Cara Mengunci Jaringan 4G, Koneksi Anti Lemot!

Cara Mengunci Jaringan 4G, Koneksi Anti Lemot!

Admin
how to Oct 22, 2020
SHARE ON
1689152895_cara-mengunci-jaringan-4g-koneksi-anti-lemot-1.jpg

Kecepatan jaringan internet menjadi hal yang sangat penting bagi pemilik smartphone. Di Indonesia, jaringan 4G menjadi jaringan tertinggi dan yang paling luas dibandingkan dengan jaringan 5G yang masih belum merata. Bagi Anda yang ingin mengakses internet dengan kecepatan yang cukup tinggi, akan lebih baik jika Anda mengunci jaringan 4G pada smartphone yang dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa mengakses jaringan yang lebih stabil dengan kecepatan tertinggi. Bagaimana caranya? Simak cara mengunci jaringan 4G berikut.

Mengunci Jaringan 4G Secara Manual

Salah satu cara mengunci 4G yang mudah untuk dipraktekkan yakni dengan memanfaatkan dial. Anda hanya perlu melakukan panggilan dengan mengetikkan *#*#4636#*#*. Jika sudah, secara otomatis akan langsung muncul opsi menu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information. Klik Device Information dan kamu akan langsung melihat beberapa informasi lengkap mengenai smartphone Anda. Carilah Set Preferred Network Type dan klik LTE only. Kemudian, Anda pun bisa langsung mengakses internet yang lebih kencang dan lebih stabil.

Mengunci Jaringan 4G dengan Menggunakan Aplikasi

Selain cara manual yang telah disebutkan di atas, ada lagi cara mengunci jaringan 4G dengan menggunakan aplikasi. Bahkan, aplikasi yang bisa Anda gunakan sangatlah banyak. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang malas mengetikkan kode dial dan masih memiliki ruang yang cukup untuk mengunduh aplikasi baru. Diantara banyaknya aplikasi yang ada, salah satunya yang bisa Anda coba yakni 4G LTE Switch. Terlebih dahulu, unduh aplikasi ini di Google Play Store secara gratis. Setelah berhasil terunduh, Anda bisa langsung mengubah Set Preferred Network Type. Switch tipe jaringan yang Anda gunakan sebelumnya menjadi jaringan 4G only. 

Itu tadi dua cara yang bisa Anda terapkan jika ingin mengunci jaringan 4G dengan lebih mudah. Namun, satu hal yang perlu Anda ingat, sebelum bisa mengatur jaringan internet menjadi 4G only, pastikan SIM card Anda beserta smartphone yang digunakan telah mendukung jaringan yang satu ini. Jika smartphone yang Anda miliki hanya dapat mengakses internet tertinggi 3G, Anda tidak bisa menerapkan cara mengunci jaringan 4G.

Rizki Setyo
Content Author
Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.
Artikel Terkait