Cara Hasilkan Cuan dari Youtube tanpa Adsense

Cara Hasilkan Cuan dari Youtube tanpa Adsense

Admin
Feb 29, 2024
SHARE ON
1709183359_cara-hasilkan-cuan-dari-youtube-tanpa-adsense.jpg

Siapa yang merasa kesulitan mendapatkan penghasilan dari Adsense Youtube? Yap, kebijakan iklan Youtube saat ini memang sudah ketat dan tidak semudah dulu. Alhasil, orang-orang merasa kesulitan menghasilkan uang dari Adsense Youtube.

Namun, apakah kamu tahu bahwa kamu bisa loh menghasilkan uang dari Youtube tanpa Adsense? Yap benar, kamu bisa menghasilkan uang dari Youtube dengan berbagai cara selain Adsense.

Bagaimana cara dapat uang dari Youtube selain Adsense? Ada 6 cara dapat uang dari Youtube selain Adsense, yaitu sponsorship, penjualan merchandise, penjualan produk digital, memberships, workshop, dan affiliate marketing

Nah, kamu bisa membaca cara dan tips detailnya di bawah ini ya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Youtube selain Adsense?

Berikut 6 cara dapat uang dari Youtube selain Adsense:

1. Sponsorships dan Brand Deals

Sponsorship adalah salah satu strategi marketing perusahaan atau brand dengan cara memberikan dukungan finansial atau materi kepada pihak tertentu.

Dari sudut pandang perusahaan atau brand, sponsorship adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa. Hal ini juga bisa meningkatkan brand awareness dan brand image mereka.

Dari sudut pandang pihak penerima sponsorship, mereka tentunya akan menerima dukungan finansial atau materi. Maksud materi di sini bisa berupa penyediaan produk, jasa, fasilitas, dan lain-lain.

Lalu, apa hubungannya sponsorship dengan Youtube?

Jadi, perusahaan atau brand bisa memberikan sponsorship kepada content creator Youtube. Ada dua jenis sponsorship untuk content creator Youtube, yaitu:

  • Sponsorship barang atau jasa yaitu perusahaan atau brand memberikan barang atau jasa mereka secara gratis. Lalu, kamu sebagai content creator harus me-review dan mempromosikan produk atau jasa mereka di video Youtube-mu.
  • Sponsorship berbayar yaitu kamu akan menerima bayaran untuk me-review dan mempromosikan produk atau jasa mereka di Youtube-mu. Kamu juga mungkin memperoleh barang atau jasa mereka secara gratis.

Terus, bagaimana caranya agar bisa menerima kerjasama dan sponsorship dari perusahaan atau brand?

Cara dan tips-nya yaitu:

  • Hubungi perusahaan atau brand: Kamu bisa menghubungi mereka dengan memberikan proposal atau portofolio dari Youtube kamu.
  • Bekerjasama dengan perusahaan atau brand yang sesuai: Maksud sesuai di sini adalah sesuai dengan konteks atau niche channel Youtube kamu. Kalau Youtube kamu berisi konten yang membahas make-up dan beauty, maka kamu perlu mencari perusahaan atau brand di bidang yang sama.

Namun, cara-cara ini tidaklah instan karena hal ini membutuhkan waktu. Apalagi channel Youtube yang masih baru. Oleh karena itu, kamu perlu rutin membuat konten video yang berkualitas dan menarik banyak viewers.

Kalau video-video kamu sudah banyak viewers-nya, perusahaan atau brand akan menyadari atau mengenali keberadaan channel Youtube kamu. Mereka mungkin akan tertarik untuk bekerja sama dengan kamu.

2. Penjualan merchandise

Merchandise? Apakah maksudnya adalah menjual kaos, topi, tumbler, dan lain-lain? Yap, benar sekali. Kamu bisa menjual barang-barang tersebut. Kok bisa menjual barang tersebut di Youtube?

Bisa dong karena ada banyak Youtuber yang menggunakan ketenaran mereka untuk menjual merchandise mereka sendiri. Apalagi mereka yang sudah memiliki audiences tetap (subscriber) atau fanbase (komunitas).

Lalu bagaimana caranya ? Berikut cara dan tipsnya:

A. Pastikan kesuksesan channel Youtube terlebih dahulu

Kamu harus pastikan, apakah channel Youtube-mu sudah sukses dengan banyak penonton, subscriber, dan fanbase? Apakah kamu dan audiences kamu sudah cukup banyak berinteraksi?

Hal ini perlu dipastikan sebelum kamu memutuskan untuk menjual merchandise. Kenapa? Alasannya, “bagaimana orang-orang akan membeli merchandise kamu kalau mereka tidak mengenali atau tidak tertarik dengan kamu?”

Mereka mungkin tidak akan membeli merchandise-mu karena mereka tidak ada alasan untuk membelinya. Di sisi lain, kalau kamu sudah memiliki fanbase atau komunitas. Mereka mungkin akan tertarik membeli merchandise-mu

Terus gimana dong cara dan tips menjual merchandise di Youtube?

B. Tentukan merchandise yang akan dijual

Merchandise yang bagus adalah merchandise yang cocok dan dibutuhkan oleh audiences. Nah, merchandise ini adalah barang-barang yang berkaitan dengan gaya hidup dan memiliki fungsi, seperti tumbler, tas, topi, dan lain-lain.

Nah, semakin banyak orang menggunakan merchandise tersebut karena fungsinya, maka semakin banyak pula orang mempromosikan brand kamu secara tidak langsung.

Contohnya, seorang subscriber membeli kaos berlogo brand kamu. Lalu, ia sering menggunakannya saat bepergian. Nah, orang-orang akan melihat kaos dan logo tersebut ketika ia menggunakannya.

Hal ini bisa menjadi ajang promosi secara cuma-cuma dalam meningkatkan brand awareness brand kamu.

C. Tentukan visualnya

Kamu perlu menentukan brand identity untuk menentukan visual merchandise. Brand identity tersebut meliputi logo, color palette, dan font.

Tentunya, brand identity ini juga harus relevan dengan brand identity yang kamu bangun di channel Youtube kamu.

Lalu, desain lah visualnya sekreatif mungkin yang sesuai dengan brand identity kamu.

D. Rencanakan strateginya

Perkenalkan merchandise kamu secara bertahap dan perlahan. Kamu bisa melakukannya secara soft-selling.

Misalnya, kamu menggunakan merchandise tersebut ketika kamu membuat video Youtube. Lalu, kamu bisa melihat reaksi audiences, “apakah mereka aware dan membahas mengenai merchandise tersebut?

3. Penjualan digital product

Produk digital adalah produk yang diproduksi secara digital, tetapi hasilnya tidak ada secara fisik karena digital. Produk jenis ini berupa e-book, software, desain, foto, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara dan tips bisa menjual produk digital di Youtube?

  • Kamu harus memiliki skill dan ahli dalam memproduksi produk digital. Lalu, kamu bisa merekam video proses pembuatan produk digital tersebut.
  • Gunakan channel Youtube kamu untuk mempromosikan jasa pembuatan produk digital. Kamu bisa mempromosikan di video langsung atau di kolom deskripsi.

Contohnya, kamu adalah seseorang yang ahli dalam membuat logo. Kamu bisa merekam video proses atau timelapse pembuat logo klien, atau video a day in my life sebagai seorang pembuat logo atau video edukasi terkait pembuatan logo.

Lalu, kamu sisipkan footage promosi jasa kamu di video tersebut dan di kolom deskripsi Youtube.

Baca juga: 8 Daftar Program Affiliate Marketing Terbaik di Indonesia

4. Memberships

Membership Youtube memungkinkan orang-orang untuk dapat berlangganan channel Youtube berbayar. Member yang mendaftar harus membayar biaya bulanan untuk mendapatkan konten eksklusif. Konten eksklusif ini hanya bisa ditonton oleh para member yang membayar.

Di sisi lain, creator Youtube akan memperoleh penghasilan dari pembayaran membership tersebut.

Terus, gimana sih tipsnya agar kita bisa membuat membership Youtube?

  • Konten Youtube kamu harus memiliki nilai, konteks edukasi, dan informasi yang dibutuhkan audiences
  • Konten-konten yang cocok untuk membership adalah konten yang berkaitan dengan review, series, panduan, dan hiburan

5. Pelatihan, workshop, dan konsultasi

Workshop adalah suatu pertemuan antar orang-orang untuk beraktivitas dan berdiskusi mengenai topik tertentu dalam rangka pembelajaran. Hal ini menjadi kesempatan kamu untuk berinteraksi langsung dengan subscriber atau penggemar channel Youtube kamu.

Kegiatan seperti pelatihan, workshop, dan konsultasi ini tentu bisa menjalin hubungan emosional dengan mereka. Tentunya, hal ini bisa berguna untuk connection atau networking ke depannya.

Lalu, bagaimana cara mengadakan kegiatan ini? Kamu tidak perlu mengadakan kegiatan ini secara besar-besaran di ruang rapat hotel.

Kamu sebenarnya bisa mengadakan kegiatan ini seperti orang-orang yang berkumpul saat minum kopi. Namun, kamu perlu tahu cara dan tips berikut:

  • Pastikan channel Youtube kamu sudah memiliki banyak penonton dan subscriber atau fanbase.
  • Temukan hal yang ingin dipelajari oleh audiences-mu. Tentunya hal ini perlu untuk menentukan tema dan topik workshop
  • Tema dan topiknya sejalan dengan tema dan topik yang kamu bahas di channel Youtube kamu. Misalnya, kamu membahas topik dan tema seputar graphic design di Youtube-mu, maka topik dan tema workshop-mu juga sesuai dengan bidang tersebut
  • Cari ruang pertemuan yang sesuai dengan jumlah peserta dan budget
  • Kolaborasi dengan Youtuber lain untuk menghemat budget karena biaya-biayanya bisa ditanggung bersama. Selain itu, kamu bisa memperluas target audiences dari audiences Youtuber tersebut.

6. Affiliate marketing

Affiliate marketing Youtube adalah content creator Youtube membuat video promosi produk atau jasa tertentu. Lalu, ia menautkan link affiliate atau kode affiliate.

Apabila seseorang membeli produk atau jasa tersebut melalui link atau kode tersebut, maka kamu sebagai content creator Youtube akan menerima komisi.

Caranya bagaimana? Caranya adalah kamu cukup daftar jadi influencer marketing ke sebuah brand. Setelah itu, kamu akan mendapatkan link atau kode affiliate.

Lalu, kamu tinggal buat video yang relevan untuk mempromosikan produk atau jasa tersebut. Kamu juga bisa memberitahukan link atau kode affiliasi melalui video atau di kolom deskripsi di Youtube.

Tips-nya, yaitu:

  • Pilihlah brand yang sesuai dengan niche dan value dari channel Youtube kamu. Misalnya, niche Youtube kamu adalah gadget, maka kamu bisa mendaftar affiliate marketing untuk brand earphone, keyboard, monitor, laptop, tab, dan lain-lain.
  • Jenis konten affiliate marketing yang cocok adalah konten review atau konten “how-to”

Nah, kalau kamu ingin menghasilkan cuan di Youtube melalui jalur affiliate, kamu bisa belajar bareng dengan sesama affiliate marketer Youtube dari yang newbie sampai yang berpengalaman. Caranya gimana? Kamu bisa bergabung di grup telegram Accesstrade.

References:

https://kasirpintar.co.id/solusi/detail/apa-itu-sponsorship-ini-pengertian-jenis-dan-keuntungannya
https://www.xendit.co/id/blog/produk-digital-definisi-dan-contoh-produk-yang-perlu-anda-coba/
https://sproutsocial.com/insights/how-to-make-money-on-youtube/
https://www.shopify.com/blog/digital-products

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait