Cara Mengubah Voice Note WhatsApp Menjadi Audio MP3

Admin
how to Nov 21, 2020
1686281059_cara-mengubah-voice-note-whatsapp-menjadi-audio-mp3.jpg

Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Platform chatting ini memudahkan Anda bertukar pesan dengan teman-teman maupun keluarga tanpa harus mengeluarkan pulsa. Bahkan, Anda juga bisa melakukan panggilan tanpa pungutan biaya satupun. Salah satu fitur yang cukup banyak digunakan pengguna Whatsapp adalah fitur Voice Note. Voice note atau pesan suara biasanya dimanfaatkan bagi Anda yang terlalu enggan untuk mengetik chat yang terlalu panjang. 

Daftar Isi

Bagaimana cara merubah VN menjadi MP3?

Ada kalanya, Anda ingin menyimpan voice note yang dikirimkan oleh rekan kerja atau teman-teman dekat. Tahukah Anda bahwa ada cara merubah voice note Whatsapp menjadi MP3? Dengan mengubah format voice note menjadi MP3, maka Anda dapat lebih memutar pesan suara tersebut melalui aplikasi MP3 player yang ada di perangkat smartphone. Caranya sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Ketahui Lokasi File Voice Note

Pertama-tama, Anda harus mencari letak dari voice note yang sudah dikirimkan tersebut. File voice note tersebut biasanya tersimpan di dalam folder Whatsapp Voice Notes. Untuk menemukan folder tersebut, klik “Internal Storage” dan pilih “Whatsapp”. Selanjutnya, pilih “Media”, dan klik folder “Whatsapp Voice Notes”. Di folder tersebut Anda akan menemukan daftar file Voice Note yang tersedia dalam format .opus. File ini tidak bisa diputar di aplikasi MP3 Player. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah format tersebut ke format .mp3

2. Download Aplikasi Opus to Mp3 Converter

Untuk merubah voice note Whatsapp menjadi MP3, Anda perlu untuk mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Buka Google Play Store atau iOS Store pada perangkat iPhone. Setelah itu, cari aplikasi dengan keyword “Opus to Mp3 Converter”. Unduh aplikasi tersebut ke dalam perangkat smartphone Anda

3. Buka Aplikasi, Pilih Opsi Select OPUS File

Buka aplikasi “Opus to Mp3 Converter” yang sudah terinstall. Selanjutnya, tap opsi “Select OPUS File”. Pada jendela yang muncul, cari dan pilih voice note yang ingin Anda ubah ke format MP3

4. Klik "Convert"

Setelah itu, klik tombol “Convert to MP3” dan “OK” untuk memulai proses konversi audio. Jangan lupa untuk memberikan nama pada file MP3 tersebut dan pilih lokasi penyimpanan file

5. Cek Folder yang Sudah Dipilih

File voice note tersebut akan secara otomatis dikonversi dan dimasukkan ke dalam folder tujuan yang sudah Anda pilih.

Cara merubah voice note Whatsapp menjadi MP3 ternyata sangat mudah, bukan? Semoga informasi di atas dapat membantu Anda. Selamat mencoba!

Rizki Setyo

Berpengalaman dalam Affiliate Marketing sejak tahun 2017, hingga tahun 2023 sudah menjadi tim support Affiliate Marketing untuk campaign dari lebih dari 100 brand dan lebih 20.000 publisher.

Artikel Terkait
affiliate marketing
Detail campaign Mayra Fashion Affiliate Program mengenai berapa persen komisi, syarat ketentuan hingga target audiens Mayra Moslem Wear. Berikut detailnya:
affiliate marketing
Konsep mengutamakan kualitas saat memilih produk untuk affiliate marketing merupakan sesuatu hal yang krusial dan bersifat fundamental. Cari tahu alasannya serta tips strateginya di artikel ini!
affiliate marketing
Detail campaign AXA Mandiri Financial Program mengenai berapa persen komisi, syarat ketentuan hingga target audiens AXA Mandiri. Berikut detailnya:
search engine optimization
Meta Description merupakan salah satu bagian dari Search Engine Optimisation, benarkah element ini merupakan salah satu hal yang berpengaruh di ranking google? simak Study case dari ahref yang ada di artikel ini
search engine optimization
Internal link merupakan salah satu cara agar konten yang kita buat memiliki alur informasi yang jelas. Penerapan internal link ini sangat berdampak pada relevansi konten kita.
affiliate marketing
Temukan arti cookies dan bagaimana mereka berperan penting dalam affiliate marketing. Pelajari bagaimana cookies membantu dalam tracking konversi.