Perbandingan Shoppee Affiliate Program dengan Lazada dan Tokopedia, Mana yang Paling Menarik

Admin
affiliate marketing Mar 04, 2023
1687495089_perbandingan-shoppee-affiliate-program-dengan-lazada-dan-tokopedia-mana-yang-paling-menarik-1.jpg

Sekarang ada banyak cara untuk mendapatkan uang dengan mudah hanya dengan menggunakan handphone atau laptop. Salah satunya adalah dengan bergabung dalam program afiliasi yang disediakan oleh aplikasi Shopee, yang disebut Shopee Affiliate Program. Selain itu, Anda juga bergabung ke dalam program affiliate lain seperti Tokopedia affiliate, dan Lazada Affiliate. Lalu, berapa sih gaji dari program affiliate?

Daftar Isi

Berapa Gaji Shopee Affiliate?

Beberapa orang yang sering bermain Shopee pastinya sudah pernah mendengar atau bahkan sudah pernah melakukan program Shopee affiliate. Program Shopee affiliate adalah program yang mampu memberikan uang tambahan bagi yang menjalankannya, walaupun di awal gaji yang diberikan tidak terlalu besar tetapi jika ditekuni terus menerus gaji yang diberikan sangat menjanjikan. Shopee sendiri memberikan gaji kepada para affiliate dengan batas maksimum per transaksi sebesar 10.000, artinya jika ada transaksi dengan total lebih diatas 10.000 maka Shopee hanya memberikan gaji sebatas 10.000 saja.

Total penghasilan dari komisi Shopee affiliate tidak bisa dipukul rata, karena masing-masing affiliate bisa mendapatkan banyak penghasilan jika banyak yang melakukan pembelian melalui link yang dibagikannya. Para affiliate bisa mencairkan penghasilan dengan nominal minimum 10.000 dan maksimum 1.000.000 yang akan masuk ke ShopeePay, jika penghasilan affiliate diatas 1.000.000 maka pihak Shopee akan melakukan transfer melalui Transfer Bank.

Syarat dan Keuntungan Program Shopee Affiliate

Ada beberapa Syarat yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum ikut program Shopee affiliate, beberapa syarat affilite Shopee adalah ketentuan mengenai akun media sosial dan syarat untuk produk yang akan dibagikan.

Akun Media Sosial

Syarat yang pertama yaitu akun media sosial harus memiliki minimal 1 pengikut untuk dapat bergabung di Shopee Affiliate dan 2000 pengikut untuk bergabung di Shopee Influencers. Akun media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook Twitter dan TikTok juga wajib akun pribadi, artinya akun sosial media milik toko atau penjual tidak diperbolehkan untuk ikut program Shopee affiliate ini.

Konten yang dibuat juga harus bersifat original dan terbuka untuk umum, para affiliate tidak diperbolehkan menduplikasi atau mencuri konten orang lain untuk dipromosikan di sosial medianya. Para affiliate juga harus mempertimbangkan konten yang dibuat agar tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras), unsur pornografi, serta tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Produk yang Dipromosikan

Syarat yang kedua yaitu mengenai produk yang akan dipromosikan, produk seperti Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star bisa dipromosikan, selain dari itu tidak diperbolehkan. Pihak Shopee juga memberikan batasan seputar kriteria produk yang tidak boleh dipromosikan seperti produk rokok, rokok elektrik, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk tidak original atau palsu.

Keuntungan Program Shopee Affiliate

Banyak keuntungan yang didapat untuk mengikuti program Shopee affiliate selain keuntungan yang utama, yaitu mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan membagikan atau mempromosikan melalui media sosial Anda.

Shopee affiliate program indonesia adalah program affiliate tanpa modal, jadi Anda tidak harus punya modal terlebih dahulu untuk dapat menjalankan program Shopee affiliate ini. Modal seperti handphone atau laptop sudah bisa menjadi modal utama untuk bisa menjalankan program ini, karena pekerjaan ini dilakukan secara online melalui media sosial.

Keuntungan berikutnya yaitu tidak harus mempunyai produk untuk dipromosikan, Shopee affiliate program indonesia adalah program yang cukup mudah dilakukan karena itu mereka memberikan kebebasan pada para affiliate untuk memilih produk yang akan dipromosikan. Menariknya, Anda tidak perlu memiliki program tersebut karena Anda cukup hanya membagikan link yang akan mengarah ke produk tersebut.

Anda juga bisa mendapatkan gaji tambahan yang bisa didapat dari bonus lain, seperti komisi untuk pembeli baru sebesar 10 persen dan lama setia atau pembeli lama sebesar 5 persen dari maksimal transaksi 10.000. Yang terakhir yaitu tidak ada tuntutan target yang harus terjual untuk para affiliate, tidak seperti pekerjaan pada umumnya yang harus menyelesaikan target yang diberikan kepada para pekerja.

Apakah Ada Perbedaan Cara Kerja Shopee affiliate program dengan Tokopedia dan Lazada

Sampai saat ini, ada banyak program affiliate di dunia yang bisa kita ikuti. Di Indonesia sendiri program affiliate yang terkenal adalah yang berasal dari marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli dan Lazada. Affiliate bisa mengikuti semua program yang telah disediakan, jika affiliate bisa melakukan banyak program affiliate maka penghasilan yang didapatkan juga akan lebih banyak. Untuk saat ini, program affiliate yang paling banyak digemari atau diminati yaitu Shopee affiliate program indonesia, Tokopedia affiliate dan Lazada affiliate.

Untuk cara kerja setiap affiliate sebenarnya hampir sama satu sama lain, yaitu dengan menyebarkan atau membagikan link produk dari masing-masing platform melalui media sosial.

Cara Kerja di Tokopedia

Tokopedia affiliate memiliki sistem dimana para affiliate harus mempromosikan produk yang ada di dalam Tokopedia dengan cara membagikan link produk yang sudah dibuat. Komisi yang diberikan Tokopedia affiliate cukup beragam tergantung kategori produk apa yang dibagikan. Tokopedia juga membatasi komisi yang masuk setiap transaksi yang dilakukan pembeli melalui link, nilai komisi maksimal yang diberikan Tokopedia yaitu Rp50.000.

Produk yang bisa dipromosikan oleh para affiliate Tokopedia hanya yang sudah bergabung dalam Power Merchant (PM), Power Merchant Pro (PM Pro) dan Official Store (OS). Para affiliate bisa mempromosikan link produk, halaman toko, Kategori dan kampanye Tokopedia.

Tokopedia memberikan banyak fitur yang digunakan untuk memudahkan para affiliate Tokopedia, salah satunya yaitu report di dashboard yang menyajikan informasi seputar apakah link yang dibagikan berhasil dijual atau mengecek besarnya komisi yang didapatkan.

Ada juga komisi kunjungan, cukup berbeda dengan affiliate Shopee yang hanya memberikan komisi dari penjualan saja. Nominal yang diberikan oleh Tokopedia untuk komisi kunjungan program affiliate untuk satu kali kunjungan terverifikasi yaitu Rp50 (lima puluh rupiah). Tokopedia hanya memberikan batasan komisi kunjungan sebesar 25.000 setiap harinya. Tokopedia membagi batas kunjungan menjadi dua jenis, yaitu 12.500 untuk kunjungan pada halaman produk dan 12.500 untuk kunjungan pada halaman toko yang telah dipromosikan.

Cara Kerja di Lazada

Sekarang mari bahas program Lazada affiliate yaitu program yang diberikan kepada para affiliate melalui e-commerce Lazada untuk mendapatkan uang tambahan hanya dengan mempromosikan melalui media sosial. Komisi yang diberikan mulai dari 1,2 persen sampai 7 persen, tergantung produk apa yang dipromosikan karena besarnya komisi dikategorikan melalui Kategori produk.

Jumlah minimum komisi yang bisa dicairkan yaitu senilai 350.000 untuk transfer lokal, dan untuk transfer ke luar negeri memiliki minimum penarikan yang lebih tinggi yaitu 100 EUR/USD/GBP atau senilai 1.500.000.

Waktu transfer yang diberikan maksimal 21 hari setiap pembelian di setiap bulannya ke nomor rekening affiliate yang sudah terverifikasi oleh Lazada. Jika pada bulan tersebut affiliate memiliki jumlah komisi di bawah jumlah minimum, maka komisi affiliate pada bulan tersebut akan dipindah ke bulan selanjutnya dengan catatan pencairan harus minimum 350.000

Lebih Besar Mana Komisi Shopee, Lazada atau Tokopedia

Komisi Shopee

Komisi yang diberikan Shopee yaitu maksimal 10 persen setiap transaksi, dengan Syarat maksimal nominal yang diberikan setiap transaksi tidak lebih dari Rp10.000. Ada tiga jenis program Shopee affiliate yaitu Shopee affiliate, Shopee influencers dan Shopee Partners. Masing-masing program Shopee affiliate memiliki kelebihan dan kekurangan, hal yang paling dirasakan ada pada besarnya nominal komisi yang diberikan.

Untuk Shopee affiliate dan Shopee influencers bisa mendapatkan komisi sebesar 1 sampai 5 persen setiap transaksi dengan maksimal Rp10.000. Komisi terbesar di Shopee affiliate dimiliki oleh program Shopee partners dengan komisi sebesar 2 sampai 10 persen setiap transaksi.

Shopee juga memberikan aturan lain untuk besarnya komisi dengan kriteria dari pembeli. Jika pembeli yang melakukan pesanan dari link yang dipromosikan oleh para affiliate merupakan pembeli Setia atau pembeli lama, maka besar komisi yang diberikan sebesar 5 persen dengan maksimal komisi Rp10.000. Selanjutnya untuk pembeli baru atau pertama kali melakukan transaksi di Shopee, besar komisi yang diberikan sebesar 10 persen dengan maksimal Rp10.000.

Komisi Tokopedia

Untuk jumlah komisi di Tokopedia, mereka membaginya ke dalam berbagai kategori, dan setiap kategori memiliki presentase komisi yang berbeda-beda satu sama lainnya. Berikut ini adalah detail dari presentase komisi yang bisa didapatkan di Tokopedia affiliate:

  • 10% untuk kategori Makanan & Minuman
  • 8% untuk kategori Kecantikan, Fashion, dan Rumah Tangga
  • 5% untuk kategori Kesehatan, Ibu & Bayi
  • 3% untuk kategori Olahraga dan Hobi 
  • 2% untuk lainnya yang berbeda dengan yang sudah dijabarkan
  • 1 % untuk kategori Handphone, Tablet, Otomotif, dan Elektronik 

Komisi Lazada

Lazada affiliate juga memberikan komisi sebesar 1 sampai 10 persen, dikategorikan dari jenis produk yang dijual dan kategori pembeli. Misalnya pada Kategori produk Sports & Outdoors, Lazada affiliate akan memberikan komisi sebesar 5 persen untuk pengguna lama Lazada dan komisi sebesar 7 persen untuk pengguna baru. Contoh yang lain yaitu pada Kategori produk Komputers & Laptop Lazada affiliate memberikan komisi sebesar 2 persen untuk pengguna lama dan 3 persen untuk pengguna baru.

Maksimum besar nilai nominal dari setiap transaksi (max cap per produk) yaitu 5 USD atau setara Rp75.000

Kesimpulan

Secara garis besar, program affiliate yang diberikan oleh pihak Shopee, Tokopedia dan Lazada memiliki cara kerja affiliate yang sama. Hal yang membedakan ada pada syarat yang diberikan saat akan mendaftar dan nominal besarnya komisi yang didapat. Besar nominal yang diberikan masing-masing program affiliate juga berbeda-beda antar platfrom, ada yang maksimal Rp.10.000, Rp50.000 dan Rp.75.000.

Dengan beberapa perbedaan, Anda harus mempertimbangkan untuk menentukan program affiliate nama yang terbaik untuk Anda dengan cara mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing program. Anda juga harus mempertimbangkan syarat-syarat untuk mendaftar program affiliate, karena beberapa program memiliki syarat mendaftar yang harus dijalani atau dipenuhi terlebih dahulu. Tertarik untuk mulai menjalankan campaign shopee, lazada dan tokopedia affiliate dengan bersamaan? Cek Website Bisnis Online Affiliate Marketing di Indonesia.

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
Spesifikasi video tiktok yaitu memiliki dimensi dan resolusi 1080 x 1920, ukuran max file 287-an mb (ios) dan 72 mb (android), format video .mp4 dan .mov
Kesalahan yang perlu dihindari saat menjadi influencer affiliate yaitu fokus pada jumlah followers, tidak ada content plan dan simak ulasan lengkapnya disini!
Panduan mengenai berapa ukuran rasio dan resolusi untuk feed, reels, IGTV, dan stories pada instagram serta tipsnya. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Berikut ulasan mengenai pentingnya memperhatikan tone saat menulis artikel affiliate beserta tips dan jenis tone penulisan. Simak ulasan lengkapnya disini!
search engine optimization
Cara meningkatkan konversi pada artikel atau blog yaitu dengan pahami funnel conversion, tingkatkan loading speed, contoh konten dengan konversi tinggi
search engine optimization
Kalau kamu ingin menjadi influencer dan masih belum mengetahui niche apa yang kamu ingin bangun, kamu bisa memulainya dengan mengeksplore minat dan interest. Simak lebih lengkapnya di artikel ini.