.

Namun, konten musik ini perlu hati-hati. Alasannya karena kamu perlu memastikan bahwa musik tersebut memiliki lisensi.

Mari lihat beberapa contoh berikut agar kamu punya gambaran:

A. Video Tutorial Musik

Video tutorial musik yang hanya memperlihatkan tangan yang memainkan alat musik, seperti contoh di bawah ini. Konten di bawah ini hanya fokus pada tangan yang bermain piano.

B. Video Karaoke / Lirik Lagu

Video lirik lagu yang hanya berfokus pada teks lirik lagu. Visual yang digunakan adalah gambar atau footage objek lain selain wajah kamu, seperti contoh berikut.

7. Konten dalam bentuk slideshow

Konten ini adalah konten berbentuk screen recording slideshow dari slide presentasi atau power point. Topik yang dibahas bisa berbagai topik yang bisa dimuat di slide presentasi atau power point. Contohnya seperti slideshow materi kuliah di bawah ini.

8. Konten review film

Konten review film adalah ulasan mengenai alur cerita, pemain, fakta-fakta menarik, sinematografi dari suatu film.

Nah, kamu bisa membuat konten ini dengan menampilkan cuplikan-cuplikan film. Lalu, kamu bisa menambahkan voice over untuk mengulas film tersebut.

Namun, kamu perlu memahami alur cerita tersebut agar kamu bisa mengulas film. Selain itu, kamu juga perlu hati-hati dengan copyright.

Berikut contoh review film yang menjelaskan alur cerita suatu film dengan cuplikan-cuplikan film dan voice over.

9. Konten quote

Konten quote adalah konten yang berisi kata-kata mutiara atau kata-kata bisa. Kata-kata ini biasanya dari seorang tokoh, orang-orang terkenal, kutipan buku, kutipan film, anime, serial, dan lain-lain

Konten ini menjadi salah satu konten tanpa menampilkan wajah karena kamu hanya butuh stok quotes. Selain itu, kamu perlu menyiapkan stok video atau foto atau gambar apapun untuk visual kontennya, seperti di bawah ini.

Jadi, itu lah 9 inspirasi untuk ide konten Youtube tanpa wajah. Kamu bisa menghasilkan uang dari Youtube walaupun kamu tidak menampilkan wajah.

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa bukan hanya Adsense sebagai sumber penghasilan di Youtube. Ada banyak cara dapat uang dari youtube selain adsense.

Selain itu, kamu juga perlu bergabung dengan komunitas sesama Youtuber agar kamu bisa bertanya dan mendapatkan informasi update seputar Youtube. Nah, kamu bisa bergabung komunitas berikut ini.

GABUNG GROUP TELEGRAM ACCESSTRADE DISINI!

References:

https://www.sahalion.com/2023/07/ide-konten-youtube-tanpa-wajah.html

https://bieproduction.com/pengertian-dan-jenis-jenis-video-animasi/

https://www.sekawanmedia.co.id/blog/motion-graphic/

https://glints.com/id/lowongan/animasi-stop-motion-adalah/

https://kinaja.id/topic/video-and-animation/stop-motion/

https://www.aldyndo.com/2023/01/kinetic-typography.html#google_vignette

https://www.rudyarra.com/2012/08/kinetic-typography.html#google_vignette

https://rexdl.co.id/mengenal-arti-walkthrough-games-yang-jarang-diketahui/

https://www.guesehat.com/apa-itu-asmr-kenapa-banyak-orang-menyukainya#google_vignette

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait