ACCESSTRADE Indonesia

Perbedaan Laptop, Notebook, Netbook dan Ultrabook

Admin
others Dec 04, 2020

Baca Juga: 20 Daftar Lengkap Contoh Afiliasi Pemasaran di Indonesia

Sampai sekarang ini, banyak orang yang masih memukul rata untuk suatu istilah yang sebenarnya memiliki kelas atau kategori sendiri. Salah satu contohnya adalah perangkat komputer jinjing. Sejauh ini ada 4 kategori untuk perangkat elektronik tersebut, mulai dari yang dikenal dengan nama laptop, notebook, netbook sampai dengan ultrabook.

Kenapa harus ada 4 nama untuk satu produk yang memiliki fungsi sama tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing istilah itu.

Daftar Isi

Laptop

Laptop

Laptop adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data atau bermain game dengan kemudahan untuk memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain. Ukurannya relatif  besar dengan layar di atas 17 inci. 

Dikarenakan besar, maka perangkat elektronik satu ini juga memiliki bobot yang lumayan berat, yaitu sekitar 3 kilogram ke atas. Walaupun sekarang ini banyak orang sudah sangat jarang menggunakan DVD drive, akan tetapi ciri utama dari laptop selalu menyertakan drive ROM untuk memasukkan kepingan tersebut. 

Untuk mesin yang digunakan, laptop dilengkapi dengan prosesor, kartu grafis sampai dengan RAM dan ROM yang cukup besar. Hanya saja daya tahan baterai yang tersemat di dalamnya tidak terlalu dapat bertahan sampai berjam-jam lamanya. Harga laptop sendiri juga lebih mahal karena fungsinya yang sangat beragam.

Notebook

Notebook

Sebenarnya notebook ini memiliki kemiripan dengan laptop, hanya saja ada beberapa yang sedikit dikecilkan. Dengan artian bahwa notebook ini merupakan versi mini dari laptop. Contohnya saja ukuran layarnya lebih kecil dengan kisaran dari 13 inci sampai batas maksimal 15 atau 17 inci. Selain itu, notebook lebih ringan dibandingkan dengan laptop.

Netbook juga tidak dilengkapi dengan drive untuk DVD-ROM karena dapat membuat bentuk dan desainnya menjadi aneh dan bulky. Untuk prosesor sampai dengan mesin-mesin lain yang tersemat di dalamnya kurang lebih masih sama seperti yang dipunyai laptop. Hanya saja baterainya memiliki kapasitas besar dan tahan lama.

Netbook

Netbook

Jika dibandingkan dengan laptop ataupun notebook, netbook memiliki ukuran layar yang lebih kecil. Walaupun ukurannya hampir sama dengan tablet, akan tetapi perbedaannya adalah netbook tetap berbentuk seperti komputer jinjing pada umumnya dengan deretan keyboard di sisi yang berlawanan dengan layar, sedangkan tablet hanya memiliki layar besar dengan keyboard tertanam di dalamnya.

Netbook memiliki spesifikasi yang cukup terbatas karena memang diciptakan untuk pengguna yang tidak terlalu aktif dan berbudget rendah. Oleh karena itu, jangan berharap ada netbook yang dilengkapi dengan jeroan bagus dan dapat digunakan untuk bermain game. Saat ini popularitas netbook sudah mulai meredup karena banyaknya produk tablet yang mempunyai kemampuan lebih.

Ultrabook

Ultrabook

Untuk ultrabook sendiri, produk satu ini memiliki ukuran yang kurang lebih sama seperti notebook. Hanya saja desain yang dimiliki sangat minimalis dan bobotnya cukup ringan apabila dibandingkan dengan notebook. Rata-rata berat dari sebuah ultrabook adalah maksimal 1,5 kilogram dengan ketebalan sekitar 2 cm saja.

Dikarenakan ukurannya yang relatif tipis, maka ada banyak hardware yang tidak diikutsertakan di dalamnya seperti salah satunya adalah drive untuk DVD-ROM. Bahkan harddisk yang dipasangkan adalah SSD, bukan HDD pada umumnya. Walaupun ketangguhannya hampir sama seperti netbook, akan tetapi untuk harganya, produk ultrabook ini hampir menyamai atau bahkan melebihi harga laptop.

Baca Juga: Apa Itu Shopee Affiliate Marketing, Ini Penjelasan Singkatnya, Bisa Langsung Paham !

Content Author
M Khairul Rozzi

Sebagai penanggung jawab semua content artikel di Accesstrade, Saya ingin memastikan setiap penulisan memiliki value yang baik dan tersampaikan ke pada pembaca

Artikel Terkait
affiliate marketing
Marketplace dan e-commerce meramaikan ekosistem afiliasi di Indonesia dengan berbagai penawaran komisi dan program yang masing-masing menguntungkan.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Program afiliasi lazada adalah program afiliasi yang menguntungkan dengan komisi yang bervariasi mulai dari 1% sampai 7% untuk setiap pembeliannya.
Feb 08, 2023
affiliate marketing
Ikuti 3 tips ngonten ini biar shopee afiliasi program-mu makin cuan, gampang ditiru dan dipraktekan, buktikan sendiri!
Feb 08, 2023
how to
30+ Ide Bisnis Online 2023 yang Menguntungkan untuk anda coba pelajari seperti affiliate marketing, dropshipper, reseller dan menjual foto secara online tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun
Jan 23, 2023
how to
Temukan cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari internet minimal 100rb. Dapatkan tips dan trik yang terbukti efektif dari para ahli dalam menghasilkan uang secara online. Mulai dari menjadi freelancer, menjual produk digital
Jan 23, 2023
affiliate marketing
Program affliasi adalah metode marketing yang di dasarkan pada performance, atau dibayar pada setiap action atau penjualan yang terjadi
Jan 18, 2023